Inilah 6 Manfaat Kunyit untuk Wajah beserta Cara Pakainya

Indonesia adalah negeri yang luas dan memiliki tumbuhan rempah yang banyak, salah satunya kunyit. Rempah satu ini berguna untuk memberi rasa pada makanan. Namun tahukah kamu bahwa ada banyak manfaat kunyit untuk wajah? Artikel ini akan membahas beberapa manfaat dan cara memakainya. Yuk, cari tahu di sini! 

Manfaat Kunyit untuk Wajah 

Kamu pasti tahu bahwa kunyit memiliki warna khas berwarna kuning. Ia cukup mencolok dan sangat bermanfaat bagi para koki untuk menghidangkan makanan tradisional Indonesia. Namun siapa sangka bahwa warna tersebut memiliki banyak kegunaan untuk wajah. 

Apabila kamu penasaran, maka lanjutkan membaca untuk cari tahu enam manfaat yang bisa ia berikan untukmu. Jadi, berikut adalah penjelasannya:

1. Mencerahkan Kulit 

Polusi udara dan debu adalah hal paling wajar yang kamu temui sehari-hari. Entah dimanapun kamu berada, kedua hal tersebut mudah menempel di wajah dan mengakibatkan wajah menjadi kusam. Namun jangan khawatir sebab inilah salah satu manfaat kunyit untuk wajah.

Bahan rempah satu ini memiliki kandungan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Selain itu, menggunakannya sebagai masker wajah akan membuat wajahmu menjadi lebih cerah. Jadi, pastikan kamu menggunakannya secara teratur setidaknya tiga kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.  

2. Mengatasi Jerawat

Siapa yang tidak kesal dengan jerawat? Ia adalah benjolan kecil di kulit yang dihasilkan oleh banyaknya tumpukan debu dan polusi yang menempel di wajahmu. Kamu bisa merasakan jerawat yang muncul secara tiba-tiba. Apalagi apabila jenis kulitmu adalah kulit berminyak, maka sudah pasti tumbuhlah jerawat di muka. 

Kendati demikian, kamu tidak perlu khawatir sebab rempah berwarna kuning ini akan jadi penyelamat. Kamu bisa membuat racikan masker secara mandiri dan menggunakannya terus-menerus. Beruntungnya, kunyit dapat mengatasi jerawat dengan baik. Ia juga bisa mencegah bahkan menyamarkan bekas jerawat di wajah.

3. Menghaluskan Bagian Wajah yang Kasar

Manfaat kunyit untuk wajah yang selanjutnya adalah menghaluskan bagian wajah yang kasar. Biasanya, hal ini terjadi karena kurangnya eksfoliasi dan menghasilkan kulit yang bertekstur. Faktor lain yang bisa menyebabkan kasar pada wajah adalah banyaknya kotoran yang menempel dan tidak segera kamu bersihkan. 

Untungnya, kunyit adalah rempah berwarna kuning yang serba bisa. Ia memiliki kegunaan untuk menghaluskan kekasaran tersebut dengan cara menggunakannya sebagai masker. Cukup oleskan masker tersebut dan bilas ketika sudah selesai. Semakin sering menggunakannya, semakin baik pula tekstur wajah yang kasar. 

4. Menyamarkan Kantung Mata 

Apakah kamu sering begadang karena bekerja lembur atau menonton drama? Jika iya, sudah dipastikan kamu memiliki kantung mata yang hitam akibat kurang tidur. Hal ini akan mengganggu penampilan, terutama apabila kamu harus selalu tampil cantik dalam bekerja. Lalu bagaimana cara menyelesaikan masalah ini? 

Si kunyit kuning adalah jawabannya! Kamu bisa meracik sendiri masker kunyit atau membelinya secara langsung di toko kosmetik terdekat. Setelah itu, gunakanlah kunyit di bagian bawah kelopak mata. Namun pastikan untuk tidak mengoleskannya di mata sebab akan membuat mata merah. Jadi, kamu bisa tampil lebih percaya diri! 

5. Mengangkat Sel Kulit Mati 

Tahukah kamu bahwa rempah satu ini bisa membantu untuk membersihkan wajah lebih dalam? Apa alasannya? Manfaat kunyit untuk wajah di posisi kelima ini adalah untuk mengangkat sel kulit mati. Ia memiliki kadar antioksidan yang tinggi dan bisa membersihkan wajah lebih baik. Selain itu, sel kulit mati tidak baik untuk kulit.

Mengapa demikian? Sebab ia bisa merusak skin barrier. Semakin banyak kotorannya, semakin rusak pula pertahanan kulit dan mengakibatkan breakouts seperti jerawat, komedo, dsb. Oleh sebab itu, pengangkatan sel kulit mati atau eksfoliasi akan sangat terbantu berkat adanya si rempah kecil berwarna kuning ini.  

6. Mencegah Tanda-Tanda Penuaan Dini 

Bertambah umur dan menua adalah hal yang wajar. Namun kenyataan ini bisa merubah bentuk wajah dan membuat penampilanmu lebih tua daripada sebelumnya. Beberapa orang merasa hal ini cukup mengganggu dan memilih untuk meluangkan waktu lebih untuk perawatan kulit. 

Kunyit adalah rempah yang sangat bermanfaat bagi wajah. Kamu bisa memanfaatkannya secara teratur hingga kandungan dalam bahan alami tersebut membantu untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti kerutan di dahi, garis bibir, hingga leher. 

Kunyit ini bisa jadi treatment anti-aging yang aman dan sangat efisien. Oleh sebab itu, pakailah ramuan kunyit untuk kulit dengan sebaik mungkin agar wajahmu tetap elastis dan segar. 

Cara Memakai Kunyit di Wajah 

Setelah memahami 6 manfaat kunyit untuk wajah, kamu pasti tertarik untuk membuatnya sendiri. Selain itu, rempah ini mudah ditemukan dan banyak jumlahnya di pasar atau supermarket terdekat. Apabila kamu berniat untuk menciptakan masker ala dirimu sendiri, baca cara pembuatannya di bawah ini:

1. Siapkan Bahan dan Alat 

Langkah yang pertama adalah menyiapkan bahan dan alat. Jelas bahwa kamu membutuhkan sendok, mangkuk kecil, dan sebuah kuas masker. Adapun bahan yang harus kamu siapkan antara lain satu sendok teh bubuk kunyit, satu sendok makan lidah buaya, atau satu sendok teh air mawar. 

Apabila kamu menyukai masker yang cenderung kental, maka pakailah lidah buaya. Sedangkan air mawar akan cocok bagi kamu yang lebih suka masker dengan konsistensi cair. Keduanya sama baik dan memiliki manfaat yang sama baiknya pula. Jadi apapun pilihannya, kamu tidak akan salah dalam proses pembuatan. 

2. Proses Pembuatan Masker Kunyit untuk Wajah 

Langkah selanjutnya untuk merasakan manfaat kunyit untuk wajah adalah membuat masker itu sendiri. Pertama-tama campurkanlah bubuk kunyit dan lidah buaya atau air mawar ke dalam mangkuk. 

Kemudian, aduk hingga merata dan pastikan kedua elemen tersebut telah menjadi satu. Apabila kamu kurang suka dengan hasilnya, kamu bisa menambahkan sedikit lidah buaya atau air mawar hingga hasil tersebut siap untuk digunakan.

3. Rasakan Manfaat Kunyit untuk Wajah

Masker telah siap, dan sekarang adalah saatnya untuk membersihkan wajah. Sebelum mengoleskan masker, jangan lupa untuk mencuci wajah terlebih dahulu. Lalu siapkan kuas masker dan oleskan ke seluruh muka dan leher secara menyeluruh. 

Hindari area mata sebab hal ini dapat menyebabkan iritasi. Lalu biarkan ia mengering selama kurang lebih 8 hingga 10 menit. 

4. Membersihkan Masker

Terakhir, bilaslah masker yang menempel di muka dengan air bersih. Kamu mungkin akan mendapati warna kuning di wajah. Namun, jangan khawatir sebab ia akan bertahan sementara. Kemudian keringkanlah wajah dengan handuk yang bersih dan lakukan rutinitas ini sebanyak tiga kali seminggu untuk hasil yang maksimal. 

Jadi, Siapkah Kamu Merasakan Manfaat Kunyit Untuk Wajah?

Merawat wajah adalah suatu keharusan sebab ia akan menambah percaya diri pada dirimu sendiri. Gunakanlah masker wajah buatan sendiri sehingga kamu bisa merasakan manfaat kunyit untuk wajah. Tanpa banyak kata, segera siapkan alat dan bahan dan pakailah masker secara teratur.

SHARE:

Salahsatu SEO Expert dan Punya Layanan digital marketing agency Indonsia terbaik yang dapat membantu meningkatkan traffic dan penjualan produk pada bisnis online.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste