12 Contoh Iklan Layanan Masyarakat Beserta Jenisnya

Dalam kehidupan sehari-hari, iklan menjadi media publikasi dan informasi tentang produk maupun jasa dari pemerintah atau swasta. Biasanya, iklan ditempatkan di media cetak, elektronik, serta lokasi yang mudah terlihat oleh publik. Selain itu, iklan memiliki banyak tujuan, misalnya mengimbau masyarakat untuk melakukan atau menghindari sesuatu.

Salah satu jenis iklan dengan tujuan mengimbau maupun menyampaikan pesan sosial adalah iklan layanan masyarakat (ILM). Umumnya, iklan layanan masyarakat kerap ditayangkan lewat siaran televisi, media sosial, atau dipasang di tempat publik. Nah, sebagai referensi, berikut ini ada 12 contoh iklan layanan masyarakat yang bisa kamu pelajari.

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Korupsi

contoh iklan layanan masyarakat

Kasus korupsi yang membudaya hampir tidak dapat diberantas oleh hukum. Padahal, kepastian hukum untuk memotong mata rantai korupsi telah ditawarkan dan dilakukan secara maksimal. Namun, hal itu belum mampu mencegah tindak korupsi oleh oknum aparat maupun masyarakat.

Oleh karenanya, iklan layanan masyarakat tentang pentingnya mencegah korupsi terus digencarkan. Harapannya, iklan tersebut mampu menyampaikan pesan yang kuat sehingga membangun sikap peduli masyarakat. Dengan begitu, masyarakat turut berperan dalam upaya pemberantasan korupsi, mulai dari lingkungannya sendiri.

Sebagai contoh, berikut ini kalimat-kalimat iklan layanan masyarakat tentang korupsi.

  • Berantas korupsi, selamatkan bangsa!
  • Stop korupsi! Jangan biarkan korupsi merusak bangsa.
  • Perjuangan belum berakhir, bangkit lawan korupsi!

Iklan Sosialisasi Protokol Kesehatan

covid

Sosialisasi protokol kesehatan digencarkan sejak Covid-19 melanda Indonesia. Penerapan protokol kesehatan ini bertujuan untuk menjaga kesehatan masyarakat supaya tetap bisa beraktivitas di era new normal.

Secara umum, ada empat protokol kesehatan yang diterapkan, yakni memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, dan menjaga jarak minimal 1 meter. Meski aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada Desember 2022, protokol tersebut tetap dianjurkan.

Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk menyosialisasikan protokol kesehatan, salah satunya melalui iklan layanan masyarakat. Berikut ini contoh iklan layanan masyarakat tentang protokol kesehatan.

  • Pakai masker, harga mati. Ga pakai masker, bisa mati.
  • Kita harus tetap waspada! Corona masih berkeliaran di sekitar kita.
  • Jangan sampai pandemi ini nggak kelar-kelar karena kita abai protokol kesehatan.

Iklan Mengurangi Penggunaan Plastik 

contoh iklan layanan masyarakat

Plastik begitu dekat dengan kehidupan manusia karena hampir semua barang yang dipakai terbuat material ini. Misalnya, ketika berbelanja di supermarket atau pasar, penjual kerap memasukkan barang belanjaan ke kantung plastik. Bayangkan, ada 700 orang pembeli menggunakan kantung plastik saat itu di tempat sama, berapa jumlahnya jika dikalikan 7 hari?

Jumlah tersebut dikalikan lagi dengan banyaknya tempat belanja di berbagai lokasi atau daerah, sampahnya makin menumpuk, bukan? Kalau dibiarkan, sampah plastik bisa mencemari lingkungan. Pasalnya, sampah ini bersifat tidak mudah terurai, karsinogenik, dan menimbulkan toksit.

Pencemaran yang paling meresahkan di Indonesia terjadi di lautan. Menurut riset, laut Indonesia menghasilkan sampah plastik terbanyak kedua di dunia. Bahkan, sebuah penelitian di pasar Paotere Makasar membuktikan; ada 23 persen sampel ikan memiliki kandungan plastik dalam perutnya ketika diambil.

Menyadari besarnya dampak negatif sampah plastik bagi lingkungan, pemerintah melakukan berbagai upaya mengurangi penggunaannya. Contohnya di Surabaya, agen bus Suroboyo Bus memberikan tiket kepada penumpang yang menukarkan sampah plastik.

Iklan layanan masyarakat yang mengimbau pengurangan pemakaian plastik juga turut disebarkan. Kalimat-kalimat menarik hingga penayangan iklan di televisi dengan konsep unik pun digencarkan. Selain itu, kamu bisa menemukan iklan imbauan untuk mengurangi sampah plastik di YouTube dan media sosial.

Bagi kamu yang tertarik membuat iklan layanan masyarakat dalam bentuk poster, bisa menggunakan beberapa kalimat berikut ini.

  • Ayo, mulai bawa botol minum sendiri!
  • Cintai bumi, kurangi sampah plastik.
  • Mari kita kurangi penggunaan sampah plastik.
  • Jaga bumi kita, kurangi sampah plastik.
  • Kurangi kantung plastik untuk masa depan.
  • Ganti kantung plastik dengan tas belanja go green.
  • Laut cantik tanpa sampah plastik.

Iklan Mengajak Hemat Energi

hemat energi

Menghemat energi merupakan komponen penting dari kebijakan energi. Pasalnya, penghematan tidak hanya menurunkan konsumsi energi, tetapi juga permintaan per kapita. Dengan demikian, hal tersebut dapat menutup peningkatan kebutuhan energi akibat pertambahan populasi. 

Hemat energi juga bisa mengurangi naiknya biaya, kebutuhan pembangkit, serta memberikan fleksibilitas dalam memilih metode produksinya. Dengan menjaga sumber energi, juga menjamin keberlangsungan hidup manusia. Sebaliknya, pemborosan energi dapat mengakibatkan cuaca ekstrem, peningkatan suhu bumi, dan pemanasan global lain.

Karena pentingnya energi, berbagai kampanye melalui iklan layanan masyarakat terus digaungkan sampai sekarang. Bahkan, pemerintah telah menganjurkan masyarakat untuk menggunakan energi alternatif. Contoh sumber energi alternatif, yaitu angin, tenaga air, matahari, dan panas bumi.

Untuk memotivasi masyarakat menerapkan sikap hemat energi, beberapa kalimat iklan ini bisa ditampilkan di poster. 

  • Hemat energi, sayang bumi.
  • Hemat energi, selamatkan bumi.
  • Hemat energi, demi negeri.

Iklan Membatasi Pemakaian Gawai

contoh iklan layanan masyarakat

Iklan tentang pembatasan pemakaian gawai kerap ditujukan kepada anak-anak. Pasalnya, sebuah riset yang dilakukan oleh KPAI tahun 2020 menunjukkan fakta mencengangkan seputar durasi pemakaian gawai. Menurut penelitian tersebut, 25,4 persen dari 25.264 anak rentang umur 10-18 tahun menggunakan gawai lebih dari 5 jam sehari.

Ironisnya, mereka menggunakan gawai tersebut di luar kepentingan belajar, misalnya bermain gim dan media sosial. Jika ditinjau dari riset world health organization (WHO), kebiasaan itu termasuk kecanduan penyakit. Pengobatan harus segera dilakukan supaya tidak terjadi adiksi.

Situasi pandemi Covid-19 pada 2019 sampai 2021 juga memaksa anak-anak untuk intens menggunakan gawai yang terhubung internet. Dampak positifnya, anak memahami dan menguasai teknologi. Namun, keseringan menggunakan gawai bisa menyebabkan gangguan kesehatan, seperti mata buram, pandangan silau, dan sering berkedip.

Oleh karenanya, iklan membatasi pemakaian gawai kerap ditujukan untuk anak-anak supaya diperhatikan oleh orang tuanya. Biasanya, iklan tersebut berbentuk tayangan video pendek dan poster. 

Iklan Ajakan Menghemat Air

hemat air

Sebagai sumber kehidupan, air memiliki nilai penting bagi manusia, hewan, dan tumbuhan. Karenanya, air harus dijaga ketersediaannya supaya tidak terjadi krisis. 

Namun, beberapa tahun terakhir, tanda-tanda krisis air mulai terlihat. Ketersediaan air layak minum kini menjadi perhatian dunia, terutama pada hari Air Sedunia di tahun 2020. Saat itu, dilaporkan dalam millenium development goals (MDGs), bahwa pada tahun 2008, separuh dari populasi dunia mengalami krisis air bersih.

Jika tidak segera diatasi, ancaman ketersediaan air, lambat laun bisa melanda Indonesia. Karena itu, pemerintah terus mengimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan air demi menjaga kelestariannya. Kalimat iklan “hemat air, selamatkan bumi” terus digaungkan supaya masyarakat selalu menyadari.

Iklan Membuang Sampah pada Tempatnya

contoh iklan layanan masyarakat

Sebagian masyarakat menganggap sampah sebagai benda yang tak bernilai sama sekali. Padahal, beberapa jenis sampah justru bisa didaur ulang dan dibuat bernilai ekonomi. Sayangnya, banyak orang belum menyadari pentingnya mengelola sampah menjadi barang berguna.

Karena itu, iklan tentang imbauan membuang sampah pada tempatnya selalu digencarkan oleh pemerintah, komunitas peduli lingkungan, maupun swasta. Salah satu tujuan iklan tersebut adalah menyadarkan masyarakat tentang manfaat membuang sampah pada tempatnya.

