Copywriting: Pengertian, Tugas, Teknik, Jenis, dan Contohnya

Dalam lingkup dunia kerja, khususnya dalam bidang digital marketing, istilah copywriting sering kali muncul atau terdengar di telinga. Berbagai perusahaan sering menggunakan istilah tersebut untuk keperluan promosi produk.

Baik perusahaan yang bergerak dalam bidang kreatif maupun yang tidak, seorang copywriter memiliki peran yang signifikan dalam menjaga kesinambungan pemasaran suatu perusahaan. Supaya Anda bisa lebih paham mengenai istilah ini, simak penjelasan lengkapnya di artikel ini!

Apa Itu Copywriting?

Menurut American Writers and Artist Institute (AWAI), copywriting atau naskah iklan adalah proses penulisan materi pemasaran dan promosi yang bersifat persuasif untuk mendorong orang agar mengambil tindakan tertentu.

Tindakan yang dimaksud bisa seperti melakukan pembelian, mengklik link, menyumbang, menghubungi bagian penjualan, dan lain sebagainya. Materi naskah iklan bisa meliputi promosi tertulis yang terpublikasi di media cetak maupun media online

Selain itu, naskah iklan juga dapat mencakup skrip yang digunakan dalam video atau iklan. Secara umum, Anda dapat menemui berbagai jenis naskah iklan dalam berbagai hal, bahkan dalam email, promosi restoran lokal, katalog, surat penggalangan dana, serta surat penjualan berbagai produk dan layanan. 

Tugas Penulis Copywriting

1. Tugas Penulis Copywriting
Freepik

Orang yang melakukan penulisan copywriting sendiri bernama copywriter di mana mereka memiliki beberapa tugas seperti: 

1. Melakukan Penelitian Awal

Sebelum menciptakan konten berkualitas, tugas seorang copywriter adalah melakukan penelitian atau observasi tentang produk tersebut. Tujuannya untuk memastikan bahwa kontennya informatif dan relevan dengan target audiens. Selain itu, copywriter juga harus paham keunggulan dan kelemahan produk yang akan mereka promosikan.

2. Menciptakan Materi Copywriting Berkualitas dan Menarik

Selanjutnya, copywriter umumnya bertugas menciptakan konten promosi yang memiliki unsur kreativitas dan daya tarik yang tinggi. Konten ini harus memiliki unsur persuasif karena tujuannya adalah untuk memasarkan dan memperkenalkan produk atau layanan perusahaan.

Selain itu, salah satu tanggung jawab utama seorang copywriter adalah menyelesaikan pekerjaannya sesuai dengan jadwal atau tenggat waktu yang telah ditetapkan. Hal ini penting agar kontennya tetap relevan dan terkini, sehingga dapat menarik perhatian pembaca dan konsumen dengan baik.

3. Mengerti Aturan Media Sosial yang Beragam

Seorang copywriter juga perlu memahami peraturan yang berlaku di berbagai platform media sosial. Pasalnya, media sosial memiliki ciri khasnya sendiri dalam penyajian konten iklan. 

Sebagai contoh, Twitter memiliki batasan jumlah kata atau karakter yang berbeda dari Instagram. Sementara itu, pembuatan konten iklan di blog atau situs web cenderung lebih mendalam dan luas.

Teknik Copywriting

2. Teknik Copywriting
Freepik

Berikut ini adalah beberapa teknik penulisan copywriting yang bisa Anda coba gunakan untuk memasarkan bisnis Anda:

1. Memahami Keunggulan Produk

Untuk menciptakan tulisan promosi yang menarik perhatian, pahami apa keunggulan produk yang membuat produk Anda unik terlebih dahulu. Gunakan keunggulan tersebut sebagai dasar untuk menciptakan tulisan promosi yang jelas dan singkat. Alhasil, siapa pun yang membacanya akan mudah memahami produk dan keunggulannya.

2. Mengetahui Target Audience

Anda dapat melakukan analisis untuk mengidentifikasi siapa yang menjadi target Anda. Misalnya, jika target Anda adalah orang berusia 17 hingga 25 tahun, maka Anda dapat menggunakan bahasa yang lebih santai dalam tulisan promosi Anda.

3. Membangun Cerita yang Menarik

Untuk mempromosikan produk melalui copywriting, Anda juga perlu mampu menciptakan narasi menarik tentang produk atau layanan Anda, atau teknik “storytelling“. Buatlah cerita yang relevan dengan produk Anda agar mudah diingat oleh calon pelanggan Anda.

4. Memasukkan Kata Kunci yang Relevan

Kata kunci merupakan hal penting dalam penulisan promosi di dunia pemasaran digital. Algoritma online sering kali terkait dengan kata kunci atau hashtag di media sosial. Buatlah kata kunci yang relevan dengan produk Anda dan kata kunci yang sering kali audiens Anda cari agar bisnis Anda mendapatkan lebih banyak perhatian.

5. Gunakan FAQ

FAQ atau Frequently Asked Questions berisi pertanyaan yang sering diajukan oleh orang-orang tentang produk Anda. Anda bisa mengambilnya dan memasukkannya dalam tulisan promosi Anda agar orang merasa puas dengan jawaban yang diberikan dan tertarik untuk melihat lebih lanjut tentang produk Anda.

6. Tambahkan Kalimat yang Memotivasi

Dalam setiap tulisan promosi, penting untuk menyertakan kalimat yang memotivasi atau Call-to-Action (CTA). Buatlah kalimat ajakan agar calon pelanggan merasa tertarik untuk membeli produk atau layanan yang Anda tawarkan.

Jenis Copywriting

Ada lima jenis copywriting yang perlu Anda ketahui, yakni:

  • Direct Response: Merupakan bentuk tulisan yang bertujuan untuk mendorong calon pelanggan agar mengklik tautan menuju halaman website tertentu.
  • Marketing Copywriting: Jenis tulisan yang berguna untuk menyampaikan informasi penjualan kepada audiens, dengan tujuan meyakinkan konsumen tentang manfaat suatu produk.
  • Brand: Salah satu bentuk copywriting yang bertujuan untuk menarik perhatian dan menggambarkan citra serta identitas suatu merek.
  • SEO Copywriting: Jenis penulisan yang fokus pada optimasi untuk mesin pencari. Contohnya, ketika calon konsumen seringkali mencari informasi produk melalui mesin pencari sebelum membelinya.
  • Technical: Jenis ini lebih berfokus pada memberikan pengetahuan yang spesifik mengenai cara kerja suatu produk atau layanan. Biasanya, penggunaannya terdapat pada produk kecantikan, teknologi, atau kesehatan, dengan penargetan yang sesuai untuk audiens yang spesifik.

Contoh Copywriting

3. Contoh Copywriting
Freepik

Supaya Anda semakin paham dengan pembahasan artikel ini, berikut kami berikan beberapa contoh copywriting untuk promosi berbagai produk:

1. Sepatu Olahraga

Dengan teknologi canggih dan desain ergonomis, sepatu olahraga kami memberikan kenyamanan dan performa terbaik untuk melampaui batasan diri Anda di lapangan atau gym.

2. Contoh Copywriting Smartphone

Pandangan masa depan di genggaman Anda. Nikmati kecerdasan buatan tingkat lanjut, kamera berkualitas profesional, dan kecepatan luar biasa dengan smartphone terbaru kami.

3. Krim Anti-Penuaan

Bukan sekadar krim, ini adalah kunci rahasia awet muda. Redakan kerutan, perbaiki tekstur kulit, dan nikmati kulit yang tampak lebih muda dengan krim anti-penuaan kami.

4. Buku Elektronik (E-book)

Jelajahi dunia pengetahuan dalam genggaman Anda. Ribuan judul e-book menunggu untuk memberi Anda wawasan, inspirasi, dan hiburan tanpa batas.

5. Pakaian Renang

Tampil memukau di tepi pantai atau kolam renang. Temukan koleksi pakaian renang kami yang modis, nyaman, dan dirancang untuk memancarkan kepercayaan diri Anda.

6. Alat Dapur Multifungsi

Sederhanakan hidup Anda di dapur dengan alat serba guna kami. Dari memotong hingga mencampur, produk kami akan mengubah cara Anda memasak.

7. Kamera DSLR

Tangkap momen indah dalam detail sempurna. Kamera DSLR kami memberikan kontrol kreatif penuh untuk mengabadikan kenangan seumur hidup.

8. Contoh Copywriting Jam Tangan Mewah

Elegansi dan presisi dalam satu paket. Jam tangan mewah kami adalah simbol status dan gaya yang tak tertandingi.

9. Perangkat Keamanan Rumah Pintar

Kendalikan keamanan rumah Anda dengan pintar. Sistem kami memberikan perlindungan terbaik, akses jarak jauh, dan ketenangan pikiran.

10. Parfum Eksklusif

Berkilau dalam aroma keanggunan. Parfum eksklusif kami adalah pernyataan harum yang meninggalkan kesan tak terlupakan.

Sudah Paham Pentingnya Copywriting untuk Promosi Produk?

Sekarang Anda sudah memahami betapa pentingnya copywriting dalam upaya mempromosikan produk Anda. Mulai dari kemampuan untuk mengkomunikasikan keunggulan produk hingga membuat pesan yang menarik bagi audiens Anda.

Dengan pengetahuan ini, Anda dapat melangkah maju dengan lebih percaya diri dan merancang promosi yang efektif. Tentu saja tujuannya adalah untuk meningkatkan penjualan dan menarik perhatian pelanggan potensial. 

Pastikan Anda membuat headline promosi yang menarik tapi bukan clickbait, tekankan manfaat produk atau layanan, dan gabungkan kalimat promosi dengan testimoni pelanggan sebelumnya. Semoga berhasil!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page