Pengertian Housekeeping Hotel dan Pembagian Kerjanya

Housekeeping hotel adalah departemen yang tugasnya berkaitan dengan kebersihan di seluruh area hotel tanpa terkecuali, bahkan hingga termasuk ke area staff juga.

Housekeeping adalah bagian dari room division departement dengan tugas yang cukup krusial.

Menjadi seorang housekeeping tidak hanya sekedar bisa bersih-bersih saja, tapi di tuntut memiliki skill attention to detail juga.

Karena di hotel secuil debu pun itu kadang-kadang bisa menimbulkan komplain yang besar oleh tamu.

Biasanya departement housekeeping ini akan di bagi lagi menjadi beberapa section agar tiap area di hotel itu bisa di bersihkan secara maksimal.

Karena kebersihan hotel merupakan salah satu faktor paling krusial terhadap kepuasan tamu.

Kalau dilihat di situs-situs OTA yand ada review onlinenya, kebanyakan tamu-tamu memberikan bad review adalah karena faktor kebersihan.

Pembagian area kerja dan Tugas Housekeeping Hotel

Tugas Housekeeping Hotel

1. Room Section

Bagian ini adalah yang bertanggung jawab untuk segala sesuatu yang berkaitan dengan kamar tamu. Mulai dari kebersihan, kelengkapan aminites dan lain-lain.

Jadi kalau kamu menginap di suatu hotel dan kamarnya masih berdebu, kamu bisa kontak tim ini. Team ini disebut Room Attendat.

Secara terperinci berikut tugas room attendant:

  • Menyiapkan perlengkapan tamu, linen, dan peralatan kerja.
  • Menyiapkan kunci kamar.
  • Melaksanakan tugas membersihkan kamar tidur
  • Membersihkan kamar mandi.
  • Mengurus cucian tamu di kamar untuk disampakan pada valet
  • Menangani linen bersih dan kotor.
  • Menangani guest supplies dan obat pembersih
  • Melaporkan status kamar di area kerjanya
  • Melaporkan kehilangan dan penemuan barang-barang milik tamu yang hilang atau tertinggal sebagai lost and found
  • Melaporkan perlengkapan dan peralatan kamar rusak (jika ada)
  • Melaporkan perpindahan kamar
  • Melaporkan jika ada tamu yang sakit di kamar.

2. Public Area Section

Public area section hotel adalah tim mempunyai tugas dan tanggung jawab dalam menjaga area kebersihan, kerapian, dan keindahan semua hotel area. Baik itu indoor ataupun outdoor seperti lobby, restaurant, restroom dan lain-lain seperti :

  • Membersihkan standing ashtray di area lobby dan area umum lainnya.
  • Melakukan dusting di tangga-tangga, furniture, pigura, perhiasan area umum.
  • Membersihkan lantai dengan Sweeping dan Mopping
  •  Membersihkan kaca dan jendela di lobby, F&B outlet, pintu-pintu ruangan dan area lain
  • Membantu mengosongkan sampah dan linen  kotor dari  Room Attendant Trolley
  • Mengosongkan tempat sampah di area umum
  • Menjaga kondisi meeting room atau ruang banquet dalam keadaan bersih dan rapi, baik saat tidak digunakan, akan digunakan atau usai digunakan
  • Menjaga kondisi seluruh area umutn bersih dan rapi
  • Melapor pada Public area Supervisor apabila adan kerusakan yang terjadi di area
  • Memeriksa kebersihan, kerapian dan kelengkapan peralatan keperluan Public area Section, seperti trolley, cleaning supplies, cleaning agents dan cleaning equipment

3. Laundry & Linen

Selain menyediakan jasa laundry untuk para tamu, Linen-linen hotel yang kotor dan perlu di bersihkan akan di lakukan oleh tim laundy section. Satu lagi, menyiapkan seragam bersih karyawan juga bagian dari pekerjaan mereka. Berikut contoh daily job mereka :

  • Menyediakan, merawat, memelihara, merapikan, mengawasi dan menyimpan linen yang diperlukan
  • Mengatur pendistribusian linen
  • Menjalin hubungan kerja sama dengan departemen lain
  • Mengatur atau membuat pengajuan penambahan pengadaan linen
  • Mengirimkan linen kotor ke laundry untuk dicuci dan mengambil linen bersih.

4. Gardener & Florist

Sesuai namanya mereka ini bertugas untuk merawat tanaman-tanaman yang ada di hotel untuk menambah keindahan hotel tersebut. Sementara florist sendiri bertanggung jawab untuk penyediaan dan merangkai bunga-bunga segar untuk dekorasi hotel.

Kalau lebih detailsnya ini yang biasa di lakukan gardener dan florist sehari-harinya :

  • Memelihara keindahan taman yang di hotel
  • Mengganti bunga-bunga yang ada di lobby hotel jika sudah tidak layak
  • Menyediakan bunga untuk staff housekeeping dalam rangka dekorasi kamar
  • Menjaga kebersihan area taman
  • Mengecek secara rutin kamar-kamar yang perlu penataan bunga
  • Bertanggung jawab atas estetika dan keindahan bunga yang ada di hotel

Nah keempat bagian housekeeping tersebut akan dipimpin oleh seorang Executive Housekeeper yang akan bertanggung jawab secara keseluruhan untuk team housekeeping.

Jadi, udah paham kan sekarang apa tugas housekeeping hotel?

Baca juga: Begini Cara Handle Komplain di Hotel

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste