6 Manfaat Alpukat untuk Wajah yang Tak Boleh Kamu Abaikan

Manfaat alpukat untuk wajah ternyata ada banyak sekali, lho. Bahkan, dengan memanfaatkan buah alpukat, kamu bisa mendapatkan kulit wajah yang halus, cerah, dan juga tampak awet muda. Hal inilah yang membuat banyak wanita tertarik untuk menggunakan masker dari buah alpukat untuk perawatan wajah mereka.

Apalagi buah alpukat yang terkenal dengan tekstur lembut ini memiliki kandungan lemak baik, antioksidan, dan vitamin yang cukup tinggi. Jadi, jangan heran jika buah berwarna hijau ini cukup populer di dunia kecantikan. Nah, bagi kamu yang penasaran dengan berbagai kegunaan alpukat untuk wajah, simak informasi selengkapnya di sini!

Manfaat Alpukat untuk Wajah

Berikut ini adalah 6 manfaat alpukat untuk wajah yang menarik untuk kamu ketahui:

1. Melembabkan Wajah

Manfaat alpukat untuk wajah yang pertama adalah dapat membantu melembabkan kulit wajah. Hal ini karena buah alpukat memiliki kandungan vitamin A, D, dan juga E serta lemak baik yang terbukti dapat menghidrasi kulit. Para wanita yang menggunakan masker buah alpukat ini akan memiliki kulit wajah yang lembab.

Bukan hanya itu saja, ternyata pengaplikasian buah ini pada wajah juga dapat membantu menghindari kerusakan wajah yang disebabkan karena paparan sinar UV. Selain itu, buah hijau ini juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit sekaligus menenangkan kulit yang sedang meradang.

Kandungan asam oleat dan linoleat yang cukup tinggi pada buah ini mampu menyembuhkan dan memperbaiki kondisi kulit. Jika kamu lebih suka melakukan perawatan wajah dengan bahan-bahan alami, maka buah yang satu ini sangat cocok untuk membantu melembabkan kulit wajah yang kering.

2. Mencegah Terjadinya Penuaan Dini

Tak hanya mampu melembabkan, manfaat alpukat untuk wajah juga terbukti dapat mencegah terjadinya penuaan dini, lho. Apalagi mayoritas wanita tidak ingin wajahnya terlihat lebih tua dan banyak keriput di berbagai area wajah.

Oleh karena itu, perawatan dengan menggunakan bahan alami seperti ini sangat perlu untuk kamu lakukan. Dengan begitu, maka wajah kamu bisa terlihat lebih awet muda.

Meski sebenarnya tanda-tanda penuaan dini, seperti garis halus, kerutan, dan bintik hitam tidak bisa kamu hindari. Namun, kamu bisa coba menggunakan bahan alami ini untuk bantu memperlambat proses penuaan dini pada kulit wajah.

Selain rutin menggunakan masker wajah, kamu juga bisa mengkonsumsi buah alpukat secara langsung. Kandungan antioksidan yang tinggi dapat membantu menangkal radikal bebas pada kulit. Dengan begitu, maka elastisitas kulit akan lebih terjaga.

3. Memperbaiki Kondisi Wajah yang Terpapar Sinar UV

Sebagai wanita, tentunya kamu paham bahwa paparan sinar matahari yang berlebihan akan merusak kulit. Bahkan tak jarang, paparan sinar matahari ini mampu membuat kulit terbakar. Akibatnya, kondisi wajah pun jadi rusak dan kusam.

Tentu saja hal tersebut harus dihindari oleh semua wanita, agar penampilan mereka tetap terlihat menarik. Maka dari itu, kamu bisa mengoleskan masker alpukat ke seluruh area wajah untuk bantu mengurangi peradangan, kemerahan, serta memberikan sensasi nyaman pada wajah.

Proses penyembuhan kulit wajah yang terbakar dengan menggunakan buah ini dapat terjadi karena adanya kandungan vitamin D, vitamin E, beta karoten, protein, dan lesitin yang ada di dalamnya.

Bukan cuma itu, buah yang satu ini juga akan membantu menghidrasi kulit dari dalam, sehingga proses penyembuhan kulit bisa lebih cepat.

4. Membuat Kulit Wajah Halus dan Kenyal

Manfaat alpukat untuk wajah yang selanjutnya adalah dapat membuat kulit menjadi lebih halus dan juga kenyal. Hal ini dapat terjadi karena buah tersebut memiliki kandungan berbagai asam lemak esensial yang sangat tinggi.

