Pada dasarnya, infrastruktur menjadi aspek penting, khususnya dalam menyokong tujuan bisnis tercapai dengan lebih efisien. Dengan terpenuhinya aspek satu ini, tingkat pertumbuhan dari sebuah bisnis bisa mengalami kemajuan lebih pesat. Mari simak lebih dalam mengenai pengertian, fungsi, jenis, hingga manfaatnya di sini!
Daftar ISI
- Apa itu Infrastruktur?
- Fungsi Infrastruktur untuk Bisnis
- Jenis Infrastruktur Bisnis
- Manfaat Infrastruktur yang Memadai
- 1. Kesejahteraan SDM Meningkatkan Produktivitas
- 2. Kredibilitas dan Level Bisnis Meningkat
- 3. Trusted Konsumen Semakin Besar
- 4. Menjaga dan Meningkatkan Pelayanan Konsumen
- 5. Mendukung Keterhubungan dan Kolaborasi
- 6. Mendukung Pertumbuhan dan Adaptabilitas bisnis
- 7. Menciptakan Citra Bisnis yang Lebih Baik
- Contoh Infrastruktur
- Siap Membenahi Infrastruktur Bisnis Anda?
Apa itu Infrastruktur?
Secara umum, aspek ini merupakan sekelompok aset fisik, berupa fasilitas, sarana prasarana, teknologi, maupun sistem yang akan mendukung kegiatan operasional bisnis. Karena memiliki tingkat prioritas yang cukup tinggi, terpenuhinya aspek satu ini akan membantu bisnis dan SDM untuk meningkatkan kinerja dan mencapai efisiensi.
Sebuah bisnis membutuhkan asep prasarana yang umumnya mencakup berbagai hal, termasuk bangunan, mesin, peralatan pendukung, ATK, sistem komunikasi, jaringan komputer, dan masih banyak lagi. Prasarana bisnis yang stabil memastikan koordinasi yang tepat, dari semua SDM, proses, dan alat operasional lainnya.
Sehingga secara keseluruhan aspek ini pastinya akan menghubungkan komponen operasional yang perusahaan perlukan untuk menjaga operasional berjalan dengan efisien.
Fungsi Infrastruktur untuk Bisnis
Mungkin banyak pebisnis yang enggan memperhatikan aspek ini terpenuhi, padahal jika Anda tahu fungsi ini pastinya aspek ini bisa jadi prioritas bisnis. Berikut fungsinya:
1. Memfasilitasi Operasional
Dengan prasarana yang baik, pastinya akan membantu dalam menyediakan sarana fisik, sistem, dan teknologi bisnis yang memadai dalam menjalankan operasional bisnis. Hal tersebut termasuk menyediakan ruang kantor, peralatan, sistem komputer, jaringan, dan perangkat lunak yang mendukung berbagai proses bisnis.
2. Meningkatkan Efisiensi
Prasarana yang memadai tersebut pastinya akan membantu meningkatkan efisiensi para tenaga kerja dalam berbagai aspek bisnis. Misalnya, prasarana teknologi yang canggih dan terintegrasi dapat mempercepat pemrosesan data, mengotomatisasi tugas-tugas rutin, dan meningkatkan kolaborasi antar tim.
3. Skalabilitas
Prasarana bisnis yang memadai juga memungkinkan perusahaan untuk tumbuh dan berkembang. Apalagi jika prasarana dapat mendukung atau memangkas waktu operasional, pastinya akan membuat bisnis berkembang lebih pesat.
Misalnya, memiliki prasarana jaringan yang kuat, jalur komunikasi dengan cabang atau mitra bisnis di lebih lancar. Prasarana fisik yang memadai juga dapat memfasilitasi ekspansi dan penambahan fasilitas produksi.
4. Mendukung Keamanan dan KeAndalan
Infrastruktur yang terpenuhi juga penting untuk menjaga keamanan data bisnis, mencegah kerusakan atau kehilangan informasi penting, dan menjaga keandalan operasional. Umumnya, fungsi ini mencakup keamanan jaringan, pemulihan bencana, dan pemantauan prasarana yang teratur.
5. Meningkatkan Kualitas Layanan
Beberapa prasarana seperti sistem dan teknologi bisa membantu perusahaan menyediakan layanan yang lebih baik kepada pelanggan. Misalnya, sistem dengan otomatisasi, pastinya akan mendukung pelayanan jadi lebih cepat. Website dengan performa lebih baik, pastinya juga membantu meningkatkan pelayanan jadi lebih baik.
6. Terdukungnya Pengolahan dan Analisis Data
Teknologi dan fasilitas yang memadai memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengolah data secara efektif. Dengan kemampuan pengolahan dan analisis data yang baik, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang berharga dan membuat keputusan lebih baik.
7. Menciptakan Layanan Pelanggan yang Lebih Baik
Fasilitas bisnis yang mendukung juga memungkinkan perusahaan menyediakan layanan pelanggan yang lebih baik. Misalnya, dengan adanya sistem komunikasi yang efisien dan dukungan teknologi yang baik, perusahaan dapat merespons permintaan pelanggan lebih cepat.
Jenis Infrastruktur Bisnis
Sebenarnya ada beberapa jenis prasarana yang harus Anda perhatikan dalam pemenuhan kebutuhan bisnis yang Anda kelola, seperti halnya:
1. Prasarana Fisik
Umumnya, prasarana ini mencakup aset dengan bentuk fisik yang bisnis butuhkan untuk menjalankan operasional perusahaan. Seperti kantor, pabrik, gudang, peralatan, mesin, kendaraan, dan fasilitas produksi lainnya. Biasanya berkaitan dengan ruang dan peralatan yang bisnis butuhkan untuk menjalankan kegiatan operasional.
2. Jaringan Komunikasi
Untuk fasilitas jaringan komunikasi sudah pasti mencakup segala hal yang berhubungan dengan kemudahan komunikasi. Seperti komputer, jaringan internet, sistem komunikasi internal, hingga prasarana pendukung lainnya. Fasilitas ini tak hanya menghubungkan secara internal namun juga eksternal.
3. Teknologi Informasi
Secara teori, prasarana teknologi informasi meliputi perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komputer, server, storage, dan sistem informasi dalam perusahaan. Infrastruktur TI mencakup segala hal yang berkaitan dengan teknologi dan sistem yang perusahaan gunakan untuk mengolah data dan kegiatan operasional.
4. Sistem Keamanan
Fasilitas lain yang harus Anda perhatikan adalah sistem keamanan yang mencakup tenaga keamanan, sistem, dan teknologi yang dapat melindungi aset dan data perusahaan dari ancaman keamanan. Cakupannya keamanan siber jadi yang paling penting untuk Anda kembangkan dengan baik, apalagi mencakup data sensitif.
5. Prasarana Non Fisik
Selain beberapa teknologi, ada juga prasarana yang merupakan bentuk upaya yang bisnis lakukan dalam mendukung sarana prasarana umum. Seperti halnya pengadaan air bersih dan penanganan limbah, pasokan listrik darurat, dan berbagai kebutuhan non operasional lainnya.
6. Prasarana Lunak
Berikutnya ada juga hal penting yang menunjang kelancaran kegiatan secara sosial dan ekonomi secara luas. Bedanya dengan prasarana ini lebih merujuk pada visi, misi, norma, etika, sistem, hingga SOP pelayanan dan ketersediaan K3 yang memadai.
