110 Nomor Apa? Simak Penjelasan dan Cara Penggunaannya

Seringkali kita mendengar tentang nomor dengan tiga angka 110. Kita pun bertanya-tanya, 110 nomor apa, 110 nomor darurat apa. Tentunya kita harus mengenali nomor ini karena bisa saja kita membutuhkannya suatu hari nanti.

Kita juga tahu bahwa nomor dengan tiga angka seperti 110 merupakan kontak darurat atau call center darurat. Namun, kita harus memastikan nomor 110 itu nomor apa dan kita harus benar-benar mengidentifikasinya sebelum menggunakannya.

Kita dengan mudah mengingat angka 110 karena nomor ini sangat mudah diingat, namun seringkali kita melupakan fungsinya meskipun mungkin kita tahu bahwa nomor 110 ini merupakan nomor layanan darurat.

Jadi, 110 nomor apa, nomor darurat apa? Kami akan jelaskan tentang nomor ini di bawah dan kami juga akan jelaskan cara penggunaannya sebagai pedoman kamu saat diharuskan menelpon kontak darurat 110 ini.

110 Nomor Apa?

Saat kita mendengar ataupun melihat nomor 110 secara tidak sengaja, entah itu tiba-tiba ada di novel yang sedang kita baca, atau pun tiba-tiba ada di buku kontak kita, tentunya kita akan bertanya 110 nomor apa. Hal pertama yang akan terlintas dalam pikiran kita pastilah antara Call Center dan layanan darurat.

Kita diharuskan mengidentifikasi serta memahami kontak 110 yang muncul ini terlebih dahulu karena kita tidak boleh bermain-main dengan kontak tersebut. Karena hal tersebut selain memang tidak bisa dibenarkan, hal itu bisa menimbulkan kerugian di kedua belah pihak. Contohnya, menimbulkan kesulitan bagi petugas terkait, dan bisa saja menyeret kita ke masalah yang tidak kita inginkan.

Jadi, 110 nomor apa? Jawabannya 110 adalah layanan darurat untuk kantor polisi. Kontak atau layanan darurat ini diperuntukkan untuk kamu yang mengalami masalah seperti perampokan, pencurian, penculikan, penipuan, laporan kecelakaan, dan laporan tindak kriminal lainnya yang terjadi disekitar kamu. Kita bisa meminta bantuan polisi untuk mengidentifikasi masalah dan meminta penyelesaiannya.

Setelah mengetahui bahwa 110 adalah layanan darurat, kita tentulah tidak diperbolehkan untuk bermain-main dengan nomor tersebut. Bermain-main di sini bisa berupa panggilan iseng, panggilan yang menyatakan ada masalah padahal tidak, atau panggilan lain yang berpotensi bisa mengganggu aktivitas layanan.

110 Nomor Darurat Apa?

Seperti yang sudah dibahas di atas, 110 adalah salah satu kontak atau nomor darurat yang berlaku di Indonesia. Kontak ini memiliki tiga angka dengan tujuan agar masyarakat dapat lebih mudah mengingat kontak darurat tersebut. Namun, beberapa dari kita seringkali lupa perihal 110 nomor darurat apa.

Jadi, 110 nomor darurat apa? Sudah juga kami bahas di atas bahwa 110 merupakan nomor darurat untuk polisi. Kontak ini dapat digunakan saat kamu mengalami atau mendapati peristiwa kriminal yang ada di sekitar kamu.

Layanan 110 ini dapat memberikan layanan perihal informasi dan pelaporan adanya bencana, kecelakaan, kerusuhan, dll, atau pengaduan tentang tindak kekerasan, penghinaan, ancaman, dll.

Cara Menggunakan Nomor 110

Mendapati peristiwa tidak menyenangkan tentu saja membuat kita panik. Namun, untuk meminta bantuan kepada pihak terkait, kita justru diharuskan untuk tetap tenang. Hal inilah yang harus kita perhatikan saat menggunakan layanan kontak darurat.

Di bawah ini adalah cara menggunakan nomor 110 yang bisa kamu ikuti.

  • Pastikan handphone mendapatkan jaringan atau sinyal telepon
  • Buka menu panggil lalu ketik 110 dan mulailah melakukan panggilan
  • Tunggu hingga panggilan kamu tersambung dengan operator kontak darurat 110
  • Saat operator menjawab, operator pun akan bertanya tentang hal darurat apa yang ingin kamu laporkan
  • Pastikan untuk tetap tenang dan jelaskan apa yang ingin kamu laporkan secara runtut dan jelas
  • Berikan informasi lain yang dibutuhkan operator, dan tetap pastikan untuk tidak panik
  • Jika operator memberikan petunjuk, ikuti petunjuk dan arahan sesuai yang diberikan operator
  • Tunggu sampai petugas terkait datang

Tips Saat Menghubungi Kontak Darurat

Dalam kondisi darurat apapun, memang tidaklah mudah untuk berpikir jernih. Sudah bagus jika kamu berpikir untuk meminta bantuan dengan menelpon kontak darurat. Namun, karena panik, kita bisa saja mengalami masalah seperti sulit berbicara, menangis tiada henti atau tergagap.

Karena itulah ada beberapa tips saat menghubungi kontak darurat yang kami tuliskan di bawah ini sebagai pedoman jika kamu mengalami situasi tidak terduga.

1. Usahakan Tetap Tenang

Cobalah untuk tetap tenang saat menelepon kontak darurat. Bisa dengan mengatur nafas terlebih dahulu lalu cobalah perlahan menjelaskan situasi darurat yang sedang terjadi ke operator di seberang telepon. Penjelasan yang tenang dapat dengan mudah dipahami oleh operator.

2. Lihat Kondisi Sekitar

Hal ini berlaku jika kamu berada di daerah yang tidak kamu kenal. Operator pastilah akan menanyakan lokasi kamu agar petugas dapat dengan mudah menghampiri kamu. Kamu bisa gunakan patokan seperti gedung, marka jalan, pohon, dan lainnya yang bisa jadi acuan kamu dan jelaskan dengan perlahan kepada operator.

3. Ajari Anak Kontak Darurat

Saat menghadapi situasi darurat, biasanya anak-anak hanya akan menangis panik. Untuk itu, para orang tua wajib mengajari anak kontak darurat. Mulai dari mengajarkan mengingat nama sendiri, nama orang tua, hingga alamat tempat tinggal. Lalu ajari anak untuk menelpon kontak darurat dan menghafal kontak darurat.

Nomor Kontak Darurat di Indonesia

Ada banyak nomor kontak darurat di Indonesia yang berlaku saat ini, dan kami sudah buatkan daftar tersebut ke dalam tabel di bawah ini.

Nomor TeleponKeterangan
118 dan 119Kontak Darurat Ambulans
113 dan 1131Kontak Darurat Pemadam Kebakaran
110Kontak Darurat Polisi
115Kontak Darurat Basarnas
129Kontak Darurat Poko Bencana Alam
123PLN
112Layanan Panggilan Darurat

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan atas pertanyaan 110 nomor apa, dan 110 nomor darurat apa, 110 merupakan nomor darurat atau kontak darurat untuk Polisi. Kontak darurat ini diperuntukkan untuk kamu yang mengalami kondisi darurat atau ingin melaporkan kondisi darurat, misalnya situasi yang berhubungan dengan kriminalitas.

Selain itu, 110 juga bisa kamu gunakan untuk pelaporan adanya bencana, kecelakaan, kerusuhan, dll. Atau pengaduan tindak kekerasan, ancaman, penghinaan, dll. Karena itulah, kontak 110 ini tidak boleh digunakan untuk telepon iseng atau telepon main-main.

Kami juga sudah menjelaskan tata cara menelepon kontak darurat 110. Kuncinya adalah untuk tetap tenang agar kamu bisa lebih mudah menjelaskan kondisi atau situasi yang berkaitan dengan masalah yang sedang kamu hadapi.

Jadi kesimpulan secara keseluruhan, 110 nomor apa dan 110 nomor darurat apa, 110 merupakan nomor darurat atau kontak darurat dan 110 ini merupakan nomor panggilan darurat untuk kita meminta bantuan kepada Polisi perihal situasi kriminal yang terjadi pada kita atau yang terjadi disekitar kita. Operator akan membantu kita dan petugas terkait akan didatangkan ke lokasi kita.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste