Macam-Macam Sumber Daya Alam Indonesia dan Kegunaannya

Indonesia merupakan negara yang sangat luas dan padat penduduknya. Tak hanya penduduk, keanekaragaman sumber daya alamnya pun melimpah ruah. Sumber daya alam di Indonesia sendiri berperan penting guna memenuhi kebutuhan hidup makhluk hidup. 

Peran manusia yang dapat memanfaatkan sumber daya alam menjadi potensi untuk mencapai kesejahteraan hidup. Lantas, apa saja macam-macam SDA yang terdapat di Indonesia dan kegunaannya bagi makhluk hidup? Yuk, simak lebih lanjut penjelasan berikut ini! 

Klasifikasi Sumber Daya Alam

Tanpa sumber daya alam, kehidupan manusia dan organisme lainnya menjadi tidak seimbang. Sebelum mengetahui berbagai sumber daya alam Indonesia, Anda harus tahu bahwa SDA dapat terbagi dalam beberapa klasifikasi. Berikut beberapa di antaranya:

1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Berdasarkan jenisnya, sumber daya alam yang terdapat di Indonesia terbagi menjadi dua klasifikasi, sebagai berikut:

1. Hayati

Ini merupakan sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup atau bisa Anda sebut sebagai sumber daya biotik. Adapun, contoh terkait sumber daya alam hayati adalah berbagai macam hewan dan tumbuhan.

2. Non-Hayati

Kekayaan alam yang bukan berasal dari makhluk hidup, yaitu berupa benda mati sehingga sering disebut sebagai sumber daya abiotik. Contohnya seperti tanah, batu, air, matahari, minyak bumi, dan bahan-bahan tambang.

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, sumber daya alam Indonesia terdiri atas tiga bagian, meliputi:

1. Renewable Resources

Ini adalah sumber daya alam terbarukan yang mampu melakukan regenerasi dan reproduksi. Contohnya berupa air, tumbuhan, tanah, dan hewan.

2. Non Renewable Resources

Ini merupakan sumber daya alam tidak terbarukan. SDA tidak terbarukan membutuhkan waktu yang sangat lama melalui proses yang kompleks agar bisa kembali ada, di mana waktu ini tak sesuai dengan waktu manusia. Contohnya minyak bumi, emas, timah, gas bumi, dan batu bara.

3. Continues Resources

Kekayaan sumber daya alam yang tidak akan ada habisnya, berupa sumber energi.  Contohnya energi matahari, energi angin, energi gelombang laut, dan energi pasang surut air.

Macam-Macam Sumber Daya Alam Indonesia

Berikut ini beberapa macam SDA yang ada di Indonesia:

1. Minyak Bumi

Minyak bumi tergolong pada sumber daya alam Indonesia yang tidak dapat diperbaharui, sehingga penggunaannya pun harus bijak. Minyak bumi sendiri berasal dari fosil yang tertimbun selama bertahun-tahun.

Tak membayangkan jika persediaan minyak bumi menipis dan habis, sebab proses terbentuknya minyak bumi berasal dari proses hidrokarbon di dalam tanah yang memakan waktu cukup lama. Minyak bumi juga harus melewati proses penambangan melalui pengeboran lapisan area kilang minyak mentah. 

Perusahaan pertambangan minyak bumi di Indonesia adalah PT Pertamina. Penyebaran minyak bumi sudah terdapat di berbagai daerah di Indonesia, di antaranya:

  • Jawa terdapat pada daerah Sungai Brantas, Cepu, dan Jatibarang. Pabrik penyulingan minyak terdapat pada area Cepu dan Wonokromo.
  • Kalimantan terdapat pada pulau Bunyu dan Tarakan, Kutai. Kalimantan juga memiliki pabrik penyulingan minyak tepatnya berada di Balikpapan.
  • Sumatera terdapat pada daerah Perlak, Langkat, Natuna, Jambi, Palembang, dan daerah lainya. Lantas, pabrik penyulingan minyak terdapat di Pangkalan Brandan, Plaju, Dumai, dan Sungai Gerong.
  • Papua terdapat di Klamono, Sorong, dan Babo.
  • Maluku terdapat di Bula, Seram.

2. Batu Bara

Sumber daya alam batu bara di Indonesia cukup melimpah. Batu bara adalah salah satu SDA tak dapat diperbaharui dan termasuk hasil tambang bahan bakar fosil. Fosil sendiri berasal dari sisa tumbuh-tumbuhan yang tertimbun selama bertahun-tahun dan melalui proses pembusukan. 

Pertambangan batu bara di Indonesia telah terdapat pada berbagai wilayah, terutama  di Pulau Sumatera dan Kalimantan. Berikut ini daerah-daerah penyebaran pertambangan batu bara di Indonesia, meliputi:

  • Pertambangan batu bara Muara Bungo, Jambi.
  • Pulau Laut, Lampung.
  • Umbilin, Sumatera Barat. Pusat pertambangan batu bara berada di Sawahlunto.
  • Sungai Berau, Kalimantan Timur.
  • Bukit Asam, Sumatera Selatan (di sepanjang Sungai Lematang). Pusat pertambangannya berada di Tanjung Enim.

3. Timah

Sumber daya alam berupa timah juga menjadi hasil mineral yang manfaatnya penting bagi masyarakat di Indonesia. Indonesia memiliki pertambangan timah terbesar terdapat di  Pulau Singkep, Bangka Belitung, dan daerah lepas pantai Kepulauan Bangka Belitung.

4. Emas dan Perak 

Pertambangan emas dan perak merupakan hasil penggalian dari dalam perut bumi yang dilakukan oleh perusahaan negara seperti PT Aneka Tambang dan diolah oleh PT Logam Mulia. Beberapa daerah pertambangan sumber daya alam emas dan perak di Indonesia adalah sebagai berikut: 

  • Pertambang Emas & Perak Martabe, terdapat di Tapanuli Selatan, Sumatera Utara.
  • Pertambangan Emas & Perak Cikotok, Jawa Barat
  • Tambang Emas & Perak Rejang Lebong, Bengkulu.
  • Tambang Emas Kencana, Maluku.
  • Pertambangan Emas Batu Hijau, Pulau Sumbawa.
  • Tambang Emas Pujon, Sungai Mahakam, Kalimantan Tengah.
  • Tambang Emas Gosowong, Pulau Halmahera.

Kegunaan Sumber Daya Alam di Indonesia

Sumber daya alam di Indonesia dapat manusia memanfaatkan kegunaannya untuk menunjang kebutuhan hidup. Berikut ini beberapa kegunaan sumber daya alam yang wajib Anda ketahui:

1. Menjadi Energi dengan Memberikan Oksigen

Salah satu sumber daya alam yang penting bagi manusia adalah pohon. Pohon akan menjadi pondasi penting untuk memberikan suplai oksigen, sehingga manusia dapat bernapas dengan bebas. 

2. Menjadi Bahan Konsumsi

1 4
Sumber: Pexels

Kegunaan sumber daya alam di Indonesia selanjutnya adalah menjadi sumber pangan. Makhluk hidup tanpa adanya bahan pangan akan kesulitan untuk bertahan. Jadi, sumber alam seperti tumbuhan, buah, dan daging hewan ternak menjadi kegunaan sebagai bahan konsumsi.

3. Bahan Baku untuk Perabotan Rumah Tangga

Manusia pasti membutuhkan tempat untuk berteduh dan tinggal. Dalam proses pembuatan rumah pasti akan membutuhkan sumber alam berupa kayu, batu bata, besi, genting, dan lain sebagainya. Tak hanya rumah, sumber daya alam tersebut juga berguna dalam proses pembuatan perabotan rumah tangga. 

4. Bahan Baku untuk Pembuatan Kebutuhan Pakaian

Selain, dapat membuat perabotan rumah, sumber daya alam Indonesia juga dapat menjadi bahan baku untuk kebutuhan sandang. Kain merupakan salah satu sumber sandang untuk membuat pakaian. Komponen pembuatan kain sendiri berasal dari sumber daya alam berupa serat kapan, ulat sutra, dan masih banyak lagi.

5. Terciptanya Lapangan Kerja Bagi Masyarakat

2 4
Sumber: Pexels

Melalui sumber daya alam akan dapat tercipta lapangan kerja baru. Hal tersebut akan menjadi sumber mata pencaharian bagi masyarakat sekitar. Contohnya seperti bertani di sawah, menggali pertambangan, mencari ikan di laut, dan lain sebagainya.

6. Objek Wisata

Pemanfaatan sumber daya alam di Indonesia memiliki peran yang cukup mempengaruhi dalam bidang pariwisata. Karena adalah banyak sekali kawasan pegunungan, hutan, pantai, dan lain-lainnya yang menjadi destinasi wisata. Ini juga akan berpengaruh pada perekonomian negara.

7. Air untuk Membersihkan Diri

SDA ini menjadi komponen penting dari sumber daya alam. Air sendiri dapat manusia manfaatkan untuk membersihkan diri dari kuman penyakit. Selain itu, pemanfaatan air juga berguna untuk memasak, minum, bersuci dengan wudhu, dan lain sebagainya.

8. Penggerak Perekonomian 

3 4
Sumber: Pexels

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sumber daya alam di Indonesia dapat menjadi objek penggerak perekonomian suatu negara. SDA dapat menjadi komoditas penting guna untuk melakukan transaksi ekspor impor dalam bidang perdagangan lintas negara.  

9. Menghasilkan Sumber Energi Listrik

Anda pasti tahu jika tidak ada sumber energi listrik, kehidupan sehari-hari akan menjadi gelap. Maka dari itu, sumber daya berupa energi dapat memberi manfaat bagi kehidupan dan mempermudah manusia dalam menjalankan aktivitasnya.

Sudah Tahu Apa Saja Macam Sumber Daya Alam Indonesia?

Itulah ulasan seputar sumber daya alam di Indonesia yang sangat beragam dan melimpah. Tak hanya untuk menunjang ekonomi dan konsumsi, sumber daya alam yang mempesona dan asri juga dapat menjadi media relaksasi untuk sejenak membebaskan stres.

Mengingat pentingnya keberadaan SDA, kita wajib untuk menjaga dan melestarikannya. Anda bisa memulainya dengan langkah kecil saja. Contohnya adalah dengan tidak melakukan eksploitasi, menghemat air, dan menanam pohon. Jadi, sudahkah Anda ikut menjaga alam Indonesia?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page