Apa kamu ingin bisa membuat iklan sendiri? Simak contoh membuat iklan yang menarik beserta penjelasannya berikut ini.
Iklan adalah salah satu metode promosi yang banyak digunakan dalam strategi pemasaran produk barang maupun jasa.
Dalam pembuatannya, ada cara-cara tertentu yang perlu diperhatikan agar iklan mampu menarik audiens.
Bahkan beda jenis iklan juga akan membuat perbedaan dalam metode pembuatan dan penyampaiannya.
Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut, berikut beberapa contoh membuat iklan yang menarik beserta penjelasan sebagai referensi.
Daftar ISI
Syarat Membuat Iklan
Dalam membuat iklan, penting untuk mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus diperhatikan oleh pembuat iklan.
Ada beberapa syarat membuat iklan yang harus dipenuhi, yaitu sebagai berikut.
- Jujur dan objektif dalam memasarkan produk.
- Pesan iklan harus singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami.
- Tidak boleh menyinggung pihak lain atau kompetitor.
- Tepat sasaran sesuai segmentasi.
- Menggunakan kalimat menarik yang kreatif dan berkesan.
Hal-hal yang Disiapkan untuk Membuat Iklan
Jika ingin menghasilkan iklan yang menarik, penting untuk membuat persiapan yang matang.
Berikut hal-hal yang disiapkan untuk membuat iklan agar sukses membangkitkan minat konsumen.
- Riset pasar untuk mengidentifikasi kebutuhan konsumen dan peluang baru.
- Penentuan produk atau jasa yang akan diiklankan.
- Pemilihan media yang menjadi tempat beriklan.
- Penentuan format iklan yang sesuai, baik penggunaan model atau animasi hingga pembuatan slogan.
- Pembuatan storyboard.
- Pengambilan gambar.
- Penyuntingan gambar.
- Publikasi.
Tips Membuat Teks Iklan
Teks iklan atau kalimat slogan memang berpengaruh besar dalam kesuksesan promosi, baik barang maupun jasa.
Pasca publikasi, teks iklan seringkali menjadi magnet sekaligun alat yang mampu memengaruhi keputusan konsumen.
Oleh karena itu, penting untuk menerapkan tips membuat teks iklan yang efektif berikut ini.
1. Sampaikan Pesan dengan Kalimat Yang Jelas
Tips pertama membuat teks iklan adalah penggunaan kalimat yang jelas dalam penyampaiannya.
Konsumen harus dibuat paham dengan hal-hal terkait produk yang diiklankan.
2. Pemilihan Kalimat Harus Relevan
Tips membuat teks untuk iklan selanjutnya relevansi dalam menyampaikan pesan iklan melalui kalimat.
Dalam hal ini penggunaan gaya bahasa dituntut lebih fleksibel sesuai karakter produk dan target pasar.
3. Judul dan Deskripsi Harus Sesuai
Pembuat iklan juga harus memastikan kontennya koheren.
Artinya, baik kalimat headline maupun deskripsi detail lainnya harus sesuai.
4. Buat Tagline Yang Menarik
Tagline adalah nila jual sebuah iklan hingga pemilihan diksinya harus dipikirkan dengan baik.
Umumnya, audiens mudah terpikat dengan slogan unik dan berkesan hingga produk yang ditawarkan juga terus diingat.
Cara Membuat Iklan yang Menarik dan Efektif
Sebelum beralih pada contoh membuat iklan, ada baiknya untuk mengetahui cara-caranya lebih dahulu.
Berikut beberapa cara membuat iklan yang menarik dan efektif.
1. Tentukan Tujuan Iklan
Cara pertama membuat iklan yang menarik adalah menentukan tujuan dibuatnya iklan tersebut.
Langkah ini akan menjadi tolak ukur efektivitas iklan di berbagai media yang digunakan dan interaksi dengan pelanggan.
2. Pilih Media Iklan Yang Tepat
Cara selanjutnya dalam membuat iklan yaitu menentukan media yang ingin digunakan, apakah melalui media cetak, elektronik, atau online.
Pasalnya, setiap media memiliki kelebihan masing-masing dan karakter yang berbeda-beda.
Pemilihan media iklan akan berpengaruh pada jangkauan target konsumen yang didapat.
3. Tentukan Jenis Konten
Menentukan jenis konten akan menjadi cara membuat iklan yang efektif berikutnya.
Konten yang dibuat harus menyesuaikan dnegan media dan target pasar yang ingin dijangkau.
4. Perhatikan Detail Desain
Desain iklan yang merupakan visualisasi ide dan tujuan yang ingin disampaikan menjadi faktor penting.
Oleh karena itu, perhatikan penggunaan font, gaya penulisan, logo produk, konsistensi warna, dan detail lainnya saat membuat iklan.
5. Gunakan Kalimat Persuasif
Penggunaan kalimat persuasif juga bisa menjadi cara ampuh membuat iklan yang menarik di mata konsumen.
Pilih diksi yang sifatnya mengajak dan membujuk agar konsumen tertarik untuk membeli produk.
6. Buat Tagline
Cara untuk membuat iklan yang menarik berikutnya adalah membuat tagline yang berkesan, lugas, dan tepat sasaran.
Sesuaikan dengan karakteristik produk sebagai representasi merek dan gaya bahasa target konsumen yang ingin dicapai.
Selain itu, ditampilkan tagline sebagai fokus utama agar langsung menarik perhatian konsumen.
7. Buat Penawaran Menarik
Cara yang tidak kalah efektif dalam membuat iklan adalah penawaran menarik yang diberikan kepada konsumen.
Entah itu promo harga murah, diskon, atau paket bundling, pilih yang paling sesuai dan diminati target pasar yang dituju.
Umumnya, tawaran yang diberikan seperti seperti buy 1 get 1, potongan harga, gratis ongkir, cashback, atau sejenisnya.
8. Kolaborasi Dengan Influencer atau Public Figure
Mengajak influencer atau public figure sebagai langkah kolaborasi juga cukup efektif mendongkrak popularitas iklan.
Cara ini juga akan memperluas jangkauan pasar karena tokoh yang dipilih memiliki pengikut atau fans.
Contoh Membuat Iklan yang Menarik
Jika sudah mengetahui pnejelasan sebelumnya, melihat contoh langsung akan semakin memudahkan pemahaman.
Berikut beberapa contoh membuat iklan yang menarik untuk disimak dan dianalisis.
1. Contoh Membuat Iklan Makanan
Cukup banyak iklan produk makanan yang beredar hingga para content creator pun saling beradu kreativitas.
Bahkan pemiliki merek juga terus membuat inovasi demi meraih konsumen dan mendapatkan kesetiaan pelanggan.
Salah satunya terlihat dalam contoh membuat iklan makanan di atas yang memilih promo harga murah dan hadiah gratis.
Strategi pemasaran semacam ini memang terbilang selalu sukses menggaet konsumen.
Kata kunci “GRATIS”, “SPECIAL PRICE”, dan “SUPER BESAR” akan langsung menjadi daya tarik utama.
2. Contoh Membuat Iklan Minuman
Nilai jual dalam contoh membuat iklan minuman tersebut adalah tagline ikonik dari produknya sendiri.
Meski banyak produk serupa yang beredar di pasaran dan punya daya saring tinggi, tetapi kalimat slogan Teh Botol Sosro terlanjur ‘melegenda’.
“Apapun Makanannya, Minumnya Teh Botol Sosro” menjadi kalimat persiasif yang terus diingat konsumen saat makan apa pun.
3. Contoh Membuat Iklan Lowongan Pekerjaan
Bicara contoh membuat iklan lowongan pekerjaan yang menarik, pasti tidak lepas dari penawaran yang tercantum dalam iklan.
Dimulai dari headline “Lowongan Kerja” dengan huruf kapital akan langsung menarik perhatian job seeker.
Sedikit informasi tentang profil perusahaan juga disampaikan sebagai bentuk kredibilitas.
Jabatan atau posisi yang dibutuhkan lengkap dengan persyaratan dan kualifikasi juga dicantumkan lengkap.
Selain alamat dan deadline pengiriman lamaran, poin penting yang tidak kalah menarik adalah penawaran gaji yang akan didapatkan nanti.
Umumnya, gaji akan disampaikan saat proses interview hingga pencantuman di iklan akan langsung meenjadi daya tarik utama.
4. Contoh Membuat Iklan dalam Bahasa Inggris
Poin penting dalam contoh membuat iklan dalam Bahasa Inggris di atas adalah target pasar yang ingin dijangkau.
Penggemar K-Pop, terutama girl group Blackpink, yang cukup banyak ingin dipengaruhi untuk membeli produk ini.
Konsepnya pun terbilang relevan dengan visualisasi warna pink tanpa melupakan gambar dan logo produk yang ditawarkan.
Kata kunci yang menjadi daya pikat juga terletak pada “Blackpink Exclusive Cup” dan “Limited Edition”.
Dua kata ini menadakan eksklusivitas yang cenderung akan menjadi kebanggaan konsumen saat medapatkannya.
5. Contoh Membuat Iklan Layanan Masyarakat
Dalam Contoh membuat iklan layanan masyarakat di atas, ada poin penting yang terbilang menarik.
Anak sekolah memang sering terlibat dengan masalah lalu lintas hingga cara pendekatan dalam menasihati melalui iklan pun harus relevan.
Fokusnya buka pada cara berlalu lintas yang tertib, tetapi tagline iklan yang menggelitik.
“Jatuh Di Aspal Tidak Seindah Jatuh Cinta” dan “Kamu Mau Bercanda Sama Malaikat Maut?” menjadi dua kalimat pesan iklan yang unik.
Target iklan yang umumnya masih remaja cenderung dekat dengan momen jatuh cinta hingga ajakannya pun masuk lewat celah ini.
Selain itu, ‘hobi’ mereka yang suka bercanda juga disentil dengan visualisasi malaikat maut sebagai trigger warning.
6. Contoh Membuat Iklan Media Cetak
Banyak ragam iklan media cetak yang mudah ditemukan di sekitar, salah satunya spanduk.
Dalam contoh membuat iklan media cetak, unsur yang penting adalah pemilihan fokus headline yang tepat.
Mulai dari diksi, ukuran font, sampai kombinasi warna yang jelas akan menjadi daya tarik utama.
Terlabih untuk spanduk yang seringkali ditemui di pinggir jalan utama, kata kuncinya harus terbaca jelas dan informasinya tersampaikan lengkap.
7. Contoh Membuat Iklan Elektronik
Umumnya, iklan elektronik banyak muncul di media telivisi untuk beragam produk barang maupun jasa.
Sebagai contoh membuat iklan elektronik yang efektif, konsep iklan dengan pembuatan storyboard yang matang akan mengindikasi kesuksesan iklan dan produk itu sendiri.
Biasanya, memaksimalkan promosi produk pun masih ditambah dengan kolaborasi bersama public figure sebagai brand ambassador.
Nah, itulah beberapa contoh membuat iklan yang menarik beserta penjelasan yang sudah kami rangkum sebagai referensi.
Dengan memahami cara membuat iklan lengkap dengan contohnya, kamu akan bisa memulai rancangan iklan versimu sendiri.