Sales Consultant Adalah: Tugas, Skill, Gaji, Cara Kerja, & Kualifikasi

Sales consultant adalah salah satu pekerjaan yang banyak dibutuhkan di berbagai perusahaan, baik yang bergerak di bidang penjualan barang ataupun jasa. Pekerjaan ini bisa jadi salah satu pilihan karir stabil dan menjanjikan. Tertarik untuk menjadi sales consultant? Yuk, simak penjelasan lengkap tentang profesi satu ini! 

Pengertian Sales Consultant

Ketika berbicara tentang sales consultant atau konsultan penjualan, banyak orang mungkin berpikir pekerjaan mereka adalah membuka buku telepon. Serta, membeli daftar, mulai menelepon, berbicara dengan prospek, dan menyelesaikan kesepakatan. Padahal, sebenarnya pekerjaan konsultan penjualan lebih dari itu 

Sales consultant adalah sebuah pekerjaan yang memberi nasihat dan membimbing bisnis dan individu dalam meningkatkan penjualan mereka. Serta untuk meningkatkan teknik dan strategi penjualan dan membangun hubungan pelanggan yang lebih kuat. 

Mereka membantu mengidentifikasi area perbaikan, mengembangkan strategi untuk memaksimalkan potensi penjualan, dan membangun loyalitas pelanggan. Pengusaha terkadang lebih memilih konsultan penjualan daripada tenaga penjualan ketika produk atau layanan bersifat teknis, rumit, atau disesuaikan. 

Dalam beberapa keadaan, konsultan penjualan dapat merujuk pada penasihat luar yang klien atau perusahaan sewa untuk meninjau operasi penjualan. Konsultan penjualan biasanya bekerja penuh waktu untuk perusahaan konsultan. Sementara yang lain mungkin bekerja langsung dengan perusahaan sebagai konsultan kontrak. 

Baca Juga: Admin Sales: Pengertian, Tugas, Gaji, Skill, Prospek Kerja

Tugas Sales Consultant 

Tugas Sales Consultant 
Tugas Sales Consultant | Image Source: Unsplash

Pekerjaan utama dari seorang sales consultant adalah memberi nasihat tentang penjualan. Namun, konsultan penjualan juga punya berbagai tugas lainnya seperti di bawah ini:

  • Mengidentifikasi prospek dengan menggunakan direktori bisnis, mengikuti petunjuk dari klien yang sudah ada, serta menghadiri pameran dagang dan konferensi yang relevan. 
  • Menghubungi calon pelanggan dan pelanggan tetap untuk mendiskusikan kebutuhan mereka. Serta menjelaskan bagaimana produk dan layanan tertentu dapat memenuhi kebutuhan tersebut.
  • Membuat jadwal janji temu penjualan dengan calon pelanggan dan pelanggan saat ini. 
  • Menekankan fitur produk yang akan memenuhi kebutuhan pelanggan dan menunjukkan keunggulan kompetitif produk ketimbang pesaing lainnya.
  • Membuat negosiasi harga, ketentuan penjualan, serta perjanjian layanan.
  • Bekerja sama dengan tim pemasaran untuk membantu meningkatkan kesadaran merek dan kehadiran online.
  • Menemui rekanan dan konsultan penjualan lainnya untuk mendiskusikan cara inovatif untuk menjual kepada pelanggan secara efektif.
  • Menemukan cara baru untuk membuat produk dan layanan lebih menarik bagi pelanggan lama dan calon pelanggan.
  • Menunjukkan pengetahuan penjualan tingkat lanjut. Serta selalu mengikuti perkembangan semua kebijakan dan prosedur perusahaan juga perubahan kebutuhan pelanggan.
  • Menindaklanjuti pelanggan untuk memastikan bahwa mereka puas dengan pembelian mereka dan menjawab pertanyaan atau masalah apa pun.

Skill yang Dibutuhkan 

Skill Sales Consultant
Skill Sales Consultant | Image Source: Freepik

Seorang konsultan penjualan memerlukan hard skill yang kuat tentang pengetahuan produk atau layanan yang mereka miliki. Mereka juga harus punya soft skill untuk terhubung dengan orang. Tujuannya agar mereka bisa mencapai kesepakatan yang menciptakan nilai bagi perusahaan dan pelanggan. Berikut skill spesifiknya:

1. Manajemen Waktu

Konsultan penjualan akan memiliki tugas untuk mengatur pertemuan, panggilan telepon, dan presentasi. Pada dasarnya, pekerjaan mereka cukup luas dan tidak sedikit. Hal tersebut membuat seorang konsultan penjualan juga butuh kemampuan mengatur waktu secara efektif.

Mereka harus bisa mengelola jadwal dan memenuhi tenggat waktu. Karena itu, konsultan penjualan yang pandai menyimpan catatan dan tetap terorganisir agar memiliki efisiensi kerja lebih maksimal.

2. Kemampuan Berkomunikasi

Sales consultant adalah pekerjaan yang butuh komunikasi secara persuasif dan efektif dengan prospek, klien, dan kolega. Oleh karena itu, mereka harus memiliki kemampuan komunikasi yang efektif sehingga dapat mendukung negosiasi.

3. Kemampuan Interpersonal

Konsultan penjualan perlu bekerja dengan banyak tipe orang. Mereka harus mampu membangun hubungan yang baik dan sehat dengan klien serta anggota tim penjualan lainnya. 

Meskipun beberapa konsultan penjualan memiliki kemampuan alami untuk terhubung dengan calon klien dengan cepat, konsultan lain juga bisa mempelajari teknik untuk mempermudahnya.

4. Keterampilan Layanan Pelanggan

Konsultan penjualan harus mampu mendengarkan kebutuhan dan kekhawatiran pelanggan sebelum dan sesudah kesepakatan. Sebab, semakin baik layanan yang bisa mereka berikan, semakin besar pula peluang keuntungan yang akan perusahaan dapatkan.

5. Public Speaking 

Sales consultant adalah seseorang yang harus percaya diri dan pandai berbicara ketika menyampaikan presentasi persuasif atau demonstrasi produk. Selain itu, melakukan panggilan ke calon pelanggan yang tidak mengharapkan untuk dikontak atau panggilan dingin juga memerlukan kepercayaan diri dan ketenangan.

6. Keterampilan Teknis

Konsultan penjualan adalah pekerjaan yang mengharuskan Anda mahir dalam menggunakan berbagai teknologi. Meliputi komputer, perangkat seluler, dan program perangkat lunak manajemen penjualan atau customer relationship management (CRM).  

Apalagi beberapa perusahaan memang menggunakan program software khusus untuk beberapa tujuan. Seperti mengelola prospek, mendokumentasikan semua informasi klien, mengirim dan menerima kontrak digital, serta banyak lagi.

Gaji Sales Consultant 

Gaji Sales Consultant 
Gaji Sales Consultant | Image Source: Freepik

Gaji untuk konsultan penjualan bervariasi. Ini tergantung pada tingkat pendidikan individu, sertifikat, keterampilan, dan pengalaman, serta lokasi, ukuran, dan jenis pemberi kerja. Namun, secara umum, konsultan penjualan memiliki beberapa tingkatan dengan gaji yang berbeda seperti berikut:

  1. Entry Level, Junior Sales Consultant: Rp3.000.000,00 – Rp5.000.000,00.
  2. Associate Level, Sales Consultant: Rp5.000.000,00 – Rp10.000.000,00.
  3. Executive Level, Senior Sales Consultant: Rp12.000.000,00 – Rp20.000.000,00.
  4. Mid Level, Sales Lead: Rp15.000.000,00 – Rp30.000.000,00.
  5. Mid Level, Sales Supervisor: Rp25.000.000,00 – Rp35.000.000,00.
  6. Senior Level, Sales Manager: Rp40.000.000,00 – Rp60.000.000,00.
  7. Senior Level, Sales Director: Rp80.000.000,00 – Rp200.000.000,00.

Itulah beberapa gaji konsultan penjualan yang bisa mereka peroleh di Indonesia. Namun, gaji ini akan tetap berbeda tergantung di daerah Anda tinggal dan tergantung skala bisnis. 

Cara Kerja Sales Consultant 

Cara Kerja Sales Consultant 
Cara Kerja Sales Consultant | Image Source: Unsplash

Sales consultant adalah pekerjaan teknis yang membutuhkan keterampilan komunikasi dan kualifikasi yang tinggi. Mereka juga punya cara kerja tersendiri agar tujuan dari pekerjaannya bisa tercapai. Berikut adalah cara kerjanya yang wajib Anda ketahui: 

1. Menemukan dan Mempertahankan prospek

Sebagai bagian dari tim penjualan, konsultan penjualan akan membantu menghasilkan pendapatan dengan mengikuti prospek dan menemukan klien baru. Caranya melalui metode seperti call atau visit. 

Pada tahap ini, konsultan penjualan akan mempromosikan produk dan menonjolkan keunggulannya ketimbang merek kompetitor. Konsultan penjualan B2B (bisnis ke bisnis) juga dapat mengatur pertemuan formal untuk mengiklankan dan mendemonstrasikan produk mereka.

2. Membantu Customer 

Beberapa konsultan penjualan menyediakan layanan di dalam toko, terutama di lingkungan ritel. Konsultan penjualan akan membantu calon klien dalam mengambil keputusan pembelian dengan memberikan garis besar fungsi dan manfaat suatu produk. 

Sebagai tenaga penjualan, mereka dapat menawarkan untuk memberikan demonstrasi teknis. Guna mendorong penjualan produk, konsultan penjualan dapat bernegosiasi dengan pelanggan mengenai harga, menjelaskan jaminan, atau mendiskusikan bidang keuangan lainnya.

3. Menjelaskan Produk dan Layanan

Seorang konsultan penjualan juga berperan untuk menjelaskan detail suatu produk atau layanan kepada beberapa klien potensial. Tujuan sales consultant adalah meyakinkan customer bahwa apa yang ditawarkan dapat menguntungkan mereka. 

Agar dapat menunjukkan keunggulan sebuah brand, seorang konsultan penjualan bisa menekankan poin-poin perbedaan dari brand yang ia tawarkan. Seperti fitur unik suatu produk atau harga layanan yang lebih terjangkau.

4. Menanggapi Pertanyaan

Konsultan penjualan nantinya juga harus menanggapi pertanyaan dan kekhawatiran pelanggan. Ini dapat mereka lakukan melalui telepon, online, atau tatap muka. Konsultan penjualan akan merespons setiap pertanyaan dengan cepat dan membuat pelanggan merasa nyaman. 

Dalam hal ini, konsultan penjualan harus menyelesaikan segala keberatan, menjawab pertanyaan terkait produk, atau menegosiasikan masalah keuangan.

Baca Juga: Apa itu Sales Officer? Definisi, Tugas, Gaji, dan Kualifikasinya

Kualifikasi Sales Consultant 

Konsultan penjualan juga membutuhkan kualifikasi tertentu yang bisa menunjang pekerjaannya. Berikut adalah kualifikasi yang harus sales consultant miliki: 

  • Pengalaman kerja yang terbukti sebagai konsultan penjualan.
  • Pengetahuan mendalam tentang perangkat lunak analisis statistik seperti SPSS atau SAS.
  • Fasih menggunakan program CRM.
  • Kemampuan untuk mengumpulkan dan menafsirkan data.
  • Keterampilan organisasi dan analitis.
  • Kemampuan berkomunikasi.
  • Punya gelar sarjana di bidang marketing atau pemasaran serta gelar bidang terkait.

Siap Menjadi Sales Consultant? 

Itu dia penjelasan tentang pekerjaan konsultan penjualan, skill, gaji, cara kerja, hingga kualifikasinya. Sales consultant adalah pekerjaan yang cukup berat dan menantang karena harus bernegosiasi dengan banyak orang. 

Beberapa contoh jurusan atau latar belakang pendidikan yang paling cocok untuk profesi ini sendiri adalah komunikasi, bisnis, manajemen, atau akuntansi. Jadi, sudahkah Anda memenuhi kualifikasi yang dibutuhkan?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page