Diskon: Pengertian, Manfaat, Tips, dan Strategi Menerapkannya

Pernahkah Anda berpikir mengapa kita begitu mudah tergoda oleh kata “discount” atau “diskon”? Pada nyatanya, potongan harga memang dapat mempengaruhi keputusan belanja seseorang. 

Nah, dalam dunia bisnis, discount merupakan salah satu strategi yang sangat kuat sekaligus dapat memberikan manfaat yang cukup signifikan. Artikel ini akan membahas konsep dasarnya, manfaat, tips, serta strategi pemberian potongan harga yang efektif untuk meningkatkan penjualan. Baca sampai selesai, ya!

Apa Itu Diskon?

Istilah discount atau diskon adalah salah satu jenis sales promotion yang menawarkan potongan atau pengurangan harga dari suatu produk atau layanan kepada konsumen. Misalnya berupa persentase potongan harga, beli satu gratis satu, atau hadiah bonus.

Strategi ini memungkinkan perusahaan untuk menarik pelanggan, memperkenalkan produk atau layanan baru, mengurangi stok yang berlebihan, dan meningkatkan penjualan. Sementara itu, konsumen akan lebih senang apabila mendapatkan potongan harga dari jumlah asli. 

Strategi penjualan ini memungkinkan konsumen untuk tetap membeli produk atau layanan yang memiliki label potongan harga, meskipun mereka tidak terlalu membutuhkannya. Konsumen akan mendapatkan kepuasan karena telah menghemat pengeluaran belanja dari adanya potongan harga tersebut.

Manfaat Diskon

Pada umumnya, diskon dapat membantu bisnis dalam meningkatkan daya tarik produk atau layanan bagi pelanggan, mendorong penjualan, meningkatkan loyalitas konsumen, dan memberikan keuntungan jangka panjang. Adapun manfaat lain dari potongan harga adalah:

1. Meningkatkan Penjualan

Manfaat paling utama dari strategi potongan harga adalah untuk meningkatkan penjualan sebagai salah satu parameter kesuksesan bisnis. Strategi yang tepat akan membantu Anda mendapatkan banyak profit yang berkelanjutan. 

Profit yang stabil memainkan peran kunci dalam mencapai tujuan bisnis Anda dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Sehingga, perusahaan dapat berinvestasi dalam pertumbuhan, pengembangan produk, dan inovasi yang dapat membantu Anda tetap kompetitif dalam pasar yang terus berubah.

2. Mengurangi Stok Produk

Beberapa perusahaan, terutama perusahaan yang bergerak pada bidang industri makanan, biasanya memberikan diskon sebagai langkah untuk mengurangi stok. Sebab, jika perusahaan tidak melakukan hal tersebut, maka kemungkinan produk basi dapat menyebabkan kerugian yang lebih besar.

Sementara untuk produk baru non-makanan yang memiliki tanggal kedaluwarsa, potongan harga dapat membantu memastikan bahwa produk tersebut terjual sebelum masa kedaluwarsa. Dengan cara tersebut, perusahaan dapat mencegah pemborosan dan kerugian.

3. Menarik Konsumen Baru

Pernahkah Anda berpikir bahwa Anda dapat menggunakan diskon sebagai penawaran selamat datang kepada konsumen? Bagaimana bisa?

Yap, pendekatan ini mungkin dapat mendatangkan banyak konsumen baru karena sifatnya yang menarik. Anda akan mendapatkan profit serta data konsumen baru yang dapat Anda gunakan untuk jangka panjang.

Tips Pemberian Diskon

Pemberian Diskon
Pemberian Diskon | Image Source: Pexels

Beberapa perusahaan mungkin perlu menggunakan strategi ini sebagai langkah untuk meningkatkan penjualan atau memperkenalkan produk atau layanan baru. Namun, Anda perlu strategi yang matang agar dapat menghindari potensi kerugian. Beberapa tips yang dapat perusahaan terapkan ketika memberikan diskon adalah:

1. Tentukan Tenggat Waktu

Salah satu tips yang tidak boleh Anda lewatkan adalah menentukan batas waktu pemberian potongan harga. Misalnya, jika Anda memberikan potongan harga menggunakan strategi flash sale, maka pastikan untuk mengatur jadwal selama beberapa jam  atau maksimal satu hari. 

Anda dapat melakukan cara ini untuk mencegah kerugian serta mendorong konsumen agar membeli karena adanya urgensi dari tenggat waktu tersebut. Selain itu, potongan harga yang terlalu lama atau terlalu sering juga akan menurunkan kadar kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan Anda.

2. Tentukan Syarat dan Ketentuan

Menentukan syarat dan ketentuan pemberian diskon adalah hal yang penting untuk memastikan bahwa Anda memberikan potongan harga dengan jelas dan adil. Berikut adalah beberapa komponen yang dapat Anda atur sebagai syarat dan ketentuan pemberian potongan harga:

  • Periode promosi: Tentukan jangka waktu kapan potongan harga akan berlaku dan berakhir.
  • Kategori produk dan layanan: Tentukan produk atau layanan mana yang memenuhi syarat potongan harga.
  • Persentase: Tentukan besaran potongan harga berdasarkan persentase.
  • Minimal dan maksimal pembelian: Tentukan batas minimal dan maksimal konsumen dapat membeli produk atau layanan.
  • Metode pembayaran: Anda juga dapat meminta konsumen menggunakan metode pembayaran tertentu sebagai syarat mendapatkan diskon.

Selain beberapa syarat tersebut, Anda juga dapat menentukan jumlah pembelian, kebijakan pembatalan atau perubahan, serta konsekuensi yang konsumen dapatkan ketika melanggar syarat dan ketentuan. Dengan cara tersebut, pemberian potongan harga tidak akan merugikan Anda sebagai penyedia produk atau layanan.

3. Lakukan Analisis dan Evaluasi

Anda harus melakukan analisis dan evaluasi untuk mengetahui efektivitas dari kampanye promosi yang Anda jalankan. Dengan mengumpulkan data dan informasi dari konsumen, Anda akan mengetahui apakah penjualan meningkat, atau justru menggerus margin keuntungan secara berlebihan.

Apabila adanya potongan harga justru merugikan, maka hal yang perlu Anda evaluasi adalah metode pemberian diskon yang mungkin kurang tepat sehingga tidak mencapai tujuan yang Anda harapkan. Setelah mengetahui hasil evaluasi, Anda harus melakukan perbaikan agar mendapatkan hasil yang sesuai harapan.

Strategi Pemberian Diskon

Strategi Pemberian Diskon
Strategi Pemberian Diskon | Image Source: Freepik

Berikut ini adalah beberapa strategi pemberian potongan harga yang efektif sekaligus menarik untuk membantu bisnis dalam meningkatkan daya tarik produk atau layanan kepada konsumen:

1. Diskon Harbolnas

Hari belanja online nasional atau harbolnas merupakan waktu terbaik bagi Anda untuk memberikan potongan harga kepada konsumen. Harbolnas menjadi momen puncak yang mana konsumen cenderung berbelanja secara besar-besaran. 

Perusahaan dapat menggaet lebih banyak perhatian konsumen apabila memberikan potongan harga. Dengan adanya potongan harga, Anda dapat bersaing dengan lebih baik karena konsumen akan selalu mencari penawaran terbaik dengan membandingkan harga dari dua perusahaan sejenis.

2. Buy One Get One

Buy one get one merupakan salah satu strategi pemberian potongan harga yang cukup efektif untuk membuat konsumen tergiur dan membeli produk atau layanan tertentu. Pada akhirnya, hal tersebut akan meningkatkan rata-rata nilai transaksi per konsumen. 

3. Post and Get Discount

Strategi post and get discount bisa menjadi pendekatan efektif untuk menghemat anggaran promosi. Strategi ini juga dapat membuka potensi besar untuk memperluas branding melalui testimoni yang konsumen berikan. 

Perusahaan juga dapat menaikkan retensi serta engagement dari hasil tag dan mention media sosial konsumen. Ketika pelanggan merasa diakui dan dihargai oleh perusahaan melalui respons positif terhadap tag dan mention mereka, secara tak langsung Anda telah memotivasi pelanggan untuk tetap setia dengan merek Anda.

4. Cashback

Cashback dapat mendorong konsumen untuk berbelanja lebih banyak atau memilih produk yang lebih mahal daripada yang mereka rencanakan sebelumnya. Konsumen mungkin merasa lebih nyaman mengeluarkan lebih banyak uang saat mereka tahu akan mendapatkan sebagian uangnya kembali.

5. Member Discount

Tidak hanya meningkatkan penjualan, Anda juga dapat memperkuat loyalitas konsumen melalui pemberian diskon. Melalui member discount, Anda dapat mempertahankan basis konsumen yang sudah ada dan mendorong mereka untuk melakukan pembelian produk atau layanan Anda secara berulang.

6. Diskon Kartu Kredit

Diskon Kartu Kredit
Diskon Kartu Kredit | Image Source: Pexels

Strategi yang cukup efektif untuk meningkatkan penjualan adalah diskon pengguna kartu kredit. Potongan harga dari kartu kredit cenderung lebih besar serta bersifat eksklusif karena hanya konsumen tertentu saja yang akan mendapatkannya. 

Adanya potongan harga akan membuat pemegang kartu kredit merasa mendapatkan nilai tambah dari kepemilikan kartu tersebut. Selain itu, strategi ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan dapat memperkuat ikatan antara pemegang kartu dan penerbit kartu kredit.

7. Seasonal Discount

Seasonal discount nyatanya mampu menimbulkan antusiasme konsumen. Strategi ini mendorong mereka untuk membeli produk atau layanan lebih banyak sebab konsumen mungkin menantikan musim tertentu untuk dapat membeli produk dan layanan tersebut.

Anda dapat memanfaatkan momen penting seperti Natal, tahun baru, hari Valentine, atau hari-hari besar lain untuk memberikan seasonal discount. Selama periode tersebut, konsumen akan cenderung lebih banyak berbelanja.

8. Bundled Discount

Pernahkah Anda melihat suatu produk yang lebih murah jika bergabung menjadi satu paket daripada secara terpisah? Itulah yang sering Anda lihat sebagai bundled discount. 

Dalam hal ini, produk atau layanan yang berbeda bergabung menjadi satu paket. Strategi pemberian potongan harga ini merupakan salah satu cara untuk membantu meningkatkan cross-selling. 

Konsumen akan mendapatkan harga yang lebih murah sebagai insentif untuk membeli paket tersebut. Meskipun pada awalnya mereka tidak mempertimbangkan untuk membeli produk bundling tersebut.

Sudah Siap Menerapka Strategi Pemberian Diskon Terbaik?

Jadi itulah tadi penjelasan mengenai diskon, manfaat, dan strategi yang dapat Anda gunakan ketika memberikan potongan harga kepada konsumen. Dari sini, Anda dapat menilai strategi mana yang sekiranya cocok dengan tipe perusahaan dan tujuan akhir yang ingin Anda capai. 

Jangan lupa untuk memantau dan mengevaluasi strategi diskon Anda secara berkala untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Meskipun potongan harga sangat menguntungkan, Anda harus menggunakan strategi ini dengan etika. Hindari menaikkan harga sebelum memberikan discount yang malah merugikan pelanggan. 

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page