Kampoeng Djowo Sekatul: Daya Tarik, Jam Buka, dan Lokasi

Mengunjungi desa wisata saat liburan bisa menjadi salah satu cara mendapatkan pengalaman menarik dan berkesan, termasuk ke Kampoeng Djowo Sekatul.

Nuansa tradisional khas pedesaan sebagai konsep wisata di kawasan Kendal, Jawa Tengah ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan.

Jika kamu juga tertarik untuk berkunjung, simak ulasan tentang Kampoeng Djowo Sekatul yang meliputi daya tarik, jam buka, fasilitas, dan lokasi berikut ini.

Sekilas Tentang Kampoeng Djowo Sekatul

Sekilas Tentang Kampoeng Djowo Sekatul

Kampoeng Djowo Sekatul adalah agrowisata dengan konsep tradisional ala pedesaan Jawa kuno yang ada di Limbangan, Kendal, Jawa Tengah.

Berdiri di lahan seluas sekitar 12 hektar di perbukitan Medini kaki Gunung Ungaran, desa wisata ini menyuguhkan bangunan-bangunan joglo dengan nilai historis tinggi.

Mulai dari Joglo Syekh Saridin yang merupakan pemuka agama Islam di Pati hingga Joglo Joyokusumo sang Adipati Pati ke-4 sebagai wujud upaya melestarikan budaya.

Selain itu, Kampoeng Djowo juga sering mengadakan kegiatan kebudayaan, seperti tari rakyat dan karawitan yang kental dengan nuansa khas Jawa.

Untuk semakin meningkatkan minat pengunjung, di sini juga menyediakan berbagai fasilitas dan aktivitas kekinian yang seru untuk dicoba.

Daya Tarik Kampoeng Djowo Sekatul

Daya tarik Kampoeng Djowo Sekatul antara lain nuansa Jawa tempo dulu, ragam kegiatan kebudayaan, kolam renang dan outbond, wisata kuliner, hingga spot foto menarik.

1. Nuansa Jawa Tempo Dulu

Nuansa Jawa Tempo Dulu

Daya tarik utama dari Kampoeng Djowo Sekatul tidak lepas dari nuansa Jawa tempo dulu yang menjadi konsep desa wisata ini.

Bangunan joglo yang khas menghiasi kawasan wisata hingga pengunjung bisa merasakan suasana tradisional Jawa yang sangat kental.

Sarat akan filosofi Jawa yang kuat, terdapat banyak joglo dari berbagai daerah di Jawa Tengah, seperti joglo Joyokusumo, Mbagon, Saridin, Bono Keling, dan lain sebagainya.

Joglo-joglo tersebut mempunyai sejarah dan ceritanya masing-masing dengan total 6 joglo utama dan 25 joglo kecil.

2. Ragam Kegiatan Budaya

Ragam Kegiatan Budaya

Bukan hanya bangunannya, Kampoeng Djowo Sekatul Kendal juga menghadirkan ragam kegiatan seni budaya khas Jawa.

Di antaranya koleksi mainan tradisional, batik khas daerah Jawa, serta aksesoris dengan sentuhan kultural Jawa, hingga pertunjukan seni dan budaya.

Pengunjung desa wisata akan dimanjakan dengan gelaran pertunjukan tarian tradisional, wayang kulit, dan musik gamelan.

3. Wisata Kuliner

Wisata Kuliner

Kampoeng Djowo juga menyediakan wisata edukasi dan kuliner khas Jawa, seperti gudangan, olahan dari jahe, sayur lompong, dan lain sebagainya.

Bahkan pengunjung yang datang ke dwsa wisata ini akan disambut dengan ‘jahe ceng’, minuman hangat yang terbuat dari jahe, kapulaga, dan berbagai rempah.

Selain itu, penjaja makanan khas Jawa juga tersaji di desa wisata Kampoeng Djowo hingga pengunjung bisa menikmati aneka kuliner Jawa sampai puas.

4. Kolam Renang dan Outbond

Kolam Renang dan Outbond

Kampoeng Djowo juga menawarkan aktivitas seru yang kekinian layaknya objek wisata pada umumnya, seperti kolam renang dan outbond.

Tentu saja keberadaan aktivitas ini semakin menarik minat pengunjung, terutama rombongan keluarga hingga acara gathering.

Mulai dari flying fox, memanah, sampai membajak sawah dan bermain air di sungai, semua aktivitas seru ini layak untuk dicoba.

Di sini bahkan disediakan juga bumi perkemahan bagi wisatawan yang ingin menginap ala campers berkonsep kampung khas Jawa.

5. Spot Foto Menarik

Spot Foto Menarik 1

Seperti tempat wisata pada umumnya, Kampoeng Djowo Sekatul Kendal juga menjadi spot berburu foto menarik dengan latar yang Instagramable.

Tidak heran jika wisatawan yang berkunjung hampir tidak pernah lepas dari kamera untuk mengabadikan momen dan pengalaman menarik di Kampoeng Djowo.

Jam Buka Kampoeng Djowo Sekatul

Jam buka Kampoeng Djowo Sekatul mulai dari pukul 9 pagi sampai pukul 5 sore setiap hari tanpa kecuali.

Menariknya lagi, semua pengunjung dibebaskan biaya retribusi alias harga tiket masuk Kampoeng Djowo Sekatul gratis untuk semua kalangan.

Fasilitas Kampoeng Djowo Sekatul

Fasilitas Kampoeng Djowo Sekatul

Fasilitas Kampoeng Djowo Sekatul meliputi warung makan, kamar mandi dan toilet umum, mushola, taman bermain, gazebo, camping ground, dan area parkir wisata.

Ada Pondok Dahar yang siap melayani kebutuhan pengunjung saat merasa lapar dengan berbagai pilihan menu khas Jawa.

Kamar mandi dan toilet umum pun dilengkapi dengan kamar ganti sebagai fasilitas pendukung di dekat area kolam renang.

Bagi pengunjung yang kebingungan mencari area wisata tertentu, tidak perlu khawatir atau panik sebab di sini juga tersedia fasilitas pusat layanan informasi wisata.

Ditambah lagi dukungan area parkir kendaraan pengunjung yang cukup luas, tentunya akan semakin menambah kenyamanan dan minat kunjungan ke desa wisata ini.

Lokasi Kampoeng Djowo Sekatul

Lokasi Kampoeng Djowo Sekatul terletak di Jl. Sunan Katon No.99, Sekutis, Margosari, Kecamatan Limbangan, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

Mengingat letaknya berada di perbukitan Medini kaki Gunung Ungaran, kamu bisa mengambil rute dari arah pusat kota Kendal maupun Semarang.

Jika berangkat dari jalur Alun-alun Kendal, kamu haru menempuh perjalanan dengan jarak kurang lebih 31 kilometer.

Namun, jika lewat Simpang Lima Semarang, jarak yang ditempuh justru sedikit lebih dekat yaitu sekitar 27 kilometer hingga sampai ke lokasi desa wisata Kampoeng Djowo.

Untuk mendapatkan panduan arah tercepat dan terdekat, kamu bisa memanfaatkan fitur bantuan dari Google Maps atau aplikasi penunjuk jalan sejenisnya.

Itulah tadi ulasan tentang Kampoeng Djowo Sekatul yang meliputi daya tarik, jam buka, fasilitas, dan lokasi yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum.

Melalui informasi di atas, kamu bisa lebih maksimal mempersiapkan kunjungan ke Kampoeng Djowo Sekatul.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan wisata di Kendal terdekat lainnya untuk dikunjungi demi mendapat pengalaman berkesan selama momen liburan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste