Jasa Backlink Media Nasional Indonesia Murah dan Berkualitas

Bagaimana cara agar website kamu bisa menempati halaman pertama di mesin pencari? Butuh waktu yang tidak sedikit untuk menjawab pertanyaan ini. Namun, ada salah satu strategi yang cukup efektif untuk menaiki ‘tangga‘ SERP, yakni menggunakan jasa backlink media.

Faktanya, tidak semua pemilik website menggunakan strategi ini untuk menempati ranking pertama di Google. Memang, berbeda dengan beberapa cara optimasi website lainnya, strategi ini tidaklah gratis. Namun, tidak ada pencapaian besar yang datang tanpa sedikit pengorbanan, bukan?

Di artikel ini, kamu akan lebih memahami apa itu backlink media, bagaimana cara kerjanya, serta seberapa signifikan pengaruhnya untuk meningkatkan ranking. Jadi, baca sampai habis, ya.

Jasa backlink media nasional adalah layanan yang membantu meningkatkan situs Anda dan membangun link kepada media nasional yang mempunyai high authority domain pada mesin pencarian.

Jika kamu sampai tiba di halaman ini, besar kemungkinan kamu sudah mengerti mengapa menempati halaman pertama di SERP (Search Engine Result Page) sangatlah krusial. Mari intip sedikit data terkait hal ini.

Melansir dari situs Five Channels, tingkat klik atau CTR (Click Through Rate) dari suatu website yang ada di peringkat pertama bisa mencapai 30%. Ini artinya, 30% orang yang mencari keyword terkait mengeklik website tersebut.

Angka yang relatif kecil, ya? Namun, kamu perlu ingat bahwa pada 2021 saja, terdapat 5.6 miliar pencarian setiap harinya. Jadi, 30% dari angka tersebut tentu bukan jumlah yang sedikit.

Oleh karena itu, tidak heran banyak orang berlomba-lomba untuk menempati posisi ini. Kamu bisa bayangkan persaingan ketat yang terjadi; ribuan konten baru muncul setiap harinya, sementara hanya ada 10 website yang bisa menempati halaman pertama.

Nah, jasa backlink media bisa menjadi trik untuk mendongkrak performa website hingga bisa menempati posisi tersebut.

Sesuai namanya, jasa backlink media merupakan jasa yang memberi kamu sebagai pemilik website kesempatan untuk menaruh backlink di situs-situs media.

Ibaratnya, kamu menaruh ‘iklan’ di media tersebut, untuk ‘memancing’ pengunjung mendatangi websitemu.

Tapi, kenapa harus di website media?

Kerap kali, website media atau berita memiliki traffic yang tinggi. Selain itu, masyarakat cenderung meyakini bahwa website media akan menghadirkan konten yang kredibel dan berkualitas, sesuai dengan kewajibannya.

Oleh karena itu, jika kamu menggunakan jasa ini, besar kemungkinan kualitas konten yang memuat backlink kamu sangat tinggi.

Pada umumnya, kamu bisa menggunakan jasa content placement atau jasa press release. Keduanya memiliki keunggulan serta biaya masing-masing.

Tentu saja, perhitungan biayanya pun berbeda-beda. Umumnya, semakin besar cakupan dan traffic website media tersebut, semakin tinggi juga harganya.

Namun, tenang saja, harganya variatif. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan budget.

Meski perlu melakukan investasi di awal, hasilnya pun akan sepadan. Kamu jadi bisa fokus ke pekerjaan atau tugas lain tanpa mengkhawatirkan performa website.

Di pembahasan sebelumnya, kata backlink disebut beberapa kali. Kamu yang sudah mempraktikkan SEO sebelumnya mungkin sudah mengetahuinya. Namun, jika kamu seorang pemula, maka informasi ini wajib kamu ketahui.

Apa Itu backlink?

Backlink adalah link atau tautan dari satu website ke website lain.

Dalam algoritmanya, Google menganggap backlink sebagai salah satu cara untuk ‘voting‘ ke suatu website. Atau, kamu juga bisa menganggapnya sebagai ‘rekomendasi’ satu website terhadap website lain.

Yang perlu kamu tahu, rekomendasi atau rujukan merupakan poin vital dalam algoritma Google, terutama algoritma E-A-T.

Secara sederhana, cara kerja backlink adalah sebagai berikut:

Google akan menangkap bahwa konten kamu berpotensi untuk naik ke halaman pertama pencarian, karena konten tersebut memiliki kualitas baik hingga direkomendasikan orang lain.

Lantas, bagaimana contoh backlink?

Biasanya, dalam suatu artikel, backlink akan berupa beberapa kata saja. Selain itu, warnanya pun berbeda daripada teks lainnya.

Namun, ciri yang paling jelas adalah link tersebut mengarah ke website lain, serta click-able, alias link yang tidak mengarahkan pada halaman error.

Pada umumnya, terdapat dua jenis backlink, yakni internal dan external.

Internal backlink adalah rujukan ke halaman yang masih berasal dari website kamu. Misalnya saja, merujuk ke konten lain yang sudah kamu buat.

Sementara itu, external backlink adalah rujukan ke website luar. Biasanya, backlink dalam media merupakan jenis backlink external.

Sementara itu, ada juga jenis backlink yang lain berdasarkan karaktertistiknya, yakni:

  • Backlink do-follow. Sesuai namanya, backlink jenis ini dapat mengarahkan pengunjung untuk mendatangi website kamu. Dan, tidak hanya meningkatkan traffic, jenis backlink ini juga bisa memberi ‘kredit‘ berupa otoritas, sehingga Google akan memperhitungkan website kamu dalam algoritma.
  • Backlink no-follow. Sebaliknya, pengguna backlink jenis ini tidak ingin ada traffic yang mengarah ke website tersebut. Biasanya, ini karena sumbernya tidak kredibel, sehingga tidak bisa dijadikan acuan yang tepercaya.

Berdasarkan penjelasan tersebut, umumnya backlink di media adalah external backlink dengan karaktertistik do-follow. Inilah yang perlu kamu targetkan.

Tidak sedikit praktisi SEO yang menganggap bahwa membangun backlink merupakan upaya tersulit dari seluruh rangkaian praktik SEO. Namun, tidak sedikit juga yang menyadari betapa masifnya manfaat dari link building. Ini dia tiga manfaat membangun backlink untuk website kamu.

1. Menjadi Booster Ranking di Google

Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, algoritma mesin pencari seperti Google cenderung menyukai konten-konten yang memiliki backlink.

Semakin banyak orang yang merujuk ke website kamu, maka semakin tinggi pula skornya di algoritma Google.

2. Meningkatkan Traffic Pengunjung

Backlink merupakan tool yang tepat untuk menunjukkan sumber yang tepercaya. Penggunaan backlink yang tepat akan menyalurkan link juice atau link equity ke website kamu.

3. Meningkatkan Awareness terhadap Website dan Produk

Pada akhirnya, kedua poin di atas akan sangat membantu kamu dalam proses peningkatan awareness. Orang akan lebih mengenal website kamu serta konten di dalamnya. Selain itu, hal ini juga berpotensi meningkatkan transaksi, terutama jika kamu menjual produk atau jasa.

Di titik ini, kamu sudah memahami pentingnya backlink untuk meraih ranking tinggi di halaman mesin pencari.

Namun, jika konteksnya demikian, maka kamu harus mulai dengan mindset yang benar. Meminta satu atau dua backlink saja tidaklah cukup untuk meraih ranking. Setidaknya, kamu harus mulai dengan puluhan backlink.

Bagaimana cara membangunnya? Ini cara melakukan backlink yang benar:

1. Menentukan Keyword Apa yang Ingin Kamu Angkat

Penentuan keyword merupakan langkah yang vital dalam SEO. Oleh karena itu, langkah ini perlu kamu lakukan dengan serius.

Pertama-tama, tentunya kamu harus menentukan niche atau topik website kamu terlebih dulu. Jika kamu menyediakan konten terkait masakan, tentunya menggunakan keywordArtficial Intelligence” tidak akan relevan.

Tidak hanya soal keyword, langkah ini juga bisa membantu kamu menemukan anchor text yang tepat untuk kamu input dalam backlink.

Terdapat beberapa tools gratis maupun berbayar yang bisa kamu gunakan untuk tahap ini, misalnya saja Ahrefs atau Wordtracker. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa semakin banyak backlink, semakin baik.

Di satu sisi, hal tersebut memang benar. Namun, ada baiknya memberi perhatian lebih pada website yang akan kamu mintai backlink.

Pasalnya, tidak semua website memiliki tingkat kepercayaan dan skor yang baik di mesin pencari. Jika mengandalkan backlink website tersebut, bisa-bisa hasilnya tidak signifikan, bahkan menimbulkan kerugian.

Seperti apa kriteria website yang baik? Beberapa syaratnya antara lain:

  • Memiliki Domain Authority (DA) yang baik
    DA menggambarkan ‘kekuatan’ domain sebuah website, yang ditunjukkan oleh skor berskala 0-100. Semakin besar angkanya, semakin kredibel websitenya. Biasanya, website media atau berita memiliki DA yang tinggi.
  • Mempunyai Page Authority (PA) tinggi
    Jika DA menggambarkan skor kredibilitas di satu website, maka PA menunjukkan kredibilitas halaman dan kualitas konten di website tersebut. Skala skornya serupa dengan DA, yakni dari 0-100.
  • Traffic Flow (TF) yang baik
    Biasanya, faktor ini merupakan turunan dari kedua kriteria sebelumnya. TF menggambarkan jumlah pengunjung yang melihat website tersebut. Semakin besar traffic-nya, semakin besar pula eksposur yang bisa kamu dapatkan dari backlink.

Sederhananya, pastikan website yang kamu incar memiliki reputasi yang baik serta memiliki relevansi konten dengan konten kamu. Jika ingin pencarianmu lebih mendalam, kamu juga bisa menggunakan tools SEO seperti Ahrefs atau Semrush.

Di langkah ini, barulah kamu bisa menentukan jumlah backlink yang perlu kamu targetkan. Berapa banyak link yang kamu perlukan untuk bisa menembus halaman pertama? 50? 100? Atau bahkan lebih?

Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan pengamatan terlebih dulu dari website yang menempati halaman pertama di mesin pencari.

Jadi, kamu perlu mencari keyword yang kamu targetkan, lalu pelajari backlink yang ada di website halaman pertama.

Di tahap ini, kamu akan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang berapa besar biaya serta waktu yang dibutuhkan sampai backlink menunjukkan hasil.

Cara ini memang manual dan memakan waktu. Namun, kamu bisa lebih cepat mendapatkan hasil lebih cepat jika menggunakan tools SEO.

Sebetulnya, langkah ini relatif opsional. Namun, menentukan bentuk backlink sebelum memulai link building bisa memberikan kamu ‘amunisi’ lebih dalam meningkatkan ranking website.

Sembari melakukan observasi di berbagai website, kamu juga bisa memperhatikan jenis backlink apa yang digunakan di website tersebut. Misalnya, apakah backlink ada di dalam guest post, di forum, atau di kolom komentar? Kamu bisa mengamatinya terlebih dulu.

Sedikit banyak, bentuk backlink memberi pengaruh terhadap ranking di Google. Meski begitu, tidak ada aturan baku mengenai hal ini, jadi kalaupun bingung kamu bisa mengupayakan semua jenis backlink.

Setelah melengkapi ‘bekal’ riset, kamu sudah bisa mulai membangun backlink.

Kamu bisa menjalin pendekatan terhadap website yang ingin kamu tuju, misalnya dengan cara membangun interaksi. Selain itu, kamu juga bisa menulis guest post atau menggunakan kanal sharing konten seperti Medium atau bahkan Quora.

Upaya-upaya tersebut bisa memberikan kamu backlink natural yang berpotensi meraup traffic organik ke website yang kamu kelola.

Menurut Ahrefs, sebanyak 43,7% website di ranking teratas Google melakukan reciprocal backlink. Dengan kata lain, website tersebut ‘membalas’ dengan memberikan backlink kembali. Hal ini merupakan trik tambahan yang bisa membantu naiknya website kamu di Google.

backlink media nasional murah

Di tahap ini, kamu sudah memahami apa itu backlink dan apa saja manfaatnya. Selain itu, artikel ini pun sudah membocorkan cara membangun backlink secara cuma-cuma. Lantas, mengapa kamu tetap memerlukan jasa backlink di media? Sebenarnya, hanya ada dua alasan:

1. Menghemat Waktu

Seperti yang sudah kamu tahu, untuk mendapatkan backlink yang hasilnya efektif membutuhkan riset yang mendalam.

Faktanya, kamu bisa saja menargetkan backlink dari website apa pun. Tapi, apakah kamu siap dengan risikonya? Kalaupun kamu tidak siap, apakah kamu punya waktu untuk melakukan risetnya?

Dengan menggunakan jasa backlink media, kamu bisa menggunakan waktu untuk mengelola website dengan maksimal, tanpa perlu kerepotan perkara kredibilitas dan target backlink. Tenang, biarkan penyedia jasa tersebut yang bekerja untuk kamu.

2. Menghemat Biaya

Namanya saja jasa, pastilah berbayar. Tapi, uang yang kamu investasikan untuk jasa backlink media tentu bukan untuk hal yang sia-sia.

Jika membangun backlink sendiri, kamu perlu membayar tools SEO yang tidak murah setiap bulannya. Apalagi jika kamu adalah praktisi SEO pemula yang belum terbiasa melakukan analisis SEO.

Dengan merekrut layanan backlink, kamu hanya perlu ‘terima beres’ saja. Tidak ada biaya ekstra yang belum tentu kamu manfaatkan terus-menerus. Menarik, bukan?

Tidak perlu pindah tab untuk mencari provider backlink, karena kamu sudah menemukannya. Bahkan, tidak hanya satu, kamu mendapatkan tiga opsi jasa yang semuanya berpotensi tinggi untuk meningkatkan ranking website.

Untuk menjawab tantangan terkait backlink dan PBN, kamu akan mendapatkan tiga opsi jasa yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni:

Kembali ke topik

Meski tidak semua media ada, tapi ini sudah lumayan kok.

Tapi, berapa harganya? Ini daftar media untuk jasa backlink dan nilai investasinya:
tabel di bawah ini udah gak update, harga terbaru bisa cek di excel ini.

==> Harga Terupdate + Promo 2023 <==

NoMediaNilai Investasi
1Aksaraintimes.idRp275.000
2pewarta-indonesia.comRp275.000
3Suroboyo.idRp275.000
4Tutwuri.idRp275.000
5Updatebanget.idRp275.000
6bareskrim.comRp300.000
7infosekitar.idRp300.000
8MediaSumutku.comRp300.000
9mimbarumum.co.idRp300.000
10ObrolanBisnis.comRp300.000
11pelitabatak.comRp300.000
12PodiumIndonesia.comRp300.000
13Prime-news.idRp300.000
14suaramahardika.co.idRp300.000
15Wartaindustri.comRp300.000
16abchannel.idRp375.000
17analisadaily.comRp375.000
18today.idRp375.000
19kesatu.coRp395.000
20moeslim.idRp395.000
21purwakartaupdate.comRp395.000
22medanposonline.comRp400.000
23orbitdigitaldaily.comRp400.000
24sinarpaginews.comRp400.000
25fajarpendidikan.co.idRp475.000
26rakyatnesia.comRp475.000
27jabarnews.comRp495.000
28Kitakini.newsRp500.000
29Kliksumut.comRp500.000
30ayobandung.comRp550.000
31ayobanten.com Rp550.000
32ayobekasi.netRp550.000
33ayobogor.comRp550.000
34ayocirebon.comRp550.000
35ayoindonesia.comRp550.000
36ayojakarta.comRp550.000
37ayopurwakarta.comRp550.000
38ayosemarang.comRp550.000
39ayosurabaya.comRp550.000
40ayotasik.comRp550.000
41ayotekno.idRp550.000
42ayoyogya.comRp550.000
43mediajateng.netRp575.000
44Apakabarnews.comRp600.000
45Hello.idRp600.000
46Indonesiaraya.co.idRp600.000
47OkeMedan.comRp600.000
48radarbekasi.idRp600.000
49SentralBerita.comRp600.000
50Sewaktu.comRp600.000
51beritajateng.netRp600.000
52kampuspedia.idRp600.000
53fokusblora.comRp650.000
54fokusjepara.comRp650.000
55fokuskudus.comRp650.000
56fokusmedia.idRp650.000
57fokusmuria.co.idRp650.000
58fokuspati.comRp650.000
59fokuspekalongan.comRp650.000
60fokusrembang.comRp650.000
61fokussemarang.comRp650.000
62fokussolo.comRp650.000
63fokussurabaya.comRp650.000
64dakta.comRp700.000
65dewabiz.comRp700.000
66katasumbar.comRp700.000
67Kilat.comRp700.000
68Realita.coRp700.000
69tribunsumbar.comRp700.000
70mediajabar.comRp700.000
71beritabulukumba.comRp750.000
72klikaktual.comRp750.000
73malangtimes.comRp750.000
74jatimtimes.comRp774.000
75kontenjateng.comRp775.000
76newsmedia.co.idRp775.000
77papua.tribunnews.comRp775.000
78urbanjabar.comRp775.000
79arenalte.comRp800.000
80CovesiaRp800.000
81klikpositif.comRp800.000
82surabayapagi.comRp800.000
83halonusa.comRp800.000
84agtvnews.comRp800.000
85akurat.coRp800.000
86inilah.comRp800.000
87muria.tribunnews.comRp800.000
88portaljepara.pikiran-rakyat.comRp800.000
89rmoljawatengah.idRp800.000
90sukabumi.hallo.idRp800.000
91waspada.co.idRp800.000
92portalkudus.pikiran-rakyat.comRp875.000
93Ayomalang.comRp900.000
94Bantenraya.comRp900.000
95diadona.idRp900.000
96Fin.co.idRp900.000
97kabaroto.comRp900.000
98lombokinsider.comRp900.000
99Teknologi.idRp900.000
100era.idRp900.000
101gopos.idRp900.000
102sentralberita.comRp900.000
103telusur.co.idRp900.000
104timesindonesia.comRp900.000
105tangerangnews.comRp950.000
106bolaskor.comRp1.000.000
107Hallo.idRp1.100.000
108jatimnetwork.comRp1.100.000
109selular.idRp1.100.000
110Hops.idRp1.100.000
111rm.idRp1.100.000
112Wartaekonomi.co.idRp1.150.000
113batampos.co.idRp1.200.000
114goriau.comRp1.200.000
115harapanrakyat.comRp1.200.000
116Harianhaluan.comRp1.200.000
117industry.co.idRp1.200.000
118jabarekspres.comRp1.200.000
119koran-jakarta.comRp1.200.000
120merahputih.comRp1.200.000
121Pojoksatu.idRp1.200.000
122suaramerdeka.comRp1.200.000
123Timesindonesia.co.idRp1.200.000
124Voi.idRp1.200.000
125disway.idRp1.200.000
126krjogja.comRp1.250.000
127Pikiran-rakyat.comRp1.300.000
128Suara.com RegionalRp1.300.000
129Tagar.idRp1.300.000
130Terkini.idRp1.300.000
131Tribunnews.comRp1.300.000
132harianterbit.comRp1.300.000
133investor.idRp1.300.000
134esportsku.comRp1.400.000
135Fajar.co.idRp1.400.000
136Solopos.comRp1.500.000
137adv.kompas.idRp1.600.000
138Grid.idRp1.600.000
139jpnn.comRp1.600.000
140Kompas.tvRp1.700.000
141bolasport.comRp1.800.000
142motorplus-online.comRp1.800.000
143adv.kontan.co.idRp1.900.000
144Hitekno.comRp2.200.000
145Kompasiana.comRp2.200.000
146Beritasatu.comRp2.300.000
147Kompas.comRp3.000.000
148Detik.comRp3.700.000
149Indozone.idRp4.000.000
150Medcom.idRp4.000.000
151Republika.co.idRp4.000.000
152Viva.co.idRp4.000.000
153Cnnindonesia.comRp5.000.000
154Jawapos.comRp5.000.000

Secara total, terdapat sekitar 154 referring domain yang siap memuat backlink kamu.

Update, Harga di atas sudah tidak berlaku, untuk harga terbaru silahkan cek di sini saja
==> Cek List & Harga <==

Untuk mendapatkan paket jasa ini, hubungi:

Iya saya pakai juga, biar otoritas domain cepat naik.

Mau lihat listnya? Cek disini.

Hasilnya Gimana?

Biar data yang berbicara

Screenshot 2023 07 21 at 05.52.49
Traffic via Ahrefs, Update 21-07-2023
Screenshot 2023 07 21 at 05.53.18
Traffic dari Google 3 Bulan Terakhir, Update 21-07-2023
Screenshot 2023 07 21 at 05.53.53
Traffic Google 28 Hari Terakhir, Update 21-07-2023
Screenshot 2023 07 21 at 05.55.21
Ringkasan Google Analytics, Update 21-07-2023

Penutup

Meski berbayar, jasa backlink media bisa menjadi investasi yang sangat tepat guna untuk meningkatkan traffic ke website kamu. Murah dan mahal memang relatif, tapi jika hasilnya sepadan, mengapa tidak? Jadi, jangan ragu menggunakan jasa ini, ya.

Update: Halaman ini terakhir di diperbarui pada Jumat, 21 Juli 2023

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste