Direct Marketing: Pengertian, Tujuan, Manfaat, dan Contoh

Saat ini demi mencapai target, setiap perusahaan selalu melakukan berbagai cara untuk menawarkan dan menjual produknya. Salah satu cara yang sering digunakan sekarang yaitu dengan direct marketing atau strategi pemasaran langsung. 

Mungkin anak pemasaran sudah familiar dengan istilah tersebut. Namun, bagi Anda yang belum tahu bisa menyimak penjelasan berikut ini.

Apa Itu Direct Marketing?

Menurut jurnal berjudul Strategi Promosi Melalui Direct Marketing Untuk Meningkatkan Jumlah Mahasiswa Baru, strategi pemasaran langsung adalah pemasaran interaktif menggunakan berbagai media iklan untuk menciptakan transaksi dan respons yang terukur.

Adapun definisi pemasaran interaktif atau langsung tersebut menurut beberapa ahli, antara lain:

1. Suyanto

Menurut Suyanto, pemasaran langsung merupakan sistem pemasaran menggunakan media langsung untuk mencapai konsumen. Kemudian, dia juga mengatakan bahwa sistem tersebut untuk menyerahkan barang ke konsumen tanpa adanya perantara.

2. Mary Lou Roberts dan Paul D. Berger

Menurut mereka, pemasaran langsung merupakan proses terbentuknya hubungan pemasaran yang mengacu pada data konsumen secara perorangan. Sehingga dari pengertian tersebut terdapat kesimpulan bahwa hal ini merupakan pemasaran interpersonal.

3. Hudson

Menurut Hudson, direct marketing merupakan cara pemasaran yang memiliki kendali penuh oleh pemasar, promosi, pengembang, dan distribusi produk. Lalu semua kegiatan tersebut terjadi secara langsung dengan konsumen menggunakan media komunikasi tertentu.

4. Kotler dan Keller

Menurut Kotler dan Keller, pemasaran langsung merupakan hubungan langsung dari penjual dengan target konsumen untuk menciptakan respon secara langsung. Kemudian menjelaskan bahwa cara pemasaran tersebut tujuannya untuk membangun hubungan jangka panjang dengan konsumen.

5. Duncan

Menurut Duncan, pemasaran langsung merupakan teknik pemasaran yang perusahaan lakukan untuk menjalin dan menjaga hubungan secara langsung dengan konsumen. 

Lalu, teknik pemasaran ini terbilang efektif karena dapat membuat database untuk berinteraksi. Maksud database ini yaitu cara komunikasi dengan konsumen menggunakan media yang ada.

Tujuan Direct Marketing

Adapun tujuan dari penerapan pemasaran langsung yaitu untuk menjangkau dan berinteraksi secara langsung dengan calon konsumen. Kemudian agar bisa berinteraksi nantinya menggunakan media komunikasi yang ada untuk mengirimkan pesan. Sehingga harapannya dapat menjangkau segmen pasar yang lebih spesifik.

Manfaat Direct Marketing

Penjelasan berikutnya mengenai manfaat dari penerapan pemasaran langsung bagi penjual dan pembeli, antara lain:

1. Penjual

Dari adanya pemasaran langsung ini akan membuat penawaran dan penjualan produk memiliki fleksibilitas yang tinggi. Nantinya penjual dapat menentukan beberapa hal seperti waktu paling tepat, caranya, dan saran dalam menjangkau konsumen.

Selain itu, pemasaran langsung ini akan memberikan penjual pilihan untuk melakukan uji pasar agar bisa mendapatkan cara yang efektif. 

Hal tersebut akan mempermudah ahli marketing dalam mendesain strategi pemasaran secara khusus agar sulit untuk ditiru kompetitor. Sehingga calon konsumen juga bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda berkat direct marketing.

2. Pembeli

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa calon konsumen bisa mendapatkan pengalaman yang berbeda dari strategi pemasaran langsung. Pengalaman tersebut bisa berupa kemudahan dalam memahami dan mencari tahu kelebihan serta kekurangan dari produk yang penjual tawarkan. 

Selain itu, calon konsumen tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkan produk yang mereka inginkan. Kemudian, saat Anda menjadi calon konsumen, maka akan lebih mudah dan bebas memilih varian produk yang sesuai keinginan. Sehingga waktu Anda untuk berbelanja lebih efektif dan tidak membutuhkan banyak tenaga.

Bentuk Direct Marketing

Perlu Anda ketahui bahwa strategi pemasaran langsung ini memiliki beberapa bentuk, yaitu:

1. Email Marketing

1. Email Marketing
unsplash

Bentuk pertama yaitu email marketing yang di mana penjual dapat menghubungi langsung konsumen dengan mengirimkan pesan elektronik.

Nantinya agar bisa melakukan pengiriman pesan, penjual bisa membeli daftar email konsumen dari layanan milis (mailing list) atau dari konsumen yang berlangganan dan mendaftarkan email-nya.

2. Telemarketing

2. Telemarketing
pexels

Telemarketing atau pemasaran jarak jauh ini merupakan salah satu bentuk pemasaran langsung. Nantinya, penerapannya dengan menghubungi konsumen melalui telepon dan menawarkan produk atau layanan.

Kemudian, untuk melakukannya dalam satu waktu, perusahaan akan mencari beberapa orang atau mesin otomatis. 

3. Direct Mail

3. Direct Mail
unsplash

Bentuk direct marketing ini nantinya memungkinkan penjual untuk menawarkan produk atau layanan kepada konsumen secara langsung ke alamat rumah melalui layanan pos. Kemudian, dengan cara ini akan mempermudah penyampaian pesan secara langsung dan bisa terjadi dalam jumlah surat yang banyak.

4. Pemasaran Teks

4. Pemasaran Teks
mindbodyonline

Perusahaan yang menggunakan bentuk pemasaran teks nantinya akan mengirimkan pesan teks kepada calon konsumen yang berisi penawaran produk. Bentuk ini memiliki tingkat respon lebih tinggi karena intensitas masyarakat sekarang yang tidak mudah lepas dengan smartphone mereka. 

5. Direct Selling

5. Direct Selling
unsplash

Bentuk dari pemasaran langsung berikutnya yaitu melakukan penawaran produk atau layanan secara langsung dari rumah ke rumah dan tempat kerja konsumen. Dari direct selling tersebut nantinya bisa menciptakan hubungan yang lebih erat dengan konsumen karena adanya tatap muka.

6. Kiosk Marketing

Bentuk direct marketing berikutnya yaitu dengan pemasaran kios. Kiosk marketing atau pemasaran kios terbilang hemat biaya untuk menggaet konsumen di tempat perbelanjaan seperti mall, toko kelontong, dan tempat ramai lainnya. 

Lalu, penerapannya akan menggunakan mesin otomatis untuk menawarkan dan menjual produk kepada konsumen. 

7. Brosur

7. Brosur
unsplash

Adapun bentuk pemasaran langsung lainnya adalah brosur. Brosur sendiri merupakan media iklan dengan menerapkan gambar, tulisan, warna yang indah di dalamnya untuk menarik calon konsumen.

Nantinya isi dari brosur tersebut bisa bermacam-macam. Misalnya seperti penawaran produk, informasi produk, tujuan perusahaan, sejarah, dan lainnya.

8. Pemasaran Media Sosial

8. Pemasaran Media Sosial
pexels

Bentuk pemasaran yang sekarang ini banyak penjual gunakan yaitu melalui media sosial. Nantinya penjual akan menawarkan produk atau layanan mereka melalui platform media sosial yang ada, seperti Facebook, Instagram, atau TikTok.

Tidak hanya itu, dengan media sosial, penjual akan memberikan penawaran khusus dan menarik agar pelanggan membeli produk yang mereka tawarkan.

9. Internet Marketing

9. Internet Marketing
pexels

Sesuai namanya bentuk direct marketing ini memanfaatkan jaringan internet untuk menjangkau konsumen yang lebih luas. Dalam penerapannya, penjual akan menggunakan media seperti mesin pencari online atau sering menyebutnya dengan Search Engine Optimization (SEO). 

10. Katalog 

Bentuk pemasaran dengan katalog ini sering juga penjual terapkan untuk menawarkan produk mereka. Nantinya katalog produk mereka akan terkirim ke pelanggan yang terpilih atau toko-toko distribusi lainnya. Sehingga harapannya, pelanggan dapat memesan atau membelinya melalui telepon.

11. Direct-Response Marketing

Terakhir dari bentuk pemasaran ini yaitu direct-response marketing yang biasanya menyebutnya sebagai iklan siaran. Dalam memasarkan produk, perusahaan menggunakan media periklanan melalui radio, dan televisi. 

Dari cara tersebut, maka akan mempermudah konsumen membaca, melihat, dan mendengar produk yang perusahaan tawarkan.

Contoh Direct Marketing

Supaya Anda lebih mudah memahaminya, berikut beberapa contoh dari pemasaran langsung.

  • Direct-Response Marketing

Misalnya sebuah perusahaan minuman Nutrisari membuat iklan dan menayangkannya melalui televisi. Kemudian beberapa informasi dan visual produk yang mereka tawarkan akan terlihat serta terdengar oleh konsumen. 

  • Pemasaran Teks

Misalnya perusahaan provider Indosat setiap bulannya memiliki promo paket internet. Kemudian untuk menyampaikan penawaran kepada konsumen, pihak Indosat mengirimkannya melalui SMS.

  • Direct Selling

Misalnya perusahaan Telkom Indonesia memiliki produk Indihome. Kemudian mereka akan menawarkan produk Indihome tersebut melalui karyawan marketing executive dan menawarkannya ke rumah-rumah atau perusahaan lain.

  • Pemasaran Media Sosial

Misalnya perusahaan Eat Sambel memiliki produk sambel terbarunya. Maka, mereka menggunakan platform media sosial TikTok untuk memasarkan dan menjual produknya.

Sudah Tahu Apa itu Direct Marketing?

Itulah beberapa penjelasan mengenai pemasaran langsung dari pengertian hingga contohnya. Lalu dari penjelasan di atas, Anda sudah tahu bahwa dalam menawarkan dan memasarkan produk secara langsung memiliki berbagai metode untuk memperoleh konsumen sebanyak-banyaknya.

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page