Manfaat Infrastruktur yang Memadai
Berikut adalah beberapa manfaat prasarana bisnis:
1. Kesejahteraan SDM Meningkatkan Produktivitas
Manfaat pertama dari terpenuhinya fasilitas adalah untuk meningkatkan kesejahteraan SDM dengan kemudahan operasional dan tercapainya efisiensi. Apalagi dengan fasilitas yang memadai, pastinya akan meringankan beban pekerjaan dan mengurangi tingkat stress. Sehingga akan berimbas pada peningkatan produktivitas.
2. Kredibilitas dan Level Bisnis Meningkat
Infrastruktur bisnis yang memadai membantu meningkatkan efisiensi operasional perusahaan, sehingga profesionalitas bisnis akan semakin baik. Dengan adanya peningkatan operasional, kredibilitas dan level bisnis akan meningkat di mata publik.
3. Trusted Konsumen Semakin Besar
Dengan tingkat profesionalitas dan level yang meningkat, pastinya tingkat kepercayaan konsumen pada bisnis yang Anda kembangkan semakin besar. Hal tersebut pastinya akan membantu bisnis lebih berkembang dan mudah mendapatkan perhatian publik.
4. Menjaga dan Meningkatkan Pelayanan Konsumen
Kepercayaan konsumen pastinya akan terdukung dengan teknologi dan komunikasi yang memadai. Dalam hal ini, pelayanan akan menjadi kunci utama yang akan terus meningkat dengan fasilitas yang lebih memadai.
5. Mendukung Keterhubungan dan Kolaborasi
Infrastruktur bisnis yang baik memungkinkan keterhubungan dan kolaborasi antar departemen, cabang, atau tim di dalam perusahaan. Dengan sistem komunikasi yang efektif, jaringan komputer yang terintegrasi, dan platform kolaborasi yang baik. Maka, karyawan dapat berkomunikasi, berbagi informasi, dan memberikan pelayanan terbaik.
6. Mendukung Pertumbuhan dan Adaptabilitas bisnis
Fasilitas bisnis yang baik juga bermanfaat pada pertumbuhan perusahaan dan kemampuan perusahaan untuk beradaptasi dengan perubahan pasar dan teknologi. Dengan adanya sistem yang fleksibel dan teknologi mendukung, perusahaan dapat mengakomodasi pertumbuhan bisnis dan memperluas bisnis dengan lebih cepat.
7. Menciptakan Citra Bisnis yang Lebih Baik
Citra bisnis sedikit banyak akan mendukung bisnis jadi pilihan utama daripada kompetitor. Apalagi jika perusahaan mendukung dan memperhatikan lingkungan masyarakat sekitar dengan sistem dan kebijakan yang berlaku. Pengelolaan limbah dan dukungan moril dengan fasilitas yang ada, bisa jadi kunci peningkatan citra bisnis.
Contoh Infrastruktur
Sebenarnya seluruh fasilitas, sarana prasarana, sistem, teknologi yang dapat mendukung operasional perusahaan adalah contoh aspek penting ini. Umumnya, mencakup beberapa poin penting seperti:
- Prasarana operasional (produksi, pengemasan, pemasaran, hingga distribusi).
- Prasarana komunikasi (jaringan, perangkat, dan tenaga kerja).
- Layanan TI, layanan Bisnis, dan layanan pelanggan.
- Kebijakan, SOP, tunjangan, dan sistem pendukung lain.
- Manajemen energi dan pengolahan daya.
- Pengolahan limbah.
Siap Membenahi Infrastruktur Bisnis Anda?
Intinya, dalam konteks bisnis, fasilitas yang memadai pastinya akan berpengaruh pada kelangsungan bisnis. Karena itu, jika saat ini tengah menjalankan bisnis, sudah semestinya Anda mulai membenahi dan memenuhi fasilitas sesuai kebutuhan dan kemampuan perusahaan.
Misalnya, jika Anda menjalankan bisnis digital, maka fasilitas network, software, dan hardware wajib Anda maksimalkan. Sehingga bisnis akan memiliki potensi perkembangan dan mencapai tujuan yang lebih besar. Semoga bermanfaat!