Jika kamu pernah memperhatikan contoh iklan pariwisata di berbagai media, pasti sudah tidak asing dengan konsep dan tujuan yang ingin disampaikan.
Iklan pariwisata adalah salah satu metode pemasaran yang bertujuan untuk memperkenalkan destinasi wisata tertentu kepada khalayak.
Umumnya, langkah promosi ini diambil para pemilik usaha agar bisnis di dunia wisata yang dibangun atau dikembangkan bisa semakin dikenal.
Iklan juga dianggap sebagai langkah promosi yang efektif untuk memberitahukan, membujuk, dan menarik minat wisatawan agar mau berkunjung.
Demi memudahkan pemahaman lebih lanjut, simak contoh iklan pariwisata beserta gambar dan penjelasannya berikut ini.
Daftar ISI
Jenis Promosi Iklan Pariwisata
Setiap iklan pasti memiliki langkah promosinya masing-masing sesuai produk yang diitawarkan atau ingin dikenalkan.
Dalam iklan pariwisata, jenis promosi yang dipilih biasanya dipengaruhi oleh target audiens dan karakter destinasi wisata itu sendiri,
Berikut ini dua jenis promosi iklan pariwisata yang penting untuk diketahui dan sering diterapkan oleh pembuat iklan.
1. Promosi Langsung
Jenis promosi langsung dari iklan pariwisata biasanya menyasar konsumen atau wisatawan tanpa menggunakan perantara.
Ada tim khusus yang dibentuk untuk memasarkan destinasi wisata dengan menggunakan alat peraga sebagai display.
Cukup banyak pemilik usaha yang masih menerapkan cara ini, misalnya datang ke pusat keramaian untuk menarik perhatian orang-orang di sekitar.
Kesempatan berkomunikasi secara langsung dengan konsumen dimanfaatkan untuk memberikan brosur, pamflet, dan banner atau voucher hingga tiket masuk gratis.
2. Promosi Tidak Langsung
Berkebalingan dengan promo langsung, metode promosi tidak langsung menggunakan perantara demi mendekati konsumen.
Dalam hal ini, para pemilik usaha akan bekerja sama dengan pihak ketiga untuk mempromosikannya destinasi wisata miliknya.
Strategi Pemasaran dalam Iklan Pariwisata
Beragam strategi pemasaran dalam iklan pariwisata dibuat untuk menggaet banyak wisatawan tertarik dan mau datang, diantaranya sebagai berikut.
1. Membangun Identitas Tempat Wisata
Strategi pemasaran utama dalam iklan pariwisata adalah membangun identitas. Sampaikan informasi menarik dari destinasi wisata yang ingin diperkenalkan, misalnya wahana yang dimiliki, kelengkapan fasilitas yang ada, lokasi yang strategis, dan lain sebagainya.
Sampaikan juga keunikan yang dimiliki dibanding destinasi wisata serupa lainnya. Hal ini akan menjadi pertimbangan wisatawan untuk berkunjung karena merasa tertarik atau penasaran dengan tempat wisata dalam iklan.
2. Menentukan Target Pasar
Langkah selanjutnya yang tidak kalah penting dalam promosi iklan wisata yaitu menentukan target pasar. Hal ini akan membantu pengelola mengenali konsumennya hingga informasi yang disampaikan bisa tepat sasaran.
Misalnya, jika tempat wisata menargetkan pegunjung anak-anak, bahasanya harus dibuat sederhana dan maksimalkan visualisasi yang menonjol.
3. Menetapkan Harga yang Bersaing
Penetapan harga adalah salah satu strategi pemasaran dalam iklan wisata yang wajib dilakukan. Harga tersebut menjadi cerminan dari penawaran fasilitas untuk pengunjung.
Dari sini wisatawan bisa menilai apakah harga yang ditetapkan oleh pengelola sepadan dengan apa yang bisa mereka nikmati. Bisa juga dengan menawarkan harga paket untuk menarik minat pengunjung, seperti paket wahana atau paket keluarga.
4. Memanfaatkan Media Sosial
Memanfaatkan media sosial juga bisa menjadi strategi pemasaran dalam iklan wisata yang efektif. Buat konten yang menarik sebagai langkah promosi destinasi wisata.
Konten berupa kondisi riil destinasi wisata akan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang ingin mengetahui gambaran lokasinya lebih dulu.
Bahkan testimoni pengunjung juga bisa dijadikan materi branding, baik berupa foto maupun video yang diunggah di media sosial.
Selain itu, pihak pengelola juga bisa menggandeng influencer untuk mempromosikan tempat wisata. Langkah ini akan membuat masyarakat tertarik untuk segera berkunjung.
5. Pilih Duta Wisata
Duta wisata menjadi penting saat fungsinya sebagai ikon wakil daerah yang memberikan informasi seputar wisata dijalankan dengan benar. Prosen pemilihannya sendiri mengedepankan kemampuan tentang wawasan pariwisata lokal.
Jadi, tidak heran jika kemana pun duta wisata terpilih pergi, mereka akan menyampaikan informasi terkait dengan destinasi wisata di daerahnya. Cara promosi ini ibarat iklan berjalan hingga mampu memperluas jangkauan target pasarnya.
6. Bekerja Sama dengan Investor
Bekerja sama dengan investor akan mendorong proses pengembangan tempat wisata agar semakin baik. Selain pengelolaannya lebih terstruktur, investor juga akan membantu branding bisnis wisatanya tersebut.
Dengan branding yang tepat, jumlah wisatawan yang berkunjung akan meningkat dan destinasi wisata menjadi semakin populer. Sedangkan dari segi bisnis, langkah tersebur akan mendatangkan profit bagi investor.
Contoh Iklan Pariwisata yang Menarik
Setelah mengetahui strategi pemasaran yang sering diterapkan demi menggaet wisatawan, kini saatnya mengenali contoh langsungnya.
Berikut beberapa contoh iklan pariwisata yang menarik sebagai referensi.
1. Explore Gunungkidul
Dalam contoh gambar iklan pariwisata di atas, headline yang digunakan cukup khas dang langsung menggunakan nama destinasi wisata yang dituju, yaitu “Come & Eksplore Gunungkidul”.
Melalui kalimat iklan ini, masyarakat langsung tahu jika lokasi destinasi wisata yang ditawarkan. Visualisasi iklan juga didukung dengan gambar yang relevan untuk menarik minat wisatawan.
Dalam iklan juga diinformasukan instansi terkait yang membuat promosi ini sebagai rangkaian penawaran wisata lokal dalam tajuk “Pesona Indonesia”.
2. Iklan Wisata Air
Cukup banyak destinasi wisata air seperti Waterland atau Waterboom yang melakukan promosi melalui iklan, salah satunya contoh iklan wisata waterland Mojokerto di atas.
Selain nama tujuan wisata yang dijadikan judul iklan, informasi tentang fasilitas yang dimiliki juga disampaikan dengan detail.
Hal ini akan membuat masyarakat tertarik dan ingin segera berkunjung. Tidak lupa alamat destinasi wisata juga dicantumkan dalam iklan.
3. Iklan Pariwisata Promo Ulang Tahun
Selanjutnya, ada contoh iklan pariwisata dari The Jungle Bogor yang mengusung promo ulang tahun. Dalam iklan dijelaskan jika promo gratis ini ditujukan bagi wisatawan yang berulang tahun pada periode bulan Oktober.
Bahkan dua orang pendamping juga mendapat harga khusus, baik saat datang di hari biasa maupun weekend. Syarat yang diberlakukan juga disampaikan dalam iklan, seperti membawa fotocopy kartu identitas.
Selain itu, visual iklan juga tapak menarik dengan kombinasi warna yang cerah dan ornamen bertema hutan yang relevan dengan destinasi wisatanya.
4. Iklan Pariwisata Borobudur
Borobudur masih menjadi tujuan wisata favorit banyak orang, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Namun, langkah promosi dari pemerintah tetap dijalankan, salah satunya melalui contoh iklan pariwisata Borobudur tersebut.
Ada promo tiket dengan diskon khusus yang diberlakukan sesuai ketentuan hari berkunjung. Dalam iklan juga disampaikan jika promo ini berlaku untuk tiket masuk wisatawan umum, kecuali rombongan pelajar.
Gambar Borobudur menjadi visual iklan ditonjolkan. Selain itu, jam kunjungan dan periode promo juga tercantum jelas dalam iklan.
5. Iklan Pariwisata Kepulauan Seribu
Daya tarik wisata pantai memang selalu sukses menggaet wisatawan hingga promosi melalui contoh iklan pantai selalu efektif.
Dalam iklan tersebut, gambar pantai mendominasi dengan judul “Explore 3 Pulau di Kepulauan Seribu” lengkap dengan nama pulau yang menjadi tujuan wisatanya.
Tidak kalah menarik, harga khusus untuk wisata ke pulau ini juga disampaikan dalam iklan lengkap dengan trik psikologis yang menyantumkan harga normal sebelum promo.
Terakhir, ada kalimat persuasif “Booking Now, Limited Seat” yang menjadi dorongan untuk wisatawan agar segera memesan paket wisata ini sebelum kehabisan kuota.
6. Iklan Pariwisata Jogja
Wisata Jogja selalu menarik untuk dipilih hingga beragam contoh iklan pariwisata ke Jogja pun bermunculan dengan penawaran menarik yang berbeda-beda.
Gambar spot wisata yang ditawarkan menjadi visualisasi iklan yang akan menarik wisatawan. Selain destinasi wisata, harga dan fasilitas tur yang akan didapat juga dicantumkan dalam iklan.
Tidak lupa contact person yang bisa dihubungi lengkap dengan alamat akun media sosial juga tercantum jelas untuk memudahkan wisatawan jika tertarik untuk mendaftar.
7. Iklan Pariwisata Luar Negeri
Iklan wisata ke luar negeri dengan tujuan berbagai negara menarik juga sering dijumpai dan banyak ditawarkan oleh agen tour & travel, seperti contoh di atas.
Selain gambar iklan berupa foto ikon dari negara-negara berbeda, kalimat “Everyday is Holiday” menjadi menarik karena seolah mengarahkan wisatawan untuk berlibur setiap hari.
Promo khusus yang ditawarkan juga tercantum dalam iklan dengan cukup detail. Selain itu, informasi contact person juga disampaikan untuk memudahkan pemesanan trip.
8. Iklan Pariwisata Bali
Hal menarik dalam contoh iklan wisata Bali di atas adalah headline “Bali Culture” yang digunakan dengan font dan ukuran yang menonjol.
Detail informasi rute wisata pun disampaikan untuk menarik perhatian calon wisatawan lengkap dengan kalimat persuasif “Don’t Miss It”.
Selain gambar ikonik wisata Bali, visual berupa ilustrasi gambar penari Bali juga menambah ‘aura’ Bali yang semakin kental terasa.
9. Iklan Wisata Pulau
Contoh iklan wisata pulau menjadi penawaran yang menarik, khususnya bagi wisatawan yang ingin menikmati suasana eksotik ke Nusa Penida, pulau di sebelah tenggara Bali.
Gambar pulau dan beberapa spot menarik lainnya ditonjolkan sebagai visual iklan lengkap dengan harga yang ditawarkan. Bahkan ada informasi diskon khusus hingga 75% yang disampaikan dalam iklan sebagai dorongan bagi wisatawan.
10. Iklan Wisata Edukasi
Bukan hanya liburan semata, wisata edukasi dengan berbagai konsep juga mulai banyak dilirik wisatawan. Tidak heran jika contoh iklan wisata eduksai seperti di atas mulai banyak bermunculan.
Dalam iklan, fasilitas yang ditawarkan dan rute perjalanan wisata yang direncanakan juga disampaikan agar wisatawan memiliki gambaran aktivitas wisata mereka.
Informasi tersebut juga didukung dengan gambar yang relevan berupa kegiatan wisata yang nantinya akan dilakukan dalam paket iklan penawaran.
Tidak lupa harga wisata edukasi juga sampaikan untuk menarik minat wisatawan. Di akhir iklan, kalimat persuasif “Book Now” beserta contact person yang bisa dihubungi juga tertulis dengan jelas.
11. Iklan Wisata One Day Tour
Masih mengusung konsep wisata edukasi, kali ini ada contoh iklan pariwisata‘One Day Tour’ ke desa wisata. Konsep wisata pedesaan memang makin digemari, terutama bagi wisatawan yang tinggal di kota atau bahkan luar negeri.
Berbagai ilustrasi kegiatan wisata dicantumkan dalam iklan untuk menarik minta wisatawan. Bahkan fasilitas yang akan didapat juga tercantum dengan jelas lengkap dengan harga yang ditawarkan.
Di akhir iklan, informasi contact person, link destinasi wisata dan akun media sosial juga dicantumkan untuk memudahkan wisatawan mencari informasi tambahan.
Itulah tadi beberapa contoh iklan pariwisata beserta gambar dan penjelasannya yang sudah kami rangkum.
Referensi tersebut bisa menjadi acuan untuk membuat iklan pariwisata dengan konsep yang disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.