Menurut sejumlah penelitian, nutrisi tersebut dapat membantu menjaga kulit wajah agar tetap lembut dan kenyal. Penelitian tersebut berhasil mengamati hubungan antara keadaan kulit dengan asupan antioksidan mikro dan lemak yang ada pada buah alpukat pada 700 orang wanita.

5. Mengurangi Jerawat dan Produksi Minyak Berlebih

Siapa sangka jika manfaat alpukat untuk wajah yang selanjutnya adalah dapat mengurangi jerawat serta produksi minyak berlebih? Ya, rutin menggunakan buah hijau ini sebagai masker wajah nyatanya dapat membantu mengurangi dua permasalahan kulit tersebut, lho.

Jika kamu memiliki kondisi kulit yang berjerawat atau mengalami inflamasi, bisa coba menggunakan masker wajah ini untuk bantu menenangkan radang pada jerawat. Tak hanya itu, buah ini juga dapat bantu mengurangi gejala psoriasis, rosacea, dan juga eksim.

Bukan cuma mengurangi jerawat, manfaat alpukat untuk wajah juga bisa menghilangkan kilang minyak berlebih dari kulit. Dengan begitu, maka risiko timbulnya jerawat bisa kamu minimalisir. 

6. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan retinol, glutamin, dan asam amino pada alpukat mampu menarik sel-sel kulit mati ketika menembus ke dalam kulit wajah kamu. Sehingga, wajah kamu bisa jauh lebih bersih dan cerah.

Selain itu, bila kamu rutin menggunakan masker berbahan alpukat, maka minyak berlebih dan kotoran yang berada di dalam pori-pori juga bisa terangkat dengan mudah. Jadi, bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri kamu.

Cara Membuat Masker Wajah dari Buah Alpukat

Setelah mengetahui berbagai manfaat alpukat untuk wajah, tentu kamu jadi penasaran ingin tahu bagaimana cara membuat masker dari buah hijau ini agar manfaatnya bisa lebih maksimal, kan? Nah, berikut ini adalah panduan cara membuat masker wajah dari buah alpukat yang efektif menangani berbagai masalah kulit:

1. Masker untuk Kulit Kering

a. Bahan-bahan

  • ½ buah alpukat
  • 1 kuning telur
  • ½ sdm minyak zaitun
  • 1 sdm madu
  • 1 buah wortel yang sudah dikupas bersih

b. Cara Membuat

  • Kukus wortel hingga lunak dan haluskan. 
  • Kemudian, tumbuk alpukat dan wortel hingga memiliki tekstur seperti pasta. Lalu, aduk sampai semuanya tercampur rata.
  • Terakhir, tambahkan minyak zaitun, madu, dan kuning telur, kemudian aduk kembali sampai tercampur.

2. Masker untuk Kulit Berminyak

a. Bahan-bahan: 

  • ¼ buah alpukat yang sudah matang
  • 1 butir putih telur

b. Cara Membuat

  • Pertama-tama, haluskan buah alpukat sampai menjadi pasta.
  • Kemudian, masukkan ke dalam mangkuk berisi putih telur dan aduk hingga merata.
  • Jika sudah rata, kamu bisa langsung oleskan ke wajah.

3. Masker untuk Kulit Kombinasi

a. Bahan-bahan:

  • 1 buah alpukat yang sudah matang
  • 1 sdm minyak kelapa murni

b. Cara Membuat

  • Pertama, kamu bisa langsung haluskan buah alpukat hingga teksturnya jadi mirip seperti pasta.
  • Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan minyak kelapa murni pada pasta tersebut.
  • Aduk hingga kedua bahan tercampur rata.
  • Jika sudah, langsung saja oleskan campuran masker tersebut pada wajah. Pastikan kamu melakukannya secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Tertarik Ingin Coba Masker Alpukat untuk Rasakan Manfaatnya bagi Wajah?

Nah, itu dia informasi mengenai enam manfaat alpukat untuk wajah lengkap dengan tutorial cara membuat masker yang bisa kamu ikuti sendiri di rumah. Setelah menyimak ulasan di atas, apakah kamu semakin tertarik untuk menggunakan masker dari bahan alami ini untuk bantu membuat kulit menjadi lebih sehat, glowing, dan awet muda?

SHARE:

Salahsatu SEO Expert dan Punya Layanan digital marketing agency Indonsia terbaik yang dapat membantu meningkatkan traffic dan penjualan produk pada bisnis online.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste