Pengertian Interpretasi, Tujuan, Fungsi, Jenis, dan Contohnya

Interpretasi sebenarnya adalah istilah yang sudah tidak asing lagi bagi masyarakat awam. Khususnya pada hal-hal yang berkaitan dengan public speaking maupun penelitian. Bahkan, penerapan istilah ini juga selalu ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini tidak terlepas dari semakin banyaknya lapangan pekerjaan yang menuntut seseorang untuk menginterpretasikan sesuatu kepada orang lain. Lantas, sebenarnya apa yang dimaksud dengan istilah interpretasi?

Bagi kamu yang tertarik ingin tahu penjelasan selengkapnya tentang istilah tersebut, simak artikel di bawah ini sampai akhir!

Pengertian Interpretasi

Pengertian Interpretasi
Pengertian Interpretasi | Image source : Freepik.com

Interpretasi merupakan proses pemberian pendapat atau kesan dan gagasan atau pandangan secara teoretis pada suatu objek tertentu, yang berasal dari ide mendalam dan biasanya dipengaruhi oleh latar belakang orang yang melakukannya.

Umumnya, penggunaan istilah ini lebih merujuk untuk menerjemahkan informasi tertentu dari bentuk tulisan menjadi informasi dalam bentuk lisan. 

Menariknya, istilah ini ternyata berkaitan erat dengan teori atau filsafat hermeneutika, yang berkaitan dengan proses menginterpretasikan makna. Adapun kata hermeneutika sendiri berasal dari bahasa Yunani, yakni hermeneuein yang berarti menginterpretasikan, menafsirkan, ataupun menerjemahkan.

Sedangkan dalam teks bahasa Indonesia, istilah ini masuk ke dalam kategori struktur teks eksplanasi. Sebab, jenis teks ini fokus pada beberapa pernyataan umum tentang topik yang menjelaskan mengenai urutan proses kejadian, penjelasan kesimpulan, dan topiknya.

Berikut beberapa pengertian dari istilah interpretasi dari para ahli yang dapat meningkatkan pemahaman kamu:

  • Freeman Tilden berpendapat bahwa istilah ini merujuk pada suatu kegiatan yang memiliki sifat mendidik serta mempunyai tujuan untuk mengungkapkan arti serta hubungan melalui perantara dari objek asli dan juga pengalaman.
  • Walin berpendapat bahwa arti dari istilah ini adalah suatu cara pelayanan yang membantu. Agar sebuah kelompok tertentu dapat tergugah serta mempunyai rasa sensitif untuk merasakan keindahan yang ada pada alam sekitar, variasi, dan hubungan dengan lingkungan di sekitar.
  • Kaelan berpendapat bahwa istilah ini merupakan seni yang memberi gambaran tentang komunikasi tidak langsung.
  • Sumaryono berpendapat bahwa istilah ini berfokus pada usaha untuk membongkar makna yang masih terselubung atau usaha untuk membuka lipatan dari tingkat makna yang berada dalam kesusastraan.
  • MacKinnon berpendapat bahwa istilah ini merupakan suatu cabang ilmu pengetahuan yang mempelajari tentang seni dalam memberi penjelasan mengenai suatu kawasan. Seperti fauna, flora, proses geologis, serta sejarah dan budaya yang ada di masyarakat.

Tujuan Interpretasi

Tujuan Interpretasi
Tujuan Interpretasi | Image source : Freepik.com

Pada dasarnya, interpretasi dilakukan untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu sesuai dengan kepentingannya masing-masing, seperti:

1. Meningkatkan Pemahaman

Tujuan yang pertama adalah untuk meningkatkan pemahaman seseorang. Sebab, istilah ini bisa kamu tafsirkan sebagai aktivitas untuk menjelaskan tentang suatu objek yang masih belum jelas.

Artinya, kegiatan ini bisa membantu seseorang untuk meminimalisir terjadinya ketidaksesuaian makna maupun arti terhadap suatu objek.

2. Penggunaan Data

Kegiatan menjelaskan sesuatu ini juga dapat bertujuan untuk mendorong dalam penggunaan sebuah data. Jadi, pada saat proses menginterpretasi, analisis perlu dilakukan untuk memberikan sebuah penjelasan.

