12 Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan bagi Siswa Secara Positif

Setiap tanggal 17 Agustus masyarakat Indonesia merayakan salah satu hari paling bersejarah, yaitu Hari Kemerdekaan Indonesia. Sebagai generasi penerus bangsa, siswa juga harus ikut serta merayakan kemerdekaan. Ada banyak kegiatan dan hal positif yang bisa menjadi upaya untuk mengisi kemerdekaan. Apa saja?

12 Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan bagi Siswa

Langsung saja, berikut ini hal-hal positif yang bisa menjadi upaya mengisi kemerdekaan bagi siswa:

1. Memasang Bendera Merah Putih

Bendera di Rumah
Bendera di Rumah | Sumber Gambar: halosmi.com

Langkah awal mengisi kemerdekaan tentu saja melalui pemasangan bendera merah putih di depan rumah. Sebenarnya, pemerintah memberikan imbauan untuk memasang bendera merah putih di bulan Agustus setiap tahunnya. 

Pemasangan bendera merah putih merupakan bukti kepatuhan pada pemerintah dan kecintaan pada tanah air. Selain memasang bendera merah putih yang tinggi, kamu juga bisa memasang hiasan-hiasan. Misalnya memasang bendera kecil, mengecat pagar merah putih, dan lain sebagainya.

2. Mengikuti Upacara Bendera

Bentuk upaya untuk mengisi kemerdekaan yang biasanya wajib diikuti oleh siswa adalah upacara bendera. Pada tanggal 17 Agustus, sekolah-sekolah akan berkumpul di lapangan besar untuk mengadakan upacara bendera.

Meskipun berpanas-panasan, para siswa tetap mengikuti upacara bendera dengan khidmat dan semangat. Upacara pengibaran bendera berlangsung di pagi hari, sementara upacara penurunan bendera di sore hari. Sekolah biasanya akan membagi siswa yang mengikuti upacara pengibaran dan penurunan.

3. Mengisi Kemerdekaan dengan Belajar

Tugas utama seorang pelajar adalah belajar. Oleh sebab itu, upaya mengisi kemerdekaan selanjutnya, yaitu dengan lebih giat belajar. Siswa harus merenungkan betapa sulitnya masa-masa penjajahan.

Sekarang, siswa memiliki kemerdekaan untuk belajar dan memilih jurusan yang diinginkan. Jadi, tidak ada alasan lagi untuk bermalas-malasan. Semua fasilitas pembelajaran pun lebih mudah didapatkan daripada di masa lalu.

Belajar dengan giat juga bisa meningkatkan kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) di Indonesia. Jika SDM meningkat, maka Indonesia akan lebih maju.

4. Meningkatkan Prestasi

Ilustrasi Piala Kemenangan
Ilustrasi Piala Kemenangan | Sumber Gambar: Pexels

Setiap siswa memiliki potensi dan bakatnya masing-masing. Bukan hanya belajar giat demi meningkatkan prestasi akademik saja, siswa juga harus meningkatkan prestasi di bidang lainnya.

Misalnya, kamu memiliki potensi dan bakat di bidang olahraga, maka asah terus bakat tersebut. Atlet-atlet Indonesia juga merupakan kebanggaan bangsa. Jadilah seperti para atlet yang mengharumkan bangsa dan mengibarkan bendera di negara lain. 

Ingat! Semua bidang bisa menjadi hal yang positif dan membanggakan. Jadi, teruslah berusaha untuk mengasah potensi dan bakat demi meningkatkan prestasi di bidang apapun.

5. Belajar Toleransi Terhadap Sesama

Belajar toleransi terhadap sesama juga menjadi salah satu upaya untuk mengisi kemerdekaan. Para pejuang yang berhasil meraih kemerdekaan berasal dari ras, suku, dan agama yang berbeda-beda. Mereka memiliki toleransi yang tinggi sehingga mampu berjuang bersama meraih kemerdekaan.

Toleransi yang ada pada para pahlawan tersebut seharusnya menjadi pembelajaran bagi generasi muda. Semua warga negara Indonesia sama meskipun berbeda ras, suku, maupun agama. Setiap siswa harus belajar dan memahami hal tersebut secara mendalam.

6. Belajar Sejarah Indonesia

Sejarah merupakan salah satu mata pelajaran wajib yang ada di setiap sekolah. Bukan hanya karena pelajaran wajib saja, setiap siswa harus belajar mengenai sejarah demi mengenang perjuangan pahlawan.

Selain itu, ada banyak sekali hal-hal positif yang bisa didapatkan dari sejarah perjuangan pahlawan. Terutama masalah-masalah di masa lalu agar tidak terjadi lagi di masa kini.

7. Mengadakan Pentas Seni atau Teater tentang Kemerdekaan

Sekolah-sekolah di Indonesia biasanya akan merayakan kemerdekaan Indonesia secara khusus. Acara seperti pentas seni atau teater menjadi salah satu acara yang bisa mengisi kemerdekaan dengan menyenangkan. 

Pentas seni atau teater tersebut harus bertema kemerdekaan. Bisa berupa perjuangan pahlawan melawan penjajahan. Jika tidak menjadi pemain pentas seni, siswa bisa melihat pertunjukan. Melihat saja sudah menjadi bentuk penghormatan pada pahlawan yang berjuang keras meraih kemerdekaan.

8. Berkunjung ke Tempat Bersejarah

Museum Nasional Indonesia
Museum Nasional Indonesia | Sumber Gambar: Wisatasekolah.com

Jika kamu tipe orang yang kurang suka lama-lama berada di depan buku, maka upaya untuk mengisi kemerdekaan ini bisa menjadi pilihan. Kamu bisa menghabiskan liburan kemerdekaan dengan berkunjung ke tempat bersejarah.

Setiap daerah umumnya memiliki museum yang berisi banyak peninggalan dan pelajaran sejarah. Agar lebih seru, sekolah bisa mengatur kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah tersebut. Semakin banyak siswa yang bergabung, maka kegiatan akan semakin menyenangkan.

9. Mengikuti Kegiatan Perayaan Kemerdekaan

Pada tanggal 17 Agustus, semua lini masyarakat akan merayakan hari kemerdekaan. Ada banyak bentuk kegiatan perayaan kemerdekaan. Selain upacara, biasanya akan ada lomba-lomba khusus.

Contohnya adalah lomba olahraga, cerdas cermat, atau sekedar kegiatan untuk seru-seruan saja. Siswa bisa mengikuti apapun jenis perlombaan yang diinginkan. Semua jenis kegiatan perayaan kemerdekaan umumnya bersifat positif karena bertujuan untuk memupuk kebersamaan.

10. Menonton Film Bertema Kemerdekaan

Ada banyak sekali upaya menyenangkan dan positif untuk mengisi kemerdekaan. Salah satu yang paling seru adalah menonton film bertema kemerdekaan. Siswa bisa menontonnya sendiri di rumah atau sekolah bersama teman lainnya. Pilih film bertema sejarah kemerdekaan yang menjelaskan perjuangan bangsa. 

Melalui film tersebut, harapannya siswa akan lebih bersyukur terhadap kemerdekaan yang didapatkan saat ini. Beberapa tokoh kemerdekaan yang pernah difilmkan yaitu Ir. Soekarno, RA Kartini, Cut Nyak Dien, dan lain-lain. 

11. Mendukung Produk dan Kesenian Lokal

Batik Indonesia
Batik Indonesia | Sumber Gambar: Grid Kids

Upaya untuk mengisi kemerdekaan lainnya adalah mendukung produk dan kesenian lokal. Siswa sebagai generasi penerus bangsa seharusnya memperkenalkan produk dan budaya bangsa kepada dunia.

Namun, sebelum menjalankan tugas tersebut melalui prestasi, siswa harus mencintai produk dan kesenian lokal terlebih dahulu. Pasalnya, kecanggihan teknologi dan era globalisasi mengikis rasa cinta pada produk dan budaya sendiri.

Padahal, Indonesia adalah negara yang kaya akan keberagaman. Setiap produk dan kesenian lokal tidak kalah indah dengan milik negara lain. Menumbuhkan kecintaan pada produk dan kebudayaan lokal bisa dengan membeli produk dalam negeri, melihat pertunjukan kesenian daerah, menggunakan bahasa daerah, dan lainnya. 

12. Melakukan Kegiatan Bakti Sosial

Bentuk upaya mengisi kemerdekaan terakhir yang bisa siswa lakukan adalah kegiatan bakti sosial. Kegiatan satu ini sangat positif dan bermanfaat bagi orang lain. Selain itu, bakti sosial menjadi wujud rasa kemanusian terhadap sesama, terutama mereka yang membutuhkan. 

Beberapa bentuk kegiatan bakti sosial yang bisa siswa lakukan adalah membersihkan sampah desa, memberikan santunan pada yang membutuhkan, dan lain sebagainya. Siswa juga bisa menanam pohon untuk menjaga lingkungan Indonesia agar tetap bersih.

Alasan Siswa Harus Ikut Mengisi Perayaan Kemerdekaan

Selain mengetahui bentuk upaya untuk mengisi kemerdekaan bagi siswa, kamu juga perlu mengetahui alasan mereka harus merayakan kemerdekaan. Berikut di antaranya:

1. Mengenang Jasa Pahlawan

Kemerdekaan yang kita rasakan saat ini merupakan hasil dari perjuangan dan pengorbanan para pahlawan. Mengisi kemerdekaan menjadi salah satu cara mengenang jasa para pahlawan.

Ketika mengenang jasa pahlawan, akan ada banyak hal yang bisa diteladani. Contohnya adalah semangat pantang menyerah, strategi untuk melawan penjajah, dan kecintaan pada tanah air. 

2. Bentuk Syukur

Masa penjajahan adalah masa-masa paling kelam dalam perjalanan bangsa Indonesia. Para siswa harus bersyukur tidak berada di masa penjajahan berkat perjuangan para pahlawan.

Banyak hal yang lebih mudah dilakukan saat kemerdekaan. Misalnya mudah meraih cita-cita, menjalani hidup sesuai pilihan, serta menjadi orang yang kreatif dan mampu memaksimalkan potensi diri. 

3. Merayakan Kemerdekaan

Mengisi kemerdekaan tentu saja menjadi salah satu bentuk perayaan kemerdekaan. Apakah kamu bisa membayangkan bagaimana perayaan kemerdekaan jika tidak ada yang merayakannya?

Oleh sebab itu, siswa sebagai generasi penerus harus ikut serta merayakan kemerdekaan. Bentuk-bentuk upaya untuk mengisi kemerdekaan di atas bisa kamu pilih sesuai keinginan. Asalkan positif semuanya bisa kamu lakukan. 

4. Memupuk Persatuan dan Kebersamaan

Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan oleh semua lini masyarakat. Biasanya, pemerintah desa atau sekolah akan mengadakan berbagai macam lomba seru-seruan. Contohnya yaitu balap karung, makan kerupuk, dan lain sebagainya.

Lomba-lomba tersebut memang terkesan sederhana, namun mampu memupuk persatuan dan kebersamaan. Selain itu, mengisi kemerdekaan dengan lomba juga membantu siswa untuk belajar menerapkan sifat kompetitif dan kemampuan kerja sama.

5. Lebih Cinta Tanah Air

Manfaat mengisi kemerdekaan terakhir, yaitu memupuk rasa cinta pada tanah air. Sudah sepatutnya jika siswa sebagai generasi penerus bangsa memiliki rasa cinta tanah air yang tinggi.

Rasa cinta tersebut bisa menjadikan siswa sebagai orang yang berjuang penuh mengharumkan nama bangsa di masa depan. Generasi penerus terbaik adalah generasi yang cerdas dan cinta tanah air.

Baca juga : 30+ Contoh Sikap Patriotisme dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sudah Tahu Upaya untuk Mengisi Kemerdekaan yang Seru?

Itulah pembahasan mengenai bentuk upaya untuk mengisi kemerdekaan bagi siswa. Hari kemerdekaan memang seharusnya menjadi hari yang menggembirakan bagi seluruh rakyat Indonesia. Mengikuti kegiatan kemerdekaan artinya memberikan penghormatan bagi pahlawan.

Selain itu, perayaan kemerdekaan juga menjadi bentuk rasa syukur terhadap kemerdekaan. Tidak harus semua kegiatan diikuti, pilih saja kegiatan-kegiatan yang kamu anggap sesuai dengan minat. Mari ikut merayakan kemerdekaan dengan penuh suka cita!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page