Cara Menghitung Rata rata dengan Cepat dan Mudah

Menghitung rata rata adalah skill yang dibutuhkan dalam berbagai bidang. Tidak hanya dalam bidang statistika, penghitungan rata rata juga dipakai dalam keuangan, bisnis, dan berbagai bidang lainnya. Meskipun fungsinya sangat penting, banyak orang yang belum tahu ada cara menghitung rata rata dengan cepat dan mudah. 

Bagi kamu yang bekerja di bidang statistika, keuangan, bisnis, maupun siswa yang sering menghitung rata rata dalam keseharian, yuk, simak cara menghitungnya di bawah ini! 

Apa itu Rata rata? 

Sebelum menjelaskan tentang cara cepat dan mudah menghitung rata rata, kamu perlu tahu apa itu rata rata untuk memahami dasar dari perhitungannya. Jadi, apa itu rata rata? 

Rata rata didefinisikan sebagai rasio jumlah dari sejumlah nilai tertentu dengan jumlah total nilai dalam himpunan. Rumus rata rata memiliki banyak aplikasi di dunia nyata. 

Misalkan, kamu perlu mencari rata rata umur laki-laki atau perempuan dalam suatu kelompok atau rata rata tinggi badan laki-laki di India dengan menjumlahkan semua nilai dan membaginya dengan jumlah nilai.

Rumus untuk menemukan rata rata angka atau nilai yang diberikan sangat sederhana. Kamu hanya perlu menjumlahkan semua angka dan membagi hasilnya dengan jumlah nilai yang diberikan. Oleh karena itu, rumus rata rata matematika adalah sebagai berikut:

Rata rata = jumlah total nilai/ banyak angka yang dijumlahkan

Misalkan kita memberikan n beberapa nilai seperti x1, x2, x3 ,…, xn. Mean atau rata rata dari data yang diberikan sama dengan:

Rata rata = (x1+x2+x3+…+xn)/banyak angka yang dijumlahkan 

Kapan Harus Menggunakan Perhitungan Rata Rata?

Rata rata berguna dalam banyak hal di dunia nyata sehingga kamu perlu tahu cara menghitung rata rata dengan benar. Perhitungan ini berguna untuk mewakili satu nilai untuk sejumlah besar data. Di bawah ini adalah beberapa contoh nilai rata rata:

1. Ketika seorang siswa membaca topik tertentu dengan n bab dalam x jam. Hal serupa diterapkan dalam pelajaran lainnya. Ini akan membantu siswa menganalisis waktu.

2. Saat seorang anak berpartisipasi dalam olahraga tertentu, hal itu biasanya membantu pelatih melacak perubahan kecepatan atau energi.

3. Berdasarkan nilai rata rata, rutinitas harian anak dapat direncanakan sedemikian rupa sehingga tersedia cukup waktu untuk semua kegiatan. 

4. Harga saham perusahaan berubah setiap hari. Oleh karena itu, kamu membutuhkan perhitungan harga rata rata untuk memprediksi kenaikan maupun penurunan harga. 

5. Waktu tempuh antara dua tempat masih bervariasi setiap harinya. Di sini, durasi rata rata digunakan untuk memahami berapa lama perjalanan antara dua tempat tersebut. 

Langkah-Langkah Menghitung Rata Rata 

Umumnya, menghitung rata rata baik menggunakan cara konvensional maupun menggunakan teknologi memiliki dasar yang sama. Berikut adalah cara dasar menghitung rata rata. 

1. Tentukan Rata rata Apa yang Ingin Didapatkan

Hitung rata rata dengan menentukan apa yang sebenarnya ingin kamu rata-ratakan. Faktor tersebut mencakup jumlah rata rata penjualan selama periode waktu tertentu, jumlah rata rata inventaris yang kamu pesan untuk produk, jumlah rata rata karyawan yang dipekerjakan pada tahun lalu, atau gaji rata rata yang kamu miliki.

2. Tentukan Jumlah Data

Langkah kedua dalam rata rata adalah menentukan ukuran kumpulan data. Banyak kalkulator dapat melakukan ini, atau kamu dapat melakukannya dengan tangan atau dengan spreadsheet. Misalnya, kamu dapat menambahkan nomor berikut:

2, 3, 4, dan 5. Lalu jumlahkan semua angka ini dan mendapatkan total nilai sebanyak 14. 

3. Tentukan Banyak Angka dalam Sebuah Kumpulan Data 

Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa banyak angka dalam kumpulan data. Kamu dapat melakukannya dengan menghitung jumlah nilai yang kamu gunakan. Contoh di atas memiliki empat angka atau nilai. 

Jika kamu memiliki dua angka dengan nilai yang sama, hitunglah seolah-olah itu adalah angka mereka sendiri. Misal dari 2,3.4, dan 5 berarti banyak angkanya adalah 4. 

4. Bagilah Hasil Penjumlahan dengan Jumlah Total Kumpulan Data

Pada langkah terakhir, penjumlahan yang dihitung pada langkah kedua dibagi dengan jumlah record data yang ditentukan pada langkah ketiga. Ini menghasilkan mean atau rata rata. 

Cara Menghitung Rata rata dengan Cepat dan Mudah 

Cara menghitung rata rata sebenarnya sudah diajarkan sejak kamu duduk di bangku sekolah dasar. Namun, banyak dari kamu yang menggunakan cara konvensional untuk menghitung rata-rata. Nah, pada artikel ini, kamu akan belajar cara menghitung rata rata dengan cepat dan mudah.

1. Menghitung Rata rata Secara Konvensional

Simbol atau notasi matematika untuk rata rata adalah “x-bar”. Simbol ini muncul di kalkulator ilmiah dan di notasi matematika dan statistik.

“Rata rata” adalah bentuk rata rata yang paling umum digunakan. Untuk menghitung rata rata, kamu memerlukan sekumpulan angka, setidaknya diperlukan dua angka. 

Angka-angka harus terhubung atau terkait satu sama lain untuk menghasilkan hasil yang berarti. Misalnya, informasi tentang pembacaan suhu, harga kopi, jumlah hari dalam sebulan, jumlah detak jantung per menit, hasil ulangan siswa. dan berbagai hitungan lainnya. 

Contohnya seperti ini:

Kamu bisa menemukan harga rata rata sepotong roti di supermarket dengan memasukkan harga masing-masing roti terlebih dahulu:

Roti tawar: Rp10.000,00

Gandum: Rp20.000,00

Baguette: Rp30.000,00

Kemudian jumlahkan semua harga, 10.000 + 20.000 + 30.000 = 60.000. Setelah itu, bagilah total harga tersebut dengan banyaknya jumlah roti, yaitu 3 jenis roti. 

60.000/3 = 20.000.

Jadi, harga rata rata dari roti di supermarket tersebut adalah Rp20.000,00. 

2. Cara Menghitung Rata rata Menggunakan Excel

Cara ini merupakan metode yang lebih mudah dibandingkan kamu harus menjumlahkan satu persatu. Simak cara-caranya berikut ini. 

a. Tuliskan semua angka dalam kolom tabel. Lihat contohnya di bawah ini.

Screenshot 1420

b. Buat rata rata dengan menggunakan rumus Average. Ketik =AVERAGE lalu block semua jumlah datanya. Rumusnya akan menjadi =AVERAGE(D4:D10). 

c. Setelah itu klik Enter di keyboard. Maka, kamu akan mendapat hasilnya seperti di bawah ini.

Screenshot 1419

Jadi, rata rata kunjungan di kedai kopi tersebut setiap harinya adalah 9 orang. 

3. Menggunakan Mean Calculator

Di zaman serba digital ini, tentunya hitung-hitungan bukan jadi masalah lagi, terutama dalam perhitungan fisika. Kalau cara menghitung rata rata menggunakan Excel masih terkesan sulit karena kamu tidak menghafal rumusnya, maka bisa menggunakan Mean Calculator.  

Tidak hanya menghitung rata rata, Mean Calculator juga bisa menghitung median dan modus dari datamu. Ini cara mudah menggunakan Mean Calculator

  1. Pertama-tama, kunjungilah laman resmi Mean Calculator
  2. Lalu, masukkan data angka yang kamu miliki. Pisahkan data-data tersebut dengan tanda koma (,)
  3. Klik tombol “Hitung Mean”
  4. Hasilnya pun akan terlihat dalam hitungan detik! 

Mana Cara Menghitung Rata rata Favoritmu?

Itulah penjelasan tentang rata rata (mean), kapan mean harus digunakan, dan apa saja cara mudah menghitung mean. Dengan berbagai kecanggihan teknologi sekarang ini, statistika khususnya perhitungan rata rata tidaklah sulit. 

Tidak ada alasan lagi bagi kamu untuk menghindari perhitungan rata rata secara mandiri. Manakah cara yang menjadi favoritmu? Apakah menghitung rata rata secara manual, menggunakan Excel, atau menggunakan Mean Calculator

Cara manapun yang kamu pakai, pastikan semua datanya sudah sesuai agar tidak terjadi kesalahan pada perhitungan. Yuk, praktik sekarang juga!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page