Terbaru 2023! Syarat Menjadi Pramugari dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Pramugari merupakan salah satu profesi yang memiliki banyak peminat hingga saat ini. Beberapa orang memilih untuk masuk ke sekolah pramugari untuk mempelajari banyak hal sebelum terjun langsung ke dunia kerja. Selain itu, syarat menjadi pramugari juga cukup kompleks. Ada banyak ketentuan yang perlu Anda penuhi secara mutlak.

Anda bisa mencari tahu bagaimana tahapan seleksi pramugari dalam artikel ini. Meski terbilang cukup sulit, ada banyak sekali keuntungan ketika Anda berhasil menjadi seorang pramugari yang profesional di Indonesia. Mari simak ulasan selengkapnya di bawah ini!

Definisi Profesi Pramugari

Sebenarnya, pramugari merupakan seorang pegawai atau staf yang bekerja di perusahaan transportasi umum, baik transportasi darat, udara, maupun laut. Namun, pramugari lebih banyak dikenal sebagai petugas yang ada di pesawat. Pramugari adalah sebutan staf perempuan, sedangkan pramugara adalah sebutan untuk laki-laki.

Keduanya mempunyai peran yang sama, yaitu melayani penumpang selama perjalanan dan berada di moda transportasi umum tersebut. Tidak hanya itu, pramugari juga harus mampu mengatur situasi yang ada di transportasi agar tetap kondusif terutama saat kondisi darurat.

Oleh sebab itu, selain menyenangkan, profesi pramugari juga memiliki risiko cukup besar. Tidak heran jika proses perekrutannya pun cukup panjang. Setiap orang yang ingin menjadi pramugari harus mempunyai banyak kemampuan atau skill tertentu. Anda bisa mengasah kemampuan ini saat bersekolah di sekolah khusus pramugari.

Syarat Menjadi Pramugari

Ada beberapa persyaratan yang harus Anda penuhi saat melamar menjadi seorang pramugari. Persyaratan tersebut mulai dari tingkat pendidikan, kondisi fisik, hingga kemampuan tertentu yang akan dicek melalui tes nantinya. Berikut ini beberapa persyaratannya:

1. Syarat Pendidikan

Secara umum, ada syarat pendidikan untuk profesi pramugari di Indonesia. Minimal adalah lulusan dari Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Madrasah Aliyah (MA), atau tingkat pendidikan yang setara dengan SMA. 

Meski demikian, lulusan Diploma 1 (D1), D2, D3, D4, maupun S1 juga boleh mendaftar. Dengan catatan, telah memenuhi kualifikasi yang diminta dari masing-masing maskapai penerbangan. Apabila Anda bukan berasal dari tingkatan pendidikan SMA maupun S1, Anda masih bisa mendaftar setelah mengikuti sekolah khusus pramugari.

2. Syarat Fisik

Pramugari adalah orang yang berhadapan langsung dengan penumpang. Jadi, tidak heran jika pramugari dituntut untuk berpenampilan menarik dan ramah senyum. Oleh karena itu, syarat fisik menjadi bagian penting dalam tahapan seleksi pramugari. Berikut ini beberapa syarat fisik menjadi pramugari yang harus Anda perhatikan:

  • Tinggi Badan

Syarat menjadi pramugari adalah harus mempunyai tinggi badan minimal 160 cm. Persyaratan ini ditetapkan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang prima bagi penumpang. Salah satu tugas pramugari adalah membantu penumpang yang kesulitan untuk menyimpan barang di kabin pesawat.

Selain itu, pramugari juga harus memastikan bahwa kabin pesawat telah tertutup dengan benar dan penumpang sudah duduk di tempatnya masing-masing. Apabila seorang pramugari tidak memiliki tubuh yang tinggi, tentu tidak akan bisa melakukan tugas tersebut.

  • Berat Badan Ideal

Selain tinggi badan, ada pula syarat berat badan yang harus Anda penuhi saat mendaftar menjadi pramugari. Seorang pramugari dituntut memiliki badan yang ideal. 

Berat badan yang ideal di sini juga mencakup perbandingan antara tinggi dan berat badan seseorang. Karena itu, pastikan Anda memiliki postur tubuh yang ideal agar lolos seleksi.

  • Sehat Jasmani dan Rohani

Seperti yang Anda telah ketahui jika profesi apapun tentu memberikan syarat karyawan harus sehat secara jasmani maupun rohani. Begitu pula dengan pramugari. Seorang pramugari harus memiliki kesehatan yang prima agar bisa melayani penumpang dan menjaga keselamatan bersama.

Pramugari yang sehat tentu bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada penumpang. Penumpang juga bisa menjadi lebih nyaman selama dalam perjalanan. Setiap maskapai atau industri transportasi umum biasanya memiliki prosedur tes kesehatan yang berbeda-beda.

  • Bebas dari Obat Terlarang

Syarat menjadi pramugari lainnya adalah terbebas dari konsumsi obat-obatan terlarang. Setiap orang yang menjadi pramugari tidak boleh mengonsumsi obat terlarang baik sebelum maupun sesudah perjalanan. Pasalnya, obat-obatan terlarang bisa mempengaruhi kinerja pramugari secara keseluruhan.

Tidak hanya obat terlarang, pramugari juga tidak boleh meminum alkohol saat akan melakukan perjalanan. Seorang pramugari yang profesional tentu tidak akan mengkonsumsi dua hal terlarang tersebut agar bisa memberikan pelayanan yang optimal kepada penumpang.

3. Syarat Keahlian

Seorang pramugari harus mempunyai keahlian tertentu, mulai dari komunikasi yang efektif, berenang, maupun kemampuan bertahan hidup. Hal tersebut menjadi penting mengingat profesi pramugari memiliki risiko yang cukup besar. Berikut ini beberapa keahlian yang menjadi syarat umum seleksi masuk pramugari:

  • Berenang

Keahlian berenang untuk profesi pramugari minimal mampu berenang dari jarak 20 meter hingga 50 meter. 

Syarat ini berguna untuk mengantisipasi adanya kecelakaan di perairan agar bisa mengevakuasi diri dan penumpang sebisa mungkin. Berenang juga berkaitan dengan kemampuan untuk bertahan hidup dalam kondisi darurat.

  • Komunikatif

Mengingat tugas utamanya adalah untuk melayani penumpang, maka penting bagi pramugari untuk memiliki kemampuan komunikasi yang baik. 

Komunikasi yang baik dan efektif ini juga sangat diperlukan dalam situasi darurat. Seorang pramugari harus menjaga komunikasi dengan awak kabin lainnya untuk memastikan keamanan penumpang.

  • Cepat Tanggap

Tidak hanya komunikasi yang baik, syarat menjadi pramugari yang profesional juga perlu memiliki kemampuan daya tangkap yang cepat. Pramugari harus cepat tanggap dan selalu mengawasi situasi di dalam kabin. Apabila terjadi sesuatu maka pramugari bisa dengan cepat mengambil tindakan.

  • Kerja Tim

Dalam industri transportasi umum, setiap transportasi tentu tidak hanya diisi oleh satu pramugari saja. Terutama pada industri penerbangan. Ada beberapa pramugari dan staf lain yang tergabung dalam kabin pesawat. Semua staf ini harus kompak dan dapat bekerja sama untuk menjaga kenyamanan penumpang.

  • Bertahan Hidup

Keterampilan untuk bertahan hidup dalam situasi darurat juga wajib dimiliki oleh seorang pramugari. Misalnya pada saat kondisi darurat yang mengharuskan pesawat untuk mendarat di hutan. Pramugari dan tim harus bisa membantu proses evakuasi penumpang dan memastikan semuanya aman.

4. Syarat Bahasa

Kemampuan berbahasa juga menjadi syarat yang harus Anda penuhi. Sebagian besar maskapai penerbangan menjadikan kemampuan bahasa asing sebagai salah satu syaratnya saat wawancara maupun tes tulis. Bahasa asing yang paling penting adalah bahasa Inggris.

Tahapan Seleksi Menjadi Pramugari 

Setelah Anda memenuhi berbagai syarat menjadi pramugari, Anda bisa memahami tahapan seleksi menjadi seorang pramugari yang profesional. Biasanya setiap maskapai penerbangan memiliki tahapan perekrutan yang berbeda. Namun, secara umum, berikut ini tahapan yang perlu Anda perhatikan:

  1. Seleksi administrasi termasuk kesesuaian latar belakang pendidikan.
  2. Tes penampilan fisik termasuk tinggi dan berat badan.
  3. Tes psikologi yang mencakup psikotes, tes minat dan bakat, dan tes tertulis.
  4. Seleksi kemampuan bahasa asing (umumnya adalah bahasa Inggris).
  5. Tes aspek keamanan atau Background checking yang bertujuan untuk memastikan data atau dokumen pelamar sudah sesuai.
  6. Tes wawancara kompetensi untuk mengetahui kemampuan yang dimiliki oleh calon pramugari.
  7. Pantukhir atau wawancara dengan jajaran direktur maskapai penerbangan.
  8. Tes kesehatan atau medical examination untuk memastikan calon pramugari sehat secara jasmani maupun rohani.

Siap Memenuhi Syarat Menjadi Pramugari?

Demikian ulasan seputar apa saja persyaratan yang harus dipenuhi sebelum mendaftar sebagai seorang pramugari. Pastikan Anda telah mempersiapkan semuanya secara matang agar bisa lolos selama proses seleksinya. Jangan lupa untuk mengasah kemampuan atau keahlian Anda mulai dari sekarang, ya. Semoga membantu!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page