Namun, perlu kamu pahami bahwa analisis ini hanya bisa dilakukan jika ada data yang bisa ditemukan dan bersifat benar. Dengan proses ini, maka akan mendorong sebuah penjelasan yang logis, sesuai dengan data yang tersedia.

3. Meminimalisir Terjadinya Salah Penafsiran

Terakhir, proses menginterpretasikan sesuatu tidak hanya sekadar untuk menjelaskan suatu objek saja. Namun, bisa juga untuk membantu meminimalisir terjadinya salah tafsir terhadap objek tertentu.

Tujuan ini tentu saja selaras dengan makna dari istilah ini, yaitu seni dalam menjelaskan, menggambarkan, dan menjelaskan suatu hal.

Fungsi Interpretasi

Adapun berbagai fungsi dari proses interpretasi yang menarik untuk kamu ketahui adalah sebagai berikut:

  • Meningkatkan pemahaman dan kesadaran seseorang terhadap suatu hal.
  • Mengapresiasi terhadap suatu hal, khususnya yang berkaitan dengan karya seseorang.
  • Memberikan dampak perubahan bagi tingkah laku seseorang.
  • Meningkatkan dukungan publik terhadap tujuan dan kebijaksanaan tertentu.
  • Menjadi salah satu upaya untuk meminimalisir adanya ketidaksesuaian makna.
  • Membantu mengkomunikasikan pesan tentang hal-hal tertentu.

Jenis-Jenis Interpretasi

Dalam berbagai bidang, jenis-jenis interpretasi secara umum terbagi menjadi tujuh kategori, yakni:

1. Interpretasi Cerpen

Proses menginterpretasi yang satu ini adalah proses yang bertujuan untuk menafsirkan atau menggambarkan beberapa makna dari cerita pendek atau cerpen. Jenis yang satu ini juga bisa kamu pahami sebagai penjelasan tentang kondisi pada kehidupan nyata dari sebuah cerita pendek.

Contohnya seperti, penulis yang mengangkat tokoh miskin, di mana terdapat penjelasan tentang kebiasaan dan karakter dari tokoh tersebut, yang sesuai serta menginterpretasikan kondisi masyarakat dari ekonomi kelas bawah.

2. Interpretasi Citra

Interpretasi Citra
Interpretasi Citra | Image source : Zona Geografi

Jenis yang kedua ini merupakan aktivitas menganalisis gambar maupun foto hasil dari alat tertentu. Tujuannya adalah untuk melakukan identifikasi pada objek dan perannya. 

Dalam praktiknya, jenis ini bisa kamu lakukan melalui penginderaan jauh, dengan alat khusus, contohnya satelit. Jadi, Interpreter bisa mendapatkan sejumlah bentuk, warna, dan sebagainya melalui hasil pengamatan dengan alat citra khusus tersebut.

3. Interpretasi Sejarah

Interpretasi Sejarah
Interpretasi Sejarah | Image source : CoklatKita

Jenis yang satu ini bisa kamu pahami sebagai suatu kegiatan penafsiran, yang meliputi data sejarah, yang dapat menimbulkan subjektivitas. Umumnya, saat melakukan analisis pada peninggalan sejarah, peneliti akan mendapatkan sejumlah bentuk, gambar, simbol, dan berbagai hal lainnya dari beberapa media yang tersedia.

Misalnya, seorang Arkeolog yang berhasil menemukan gua dengan area dinding yang penuh dengan gambar dan simbol. Setiap gambar dan simbol tersebut tentu memiliki maksud atau tujuan tertentu, yang perlu Arkeolog jelaskan, agar masyarakat awam dapat memahaminya.

Apalagi terkadang terdapat sejumlah gambar atau simbol yang tidak diketahui maksudnya, sehingga butuh bantuan dari Interpreter.

4. Interpretasi Alam

interpretasi Alam
Interpretasi Alam | Image source : Pexels

Jenis selanjutnya berkaitan dengan alam yang bisa kamu maknai sebagai suatu kegiatan penafsiran dan penggambaran pada suatu kondisi maupun pemandangan alam yang ada di depan mana. 

Contohnya, ketika seseorang melihat langit, maka bisa menginterpretasikan apa saja yang ia lihat di atas langit tersebut. Mulai dari bentuk awan, warna, dan hal-hal lain yang ia temukan selama melihat langit, merupakan bagian proses menginterpretasi yang mengandung unsur subjektivitas.

5. Interpretasi Data

Interpretasi Data
Interpretasi Data | Image source : Freepik

Jenis yang satu ini berkaitan dengan penelitian, karena merupakan kegiatan yang di dalamnya meliputi penggabungan dari sebuah hasil analisis, lengkap dengan berbagai jenis pertanyaan sesuai kriterianya masing-masing. Jadi, pada aktivitas tersebut, seseorang bisa mendapatkan sejumlah data yang ia butuhkan. 

Misalnya, saat seseorang melakukan penelitian tentang penyebab kemiskinan di Jakarta, maka peneliti harus melakukan penyelidikan terkait penyebabnya.

Jika data sudah ia dapatkan, peneliti harus melakukan interpretasi. Tujuannya sudah pasti, agar mengetahui apa saja faktor kemiskinan di daerah Jakarta tersebut.

6. Interpretasi Musik

Interpretasi Musik
Interpretasi Musik | Image source : Freepik

Menariknya, proses menginterpretasikan sesuatu juga bisa kamu lakukan pada musik, lho. Jenis yang satu ini berkaitan dengan sebuah proses yang digunakan seseorang untuk menemukan apapun keinginan dari seorang Komposer.

Tujuannya adalah agar penikmat musik bisa mengetahui perasaan yang ingin disampaikan oleh si Pencipta Musik itu sendiri melalui musik atau lagu-lagu yang diciptakannya.

7. Interpretasi Peta

Interpretasi Peta
Interpretasi Peta | Image source : maps.google.com

Jenis yang terakhir ini bisa kamu pahami sebagai sebuah proses membaca peta dengan cara memberi makna atau menafsirkan isi peta melalui simbol-simbol yang tertulis di dalamnya.

Dengan begitu, saat orang awam melihat peta, seperti Google Maps, maka ia akan melihat simbol tersebut. Adapun simbol pada peta mengartikan berbagai hal, seperti pom bensin, rumah sakit, sekolah, dan lainnya.

Contoh Interpretasi

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, bahwa ada banyak sekali contoh interpretasi yang bisa kamu temukan di berbagai bidang. Berikut ini adalah beberapa contohnya yang bisa kamu simak:

1. Contoh Interpretasi Karya Seni Lukisan

Contoh Interpretasi Karya Seni Lukisan
Contoh Interpretasi Karya Seni Lukisan | Image source : Freedomsiana

Setiap pelukis memiliki gaya dan ciri khas dalam mengungkapkan perasaannya melalui gambar. Sebagian besar Pelukis cenderung tidak mendetailkan maksud atau makna di balik karyanya tersebut.

Oleh karena itulah, karya seni ini bisa menjadi objek penafsiran, agar nantinya masyarakat awam bisa memahami maksud dan tujuan dari Pencipta lukisan tersebut.

2. Contoh Interpretasi dalam Teks Eksplanasi

Teks eksplanasi banyak sekali memuat tentang proses penafsiran suatu objek di berbagai bidang. Salah satunya adalah tentang bencana alam.

Misalnya: 

Gempa bisa terjadi kapan saja, tanpa mengenal musim. Meski begitu, tingkat konsentrasi gempa cenderung hanya terjadi di tempat tertentu saja, seperti pada perbatasan plat pasifik.

Sebab, tempat ini dikenal sebagai lingkaran api, karena dikelilingi oleh banyak gunung berapi yang sewaktu-waktu bisa meletus, sehingga mengakibatkan gempa.

Sudah Lebih Paham tentang Istilah Interpretasi?

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa interpretasi merupakan sebuah proses penafsiran terhadap suatu objek, agar masyarakat awam bisa memahami makna dan maksud dari objek tersebut. 

Adapun proses menginterpretasi sendiri bisa dilakukan secara lisan maupun tulisan, sesuai dengan tujuan masing-masing. Jadi, apakah kini kamu sudah lebih paham tentang istilah interpretasi dalam berbagai bidang?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page