123 Nomor Apa? Simak Penjelasan Lengkapnya

Mendapati penelepon dengan sedikit digit angka yaitu 123 atau 021123 tentunya membuat kita penasaran dan ingin mengulik lebih jauh lagi tentang nomor ini. Pertanyaan tersebut meliputi 123 nomor apa, 021123 nomor apa, +6221123 nomor apa.

Memahami bahwa nomor tersebut memiliki tiga digit angka tentu saja pikiran kita akan langsung mengacu pada call center atau kontak layanan darurat. Karena seperti yang kita tahu, call center atau layanan darurat biasanya memiliki deret angka hanya tiga angka saja.

Meski terkesan nomor ini mudah diingat karena hanya terdiri dari 3 angka saja, tapi tetap saja kita tidak bisa mengidentifikasi secara langsung nomor 123 ini nomor apa, begitu pula dengan 021123 dan +6221123.

Lantas, 123 nomor apa, 021123 nomor apa, dan +6221123 nomor apa, kami akan membahas dan menjelaskan tentang nomor kontak 123 di bawah ini. Sekaligus kami jelaskan tentang pedoman penggunaan nomor tersebut.

123 Nomor Apa?

Saat pertama kali melihat nomor 123 di layar ponsel, memang menimbulkan pertanyaan seperti 123 nomor apa. Padahal mungkin saja kita sering sekali melihat nomor kontak tersebut namun memang bukan nomor kontak yang sering kita hubungi. Namun, seperti yang kita duga, 123 nomor apa, 123 merupakan nomor kontak darurat.

Seperti yang kita tahu, nomor kontak darurat atau layanan darurat dan call center darurat hanya memiliki deret angka sejumlah tiga angka. Hal ini dimaksudkan agar masyarakat dapat lebih mudah mengingat semua nomor kontak layanan darurat dengan mudah, meski kenyataannya kita tidak mudah mengingatnya.

Pada dasarnya manusia akan mengingat suatu nomor jika memang bersinggungan dengan nomor tersebut. Namun, tidak ada salahnya untuk mengingat nomor kontak ini karena bisa saja kita akan membutuhkannya suatu saat nanti.

Jadi, 123 nomor apa dan layanan darurat apa? 123 merupakan nomor layanan darurat untuk PLN. Jika kamu memiliki masalah kelistrikan atau mengganti daya listrik, meminta penyambungan listrik baru, mengganti daya atau meminta pemasangan listrik sementara, kamu bisa gunakan layanan darurat 123 untuk pengajuan permohonan dan pengaduan masing-masing kondisi tadi.

021123 Nomor Apa?

Setelah kita mengetahui 123 merupakan layanan darurat untuk PLN yang menangani kelistrikan di negeri kita ini. Muncul lagi nomor baru yang ternyata mirip dengan 123, yaitu 021123. Lantas, apakah nomor ini sama dengan kontak 123? Mari kita bahas.

Sebenarnya 123 dan 021123 merupakan nomor yang sama. Namun bedanya, 021123 diikuti dengan kode telepon wilayah Jakarta yaitu 021. Namun untuk fungsinya tetap sama, yaitu menelepon layanan darurat 123 dari PLN.

Ada pula yang mendapati nomor +6221123, dan timbul pertanyaan, +6221123 nomor apa. Apakah sama dengan nomor-nomor yang sebelumnya yaitu 123 dan 021123? Jawabannya sama. JIka 021 merupakan kode telepon wilayah, +62 merupakan kode telepon negara Indonesia yang biasanya akan menggantikan angka 0 (nol) yang berada di depan setiap nomor telepon.

Karena fungsinya sama, 123, 021123 dan +6221123 yang merupakan nomor layanan darurat PLN, maka jenis layanan yang bisa ditangani pun sama, yaitu pengajuan permintaan sambungan listrik baru, permintaan penggantian daya listrik, pengaduan gangguan listrik, permintaan sambungan listrik sementara, dan lainnya

Cara Menggunakan Kontak Layanan 123

Saat mendapati masalah listrik seperti arus listrik terputus, gardu listrik tersambar petir, atau permintaan sambungan listrik, ubah daya, dan lain sebagainya, kita tidak harus lagi datang ke kantor pelayanan PLN terdekat. Cukup dengan menelepon kontak layanan 123, permintaan dan pengaduan kita akan segera ditangani oleh petugas terkait.

Berikut cara menggunakan kontak layanan 123 yang sudah kami susun di bawah ini;

  • Pastikan jaringan sinyal telepon tersedia
  • Buka menu panggil di hp dan ketik 123
  • Mulai melakukan panggilan dengan klik “call” atau “panggil”
  • Setelah tersambung dengan operator, sampaikan tujuanmu menelepon seperti mengajukan permintaan atau melaporkan pengaduan
  • Tunggu respon dari operator dan catat yang perlu dicatat
  • Selanjutnya, tunggu petugas PLN datang ke lokasi kamu

Tips Ketika Menelpon Kontak Layanan Darurat

Beberapa kontak layanan darurat tidak hanya diperuntukkan untuk situasi darurat saja, contohnya kontak 123 dari PLN. Kontak layanan ini bisa kita gunakan untuk keperluan sambungan listrik, ubah daya, dan lainnya. Namun beberapa kontak layanan darurat lain memang diperuntukkan untuk kondisi darurat yang terjadi tiba-tiba ditengah-tengah kita.

Dalam kondisi darurat tersebut lah yang memang membuat kita tidak mudah untuk berpikir jernih. Sangat wajar jika kita mengalami kondisi seperti panik, sulit berbicara, menangis tidak kunjung henti dan tergagap.

Di bawah ini ada beberapa tips yang bisa kamu terapkan saat menelpon kontak layanan darurat ketika kamu mengalami kejadian tidak terduga.

1. Tenangkan Diri

Menenangkan diri adalah kunci saat menelpon kontak darurat. Kamu bisa mulai dengan mengatur nafas perlahan agar ritme bernafas kamu kembali normal. Setelah itu cobalah untuk menjelaskan kondisi darurat yang terjadi ke operator di seberang telepon. Hal ini diperlukan agar operator dapat lebih memahami penjelasan kamu.

2. Perhatikan Lingkungan Sekitar

Mengalami kondisi darurat di tempat yang benar-benar baru memang membingungkan, namun kamu bisa menyiasatinya dengan memperhatikan lingkungan sekitar. Lihat sekeliling apakah ada patokan yang bisa kamu jelaskan ke operator mengenai posisimu, dan jelaskan perlahan kepada operator di seberang telepon.

3. Mengajari Anak Memakai Kontak Darurat

Penting untuk mengajari anak mengenai kontak darurat sejak dini agar dia bisa menghandle situasi darurat saat kamu tidak ada. Bisa mulai dengan mengajarkan agar anak menghafal nama orang tua, alamat rumah dan namanya sendiri. Lalu ajari anak kontak darurat yang bisa dia  hubungi.

Nomor Kontak Layanan Darurat di Indonesia

Kami buatkan tabel dengan nomor-nomor kontak layanan darurat yang berlaku di Indonesia di bawah ini agar lebih memudahkan kamu menghafal nomor-nomor tersebut.

Nomor TeleponKeterangan
118 dan 119Kontak Darurat Ambulans
113 dan 1131Kontak Darurat Pemadam Kebakaran
110Kontak Darurat Polisi
115Kontak Darurat Basarnas
129Kontak Darurat Posko Bencana Alam
123PLN
112Layanan Panggilan Darurat

Kesimpulan

Kesimpulan atas pertanyaan 123 nomor apa, 021123 nomor apa dan +6221123 nomor apa terjawab sudah melalui penjelasan di atas. 123 merupakan kontak layanan darurat untuk PLN.

021123 memiliki fungsi sama sebagai kontak layanan darurat PLN namun ditambah kode telepon wilayah Jakarta. +6221123 memiliki fungsi sama namun menggunakan kode negara +62 sebagai pengganti angka (0) nol.

Nomor 123 dapat kamu gunakan untuk pengaduan dan pengajuan permintaan terkait dengan listrik, seperti pengaduan gangguan listrik, pengajuan sambungan listrik baru, ubah daya, sambungan listrik sementara, dan lainnya.

Kami juga menjelaskan mengenai tips menelepon kontak darurat saat berada di situasi darurat dan juga tabel lengkap nomor darurat yang berlaku di Indonesia yang bisa dengan mudah kamu hafalkan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste