Apakah kamu sedang mencari referensi tentang iklan non komersial? Berikut ini beberapa contoh iklan non komersial beserta ciri-ciri dan tujuannya.
Selain iklan komersial, ada juga iklan non komersial yang banya beredar di berbagai media, baik media cetak maupun online.
Iklan non komersial biasanya berupa pesan sosial yang sifatnya non profit untuk menghimbau masyarakat agar melakukan sesuatu atau tidak.
Nah, jika ingin lebih jelas, berikut beberapa contoh iklan non komersial lengkap dengan penjelasan.
Daftar ISI
Apa itu Iklan Non Komersial
Iklan non komersial adalah iklan dengan pesan sosial agar masyarakat bisa menaruh perhatian terhadap isu-isu tertentu.
Biasanya iklan non komersial berupa ajakan, saran, hingga imbauan untuk melakukan sesuatu atau tidak.
Menurut Dr. Hernimawati, M.Si. dalam buku Model Implementasi Kebijakan Penataan Reklame (2018), iklan non komersial diartikan sebagai media reklame yang mengandung informasi pelayanan masyarakat.
Dalam ranah bisnis, SmartCapitalMind menjelaskan iklan non komersial sebagai proses pemberian informasi dan motivasi dari perusahaan untuk para konsumennya.
Apa Perbedaan Iklan Komersial dan Iklan Non Komersial?
Meski sama-sama jenis iklan, tetapi ada perbedaan mendasar antara iklan komersial dan iklan non komersial, yaitu pada tujuannya.
Iklan komersial dibuat dengan maksud untuk promosi produk atau jasa demi meningkatkan penjualan, dalam hal ini berorientasi pada profit.
Sedangkan iklan nonkomersial lebih mengarah pada upaya penyebarluasan informasi untuk mendidik audiens terhadap suatu hal.
Tujuan Iklan Non Komersial
Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, tujuan iklan non komersial adalah menyampaikan pesan sosial atau menumbuhkan kesadaran masyarakat.
Jadi, tidak heran jika jenis iklan ini dipasang di tempat-tempat khusus yang sekiranya potensial untuk dibaca atau menarik perhatian masyarakat. Selain itu, ada juga tujuan khusus lainnya dari iklan non komersial.
Berikut adalah beberapa tujuan iklan non komersial:
- Membangkitkan minat dan motivasi konsumen.
- Mengedukasi konsumen agar paham akan suatu hal atau isu terkini.
- Mengubah kebiasaan dalam beraktivitas.
- Meningkatkan kesadaran konsumen.
- Menyampaikan suatu ide atau gagasan terkait produk maupun isu tertentu.
- Ajakan menghemat sumber daya.
- Menambah pengetahuan.
- Mempopulerkan tujuan sosial.
- Menyampaikan pandangan politik.
Ciri-Ciri Iklan Non Komersial
Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri iklan non komersial yang perlu diketahui.
1. Ada Tujuan Untuk Mempromosikan Kampanye Sosial
Kampanye sosial yang disampaikan dalam iklan non komersial dapat berupa isu lingkungan, kesehatan, atau pendidikan.
Tujuan dari kampanye sosial ini adalah untuk mengajak masyarakat memperhatikan dan berpartisipasi dalam permasalahan sosial yang ada di sekitar.
2. Fokus Pada Pesan atau Informasi yang Ingin Disampaikan Kepada Masyarakat
Tidak mengedepankan produk atau jasa yang ditawarkan, iklan non komersial lebih fokus pada pesan atau informasi yang ingin disampaikan kepada masyarakat.
Pesan ini biasanya bersifat edukatif dan bertujuan untuk memberikan pengetahuan baru atau memperkuat pengetahuan yang sudah ada.
Iklan non komersial mengambil peran sebagai media untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang isu sosial.
3. Umumnya Dibuat Oleh Pemerintah, LSM, atau Organisasi Nirlaba
Ciri khas iklan non komersial juga terletak pada instansi atau lembaga yang membuatnya, yaitu pemerintah, LSM, atau organisasi nirlaba.
Dalam hal ini, iklan non komersial mengarah pada iklan layanan masyarakat atau Public Service Announcement (PSA).
Meski dibuat oleh individu atau kelompok dengan misi sosial berbeda, tetapi tujuannya tetap sama, yaitu meningkatkan kesadaran masyarakat.
Jenis-Jenis Iklan Non Komersial
Selain memiliki ciri dan tujuan tertentu, terdapat beberapa jenis iklan non komersial yang penting untuk dikenali, yaitu:
1. Iklan Sosial
Iklan sosial cenderung berupaya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang masalah sosial, seperti kesehatan, pendidikan, atau lingkungan,.
2. Iklan Politik
Iklan politik umumnya digunakan oleh partai politik atau kandidat untuk mempengaruhi pandangan masyarakat tentang isu-isu politik tertentu.
3. Iklan Keagamaan
Iklan keagamaan merupakan jenis iklan non komersial dengan tujuan untuk mempromosikan agama atau keyakinan tertentu.
Contohnya iklan yang mengajak masyarakat untuk beribadah atau menjalankan ajaran agama tertentu.
4. Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat, seperti isu khusus yang jadi perhatian.
Media dalam Iklan Non Komersial
Dalam iklan non komersial, media yang digunakan sendiri bisa sangat bervariasi, tergantung pada jenis iklan dan audiens yang ingin disasar.
Umumnya, media dalam iklan non komersial adalah televisi, radio, media sosial, papan reklame, surat kabar dan majalah, .
1. Televisi
Televisi menjadi salah satu media yang paling umum digunakan dalam iklan non komersial.
Media ini dapat mencapai audiens yang luas dan biasanya disiarkan pada waktu-waktu tertentu sesuai dengan target audiensnya.
2. Radio
Tidak kalah populer, radio juga menjadi media andalan untuk iklan non komersial.
Pasalnya, media ini dapat menjangkau audiens di daerah tertentu yang mungkin belum tersentuh perkembangan zaman.
3. Surat Kabar dan Majalah
Surat kabar dan majalah juga menjadi media yang efektif untuk digunakan dalam iklan non komersial.
Iklan non komersial di surat kabar dan majalah mampu menjangkau audiens tertentu lewat penempatan di rubrik atau bagian yang sesuai dengan jenis iklannya.
4. Media Sosial
Perkembangan di dunia digital turut mendorong kemajuan media yang digunakan untuk iklan, termasuk iklan non momersial.
Bahkan media sosial kian populer dalam mengiklankan jenis iklan non komersial karena mampu menjangkau audiens yang lebih luas dengan target anak muda.
5. Papan Reklame
Papan reklame atau billboard menjadi media efektif selanjutnya untuk iklan non komersial.
Penempatan papan reklame di lokasi yang dianggap strategis akan menjangkau audiens yang lebih semakin luas.
Contoh Iklan Non Komersial
Setelah mengenal empat jenis iklan non komersial yang ada, beberapa contoh iklan non komersial langsung akan memudahkan pemahaman kamu.
Berikut adalah contoh iklan non komersial sesuai jenisnya masing-masing.
Contoh Iklan Non Komersial Sosial
1. Iklan Anjuran Memakai Masker
2. Iklan Lingkungan
3. Iklan Bahaya Merokok
4. Iklan Stop Pungli
Contoh iklan non komersial untuk aksi sosial di atas sama-sama mengajak masyarakat untuk termotivasi melakukan aktivitas dalam iklan, mulai dari memakai masker dalam situasi pandemic, menjaga bumi lewat penghijauan, menjaga anak dari perilaku merokok, sampai menghentikan pungli atau pungutan liar.
Contoh Iklan Non Komersial Politik
1. Iklan Kampanye Bawaslu
2. Iklan Caleg Partai
Berdasar contoh iklan non komersial di atas, tujuannya sangat jelas untuk mengedukasi dan memberi informasi pada masyarakat luas terkait informasi demokrasi berpolitik. Biasanya iklan semacam ini banyak ditemui pada tahun-tahun politik jelang momen Pemilihan Umum, baik legislatif maupun eksekutif.
Contoh Iklan Non Komersial Keagamaan
1. Iklan Hari Keagamaan
2. Iklan Nasehat Beribadah
3. Iklan Nasihat untuk Sedekah
4. Iklan Toleransi Beragama
Lewat beberapa contoh iklan non komersial yang berkaitan dengan keagamaan diatas, masyarakat umum maupun kelompok tertentu diajak untuk melakukan aktivitas sesuai dalam iklan. Imbauan ini juga menyelipkan edukasi keagamaan yang seharusnya dijalankan.
Contoh Iklan Non Komersial Layanan Masyarakat
1. Iklan Vaksinasi Covid-19
2. Iklan Keluarga Berencana (KB)
3. Iklan Donor Darah
Contoh iklan layanan masyarakat di atas menunjukkan ciri khas pembuat iklan, yaitu instansi atau lembaga terkait yang berkepentingan. Tujuannya sendiri masih merujuk pada imbauan untuk masyarakat umum agar mengikuti anjuran dalam iklan.
Nah, itulah beberapa contoh iklan non komersial lengkap dengan penjelasannya yang bisa dijadikan referensi ketika ingin membuat iklan non komersial.
Dengan mengetahui informasi terkait iklan non komersial, kamu akan bisa membedakan dengan jenis iklan lainnya dan memahami detailnya.