Apa itu Periklanan? Ruang Lingkup, Tugas, Keunggulan, & Prospek Kerja

Periklanan atau advertising bukanlah hal yang asing. Istilah ini cukup terkenal dalam bidang bisnis. Advertising merupakan  kegiatan pemasaran untuk mengenalkan suatu produk atau jasa kepada konsumennya. Namun, kata ini kerap memiliki arti yang berbeda. Untuk memahami arti dari advertising lebih detail, simak artikel ini.

Definisi Periklanan

Menurut “Buku Ajar Pengantar Periklanan” (2020) karya Finnah Fourqoniah dan Muhammad Fikry Aransyah, beliau menjelaskan definisi dari istilah ini. Arti dari periklanan adalah sebuah bentuk media komunikasi pemasaran dalam kegiatan ekonomi yang biasanya digunakan untuk mengenalkan sebuah produk.

Sedangkan menurut Britannica yang merupakan ensiklopedia, advertising adalah suatu cara atau kegiatan tertentu yang berguna untuk ‘mengajak’ dan membujuk konsumen agar tertarik dengan iklan dari produk, opini, dan jasa yang mereka miliki. 

Secara umum, pengertian advertising adalah metode atau upaya dalam mengenalkan atau membujuk konsumen agar mereka tertarik untuk membeli, menggunakan, dan merespon suatu produk atau jasa. 

Selain itu, advertising juga merupakan sebuah cara untuk meningkatkan kesadaran merek, promosi, dan mentargetkan konsumen.

Sejarah Periklanan

Advertising pertama kali hadir sejak zaman Mesir kuno. Orang-orang atau pebisnis dalam zaman tersebut melakukan promosi dan membuat pesan tentang produk yang mereka jual pada kertas papyrus. Kemudian, mereka menempel dan menyebarkan kertas tersebut pada dinding-dinding. 

Hal ini menjadi berkembang seiring berubahnya zaman. Pada pertangahan abad ke-19, para pebisnis mulai menggunakan media cetak seperti koran atau majalah. Oleh sebab itu, periklanan merupakan kekuatan nomor satu dalam ekonomi kapitalis pada zaman tersebut. 

Setelah penggunaan surat kabar dan majalah, mulailah mengalami revolusi pada abad ke-20 dengan menggunakan radio dan televisi. Sampai saat ini aksi promosi sudah banyak mengalami perubahan, seperti menggunakan telpon genggam dan internet yang akesnya lebih mudah. 

Ruang Lingkup Periklanan 

Sebelum sebuah perusahaan melakukan periklanan, mereka menentukan ruang lingkup terlebih dahulu. Faktor penyebab utama dalam menentukan ruang lingkup adalah agar lebih mudah menganalisa sebelum kegiatan iklan berlangsung. Beberapa ruang lingkup yang penting dalam advertising adalah:

1. Analisa Pasar

Analisa pasar bertujuan untuk melihat bagaimana prospek suatu produk di pasaran dan bersaing dengan lawan bisnis. Oleh sebab itu, jasa periklanan akan mampu memahami kekurangan dalam kesempatan untuk merebut market. 

2. Analisa Sasaran Konsumen

Pada analisa sasaran konsumen, kegiatannya yaitu menganalisa respon publik terhadap produk atau layanan yang telah melalui proses pemasaran. Analisa ini nantinya akan berhasil setelah melakukan riset pada pasar.

3. Analisa Produk dan Konsumen

Analisa produk dan konsumen bermaksud mengetahui anggapan konsumen terhadap penawaran. Contohnya seperti sebanyak apa kebutuhan konsumen untuk produk atau jasa. 

Apa itu Pekerjaan Advertising? Apa Saja Tugasnya?

Periklanan merupakan hal penting bagi kebutuhan bisnis. Banyak pebisnis yang menggunakan jasa atau biro untuk membuat iklan pada produk atau layanan yang mereka tawarkan. Biro advertising memiliki tugas untuk memenuhi keinginan klien mereka yaitu pebisnis. Adapun tugas dari pekerjaan ini antara lain sebagai berikut.

1. Persuade atau Membujuk

Tujuan utama advertising adalah untuk meyakinkan dan memikat konsumen untuk merespon dan bertindak secara persuasif. Selain itu, advertising juga membangun dan menunjukkan bahwa merek produkmu memiliki image yang baik. Demikian pula tugas mereka yaitu menghasilkan kesan dan respon yang menguntungkan.

2. Membagikan Informasi

Dalam membagikan informasi, biro advertising wajib menimbulkan rasa kesadaran atau awareness terhadap promosi produk atau jasa pada sebuah iklan. Oleh sebab itu, periklanan harus mampu meningkatkan brand awareness dan merek produk pada target pasar.

3. Remind atau Mengingatkan

Pada tugas remind, penyedia jasa advertising mampu memberi tahu kembali dan meningkatkan pesan pada suatu produk. Tujuan dalam tugas ini adalah agar pelanggan atau calon pembeli yakin dan paham terhadap visi produk. Selain itu, pemasaran melalui iklan akan membuat pencegahan oleh produk kompetitor.

