7+ Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password Anti Gagal, Dijamin Gampang!

Lupa password FB seringkali membuat kamu merasa panik bukan? FB atau Facebook merupakan salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia. Akun FB yang sudah memiliki banyak teman pastinya akan sangat disayangkan apabila tidak bisa dipakai lagi.

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena saat ini ada cara kembalikan akun FB lupa password dengan mudah. Pihak Facebook juga telah menyediakan fasilitas untuk mengantisipasi para pengguna yang lupa password akun FB. Untuk mengetahui secara lengkap cara kembalikan akun FB lupa password, simak penjelasan berikut ini!

7+ Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password

Lupa password FB bukanlah akhir dari dunia ini, ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk memulihkannya. Terlebih jika nomor HP yang kamu daftarkan sudah tidak aktif, dilansir dari akun resmi Facebook, berikut ini beberapa cara yang bisa kamu lakukan, yaitu:

1. Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password Dengan Email

cara kembalikan akun FB lupa password

Tidak jarang pengguna menghadapi masalah ketika lupa password akun Facebook mereka. Hal ini bisa disebabkan karena berbagai alasan, seperti jarangnya penggunaan akun atau pergantian password secara berkala. Jika kamu mengalami masalah ini, jangan khawatir.

Facebook menyediakan beberapa opsi pemulihan akun untuk membantu kamu mendapatkan kembali akses ke akun yang lupa password. Salah satu cara yang paling umum digunakan adalah dengan menggunakan email yang terhubung dengan akun Facebook. Berikut adalah panduan lengkap tentang cara mengembalikan akun Facebook yang lupa password menggunakan email, yaitu:

  1. Akses halaman masuk Facebook, buka browser web favorit kamu dan arahkan ke situs Facebook di www.facebook.com. Kamu akan diarahkan ke halaman masuk Facebook. Jika sudah login dengan akun lain, pastikan untuk logout terlebih dahulu.
  2. Pilih “Lupa Kata Sandi” Di halaman masuk, kamu akan melihat kolom untuk memasukkan email atau nomor ponsel yang terdaftar di akun Facebook kamu. Jika kamu lupa password, klik tombol “Lupa Kata Sandi” yang ada di bawah kolom untuk memasukkan password.
  3. Masukkan informasi akun, lalu kamu akan dibawa ke halaman pemulihan akun. Di sini, masukkan alamat email yang terhubung dengan akun Facebook kamu. Pastikan email yang dimasukkan sudah benar dan aktif.
  4. Verifikasi akun melalui email, setelah kamu memasukkan email, Facebook akan mengirimkan email pemulihan ke alamat tersebut. Buka kotak masuk email kamu dan cari pesan dari Facebook yang berisi tautan pemulihan.
  5. Atur kata sandi baru, klik tautan pemulihan yang diberikan oleh Facebook dalam email. Kamu akan diarahkan kembali ke situs Facebook di mana kamu dapat mengatur kata sandi baru untuk akun kamu. Pilihlah kata sandi yang kuat dan mudah diingat. Pastikan untuk tidak menggunakan kata sandi yang sama dengan akun lain yang kamu miliki untuk meningkatkan keamanan.
  6. Akses kembali akun Facebook kamu, setelah kamu mengatur kata sandi baru, kamu akan diarahkan ke halaman masuk Facebook. Masukkan email atau nomor ponsel serta kata sandi baru yang telah kamu atur tadi. Selamat, kamu berhasil mengembalikan akun Facebook yang lupa password!

2. Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password Dengan Kontak Terpercaya

Berikut ini cara kembalikan akun FB lupa password dengan kontak terpercaya, yaitu:

  1. Akses halaman masuk Facebook, pertama-tama, kunjungi halaman masuk Facebook melalui peramban web di komputer atau perangkat seluler kamu. Jika kamu lupa kata sandi akun kamu, jangan khawatir, karena kita akan menggunakan fitur pemulihan melalui kontak terpercaya.
  2. Klik “Lupa Kata Sandi”, di halaman masuk, kamu akan melihat opsi “Lupa Kata Sandi”. Klik tombol tersebut untuk memulai proses pemulihan akun kamu.
  3. Pilih metode pemulihan, setelah mengklik “Lupa Kata Sandi”, Facebook akan menawarkan beberapa metode pemulihan. Pilihlah opsi “Gunakan Kontak Terpercaya”. Pilihan ini akan memungkinkan kamu untuk mendapatkan bantuan dari kontak yang telah kamu tambahkan sebagai kontak terpercaya di akun Facebook kamu sebelumnya.
  4. Konfirmasi identitas kamu, setelah memilih metode “Gunakan Kontak Terpercaya”, kamu akan diminta untuk memasukkan informasi identitas. Facebook akan menggunakan informasi ini untuk memverifikasi bahwa kamu adalah pemilik sah akun yang ingin dipulihkan. Kamu mungkin diminta untuk memberikan nama lengkap, tanggal lahir, atau alamat email yang terkait dengan akun.
  5. Hubungi kontak terpercaya, setelah mengkonfirmasi identitas kamu, Facebook akan menampilkan daftar kontak terpercaya yang telah kamu tambahkan sebelumnya. Pilihlah salah satu dari kontak tersebut dan Facebook akan mengirimkan pesan ke kontak terpercaya tersebut untuk memberitahukan bahwa kamu membutuhkan bantuan untuk mengembalikan akun Facebook.
  6. Minta kode keamanan, kontak terpercaya yang kamu pilih akan menerima pesan dari Facebook dengan kode keamanan. Mintalah kode tersebut dari kontak terpercaya dan masukkan kodenya ke dalam kolom yang telah disediakan oleh Facebook.
  7. Setel ulang kata sandi, setelah berhasil memasukkan kode keamanan yang benar, Facebook akan memungkinkan kamu untuk menyetel ulang kata sandi akun kamu. Pilihlah kata sandi baru yang kuat dan simpanlah dengan baik. Pastikan untuk mengingat kata sandi baru tersebut agar tidak mengalami masalah serupa di kemudian hari.
  8. Periksa keamanan akun kamu, setelah kamu berhasil mengembalikan akun Facebook kamu dengan sukses, pastikan untuk memeriksa semua pengaturan keamanan akun kamu. Periksa apakah ada perubahan yang mencurigakan dan pastikan untuk mengaktifkan fitur keamanan tambahan, seperti autentikasi dua faktor (2FA).

3. Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password Dengan Akun Google

Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password

Berikut ini cara kembalikan akun FB lupa password dengan akun Google, yaitu:

  1. Kunjungi halaman masuk Facebook, buka situs Facebook di perangkat kamu dan kunjungi halaman masuk Facebook. Kamu dapat menggunakan peramban web di komputer atau perangkat seluler kamu.
  2. Klik “Lupa Kata Sandi”, di halaman masuk, cari tautan yang bertuliskan “Lupa Kata Sandi” dan klik pada tautan tersebut. Tautan ini biasanya berada di bawah kotak masuk tempat kamu memasukkan email atau nomor telepon dan kata sandi kamu.
  3. Isi informasi Akun kamu, setelah mengklik “Lupa Kata Sandi,” kamu akan diarahkan ke halaman pemulihan akun. Di sini, kamu harus memasukkan informasi akun kamu, seperti alamat email atau nomor telepon yang terdaftar pada akun Facebook kamu.
  4. Pilih metode pemulihan dengan akun Google, pada langkah ini, kamu akan diminta untuk memilih metode pemulihan. Pilihlah opsi “Gunakan Akun Google Saya” untuk mengembalikan akun Facebook kamu menggunakan akun Google.
  5. Verifikasi identitas melalui akun Google, setelah memilih opsi “Gunakan Akun Google Saya,” kamu akan diarahkan ke halaman verifikasi di akun Google. Di sini, kamu harus memasukkan alamat email dan kata sandi dari akun Google yang terhubung dengan akun Facebook kamu. Pastikan kamu memasukkan informasi dengan benar.
  6. Atur ulang kata sandi Facebook, setelah berhasil memverifikasi identitas melalui akun Google, kamu akan diarahkan kembali ke halaman Facebook untuk mengatur ulang kata sandi. Pilihlah kata sandi baru yang kuat dan aman untuk akun Facebook kamu.

4. Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password Dengan Nomor HP Virtual

Berikut ini cara kembalikan akun FB lupa password dengan nomor HP virtual, yaitu:

  1. Persiapkan nomor HP Virtual, pastikan kamu sudah memiliki nomor HP virtual yang aktif dan terdaftar pada akun Facebook kamu. Nomor HP virtual adalah nomor telepon yang diakses melalui internet dan tidak terikat pada kartu SIM fisik. Kamu dapat menggunakan layanan pihak ketiga seperti Google Voice atau aplikasi ponsel yang menyediakan nomor HP virtual.
  2. Kunjungi halaman masuk Facebook, buka browser web dan kunjungi halaman masuk Facebook di www.facebook.com. Di sini, kamu akan melihat kolom untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon, dan password.
  3. Klik “Lupa Kata Sandi” Jika kamu tidak ingat kata sandi akun kamu, klik opsi “Lupa Kata Sandi” di bawah kolom kata sandi.
  4. Identifikasi akun kamu, Facebook akan meminta kamu untuk mengidentifikasi akun. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang terdaftar pada akun kamu. Dalam hal ini, masukkan nomor HP virtual yang telah kamu persiapkan.
  5. Dapatkan kode verifikasi, Facebook akan mengirimkan kode verifikasi ke nomor HP virtual yang kamu masukkan. Cek ponsel kamu untuk menerima kode tersebut.
  6. Masukkan kode verifikasi, setelah mendapatkan kode verifikasi, masukkan kode tersebut ke dalam kolom yang disediakan di halaman Facebook.
  7. Atur kata sandi baru, setelah kode verifikasi diverifikasi, kamu akan diarahkan ke halaman untuk mengatur kata sandi baru. Masukkan kata sandi baru yang kuat dan aman. Pastikan untuk menggantinya dengan kombinasi huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol.
  8. Masuk ke akun Facebook, setelah mengatur kata sandi baru, kamu akan diarahkan kembali ke halaman masuk. Masukkan alamat email atau nomor telepon beserta kata sandi baru yang telah kamu atur.

5. Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password Dengan Reset Password via Recent Log In

Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password

Berikut ini cara kembalikan akun FB lupa password dengan Reset Password via Recent Log In, yaitu:

  1. Akses halaman login Facebook, buka aplikasi Facebook atau situs web melalui peramban di perangkat kamu. Setelah itu, cari dan klik link “Lupa Kata Sandi” yang berada di bawah formulir masuk akun.
  2. Masukkan informasi akun kamu, setelah kamu mengklik “Lupa Kata Sandi”, kamu akan diarahkan ke halaman untuk memulai proses pemulihan. Di sini, masukkan alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun Facebook yang lupa password. Pastikan informasi yang kamu masukkan benar dan aktif, karena Facebook akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat tersebut.
  3. Dapatkan kode verifikasi, pilih metode penerimaan kode verifikasi. Kamu dapat memilih untuk menerima kode melalui email atau SMS. Jika kamu memilih email, periksa kotak masuk email kamu, termasuk folder “spam” atau “sampah” jika diperlukan. Jika kamu memilih SMS, pastikan nomor telepon yang kamu masukkan benar dan tunggu hingga pesan masuk.
  4. Masukkan kode verifikasi, setelah kamu menerima kode verifikasi, masukkan kode tersebut pada kolom yang disediakan di halaman pemulihan. Jika kamu tidak menerima kode verifikasi dalam beberapa menit, kamu dapat mencoba mengirim ulang kode atau memeriksa kembali informasi yang kamu masukkan.
  5. Reset password via recent log in, setelah kamu memasukkan kode verifikasi dengan benar, kamu akan diarahkan ke halaman untuk mengatur ulang kata sandi. Di sini, pilih opsi “Masuk Terbaru” atau “Recent Log In”. Facebook akan menampilkan daftar perangkat dan lokasi terakhir kamu masuk ke akun. Pilih perangkat dan lokasi yang kamu anggap paling sesuai dengan penggunaan akun kamu. Jika kamu tidak yakin, kamu dapat memilih “Tidak Tahu” atau “Don’t Recognize”. Hal ini akan membantu melindungi keamanan akun kamu dari akses yang tidak sah.
  6. Atur ulang kata sandi, setelah kamu memilih “Masuk Terbaru”, kamu dapat mengatur ulang kata sandi kamu dengan memasukkan kata sandi baru dua kali untuk konfirmasi. Pastikan untuk menggunakan kata sandi yang kuat dan berbeda dari kata sandi sebelumnya. Kata sandi yang kuat sebaiknya terdiri dari kombinasi huruf besar dan kecil, angka, dan simbol.
  7. Akses kembali akun kamu, setelah kamu berhasil mengatur ulang kata sandi, kamu akan diarahkan kembali ke halaman login. Masukkan email atau nomor telepon serta kata sandi baru yang telah kamu buat.

6. Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password Dengan Halaman Cari Akun

Berikut ini cara kembalikan akun FB lupa password dengan halaman cari akun, yaitu:

  1. Kunjungi halaman masuk Facebook, mengunjungi halaman masuk Facebook melalui perangkat pribadi kamu. Kamu dapat membuka aplikasi Facebook di ponsel atau mengakses situs web Facebook di peramban ponsel atau komputer kamu. Setelah halaman masuk terbuka, kamu akan melihat dua kolom kosong yang meminta kamu untuk memasukkan alamat email atau nomor telepon, dan kata sandi.
  2. Klik “Lupa Kata Sandi”, jika kamu lupa kata sandi maka tidak perlu khawatir. Di bawah kolom sandi, kamu akan melihat tautan bertuliskan “Lupa Kata Sandi.” Klik tautan ini untuk melanjutkan proses pemulihan akun kamu.
  3. Temukan akun kamu dengan cari akun, setelah mengklik “Lupa Kata Sandi,” kamu akan diarahkan ke halaman pemulihan akun. Di sini, kamu akan diberikan beberapa opsi untuk mengidentifikasi akun kamu. Pilih opsi “Cari Akun” untuk melanjutkan.
  4. Masukkan informasi identifikasi, Facebook akan menanyakan beberapa informasi identifikasi untuk membantu mengidentifikasi akun kamu. Kamu perlu memasukkan informasi yang relevan, seperti alamat email terdaftar, nomor telepon, nama pengguna, atau nama lengkap yang terkait dengan akun kamu. Pastikan kamu memasukkan informasi yang benar dan akurat.
  5. Ikuti petunjuk selanjutnya, setelah memasukkan informasi identifikasi, Facebook akan memeriksa data yang kamu berikan untuk mencocokkan dengan informasi akun yang tersimpan di database. Jika informasi yang kamu berikan benar dan sesuai, kamu akan diberikan beberapa opsi pemulihan akun, seperti mengirimkan kode ke email atau nomor telepon terdaftar.
  6. Verifikasi dan atur ulang kata sandi, setelah menerima kode verifikasi melalui email atau nomor telepon terdaftar, masukkan kode tersebut ke dalam kolom yang disediakan. Kemudian, kamu akan diarahkan untuk mengatur ulang kata sandi baru untuk akun kamu. Pilihlah kata sandi yang kuat dan unik untuk menjaga keamanan akun kamu.
  7. Masuk ke akun kamu, setelah berhasil mengatur ulang kata sandi, kamu dapat menggunakan kata sandi baru tersebut untuk masuk kembali ke akun Facebook kamu. Pastikan untuk menyimpan kata sandi ini dengan aman dan tidak memberikannya kepada siapapun.

7. Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password via Teman

Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password

Berikut ini cara kembalikan akun FB lupa password via teman, yaitu:

  1. Pastikan kamu menggunakan Email atau Nomor Telepon yang benar, sebelum kamu mencoba untuk mengembalikan akun Facebook yang lupa password melalui teman. Hal ini akan memudahkan proses pemulihan.
  2. Kunjungi halaman masuk (Login) Facebook, buka aplikasi Facebook di perangkat kamu atau kunjungi situs web resmi Facebook melalui browser. Pada halaman masuk (login), klik link “Lupa Kata Sandi?” yang biasanya terletak di bawah formulir masuk.
  3. Pilih opsi “Lainnya” untuk mengembalikan akun, Facebook akan menampilkan beberapa opsi pemulihan akun, seperti menggunakan email, nomor telepon, atau menggunakan teman. Pilih opsi “Lainnya” atau “Tidak Dapat Mengakses Akun Kamu?”.
  4. Identifikasi akun kamu, kamu akan diminta untuk mengidentifikasi akun Kamu. Masukkan alamat email atau nomor telepon yang terdaftar pada akun Facebook kamu. Jika kamu menggunakan email, pastikan untuk memeriksa folder spam atau folder lainnya jika kamu tidak menerima email dari Facebook.
  5. Pilih opsi “Gunakan Teman”, kamu akan diminta untuk memilih metode pemulihan. Pilih opsi “Gunakan Teman” atau “Teman Kamu Bisa Membantu Kamu Masuk”.
  6. Pilih teman untuk bantuan pemulihan, Facebook akan menampilkan daftar teman-teman kamu yang dapat membantu dalam proses pemulihan akun. Pilih beberapa teman yang kamu percayai dan yakin akan membantu Kamu. Facebook akan mengirimkan kode ke teman-teman yang kamu pilih.
  7. Dapatkan kode dari teman kamu, kamu memilih teman-teman kamu, mintalah mereka untuk memberikan kode yang dikirimkan oleh Facebook. Kode ini akan digunakan untuk mengonfirmasi bahwa kamu adalah pemilik sah akun.
  8. Masukkan kode untuk mengembalikan akun, ketika kamu menerima kode dari teman kamu, masukkan kode tersebut di halaman yang sesuai pada proses pemulihan akun. Jika kode tersebut benar, kamu akan diarahkan ke halaman untuk mengatur ulang kata sandi.
  9. Atur ulang kata sandi, saat mengatur ulang kata sandi baru, gunakan kata sandi yang kuat dan unik untuk melindungi akun kamu dari akses yang tidak sah. Pastikan juga untuk menyimpan kata sandi tersebut dengan aman.

8. Cara Kembalikan Akun FB Lupa Password via Laporan Hack

Berikut ini cara kembalikan akun FB lupa password via laporan hack, yaitu:

  1. Verifikasi identitas kamu, langkah pertama dalam mengembalikan akun Facebook yang lupa password adalah melakukan verifikasi identitas kamu sebagai pemilik akun. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:
    • Kunjungi halaman masuk Facebook di https://www.facebook.com/.
    • Klik “Lupa Kata Sandi?” yang terletak di bawah kolom untuk memasukkan kata sandi.
    • Masukkan alamat email atau nomor telepon yang terkait dengan akun kamu, lalu klik “Cari”.
    • Pilih metode verifikasi yang kamu inginkan, apakah melalui email atau nomor telepon yang terdaftar di akun kamu.
    • Facebook akan mengirimkan kode verifikasi ke alamat email atau nomor telepon yang kamu pilih. Masukkan kode tersebut pada halaman berikutnya.
  2. Laporkan akunmu, setelah kamu mengamankan akun kamu, penting untuk melaporkan kemungkinan hack ke Facebook. Melaporkan hack akan membantu tim keamanan Facebook mengidentifikasi potensi masalah keamanan dan melindungi pengguna lainnya dari serangan serupa. Untuk melaporkan akun yang dihack, lakukan langkah-langkah berikut:
    • Kunjungi halaman Bantuan Facebook: https://www.facebook.com/help/.
    • Di sana, kamu dapat menggunakan opsi pencarian dan ketikkan “Laporkan Akun Dihack”.
    • Pilih opsi yang sesuai dan ikuti petunjuk untuk melaporkan insiden keamanan.

Itulah beberapa cara kembalikan akun FB lupa password yang bisa kamu ketahui dan ikuti jika akun FB kamu lupa password. Cara di atas sangat mudah untuk kamu lakukan, setelah memulihkan akun FB jangan lupa untuk mencatat atau mengingat password baru kamu.


SHARE:

Seorang penulis professional dan berpengalaman menulis konten di beberapa media online Indonesia. Menyukai Kopi dan Kamu!!

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste