Aplikasi TikTok merupakan platform media sosial berbagi video yang sangat populer di Indonesia, salah satu fiturnya yang terkenal yaitu FYP. Lalu, apa arti FYP di TikTok? Simak penjelasannya berikut ini.
Dengan mengetahui apa arti dari FYP di TikTok, kamu dapat membuat video TikTok yang berkualitas dan berpotensi mendapatkan engagement yang tinggi, seperti view, like, comment, share, save, atau profile visit.
Sebab, dengan mengetahui artinya dan faktor yang mempengaruhi sebuah video dapat masuk dalam FYP, maka kamu bisa membuat konten yang related dengan apa yang disukai oleh pengguna.
Daftar ISI
Arti FYP di TikTok
Apa arti FYP di TikTok? Arti FYP di TikTok adalah sebuah fitur atau halaman yang menampilkan daftar video rekomendasi kepada pengguna berdasarkan pengalaman sebelumnya.
Pengguna berlomba-lomba membuat konten agar bisa masuk ke halaman FYP. Akan tetapi, sebagian juga ada pengguna yang belum memahami apa arti kata FYP di TikTok dan bagaimana cara FYP di TikTok. Untuk diketahui, FYP sendiri merupakan singkatan dari For You Page.
Video yang muncul pada halaman FYP menandakan related dengan apa yang dicari atau disukai oleh pengguna. Algoritma TikTok akan menampilkan rekomendasi video pada halaman FYP sesuai pencarian pengguna.
Misalnya, pengguna sering mencari dan menyukai video tentang review produk yang disukai. Maka, algoritma TikTok menangkap aktivitas tersebut, lalu menampilkan video terkait pada halaman FYP.
Jadi, jangan heran jika kamu membuka aplikasi TikTok kemudian video yang muncul di beranda kamu adalah video terkait dengan yang sering kamu buka di TikTok.
Nah, apakah sudah paham arti FYP di TikTok? Yuk, simak bagaimana contoh FYP TikTok.
Contoh FYP TikTok
Pada gambar diatas menunjukkan salah satu contoh video yang masuk pada halaman FYP TikTok.
Jika seseorang sering melihat video tentang review produk, maka algoritma TikTok akan menampilkan daftar video yang serupa atau berkaitan dengan konten yang sering dilihat oleh pengguna tersebut.
Kenapa Video Masuk FYP
Konten video yang dibuat dan di upload ke TikTok sangat kecil kemungkinan bisa langsung masuk pada halaman FYP.
Ada beberapa faktor yang perlu di pertimbangkan ketika membuat dan mengupload video agar dapat muncul pada halaman FYP. Seperti kualitas video, jenis video, hook, isi video, target video, hastag, jadwal posting, dan lain-lain.
1. Kualitas Video
Kualitas video merupakan faktor utama yang menjadi pertimbangan ketika ingin masuk ke halaman FYP. Video yang di upload harus berkualitas tinggi dan original.
Adapun yang dimaksud berkualitas dan original disini adalah video memiliki resolusi yang bagus dan tidak di buat asal jadi. Artinya video benar-benar unik dan berbeda dengan video lainnya.
Dalam membuat video agar menghasilkan kualitas yang bagus, maka ada beberapa aspek yang perlu di perhatikan, seperti kamera, pencahayaan, latar belakann, dan aplikasi pembuat video.
2. Jenis Video
Jenis video merupakan salah satu faktor yang menjadi pertimbangan untuk menargetkan penonton agar konten menjadi viral dan bisa masuk ke halaman FYP TikTok.
Mengingat setiap jenis video memiliki target audience tersendiri, sehingga sangat perlu mengetahui demografi audience yang menjadi target.
Berikut beberapa jenis video yang sering ditemukan pada halaman FYP TikTok:
- Tutorial
- Tips dan Trik
- Hashtag Challenge
- Dance Challenge
- Edukasi
- Beauty & Fashion
- Humor
- Story Telling
- Unboxing Produk
- Konten OOTD
- Behind the Scene
- Konten “A Day in My Life”
- Promosional
- Konten “Life at”
- Video Sketsa
- Membahas topik trending
- Video kolaborasi
- Rekomendasi tempat
Meskipun beberapa jenis video diatas memiliki peluang masuk pada halaman FYP, tetapi kembali lagi pada si pembuat video bagaimana kreativitasnya dalam membuat konten yang menarik dan unik.
3. Hook
Menambahkan hook di bagian depan pada video merupakan salah satu cara untuk membuat penonton merasa tertarik untuk membuka dan menonton video hingga selesai.
Untuk itu, cobalah menambahkan sound yang sering digunakan pada video viral. Berikut beberapa contoh lagu yang bisa kamu gunakan.
- “Ojo di Bandingke” – Farel Prayoga
- “Siko Bagi Duo” – Meli Dedi
- “Fall In Love Alone” – Stacey Ryan
- “Peri Cintaku” – Ziva Magnolya
- “I Love You So” – The Walters
- “Ghost” – Justin Bieber
- “Cinta Sampai Mati” – Raffa Affar
- “Gatal” – Janna Nick
- “Perempuanku” – Irwansyah
- “Lantas” – Juicy Luicy
- “Mesin Waktu” – Budi Doremi
- “I Love You Mama Mantu” – Bulan Sutena
- “Fortune Cookie” – JKT48
- “Hal Hebat” – Ifan Sventeen feat. Ifan Govinda
- “Angel Baby” – Troye Sivan
- “Hati-Hati di Jalan” – Tulus
- “Tutur Batin” – Yura Yunita
- “Kisah Sempurna” – Mahalini
- “Alors On Danse” – Stromae
- “Dance Monkey” – Tones and I
- “Peaches” – Justin Bieber
- “About Damn Time” – Lizzo
- “Fall in Love Alone” – Stacey Ryan
- “After Hours” – The Weeknd
- “Tiba-Tiba” – Quin Salman
- “Dino Song” – Mr. Popolo
4. Isi Video
Selanjutnya, salah satu faktor yang membuat video bisa masuk pada halaman FYP yaitu isi video. Usahakan membuat video dengan konsep yang jelas dan matang, sehingga isi video berbobot dan dapat tersampaikan dengan jelas kepada audience.
Hindari membuat konten yang berhubungan dengan hal-hal yang dilarang, seperti:
- Pornografi
- SARA
- Penipuan
- Perjudian
- Kekerasan
- Pelecehan
- Dll
5. Target Video
Konten yang dibuat seharusnya sesuai dengan target audience. Olehnya itu, lakukan riset terlebih dahulu tentang siapa target audience yang akan menonton video yang kamu buat.
Kamu bisa melihat insight di TikTok untuk mengetahui interest, followers, behavior, dan trend yang banyak diikuti. Misalnya, kamu menargetkan generasi Z maka buatlah video kreatif yang sesuai dengan minat para generasi Z tersebut.
6. Hastag
Menambahkan hastag populer merupakan salah satu cara yang biasa dilakukan agar video masuk pada halaman FYP.
Kamu bisa menambahkan hastag trending teratas yang digunakan video dengan penonton terbanyak. Selain itu, kamu perlu mempertimbangkan membuat konten berdasarkan hastag yang sedang trending.
Tips menambahkan hastag pada video agar masuk pada halaman FYP, antara lain:
- Ketahui hastag yang paling sering digunakan
- Pastikan hastag mudah dicari
- Gunakan hastag sesuai isi konten
- Kombinasikan hastag populer dan spesifik
- Gunakan Hastag Finder Tools atau sejenisnya
Berikut ini beberapa hastag yang dapat kamu sertakan pada video agar masuk di FYP.
- #foryou
- #trending
- #viral
- #tiktok
- #tiktokdance
- #funnyvideos
- #funny
- #explorepage
- #exploremore
- #fypage
- #fypchallenge
- #fyp
- #fyrefestival
- #foryourpage
- #fypm
- #prank
- #yourpage
- #bestvideo
- #prank
- #fyppage
- #aesthetic
- #hiburan
7. Jadwal Posting
Sangat penting untuk mengetahui kapan waktu yang tepat mengupload video agar konten bisa langsung viral dan masuk di FYP.
Banyak pengguna sering mengupload video tetapi tak kunjung masuk FYP. Hal itu, bisa disebabkan karena tidak mengetahui jadwal FYP TikTok.
Jadwal FYP TikTok sangat berkaitan dengan kapan pengguna membuka TikTok. Olehnya itu, usahakan jangan memposting video pada jam kerja atau jam-jam sibuk.
Nah, apakah kamu sudah paham apa arti FYP di TikTok dan hal yang membuat konten bisa masuk pada halaman FYP. Jika ya, sekarang kamu sudah bisa mencobanya dan semoga video-nya masuk FYP.