Bacaan Doa Sesudah Adzan Latin Arab dan Artinya

Adzan merupakan sebuah seruan bagi umat Islam yang menandakan bahwa sudah masuk waktu sholat. Perlu kita ketahui bahwa sebagai umat yang taat terdapat bacaan doa sesudah adzan.

Tidak hanya itu, menjawab setiap kalimat yang dikumandangkan sewaktu adzan juga sudah bernilai pahala terlebih lagi jika kita membaca doa tersebut.

Tentu saja ini sangat dianjurkan untuk kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Keutamaan Mendengarkan, Menjawab hingga Membaca Doa Setelah Adzan

Seperti yang diketahui bahwa banyak keutamaan dari mendengarkan, menjawab hingga membaca doa pendek setelah adzan. Hal ini membuat adzan tidak hanya sebagai penanda waktu sholat, namun juga sebagai ladang pahala.

Adapun keutamaan dari mendengarkan, menjawab hingga membaca doa dari setelah Adzan, yakni:

1. Menjadi Amalan Mulia

Meski hanya sekedar mendengarkan adzan saja ketika berkumandang, maka hal ini sudah menjadi sebuah amalan yang sangat mulia.

Banyak umat Islam yang tidak menyadari atas besarnya pahala dari mendengarkan adzan.

Oleh karena itu, sebelum melaksanakan shalat 5 waktu alangkah baiknya kita sebagai umat yang taat mendengarkan dengan penuh hikmat dan keimanan. Hal ini tentunya agar mendapatkan pahala serta rahmat dari Allah SWT.

Baca juga: Niat & Tata Cara Sholat Sunnah Sebelum Jumat (Qobliyah dan Badiyah)

2. Dijauhi Setan

Setan merupakan musuh utama bagi manusia yang selalu berusaha menggoda hingga menyesatkan umat agar lalai dalam melakukan ibadah.

Namun, apabila rutin mendengarkan adza, menjawab serta melafalkan doa sesudah adzan, maka akan membuat setan menjauh dari kita.

Seperti yang kita ketahui bahwa setan tidak menyukai suara adzan. Hal ini juga yang membuat setan setiap kali ada suara adzan akan lari terbirit-birit.

Demikian jika kita mendengarkan dengan penuh hikmat dan keimanan serta melafalkan doa setelahnya.

3. Menjadi Saksi yang Menghantarkan ke Surga

Mendengarkan adzan dengan hikmat akan menjadikan kita sebagai umat muslim sebagai saksi kebaikan. Terlebih juga menjawabnya secara penuh keimanan akan membantu kita dalam menuju surganya Allah SWT.

Seperti yang diketahui bahwa seorang muadzin yang mengumandangkan adzan akan mendapatkan pahala yang besar karena sebagai pengingat untuk waktunya shalat. Sementara, bagi kita yang mendengar akan menjadi saksi atas kebaikan tersebut.

4. Mendapatkan Ampunan dari Allah SWT serta Syafaat dari Rasulullah SAW

Keutamaan lainnya dari menjawab seruan adzan adalah mendapatkan ampunan dari Allah SWT. Hal ini juga dijelaskan dalam sabda Nabi Muhammad SAW yang berbunyi:

“Jika kalian mendengar muadzin, maka ucapkanlah seperti apa yang diucapkan oleh muadzin. Kemudian bershalawatlah untukku. Karena siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat padanya (memberi ampunan padanya) sebanyak sepuluh kali. Kemudian mintalah wasilah pada Allah untukku. Karena wasilah itu adalah tempat di surga yang hanya diperuntukkan bagi hamba Allah, aku berharap akulah yang mendapatkannya. Siapa yang meminta untukku wasilah seperti itu, dialah yang berhak mendapatkan syafa’atku.” (HR. Muslim no. 384).

Dalam hadits yang diriwayatkan Ahmad juga dijelaskan bahwa seluruh benda baik yang basah maupun yang kering, dan yang mendengarkan adzan seorang muadzin maka mereka memohonkan ampunan untuknya. Dan setiap doa kebaikan juga akan kembali pada orang yang mendoakan.

Baca juga: Niat Sholat Dhuha 2 dan 4 Rakaat, Tata Cara, dan Keutamaannya

5. Doa yang Dikabulkan

Pada dasarnya mendengarkan adzan secara penuh nikmat dan keimanan ketika menjawabnya tentu akan memberikan keutamaan yang besar. Selain dari yang telah dijelaskan sebelumnya, menjawab adzan juga bisa dikabulkannya doa.

Oleh karena itu, kita sangat dianjurkan untuk tetap bersabar ketika mendengarkan adzan mengingat besarnya pahala serta keutamaan yang didapatkan. Terlebih lagi jika kita menjawab adzan dan memanjatkan doa antara selesai adzan dan iqamah.

6. Disiplin dalam Beribadah

Meskipun mendengarkan suara adzan yang berkumandang terlihat sangat sederhana dan mudah, namun tidak semua umat muslim di dunia sanggup melakukannya. Terlebih lagi ditengah kesibukan mereka dalam aktivitas duniawi yang menyita waktu.

Hal ini tentu membuat mereka ataupun bahkan kita melewatkannya begitu saja. Adanya keutamaan mendengarkan, menjawab hingga berdoa ini menjadi cara kita untuk lebih disiplin dalam melakukan ibadah shalat kepada Allah SWT.

Seperti yang kita ketahui bahwa ketika adzan dikumandangkan, sebagai umat muslim yang taat sudah seharusnya kita berada dalam posisi yang siap untuk melaksanakan shalat agar tidak lalai.

Doa Sesudah Adzan Arab Latin dan Artinya

Doa Sesudah Adzan Arab Latin dan Artinya
Doa Sesudah Adzan Arab Latin dan Artinya

Ketika muadzin selesai mengumandangkan seruan adzan, maka kita sebagai umat muslim yang taat disunnahkan untuk membaca doa sesudah adzan.

Adapun doa adzan dan artinya yang bisa kita baca, yakni sebagai berikut:

 اللَّهُمَّ رَبَّ هٰذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ، وَالصَّلاَةِ الْقَائِمَةِ، آتِ سَيِّدَنَا مُحَمَّدَانِ الْوَسِيْلَةَ وَالْفَضِيْلَةَ وَالشَّرَفَ وَالدَّرَجَةَ الْعَالِيَةَ الرَّفِيْعَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُوْدَانِ الَّذِىْ وَعَدْتَهُ، اِنَّكَ لاَتُخْلِفُ الْمِيْعَادَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Latinnya: Allahumma Rabba haadzihid-da’watit-taammah, wash-sholaatil-qaa’imah, aati sayyidanaa Muhammadanil-washiilata wal-fadhilah wash-syarafa wad-darajatal-‘aliyatar-rafii’ah, wab’atshu maqaamam-mahmudanil-ladzi wa’adtah, innaka laa tukhliful-mii’aad, yaa Arhamar-Raahimiin.

Artinya: “Ya Allah, Tuhan yang mempunyai seruan yang sempurna, dan sholat yang akan didirikan, karuniakanlah junjungan kami nabi Muhammad tempat yang luhur, kelebihan, kemuliaan, dan derajat yang tinggi. Dan tempatkanlah ia pada kedudukan yang terpuji seperti yang telah Engkau janjikan. Sesungguhnya Engkau tiada menyalahi janji. Wahai dzat yang Maha Penyayang”

Doa sesudah Adzan ini juga berlaku pada saat azan subuh.

Hukum Membaca Doa Setelah Adzan

Perlu kita yakini bahwa pada dasarnya membaca doa sesudah adzan hukumnya merupakan sunnah. Meskipun demikian, meski kita dalam keadaan berhadas besar seperti haid, junub ataupun nifas dianjurkan untuk membaca doa tersebut.

Selain itu, doa ini bukan hanya disunnahkan untuk umat Islam yang mendengar saja. Namun, juga bagi muadzin yang mengumandangkan adzan tersebut untuk disunnahkan membaca doa untuk setelah adzan.

Fadhilah atas doa sesudah adzan sudah dijelaskan dan bisa kita baca sebagai bentuk ketaatan yang dilakukan. Adanya kesempatan yang diberikan oleh Allah SWT atas kenikmatan tentunya menjadi ajang yang bisa kita manfaatkan sebaik-baiknya.

Share:

Reskia pernah menjabat sebagai Sekretaris Divisi Media Forum Silaturahim Studi Ekonomi Islam (FoSSEI) Sumbagsel tahun 2020. Ia senang berbagi pengetahuan yang ia peroleh. Because sharing is caring.

Leave a Comment