Herbivora Adalah: Pengertian, Ciri Khas, Jenis dan Contohnya

Apakah kamu pernah atau sedang memelihara hewan seperti kelinci, hamster, atau domba? Jika kamu masih ingat pelajaran biologi, maka kamu akan tahu bahwa hewan herbivora adalah ketiga binatang peliharaan tersebut. Mau tahu apa lagi contoh hewan herbivora? Mari simak artikel berikut ini.

Apa itu Binatang Herbivora?

Semua binatang yang hidup di alam ini terbagi menjadi tiga golongan menurut tipe makanan yang mereka andalkan. Ada hewan pemakan daging dan hewan pemakan tumbuhan, tetapi ada pula yang bisa makan keduanya.

Pengertian paling sederhana dari hewan herbivora adalah segala jenis binatang di alam yang mendapatkan sumber makanannya dari tumbuhan. Baik itu hewan yang hidup di darat, bisa terbang, atau berenang, Jika mereka makan dari tumbuhan, maka mereka termasuk hewan pemakan tumbuhan.

Buku-buku pelajaran sekolah seringkali menganggap jika hewan pemakan tumbuhan itu hanyalah hewan mamalia yang berkaki empat dan hidup di darat. Pada nyatanya, ada sejumlah hewan pemakan tumbuhan yang bukan hewan mamalia, tapi ada juga yang berkaki dua, bisa berenang, dan mampu terbang.

Karakteristik Binatang Herbivora

Setiap golongan binatang yang hidup di muka bumi pasti mempunyai ciri khas mereka sendiri, yang membedakannya dari hewan-hewan lain. Oleh karena itu, karakteristik yang umum terdapat pada rata-rata hewan pemakan tumbuhan dapat kamu temukan di bawah ini.

1. Punya Lebih dari Satu Lambung

Pertama, ciri yang sering terdapat pada binatang herbivora adalah mereka memiliki lebih dari satu lambung. Mengapa jumlah lambung mereka bisa lebih dari satu? Itu karena tumbuhan mengandung serat-serat yang sulit dicerna dalam satu lambung saja.

Karakteristik ini lebih umum kita temukan pada sapi, yang betul-betul memiliki empat lambung. Dalam perut seekor sapi, terdapat perut besar (rumen) dan perut jala (retikulum) yang tugasnya mencerna dan menyaring zat makanan. 

Kemudian setelah dua perut di depan itu, ada lagi perut kitab (omasum) dan perut masam (abomasum). Kedua perut di belakang ini berfungsi melarutkan makanan dengan bantuan enzim pencernaan.

2. Tidak Memiliki Taring atau Cakar

Taring dan cakar adalah senjata yang hewan karnivora gunakan untuk menangkap mangsa mereka. Karena hewan pemakan tumbuhan mengambil makanannya dari tumbuhan, maka mereka tidak memiliki taring maupun cakar.

Meskipun begitu, ada beberapa hewan yang tampak memiliki taring, seperti babi hutan, lutung Jawa, dan kuda nil. Hanya saja, taring pada ketiga binatang tersebut cenderung mereka gunakan untuk berkelahi, bukan untuk makan daging.

Kebanyakan jenis burung pemakan tumbuhan juga punya kuku yang lumayan tajam sehingga mirip cakar. Namun, burung yang benar-benar mempunyai cakar adalah burung sebangsanya elang, kondor, dan burung hantu.

3. Sumber Makanannya dari Tumbuhan

Adapun karakteristik ketiga hewan-hewan herbivora adalah sumber makanan yang harus dari tumbuhan, bukan dari hewan lain. Mau itu dari pohon tinggi dan besar, rumput, atau semak yang pendek, itulah makanan yang golongan hewan ini andalkan.

Pada beberapa kasus, ada binatang pemakan tumbuhan yang sanggup melahap sumber makanan hewani, seperti telur atau bangkai. Hal ini memang dapat terjadi, namun hanya jika hewan itu sedang menderita kelaparan dan tidak bisa menemukan makanan alaminya.

4. Menjadi Mangsa Hewan Karnivora

Hewan-hewan karnivora biasanya berada di puncak rantai makanan, sehingga para pemakan tumbuhan acap kali menjadi buruan para karnivora. Ciri khas yang satu ini pasti ada pada setiap jenis hewan pemakan tumbuhan, baik itu yang besar maupun yang kecil.

Kendati mereka sering dimangsa oleh binatang karnivora, beberapa hewan pemakan tumbuhan ternyata sanggup melindungi diri mereka. Upaya perlindungan diri itu bisa dengan menggunakan tanduk, cula, gading, atau tendangan yang keras.

5. Dibudidayakan oleh Manusia

Ciri khas terakhir yang juga sering kita lihat pada binatang herbivora adalah dapat manusia kembang biakkan dalam sektor peternakan. Banyak hewan pemakan tumbuhan yang umat manusia budidayakan untuk diambil susu, daging, atau kulit dan bulunya.

Sebagian hewan pemakan tumbuhan ada pula yang kita kembang biakkan sebagai hewan peliharaan di rumah. Binatang jenis ini seringkali orang-orang sukai sebab mereka tampak cantik, lucu, atau mempunyai warna yang beraneka ragam.

Beragam Jenis Binatang Herbivora

Kamu harus tahu bahwa tidak semua hewan pemakan tumbuhan mampu memakan segala bagian tumbuhan. Ada yang hanya bisa makan daun dan rumput, namun ada juga yang hanya bisa makan biji atau buahnya saja. Pada bagian ini, kamu akan mempelajari tiga jenis hewan pemakan tumbuhan.

1. Pemakan Rumput dan Daun

Pemakan Rumput dan Daun
Pemakan Rumput dan Daun | Image Source: Pixabay.com

Golongan pertama dan paling banyak dari jenis binatang herbivora adalah para pemakan rumput dan daun. Hewan-hewan ini secara rutin melahap rumput yang tumbuh tinggi dari tanah dan juga memetik dedaunan dari pohon-pohon.

Sumber makanan nabati ini tentu tersedia hampir dimana saja, tetapi belum tentu mudah untuk hewan-hewan tersebut cerna. Oleh karena itu, hewan pemakan rumput dan daun cenderung mempunyai lebih dari satu lambung.

2. Pemakan Buah-Buahan

Pemakan Buah-Buahan
Pemakan Buah-Buahan | Image Source: Pixabay.com

Berikutnya, ada golongan binatang pemakan tumbuhan yang secara khusus makan buah-buahan saja. Salah satu penyebabnya ialah buah memiliki kandungan nutrisi dan air yang lebih tinggi dan banyak ketimbang daun-daun dan rumput.

Tentu saja, ada banyak jenis buah yang tumbuh tinggi di atas pohon-pohon yang rindang, namun dedaunan di pohon itu tidak menarik. Bagi para pemakan buah-buahan, sumber makanan yang paling enak yaitu buah yang tumbuh di atasnya.

3. Pemakan Biji-Bijian

Pemakan Biji-Bijian
Pemakan Biji-Bijian | Image Source: Pixabay.com

Selanjutnya, golongan lain dari hewan herbivora adalah hewan pemakan biji-bijian yang acap kali berbadan kecil! Biji atau bakal buah jumlahnya jauh lebih banyak daripada buah maupun daun, kendati mungkin kurang bernutrisi.

Hal ini ternyata tidak masalah bagi binatang yang sanggup mencerna biji-bijian, karena sistem pencernaan mereka sudah terlatih.

Contoh-Contoh Hewan Pemakan Tumbuhan

Ada banyak sekali contoh hewan pemakan tumbuhan yang hidup di muka bumi ini, tetapi belum tentu kamu mengetahui semuanya. Maka dari itu, berikut lima contoh sederhana dari binatang herbivora.

1. Gajah

Inilah dia salah satu contoh hewan pemakan tumbuhan terbesar di dunia. Gajah ialah binatang berbadan besar yang memiliki belalai panjang untuk menjangkau makanan mereka. Baik itu daun-daunan di pohon, rumput dan ilalang, serta komoditas panenan manusia, gajah mampu melahap semuanya.

2. Kura-Kura

Kata siapa binatang pemakan tumbuhan harus berdarah panas dan melahirkan bayi? Contoh kedua dari hewan herbivora adalah kura-kura, yang berdarah dingin dan berkembang biak secara bertelur. Kura-kura menyukai sayuran hijau seperti selada dan bayam, namun mereka juga bisa makan buah-buahan.

3. Burung Merpati

Satu contoh burung yang termasuk ke dalam golongan hewan herbivora adalah burung merpati. Rata-rata makanan yang burung merpati sukai yaitu biji-bijian, yang juga melibatkan padi atau gandum. Jika kamu suka memelihara burung merpati, kamu bisa juga memberinya pakan khusus untuk burung.

4. Monyet

Kebanyakan jenis monyet merupakan binatang pemakan tumbuhan, misalnya seperti owa Jawa, lutung, dan monyet bekantan dari pulau Kalimantan. Hewan-hewan ini biasa hidup di atas pohon tempat mereka bisa mencari makan sekaligus berlindung dari serangan hewan karnivora.

5. Domba

Selanjutnya, domba sebagai binatang herbivora adalah contoh makhluk hidup yang telah manusia budidayakan selama ribuan tahun. Bukan hanya untuk dagingnya saja, domba juga sanggup menghasilkan bulu, susu, dan kulit yang dapat kita manfaatkan untuk segala macam kegunaan.

Sudah Tahu Apa Contoh dan Karakteristik Hewan Herbivora?

Begitulah penjelasan mengenai golongan hewan pemakan tumbuhan, beserta ciri khas dan contohnya. Binatang herbivora adalah salah satu jenis makhluk hidup yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Makanya penting sekali bagi kita untuk mengetahui seperti apa hewan-hewan tersebut.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page