Oleh sebab itu, jasa advertising harus mampu membuat iklan semenarik mungkin agar menjadi merek tetap dan bertahan. Selain tugas-tugas tersebut, ada beberapa tugas lain advertising, yaitu:

  • Meningkatkan perdagangan
  • Mendatangkan permintaan market atau demand
  • Membuat brand atau merek
  • Memperbaiki perilaku konsumen 
  • Memperkuat landasan konsumen

4 Keunggulan Advertising

Pada zaman Mesir Kuno, orang-orang sudah menggunakan metode pemasaran advertising bahkan sampai saat ini. Tentunya, ada keunggulan dalam menggunakan periklanan karena metode itu dapat bertahan sampai saat ini. Keunggulan-keunggulan tersebut berguna bagi bisnis, seperti:

1. Konsumen Jadi Mudah Membeli

Saat melihat iklan pada suatu media informasi, tentu konsumen dapat mengetahui eksistensi suatu produk. Terutama jika mereka sedang membutuhkan produk tersebut, maka mereka akan tertarik dengan advertising yang mereka lihat. Selain itu, advertising juga dapat membantu konsumen mengatasi masalah mereka. 

2. Membangun Citra Bisnis

Bukan hanya fokus pada promosi, advertising juga dapat menghasilkan citra yang baik bagi bisnis atau perusahaan tertentu. Contohnya, apabila perusahaan memasarkan beberapa iklan yang banyak, maka konsumen atau publik yang melihat akan semakin yakin bahwa produk dari perusahaan tersebut berkualitas. 

Apabila konsumen sudah percaya pada suatu perusahaan karena periklanan, maka dapat meningkatkan unggulan perusahaan dari bisnis kompetitor.

3. Membuat Perusahaan Lebih Bersaing 

Saat produk berada di pasar, akan ada banyak pesaing yang memiliki keunggulan masing-masing. Oleh sebab itu, sebuah perusahaan membuat advertising agar lebih kompetitif dengan kompetitor. Dalam hal ini, konsumen yang tertarik dengan iklan akan meningkatkan volume penjualan dan pendapatan. 

Akibatnya, perusahaan membuat iklan dengan tujuan agar mereka tidak kalah saing dengan perusahaan lain.

4. Menaikkan Penjualan 

Dalam bertahan pada persaingan bisnis, meningkatkan penjualan adalah hal penting bagi sebuah perusahaan. Salah satu cara meningkatkannya adalah dengan advertising. Dengan menggunakan metode ini, pebisnis mampu menaikkan target pasar dan finansial tetap stabil. 

Bagaimana Prospek Kerja Advertising?

Periklanan terus berhubungan dengan berkembangnya zaman dan memiliki keunggulan sehingga banyak peminatnya terutama para pebisnis. Keahlian dalam membuat suatu iklan saat ini memiliki prospek kerja yang cukup besar. Selain itu, karena sudah banyak orang beriklan, maka banyak pula peluang kerja bidang ini.

Pekerjaan-pekerjaan tentang advertising memiliki berbagai jenis dalam setiap jobdescnya. Mereka adalah:

  • Copywriter iklan
  • Digital copywriter
  • Media planner
  • Art director 
  • Account executive 
  • Promosi agen penjualan
  • Manajer media sosial
  • Advertising account planner 
  • Direksi periklanan 
  • Creative director

Beberapa pekerjaan tentang advertising tersebut tentunya memiliki gaji yang berbeda pula. Kisaran untuk pekerja level profesional yaitu sekitar Rp2 juta sampai Rp14 juta pada tahun 2023. Sementara untuk pemula yaitu mulai Rp2 juta sampai Rp7 juta.

Jenis-jenis Periklanan

Dalam sejarah awal sampai zaman sekarang, advertising memiliki berbagai macam bentuk penyampaiannya. Akibatnya, ada berbagai jenis pemasaran melalui iklan yang saat ini sudah sangat beragam, yakni:

1. Iklan Radio 

Dalam iklan di radio, promosinya hanya melalui audio saja dan tidak menunjukkan gambar. Namun, promosi ini termasuk efektif dengan cara membuat narasi persuasif yang pendek dan langsung pada intinya. 

2. Iklan Baliho 

Iklan baliho merupakan salah satu bentuk promosi menggunakan papan iklan dengan ukuran besar yang terletak di jalanan. Pengunaan iklan ini memiliki keuntungan, yaitu lebih menarik pasar, lebih awet, efisien, lebih cepat terjangkau, dan efektif. Selai itu, baliho sering terdapat di kota-kota besar.

3. Iklan Televisi 

Periklanan dengan menggunakan media televisi merupakan metode paling terkenal dan banyak orang memilihnya sejak 50 tahun lalu. Meskipun sudah banyak orang beranjak memilih telpon genggam dengan internet sebagai pemasaran digital, namun iklan ini masih terbilang efektif. 

4. Iklan Cetak 

Beberapa contoh iklan cetak yang sangat populer sampai saat ini adalah surat kabar, selebaran dan majalah. Seperti halnya televisi yang sudah agak menurun peminatnya, iklan cetak masih tetap efektif walaupun tidak sebanyak dulu.

5. Iklan Online 

Masa kini beriklan melalui online merupakan promosi yang paling banyak peminatnya. Iklan online menampilkan promosi penawaran dalam bentuk foto atau video dengan memiliki tujuan tertentu. Tentunya, iklan dengan media ini membutuhkan internet sebagai media untuk menerima promosinya.

Ingin Mencoba Iklan untuk Bisnis atau Bekerja di Periklanan?

Dengan memiliki keunggulan yang beragam, periklanan menjadi solusi tepat bagi kamu yang memiliki bisnis. Selain itu, berbagai jenis iklan dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan penawaran terhadap produk atau jasa. Meskipun kamu bukan pebisnis, bekerja dalam bidang advertising merupakan pilihan yang tepat juga. 

Dengan memiliki peluang yang tinggi dan gaji yang lumayan, kamu dapat mencoba berkarir pada bidang ini. Faktanya, zaman sudah modern sehingga prospek kerja advertising juga meningkat karena banyak orang beriklan. Jadi, apakah kamu akan beriklan, atau bekerja pada periklanan?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page