Wisata Pantai Slili Gunung Kidul Jogja: Aktivitas, Rute, Harga Tiket Masuk

Sebagai salah satu destinasi wisata di Indonesia, Jogja memang memiliki banyak tempat menarik, contohnya pantai. Ada banyak pantai di Jogja yang bisa menjadi tujuan wisata, salah satunya adalah Pantai Slili.

Pantai ini sendiri terletak di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta. Daya tarik utama dari pantai ini adalah warna pasir pantai yang agak coklat keemasan dan tentu saja pemandangan yang menakjubkan.

Seperti Apa Pantai Slili Itu?

rlK9cRigUSrojwC1QQ3g3EvAE2Lmi5FrdG5v4rYvtB4Z7kN0MGEKuqKE8mv3dMftJT1sIa RqVoed5a99vy4fPF
pantaipedia.com

Slili merupakan pantai dengan garis pantai cukup pendek. Selain itu, kondisi alamnya juga merupakan gabungan antara pasir yang agak kasar dan juga batuan karang yang akan muncul di sebagian bibir pantai saat air laut sedang surut.

Di bagian timur dan barat pantai kamu juga bisa melihat bukit batuan yang menambah keindahan di pantai ini. Pantai ini sebenarnya sangat berdekatan dengan beberapa pantai lain di selatan Jogja, seperti Pantai Sadranan dan juga Pantai Krakal.

Namun, tidak seperti Pantai Selatan Jawa lainnya, ombak di Pantai Slili ini relatif lebih kecil. Hal ini membuat anak-anak bisa berenang dengan lebih aman di dekat area karang atau pasir, meskipun harus tetap dalam pengawasan orang tua.

Selain itu, batuan karangnya juga tidak terlalu tajam. Meski demikian, kamu disarankan tetap menggunakan alas kaki untuk menghindari luka yang tidak diinginkan.

Apa Saja Aktivitas di Pantai Slili?

Selain menikmati pemandangan yang menarik, di Pantai Slili ini juga ada beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan, di antaranya adalah:

1. Berenang

Hal pertama yang bisa kamu lakukan di Pantai Slili tentu saja adalah berenang. Ombak di pantai ini tidak terlalu besar. Selain itu lautnya juga cukup landai dan juga batuan karangnya tidak terlalu tajam.

Meski bisa dibilang cukup aman, namun ada baiknya untuk tetap memperhatikan keselamatan. Misalnya, orang tua tetap mengawasi anaknya yang sedang berenang.

Selain itu, jika belum biasa berenang di pantai, maka perhatikan juga jarak dengan bibir pantai agar tidak terlalu ke tengah. Perhatikan selalu kondisi ombak sebelum berenang.

2. Bermain Pasir

Selain berenang, hal lainnya yang juga bisa kamu lakukan di Pantai Slili adalah bermain pasir. Pasir di Pantai Slili ini sendiri berwarna kecokelatan dengan tekstur yang agak kasar.

Meski demikian, pasir tersebut masih aman jika digunakan untuk bermain. Jika kamu tidak membawa peralatan untuk bermain pasir, maka di sekitar pantai juga banyak penjual peralatan tersebut. Harganya sendiri sekitar Rp30.000.

3. Menikmati Pemandangan

kSkVoVbvizptbeZiOv MXpfx57d9R1ww6BtEPGOTEP4nOcTY3 sXeZkUIaH9eH7Ebq5MKKg2idpvGL0Z6LPZj74706TZX724JIVV J9AU l w97p5hmHzIgLHsbWoEcN3bnKFa6iNfj5fGDPGPCsgVA
tripadvisor.co.id

Hal lainnya yang juga menjadi daya tarik dari pantai ini adalah pemandangannya yang indah. Jika kamu tidak ingin berenang ataupun bermain pasir, maka kamu juga bisa bersantai sambil menikmati pemandangan tersebut.

Ada banyak spot yang bisa kamu gunakan untuk menikmati pemandangan tersebut. Kamu bisa duduk di pinggir pantai langsung dengan alas pasir, atau kamu juga bisa menyewa gazebo yang ada di sekitar pantai. Harga sewa gazebo sendiri sekitar Rp50.000 untuk satu tempat yang bisa digunakan untuk 10 orang.

Selain dari dua tempat tersebut, kamu juga bisa menikmati pemandangan pantai dari bukit bebatuan. Waktu terbaik untuk menikmati pantai ini adalah di musim panas, sekitar jam 7 sampai 10 pagi atau sekitar jam 2 siang sampai dengan jam 5 sore.

4. Snorkeling

edJ97qQBZry9E8UHvDVLJDGDP9mJ81xFHplN56ZGtiPyHiKG1gp0 MR18fOQWzGGjIIv55V AaSBvWst2ULiJB5N5M k1kVPJ VsYuGf0YpS34w5UkvMfEXqHga9NaXkUhw0LWi4aWHvrvOknFuyJuE
pantaipedia.com

Jika kamu menyukai keindahan bawah laut, maka jangan lupakan untuk melakukan snorkeling di pantai ini. Dunia bawah laut di Pantai Slili ini memang menjadi daya tarik tersendiri.

Ketika snorkeling, kamu bisa melihat berbagai macam biota laut seperti terumbu karang, tumbuhan laut, dan juga berbagai jenis ikan laut. Di sekitar pantai juga ada tempat yang menyewakan peralatan untuk snorkeling.

Harga sewa peralatan tersebut mulai dari Rp35.000 sampai dengan Rp50.000. Selain tempat persewaan alat, kamu juga bisa menggunakan jasa pemandu untuk menunjukan lokasi yang tepat untuk melakukan snorkeling.

5. Memancing

Untuk kamu yang hobi mancing, maka kegiatan tersebut juga bisa kamu lakukan di tempat ini. Pantai Slili memiliki beberapa tempat yang bisa kamu gunakan sebagai spot memancing.

Tempatnya sendiri berada di area batuan karang. Kamu bisa menggunakan joran panjang untuk memudahkan melempar kail ke tengah. Hal yang perlu kamu ingat adalah jangan lupa untuk menggunakan alas kaki untuk menghindari batuan karang yang tajam.

6. Menikmati Sunrise dan Sunset

pantai slili
tempatwisataseru.com

Dua kegiatan yang tidak bisa kamu lewatkan ketika mengunjungi sebuah pantai adalah menikmati indahnya sunrise dan sunset. Hal ini juga bisa kamu dapatkan ketika mengunjungi Pantai Slili.

Ketika cuaca cerah, maka kamu bisa melihat sunrise dan juga sunset dengan lebih jelas. Jika kamu ingin melihat sunrise, kamu bisa datang di pagi hari atau kamu juga bisa camping di sekitar pantai. Jika ingin melihat sunset, maka kamu bisa datang di sore hari.

7. Camping

Ada banyak penginapan di sekitar pantai yang bisa kamu pilih. Namun jika kamu ingin merasakan sensasi lain, maka camping di sekitar pantai juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Di sekitar Pantai Slili memang menyediakan banyak tenda untuk sekedar istirahat ataupun tempat bermalam. Selain itu, biasanya mereka yang camping di sekitar pantai bertujuan untuk bisa melihat sunrise di keesokan pagi.

8. Mengunjungi Cafe De’Slili

Xx3s MzeMi5Uv9 tB60BaMe6aE9XEEiLB8hy5NDLZtsAbt6lCOJopxM8GXVNYam48TwguuMl Y2llQIBhxMXSqDCfM8kZ oRmwS g7R9RCKKewLDKz6l5q6tjTAS76hTpE4jlqpgHzyQKWZ6nkmJpzU
Instagram.com/cafedeslili

Hal lainnya yang juga bisa kamu lakukan ketika mengunjungi Pantai Slili adalah mengunjungi Cafe De’Slili. Lokasinya berada dekat dengan bibir pantai dan ditata sedemikian rupa sehingga menyerupai beach club.

