Dalam promosi barang atau jasa, peran teks dalam iklan sangatllah penting. Beberapa contoh teks iklan bahkan sukses mendorong tindakan konsumen sesuai tujuan yang diharapkan.
Mulai dari pembelian, penggunaan layanan, atau bahkan perubahan perilaku sering terjadi sebagai dampak dari pengaruh teks iklan kepada audiens.
Jika ingin mengetahui lebih lanjut, simak contoh teks iklan beserta strukturnya berikut ini untuk memudahkan pemahaman.
Struktur Teks Iklan
Teks iklan sendiri sebenarnya memiliki struktur khas yang sering dijadikan panduan dalam pembuatan berbagai jenis iklan di media apa pun.
Oleh karena itu, penting untuk mengenali apa saja struktur teks iklan lengkap dengan penjelasannya berikut ini.
1. Orientasi
Struktur iklan pertama adalah orientasi yang merupakan bagian awal dalam teks iklan yang berisi perkenalan singkat. Di bagian ini, teks iklan akan mendeskripsikan tentang produk barang atau jasa, mulai dari judul dan nama produk.
2. Tubuh Iklan
Tubuh iklan menjadi struktur dalam teks iklan yang memberikan pembahasan inti yang bersifat persuasif. Umumnya, tubuh iklan juga menyampaikan keunggulan produk hingga langkah promosi, seperti slogan ikonik, promo harga, dan lain sebagainya.
3. Justifikasi
Sebagai bagian akhir, justifikasi menjadi struktur teks dalam iklan yang tidak kalah penting. Ada penjelasan kepada publik untuk mengakses barang atau jasa yang ditawarkan dengan kelengkapan contact person, akun media sosial, website, email, alamat, atau sejenisnya.
Ciri-Ciri Teks Iklan
Daya tarik sebuah iklan melalui teks yang dikemas secara menarik akan memaksimalkan hasil promosi berupa tindakan positif dari konsumen.
Gaya bahasa tertentu pun menjadi ciri yang khas dalam teks iklan dan dijadikan panduan untuk menarik minat target pasar yang disasar.
Berikut ini beberapa ciri teks iklan yang mengedepankan pemilihan gaya bahasa tertentu dalam pembuatan iklan.
1. Bersifat Persuasif
Ciri utama teks iklan adalah penggunaan kalimat yang sifatnya persuasif untuk memengaruhi dan menyakinkan konsumen. Umumnya ada dorongan, bujukan, atau imbauan untuk membeli atau menggunakan produk, serta melakukan tindakan tertentu.
2. Menggunakan Slogan Menarik
Jika kamu sering melihat slogan dalam iklan, hal ini memang menjadi ciri khusus teks iklan berikutnya yang banyak diterapkan dalam berbagai konsep. Slogan atau tagline akan membuat iklan semakin menarik, tampak mencolok, dan berkesan.
3. Ada Unsur Subjek Orang Pertama
Selanjutnya, ada ciri bahasa teks iklan yang seringkali menggunakan sudut pandang orang pertama seperti saya, aku, gue, atau kami.
4. Penggunaan Tampilan Nonverbal Yang Khas
Selain pesan yang persuasif, ciri khas dalam teks iklan juga didukung oleh tampilan nonverbal berupa gambar yang menarik. Biasanya, ada penggunaan media grafis tertentu agar iklan menjadi semakin bermakna dan berkesan.
Contoh Teks Iklan yang Menarik
Agar pemahaman terkait teks iklan semakin mudah, contoh langsung bisa dijadikan media pembelajaran untuk analisis lebih mendalam.
Berikut ini beberapa contoh teks iklan yang menarik dan penjelasannya sebagai referensi.
1. Teks Iklan Makanan
Contoh teks iklan makanan di atas terbilang menarik dengan menerapkan konsep dari pesan iklan berupa saran konsumsi produk untuk konsumen.
Ada diksi “Makan Langsung” dan “Makan dingin” yang didukung tampilan gambar produk lengkap dengan visual yang relevan dengan masing-masing cara.
Bahkan penjelasan detail dari teks iklannya pun cukup menggelitik, seperti “langsung dibelanjain, tabung sisanya” dan “langsung ditabung, belanjain sisanya” yang cukup berkesan.
2. Teks Iklan Minuman
Teks iklan niaga untuk produk minuman seringkali menampilkan kalimat iklan yang menarik, kreatif, dan inovatif demi menarik minat konsumen.
Headline iklan minuman di atas menggunakan nama produk dengan font berukuran besar dan menonjol serta dilengkapi tagline “Orange No.1 Di Dunia Florida Orange”.
Diksi-diksi unik juga dicantumkan sebagai teks iklan lainnya yang bersifat informatif dan persuasif, mulai dari “bulir utuh”, “fresh to the top”, sampai “real orange pulp!”.
3. Teks Iklan Shampo
Berikutnya, ada contoh teks iklan shampo yang sederhana tetapi tetap menyampaikan konsep penawaran melalui informasi tentang manfaat produk.
Selain judul iklan berupa nama produk dan gambar produk dengan dua kemasan berbeda, teks manfaat produk, yaitu “mengembalikan kesehatan kulit kepala dan menutrisi rambut”.
Selain bertujuan menyampaikan keunggulan produk, teks iklan juga menjadi kalimat pendorong agar konsumen segera melakukan pembelian.
4. Teks Iklan Layanan Masyarakat
Teks iklan singkat yang merupakan jenis iklan layanan masyarakat dengan tema hemat energi di atas memiliki daya tarik dari aspek visual.
Gambar bohlam lampu yang diiludtrasikan sedang tidur menjadi representasi agar masyarakat ‘mengistirahatkan’ penggunaan lampu dan alat elektronik lainnya.
Visual tersebur menjadi relevan dengan pesan teks “Istirahatkan Lampu Bila Tidak Digunakan” dan diksi “Hemat Energi” yang dicantumkan dalam iklan.
Meski singkat dan sederhana, tetapi pesan yang ingin disampaikancukup mengena dan mudah dipahami oleh pembaca untuk mengikuti imbauan tersebut.
5. Teks Iklan Pendidikan
Teks iklan pendidikan untuk konsep penerimaan peserta didik baru dalam contoh di atas memiliki kelengkapan struktur iklan, mulai dari judul, tubuh iklan, hingga justifikasi.
Headline “Penerimaan Peserta Didik Baru” lengkap dengan nama sekolah langsung memberikan informasi penting terkait konten iklan yang disajikan.
Tubuh iklan menyampaikan tentang informasi jurusan atau program keahlian yang bisa dipilih calon siswa didik baru, syarat pendaftaran, fasilitas, dan foto-foto kegiatan sekolah.
Dalam iklan juga dicantumkan struktur justifikasi yang menyantumkan alamat sekolah, contact person, periode pendaftaran, dan website sekolah.
6. Teks Iklan Layanan Jasa
Teks iklan tentang jasa untuk layanan servis kendaraan bermotor di atas memiliki diksi yang unik, menggelitik, dan dekat dengan gaya bahasa anak muda.
“Kukira Kau Rumah” dan “Ternyata Bengkel AHASS Yaudah Sekalian Servis Lengkap” menjadi teks iklan yang mencuri perhatian calon customer.
Visual iklan juga menampilkan model iklan karyawan AHASS dan logo Honda lengkap dengan tagline “One Heart” yang ikonik.
7. Teks Iklan Bahasa Inggris
Beberapa iklan yang menggunakan bahasa asing juga menerapkan konsep struktur teks iklan yang menarik untuk memikat calon konsumennya.
Salah satunya contoh teks iklan Bahasa Inggris dari dua produk ternama yang berkolaborasi dengan tema dukungan untuk melawan kekerasan di lingkungan sekolah.
Judul iklan mengambil nama produk dengan visual produk dengan tiga varian berbeda sebagai fokus utama.
Sedangkan penggunaan teks iklan menyantumkan kalimat “Gives you the power to be best!” dan “Cadbury and Oreo do not condone the use of violence against Theachers”.
Arti teks iklan tersebut adalah “Memberi kamu kekuatan untuk menjadi yang terbaik!” dan “Cadbury dan Oreo tidak memaafkan penggunaan kekerasan terhadap Guru”.
8. Teks Iklan Bahasa Jawa
Selain iklan dengan Bahasa Inggris, ada juga contoh teks iklan Bahasa Jawa yang dimanfaatkan untuk menyasar target audiens segmentasi lokal.
Contohnya, iklan salah satu provider yang menawarkan berbagai kelebihan produk dalam Bahasa Jawa, seperti “sinyal apik lan lancar” dan “nyambung teruuusss…!”.
Selain keunggulan sinyal, iklan tersebut juga menyampaikan pesan terkait harga melalui diksi “rego paling murah!”, yang berarti “jarga paling murah” dengan logo khas dari provider tersebut.
Meski cukup simple, tetapi pesan yang ingin disampaikan terkait keunggulan dan harapan untuk memilih produk tersebut cukup mudah dipahami oleh konsumen.
9. Teks Iklan Lowongan Pekerjaan
Teks iklan pemberitahuan dalam contoh teks iklan lowongan pekerjaan di atas menyantumkan judul “Lowongan Kerja” serta jabatan yang dicari dengan huruf kapital dan font ukuran besar sebagai fokus utama.
Selain itu, nama perusahaan yang membuat iklan tersebut juga dicantumkan lengkap dengan alamat kantor dan profil singkat serta kualifikasi jabatan.
Di akhir iklan, informasi untuk pengiriman berkas juga disampaikan untuk ditujukan kepada divisi terkait dengan alamat berkirim surat yang lengkap.
10. Teks Iklan Baris
Teks iklan penawaran dalam iklan baris yang banyak muncul di media cetak seperti koran juga memiliki diksi teks yang khusus.
Dalam contoh teks iklan baris di atas, penawaran yang dibuat sudah dikategorikan dalam kelompok masing-masing, mulai dari iklan jasa, penjualan barang, hingga iklan lowongan kerja.
Namun, secara umum, teks iklan baris menggunakan diksi singkat, padat, dan jelas mengingat ruang beriklan yang memang terbatas.
Biasanya, penawaran yang diiklankan cenderung to the point dan hanya menyantumkan contact person agar pembaca bisa menghubungi langsung.
Itulah tadi beberapa contoh teks iklan beserta strukturnya yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Dengan mengetahui referensi contoh teks iklan, kamu bisa mengikuti panduan tersebut untuk membuat iklan versimu sendiri.