Pertama, kebiasaan membuang sampah pada tempatnya dapat membantu mengurangi risiko penularan penyakit berbahaya. Biasanya, penyebab penyakit tersebut berasal dari jamur, bakteri, dan virus. Selain itu, penularan penyakit melalui media sampah juga bisa dicegah lebih dini.

Manfaat kedua, sampah yang dibuang pada tempatnya tidak akan menimbulkan aroma menyengat. Dengan begitu, kamu lebih nyaman dalam beraktivitas di lingkungan sekitar.

Manfaat lainnya, lingkungan kamu akan terjaga keindahannya dengan udara bersih dan segar. Di samping itu, membuang sampah pada tempatnya dapat mengantisipasi risiko banjir akibat tersumbatnya saluran air.

Jika masyarakat menyadari manfaat-manfaat itu, otomatis kalimat “buanglah sampah pada tempatnya” tidak hanya menjadi slogan. Kamu pun bisa menambahkan kalimat lain supaya masyarakat termotivasi untuk membuang sampah pada tempatnya.

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pendidikan

pendidikan

Iklan ini berisi tentang dunia pendidikan, mulai dari SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi. Umumnya, iklan menampilkan keunggulan masing-masing jenjang pendidikan dengan memperlihatkan fasilitas belajar, program, serta prestasinya. Informasi dalam iklan pun disampaikan dalam kalimat yang kreatif sehingga menarik anak untuk melanjutkan ke jenjang lebih tinggi.

Media penyaluran iklan pendidikan biasanya menggunakan banner, brosur, poster, media sosial, dan televisi. Meski begitu, iklan pendidikan tidak melulu berisi promosi sekolah atau lembaga tertentu. Saat ini juga ada iklan yang memuat konten pentingnya pendidikan untuk masa depan.

Pendidikan adalah fondasi masa depan cerah bagi anak muda. Lewat pendidikan, kamu bisa mengolah kemampuan kognitif, sosial, serta mempersiapkan diri untuk menghadapi kehidupan nyata.

Iklan pendidikan juga menampilkan pentingnya proses ini untuk membentuk karakter. Artinya, seorang siswa atau mahasiswa, dalam pendidikannya, dibentuk menjadi pribadi yang berbudi pekerti luhur dan sesuai harapan masyarakat.

Iklan Layanan Masyarakat Peduli Lingkungan

contoh iklan layanan masyarakat

Lingkungan hidup berkorelasi dengan manusia supaya menciptakan kehidupan harmonis di bumi. Saat ini, mulai banyak orang menyadari betapa pentingnya harmonisasi tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Mereka memahami bahwa lingkungan yang tercemar bisa membawa pengaruh buruk bagi kesehatan.

Bumi yang menghangat setiap harinya juga menjadi alasan utama mengapa harus peduli pada lingkungan. Iklan-iklan layanan masyarakat seputar lingkungan pun mengimbau pentingnya mengantisipasi perubahan iklim mulai dari diri sendiri. Berikut ini contoh perilaku atau sikap yang menunjukkan kepedulian tersebut.

  • Mengurangi pemakaian kendaraan bermotor.
  • Menanam pohon di sekitar tempat tinggal.
  • Menggunakan barang atau benda hemat energi.
  • Mengurangi penggunaan pemanas air.
  • Menerapkan reduce, reuse, dan recycle.

Adanya ruang terbuka hijau di setiap kompleks perumahan atau perkampungan juga dapat menjadi upaya peduli terhadap lingkungan. Ruang terbuka hijau ini bisa membantu mengurangi tingkat polusi sehingga udara segar kembali. 

Nah, buat kamu yang ingin mengiklankan pentingnya peduli lingkungan dengan cara-cara di atas, bisa menambahkan kalimat berikut ini.

  • Selamatkan hutan, selamatkan dunia.
  • Hutan adalah paru-paru dunia, ayo selamatkan!
  • Sepotong sampah menyebabkan ribuan masalah.
  • Jaga lingkungan untuk kepentingan anak cucu.
  • Tanam pohon di rumah dan kamu adalah pahlawan negara.
  • Teriakan alam adalah tangisan kita.
  • Kemarin kita membuang sampah sembarangan, tidak untuk kali ini.

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Pentingnya Kebersihan

kebersihan lingkungan 1

Kebersihan lingkungan merupakan cara atau aksi membentuk lingkungan yang sehat. Dengan lingkungan sehat, masyarakat di sekitarnya tidak akan mudah terserang penyakit, seperti muntaber, demam berdarah, dan malaria.

Tanggung jawab menjaga kebersihan tersebut diemban oleh setiap warga negara di kawasan tempat tinggalnya. Jika mereka mampu menjaga kebersihan, berarti kualitas hidupnya terjamin. Kebersihan juga mencerminkan kesehatan dalam diri individu.

Kamu tentu tidak ingin tinggal di lingkungan yang kotor, bukan? Kuncinya adalah memulai dari sendiri untuk membersihkan lingkungan tersebut. Tujuannya supaya indah dipandang mata dan membuat betah penghuni di sekitarnya.

Jika kamu tinggal di lingkungan orang-orang yang enggan menjaga kebersihan, ajaklah mereka perlahan. Misalnya, dengan membuat iklan layanan masyarakat, lalu ditempelkan di area strategis dekat rumah. Sebagai referensi, kalimat-kalimat berikut ini bisa dicantumkan di poster iklan.

  • Lingkungan bersih, budaya orang berpikir maju.
  • Keasrian lingkungan, keindahan tiada tara dalam kehidupan kita.
  • Kotor adalah sumber dari segala penyakit, maka jagalah lingkungan kamu.

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Imbauan Berolahraga

contoh iklan layanan masyarakat

Kamu pernah merayakan peringatan hari olahraga nasional atau Haornas? Biasanya, peringatan hari olahraga tersebut berlangsung mulai 9 September setiap tahun. Berbagai kalangan mengikuti acara Haornas itu untuk meningkatkan rasa sportivitas dan imun tubuh.

Tubuh yang terbiasa berolahraga juga lebih bebas bergerak dan beraktivitas. Kamu juga bisa mencapai kesehatan optimal dengan menjalankan olahraga teratur. Oleh karena itu, iklan-iklan layanan masyarakat tentang olahraga banyak membahas manfaatnya.

Bentuk iklan tersebut bisa berupa gambar atau foto yang menampilkan seseorang dengan tubuh sehat dan kekar. Biasanya, iklan ajakan ini dipajang di tempat fitness untuk menarik perhatian pengunjung.

Jika kamu tak kunjung termotivasi dengan gambar-gambar iklan di tempat fitness, beberapa kalimat berikut ini mungkin bisa memengaruhi.

  • Kita tidak berhenti berolahraga karena renta. Kita renta karena berhenti berolahraga (Kenneth Cooper).
  • Kau harus bangun setiap pagi dengan tekad keras, kalau ingin tidur dengan rasa puas (George Lorimer).
  • Kekuatan tidak berasal dari kemampuan fisik, melainkan dari kemauan yang gigih (Mahatma Gandhi).

Iklan Layanan Masyarakat Tentang Hemat Listrik

contoh iklan layanan masyarakat

Hemat energi dimulai dari mengurangi pemakaian listrik yang tidak diperlukan. Imbauan ini digalakkan di kawasan kota besar di Indonesia dengan menghemat 10 persen pemakaian listrik. Harapannya, solusi tersebut bisa mewujudkan energi berkeadilan dan merata di seluruh Indonesia.

Menghemat energi listik dapat dilakukan dengan cara mematikan lampu jika tidak digunakan dan mengatur air conditioner. Selain itu, melalui iklan layanan masyarakat, pemerintah menganjurkan penghematan listrik dengan cara berikut.

  • Memastikan televisi dalam kondisi mati ketika tidak digunakan atau saat akan keluar ruangan.
  • Gunakan kertas dua sisi apabila mencetak dokumen.
  • Memastikan perangkat elektronik dalam kondisi mati saat tidak digunakan,
  • Menutup pintu kulkas dengan rapat.
  • Mengatur pendingin ruangan tidak kurang dari suhu 24 derajat.
  • Pasanglah lampu hemat listrik untuk mengurangi penggunaan daya.
  • Cabut kabel pengisi daya jika sudah tidak digunakan.

Supaya masyarakat mau mengikuti anjuran-anjuran tersebut, tentu harus ada “ajakan” yang memotivasi. Salah satunya dengan membuat poster berisi iklan layanan masyarakat menggunakan kalimat-kalimat di bawah ini. 

  • Hemat energi, sayang bumi.
  • Matikan lampu saat keluar, bantu hemat energi.
  • Hemat energi, selamatkan bumi.
  • Hemat energi, demi negeri.
  • Pikirkan bumi kita, mari hemat energi.

Itulah 12 contoh iklan layanan masyarakat yang bisa dijadikan acuan saat kamu ingin membuat imbauan, ajakan, atau menyampaikan pesan sosial. Namun, ingat selalu, memulai segala sesuatu harus dari diri sendiri. Setelah itu, ajaklah masyarakat sekitarmu jika itu berdampak baik pada diri sendiri maupun orang lain.

SHARE:

Seorang penulis professional dan berpengalaman menulis konten lebih dari 10 tahun di salahsatu startup indonesia, pernah juga menulis di beberapa media online Indonesia.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste