Apakah kamu ingin mendesain iklan penawaran? Simak beberapa contoh iklan penawaran menarik berikut ini jika ingin mendapatkan referensi.
Iklan sudah menjadi bagian dari strategi marketing yang semakin mudah ditemui dimana pun dalam berbagai jenis.
Salah satu yang cukup familiar adalah iklan penawaran, jenis iklan ini dirancang untuk promosi produk atau jasa. Iklan penawaran bisa ditemukan di berbagai media, seperti televisi, radio, surat kabar, dan internet dalam bentuk gambar ataupun video.
Biasanya iklan ini ditujukan pada calon konsumen agar terbujuk untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Simak penjelasan tentang iklan penawaran, tujuan, manfaat, serta beberapa contoh iklan penawaran berikut ini.
Daftar ISI
- Apa itu Iklan Penawaran?
- Isi Iklan Penawaran
- Tujuan Iklan Penawaran
- Ciri Iklan Penawaran
- Manfaat Iklan Penawaran
- Cara Membuat Iklan Penawaran yang Menarik
- Contoh Iklan Penawaran
- 1. Contoh Iklan Penawaran Produk Makanan
- 2. Contoh Iklan Penawaran Produk Minuman
- 3. Contoh Iklan Penawaran Produk Kecantikan
- 4. Contoh Iklan Penawaran Produk Kesehatan
- 5. Contoh Iklan Penawaran Produk Kebersihan
- 6. Contoh Iklan Penawaran Produk Elektronik
- 7. Contoh Iklan Penawaran Produk Pakaian
- 8. Contoh Iklan Penawaran Produk Kendaraan
- 9. Iklan Penawaran Produk Bumbu atau Pelengkap Makanan
- 10.Iklan Penawaran Produk Ibu Hamil
- 11. Iklan Penawaran Produk Bayi
- 12. Iklan Penawaran Layanan Bimbingan Belajar
- 13. Iklan Penawaran Layanan Perbankan
- 14. Iklan Penawaran Layanan Transportasi
- 15. Iklan Penawaran Layanan Ekspedisi
Apa itu Iklan Penawaran?
Iklan penawaran adalah jenis iklan yang bertujuan untuk menawarkan suatu barang atau layanan jasa tertentu.
Lewat iklan penawaran, brand atau perusahaan yang memasang iklan berharap agar calon konsumen merasa tertarik dan ingin mencoba.
Isi Iklan Penawaran
Meski sudah sering melihat, tetapi tidak ada salahnya untuk mengetahui isi iklan penawaran.
Pada dasarnya, iklan penawaran berisikan penawaran menarik dari suatu produk dan/atau jasa dari merek tertentu.
Bahkan dalam kasus tertentu, iklan penawaran tidak melulu tentang produk atau jasa tapi juga menyasar kerjasama dengan pihak tertentu.
Tujuan Iklan Penawaran
Selain untuk menawarkan, ada tujuan iklan penawaran yang perlu diketahui. Berikut ini adalah beberapa tujuan dari iklan penawaran, diantaranya:
- Memberitahukan kepada khalayak ramai tentang suatu produk atau jasa.
- Menyarankan seseorang untuk membeli dan menggunakan suatu produk atau jasa yang diiklankan.
- Memberi informasi tentang produk atau jasa.
- Menarik khalayak ramai melalui iklan penawaran dalam bentuk even.
- Menarik perhatian calon konsumen.
- Memancing adanya transaksi penjualan produk atau jasa.
- Produk yang diiklankan lebih dikenal oleh masyarakat luas.
- Konsumen baru semakin bertambah sehingga meningkatkan angka penjualan produk yang diiklankan.
- Keuntungan pihak pengiklan akan meningkat karena penjualan produk yang diiklankan.
- Meningkatkan brand awareness atau kemampuan konsumen mengenali sebuah merek tertentu.
Ciri Iklan Penawaran
Iklan penawaran sudah menjadi bagian dari strategi pemasaran untuk meningkatkan penjualan, promosi, dan tujuan bisnis lainnya.
Demi menggaet calon konsumen, iklan penawaran menerapkan bentuk promo produk, diskon, sampai voucher.
Lalu, apa saja ciri iklan penawaran yang penting untuk dikenali? Berikut beberapa ciri umum iklan penawaran:
- Berisi informasi produk atau jasa untuk menarik konsumen.
- Ada kecenderungan publikasi di media digital.
- Umumnya berbentuk gambar, poster dan video interaktif.
- Terlibatnya pembayaran ruang untuk keperluan pemasaran.
Manfaat Iklan Penawaran
Bukan hanya memiliki tujuan tertentu, iklan penawaran juga mempunyai manfaat bagi brand atau bisnis.
Berikut adalah beberapa manfaat iklan penawaran yang perlu diketahui:
1. Mengenalkan Produk
Dengan adanya iklan penawaran, harapan sebuah brand atau merek dagang bisa dikenal masyarakat luas akan semakin meningkat.
Iklan akan membangun product lifecycle, tahapan proses perjalanan suatu produk dari awal diperkenalkan hingga menghilang dari pasaran.
2. Mewujudkan Demand
Demand atau permintaan menjadi salah satu bagian penting dari bisnis agar produk atau jasa yang dimiliki bisa dijual atau dipasarkan.
Di sinilah letak manfaat iklan penawaran yang menjelasakan keunggulan produk atau jasa untuk meningkatkan demand yang sesuai harapan.
3. Dapat Bersaing dengan Kompetitor
Persaingan dalam dunia bisnis memang lumrah terjadi. Jadi, penting untuk mengenalkan kualitas produk atau jasa agar bisa bersaing dengan kompetitor.
Hal inilah yang menjadi manfaat dari iklan penawaran. Masyarakat akan ‘teredukasi’ lewat iklan dan terpengaruh untuk menggunakan produk atau jasa yang diiklankan.
Cara Membuat Iklan Penawaran yang Menarik
Setelah kamu mengetahui pengertian, tujuan, ciri, hingga manfaat dari iklan penawaran, saatnya kamu mengetahui cara membuat iklan penawaran.
Tidak jauh berbeda dengan iklan pada umumnya, berikut beberapa cara membuat iklan penawaran yang menarik.
1. Menyiapkan Strategi Marketing
Cara pertama untuk membuat iklan penawaran yaitu dengan menyiapkan strategi pemasaran. Kenali karakteristik target pasar, mulai dari usia, gender, demografi, pekerjaan, pendidikan, status sosial. Perhatikan juga citra jangka panjang perusahaan dan persaingan iklan dengan kompetitor dalam pembuatan iklan penawaran.
2. Pilih Media yang Cocok
Perkembangan zaman turut memengaruhi pemadangan iklan penawran yang kini semakin mengarah ke media digital.
Pilih media yang paling efektif, seperti sosial media, saat membuat iklan penawaran. Namun, media lain juga masih berdampak positif bergantung kebutuhan dan budget iklan.
3. Riset Tren yang Viral atau Berpotensi Populer
Cara membuat iklan penawaran yang kreatif berikutnya yaitu dengan melakukan riset tren iklan yang berpotensi viral atau populer.
Kamu bisa menggunakan beberapa strategi untuk melakukannya, seperti riset konten di Google Trends. Lalu, sesuaikan dengan calon konsumen mana yang disasar.
4. Buat Judul dan Isi yang Menarik
Membuat judul dan isi iklan semenarik mungkin akan menjadi langkah pembuatan iklan penawaran yang terbaik selanjutnya.
Hal ini akan memicu rasa penasaran, terelebih jika ada promosi asal yang menarik perhatian audiens, seperti potongan harga, cashback, gratis ongkos kirim, atau buy 1 get 1.
5. Call to Action (CTA)
Strategi Call to Action (CTA) masih menjadi cara membuat iklan penawaran yang efektif. Misalnya, penggunaan kalimat persuasif seperti “Follow sosial media kami untuk mendapatkan promosi menarik lainnya”
Contoh Iklan Penawaran
Nah, sebagai referensi, berikut ini beberapa contoh iklan penawaran yang bisa kamu pelajari, baik produk maupun layanan atau jasa.
1. Contoh Iklan Penawaran Produk Makanan
Contoh iklan penawaran produk makanan ini memberikan pesan bahwa “menikmati makanan bukan hanya urusan rasa tetapi juga kenyamanan”. Perasaan santai yang membawa kehangatan menjadi daya tarik yang ditawarkan.
2. Contoh Iklan Penawaran Produk Minuman
Minuman soda identik dengan kegembiraan dan berkumpul bersama orang terdekat. Disini tagline berbagai menjadi menonjol ditambah dua botol yang digenggam dua orang sebagai lambang kebersamaan.
3. Contoh Iklan Penawaran Produk Kecantikan
Tagar produk makeup ini menonjolkan nilai jual pangsa pasar terbesar di Indonesia. Hal ini akan mendatangkan kenyamanan untuk pertimbangan memilih produk sekaligus ikon keberagaman yang ikut ditonjolkan.
4. Contoh Iklan Penawaran Produk Kesehatan
Bukan hanya ‘orang pintar’ yang berkesan, sekarang ‘anak pintar’ pun dijadikan sasaran konsumen produk kesehatan yang satu ini. Selain sehat, impact dari label ‘pintar’ yang ditawarkan akan memengaruhi pilihan konsumen.
5. Contoh Iklan Penawaran Produk Kebersihan
Menjaga kebersihan sering menjadi PR bagi anak-anak yang cenderung suka kotor. Tagline ‘hari anti kuman’ seolah jadi penyelamat ditambah public figure yang dekat seorang tokoh pemerhati anak.
6. Contoh Iklan Penawaran Produk Elektronik
Memilih barang elektronik tidak lepas dari pertimbangan kualitas dan garansi yang ditawarkan. Dalam iklan ini, konsumen digiring untuk tidak merasa galau dalam jangka waktu tertentu.
7. Contoh Iklan Penawaran Produk Pakaian
Produk pakaian biasanya ‘menjual’ kualitas bahan dan kenyamanan saat dipakai. Namun, iklan ini juga semakin mengena karena bisa menyasar pasar lintas generasi.
8. Contoh Iklan Penawaran Produk Kendaraan
Kendaraan menjelma menjadi kebutuhan tak terpisahkan untuk kemudahan hidup. Nilai jual iklan ini terletak untuk pasar Indonesia yang seolah sudah disiapkan merek ini jika ingin membeli mobil.
9. Iklan Penawaran Produk Bumbu atau Pelengkap Makanan
Bawang identik denga Brebes dan figure ternama di bidang kuliner jadi wakil produk ini. Perpaduan lokal dan pemengaruh di dunia hiburan menjadi daya tarik tersendiri.
10.Iklan Penawaran Produk Ibu Hamil
Nutrisi menjadi pertimbangan penting jika berbicara produk yang dikonsumsi ibu hamil. Ketepatan sasaran yang mengunggulkan kelengkapan nutrisi untuk ibu dan anak mampu mengarahkan pilihan konsumen pada produk ini.
11. Iklan Penawaran Produk Bayi
Menjadi pioneer tidak selalu cukup. Tidak heran jika penawaran label ‘kebanggaan ibu’ dijadikan penegas untuk memilih produk ini. Belum lagi diskon yang ditawarkan akan cukup sulit untuk ditolak konsumen.
12. Iklan Penawaran Layanan Bimbingan Belajar
Kemudahan bimbingan belajar online memang cukup populer. Dalam iklan ini cara belajar yang seru dan kualitas pembelajaran menjadi nilai penawaran terbaik. Selain itu, tentu saja pilihan influencer yang menjadi role model.
13. Iklan Penawaran Layanan Perbankan
Layanan perbankan juga melakukan upgrade lewat meraup nasabah baru dengan sistem membuka rekening tanpa datang ke bank. Penawaran ini jelas dan tidak berbelit-belit hingga konsumen bisa mendapat informasi yang lengkap.
14. Iklan Penawaran Layanan Transportasi
Transportasi online adalah bentuk kemudahan dan kemajuan teknologi. Satu hal yang menarik adalah model iklan yang dipilih merupakan idola anak muda. Target pasarnya jadi semakin jelas untuk memilih brand ini.
15. Iklan Penawaran Layanan Ekspedisi
Penawaran untuk mendapatkan layanan premium menjadi ide besar iklan ini. Jaminan yang diberikan juga turut disampaikan hingga konsumen merasa yakin untuk memilih brand ini dibanding kompetitor.
Itulah beberapa contoh iklan penawaran yang bisa dijadikan referensi ketika ingin mendapatkan inspirasi saat akan membuat iklan penawaran.