Tempat ini sendiri menyediakan berbagai macam makanan khas Eropa dan Indonesia. Ini merupakan pilihan tempat yang tepat untuk Anda yang sekedar ingin nongkrong.

Cafe ini juga menyediakan dua pilihan tempat, yaitu indoor ataupun outdoor. Untuk pilihan outdoor, maka semua tempat duduk menghadap laut. Selain itu, pengunjung bisa makan di bawah payung besar ataupun lesehan.

Bagaimana Menuju Pantai Slili?

Seperti sudah dijelaskan sebelumnya jika pantai ini terletak di daerah Gunung Kidul. Jaraknya sendiri sekitar 64 km dari Kota Yogyakarta. Jika menggunakan kendaraan roda dua, maka waktu tempuhnya sekitar 100 menit, dengan catatan kondisi jalanan lancar.

Secara lokasi sebenarnya pantai ini bisa diakses melalui banyak cara. Beberapa contohnya seperti:

1. Dari Jogjakarta

Jika titik awal keberangkatan kamu adalah Kota Yogyakarta, maka rute yang akan kamu lewati adalah Jln Panembahan Senopati lalu menuju Jln Brigjen Katamso. Selanjutnya kamu akan menuju Jln Kolonel Sugiyono, Jln Sisingamangaraja, dan Jln Imogiri Barat.

Selepas Jln Imogiri Barat kamu akan menuju Jln Bakulan Imogiri lalu ke Jln Imogiri Siluk, Jln Siluk Panggang, Jln Raya Panggang Wonosari lalu ke Jl Pantai Selatan Jawa. Setelah itu, kamu hanya tinggal mengikuti jalan sampai menemukan papan petunjuk ke Pantai Slili.

2. Dari Alun-Alun Wonosari

Rute lainnya yang juga bisa kamu gunakan adalah menggunakan Alun-Alun Wonosari sebagai titik awal. Rute yang akan kamu tempuh adalah menuju Pasar Hargosari, Karangrejek, lalu ke arah Mulo.

Dari Mulo, lurus ke arah Kemiri, lalu ke arah Polsek Tanjungsari. Selanjutnya kamu akan menuju daerah Kemadang, lalu menuju ke Pantai Kukup. Dari Pantai Kukup, kamu hanya tinggal belok kiri dan menuju Pantai Krakal.

Jalan terus dari Pantai Krakal sampai menemukan pertigaan, lalu belok kanan. Ikuti terus jalannya sampai kamu menjumpai papan petunjuk ke Pantai Slili. Jarak dari Pantai Krakal ke Pantai Slili sendiri tidak jauh.

Harga Tiket Masuk

Setelah mengetahui rute ke Pantai Slili, maka hal lain yang juga perlu kamu tahu adalah masalah harga tiket masuk. Berikut adalah beberapa tiket masuk yang kamu perlukan:

  • Tiket hari biasa sebesar Rp5.000 per orang.
  • Tiket Weekend sebesar Rp10.000 per orang.
  • Parkir motor antara Rp3.000 – Rp5.000 per motor.
  • Parkir mobil antara Rp10.000 – Rp20.000 per mobil.
  • Parkir bus antara Rp20.000 – Rp50.000 per bus.

Untuk tiket tersebut, kamu hanya tinggal satu kali membayar dan sudah bisa mengunjungi Pantai Krakal, Pantai Slili, dan juga Pantai Sadranan. 

Kapan Berkunjung ke Pantai Slili?

Ini merupakan salah satu rekomendasi pantai yang bisa kamu kunjungi ketika ke Yogyakarta. Dengan pemandangan yang indah, tempat ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk merilekskan pikiran.

Ada baiknya kamu datang ketika low season untuk menghindari keramaian. Pantai ini cukup ramai ketika musim liburan ataupun ketika di akhir pekan. Jadi kapan kamu mau ke Pantai Slili?

SHARE:

Salahsatu SEO Expert dan Punya Layanan digital marketing agency Indonsia terbaik yang dapat membantu meningkatkan traffic dan penjualan produk pada bisnis online.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste