Apa kamu tertarik dengan iklan obat? Jika ya, simak contoh iklan obat yang menarik dan penjelasannya berikut ini.
Berbagai jenis obat diperjualbelikan dengan bebas sesuai regulasi yang berlaku hingga menjadi bisnis di bidang kesehatan. Tidak heran jika para pelaku bisnis menerapkan beberapa strategi pemasaran, salah satunya melalui iklan di berbagai media.
Umumnya, jenis obat yang diiklankan sudah mendapat izin edar untuk menyembuhkan penyakit tertentu tanpa harus mendapat resep dari dokter.
Promo melalui kalimat yang menarik, konsep iklan yang unik, hingga visualisasi iklan yang mengena menjadi unsur penting.
Untuk mempelajari lebih lanjut, berikut ini beberapa contoh iklan obat yang menarik dan penjelasannya sebagai bahan referensi.
Cara Membuat Kalimat Iklan Obat yang Menarik
Dalam sebuah iklan, penggunaan kalimat iklan bisa sangat menentukan, baik dalam hal penyampaian informasi yang efektif hingga mempengaruhi keputusan konsumen.
Bisa dibilang kata-kata promosi menjadi kunci untuk menarik minat calon konsumen hingga perlu memperhatikan beberapa hal dalam pembuatannya.
Berikut cara membuat kalimat iklan obat yang menarik.
1. Sesuaikan Dengan Target Pasar
Menyesuaikan dengan calon konsumen dapat menjadi cara efektif membuat kalimat iklan obat yang menarik, seperti didasarkan pada gender atau kelompok umur.
Jika target konsumen adalah orang dewasa, biasanya kalimat iklan obat cenderung to the point pada manfaat yang didapat.
Namun jika calon konsumennya anak muda atau malah remaja, gaya bahasa yang kekinian bisa dipilih sebagai daya tarik.
Ketertarikan dari aspek kalimat iklan ini akan menentukan keputusan konsumen untuk membeli merek tersebut atau tidak.
2. Buat Kalimat Awal Yang Menarik
Cara tepat membuat kalimat iklan obat selanjutnya adalan dengan memperhatikan kalimat awal iklan. Usahakan kalimat awal tersebut dibuat semenarik mungkin agar konsumen tertarik.
Biasanya, ada kata-kata tertentu yang dipakai untuk memberi ‘nilai jual’, seperti “Baru”, “Ampuh”, “Obat Herbal”, “Solusi”, dan lain sebagainya.
3. Promosi Harga
Kalimat iklan obat yang menyantumkan promosi harga juga bisa menjadi strategi yang efektif demi menarik minat konsumen.
Meski bukan produk konsumsi harian, tetapi romo tersebut umumnya akan meningkatkan penjualan obat melalui kalimat persuasif yang tepat.
4. Sampaikan Keunggulan Produk
Tidak kalah efektif, menyampaikan keunggulan produk juga bisa diterapkan sebagai cara membuat kalimat untuk iklan obat.
Sampaikan dengan kata-kata yang jelas tentang apa saja manfaat dari obat yang diiklankan agar konsumen mengetahui dengan pasti.
Selain itu, cantumkan informasi tambahan yang relevan untuk meraih kepercayaan konsumen, seperti hasil uji klinis, nomor BPOM, logo halal, sampai komposisi obat secara singkat.
Contoh Iklan Obat yang Menarik
Setelah mengetahui cara membuat kalimat iklan obat, kini saatnya memahami langsung melalui contoh yang sudah banyak beredar di berbagai media.
Berikut ini beberapa contoh iklan obat yang menarik beserta analisisnya.
1. Iklan Obat Batuk
Jika melihat contoh iklan obat batuk di atas, tampilannya sendiri cukup sederhana karena hanya menyantumkan pesan iklan yang singkat dan gambar produk.
Namun, iklan tersebut terbilang cukup efektif dimana konsumen sudah bisa mengetahui seperti apa produk yang ditawarkan dan kredibilitas merek.
Jaminan kualitas produk direpresentasikan melalui kalimat “Obat Batuk Herbal No 1 Pilihan Konsumen” yang bersifat persuasif untuk mempengaruhi pilihan konsumen.
2. Iklan Obat Herbal
Belakangan, obat herbal memang memiliki daya jual yang semakin meningkat mengingat ketertarikan konsumen untuk menghindari obat kimia.
Tidak heran jika kini obat herbal mulai banyak bermunculan sebagai solusi dari berbagai jenis penyakit, salah satunya contoh iklan obat herbat di atas.
Selain visual produk, pesan iklan “Obat Herbal Ampuh Penyakit Stroke” juga menjadi fokus utama yang memikat konsumen.
Dalam iklan juga dicantumkan manfaat produk sebagai informasi untuk konsumen agar merasa yakin untuk memilih obat herbal tersebut.
3. Iklan Obat Maag
Contoh kalimat iklan obat maag tersebut ingin meyakinkan konsumen yang memiliki riwayat penyakit maag agar tidak perlu khawatir menjalankan ibadah puasa.
Bukan lagi manfaat produk, iklan obat maag di bulan Ramadan lebih menekankan pada saran konsumsi agar tidak kambuh selama berpuasa.
Ada ilustrasi berupa jam konsumsi obat yang tetap menerapkan anjuran 3 kali sehari, yaitu saat sahur, saat berbuka, dan sebelum tidur.
Tidak lupa judul iklan dibuat dengan menerapkan prinsip kalimat persuasif “Bila Sakit Maag Minum Promag” yang ingin mempengaruhi keputusan konsumen.
4. Iklan Obat Nyamuk
Selanjutnya, ada contoh iklan obat nyamuk yang cukup menarik dari berbagai aspek.
Ada diksi “Inovasi Terbaru” yang menjadi sangat relevan dengan tampilan produk saat digunakan.
Visual produk sendiri ditampilkan agar konsumen relate dengan nama produk “HIT Expert Piramida” yang menyerupai bentuk piramida.
Selain menyantumkan pilihan varian yang disediakan, slogan produk juga tercantum, yaitu “Bunuh Nyamuk Seketika, Semalaman”.
Peran slogan di sini cukup penting karena memberikan pernyataan yang relevan dengan manfaat yang akan didapat konsumen.
5. Iklan Obat Masuk Angin
Bisa dibilang beberapa contoh iklan obat tolak angin semakin kreatif dan penuh inovasi dalam memasarkan produknya.
Salah satu yang cukup ikonik adalah iklan Tolak Angin dengan tagline legendarisnya “Orang Pintar Minum Tolak Angin”.
Bahkan dalam contoh di atas masih ditambah tagar “#pintarisme” sebagai bentuk upaya meyakinkan konsumen bahwa hanya produk ini diminum oleh orang pintar.
Konsep iklannya sendiri juga sering menampilkan sosok public figure dengan image pintar, salah satunya Andi F. Noya dalam versi iklan di atas.
6. Iklan Obat Pencernaan
Dalam contoh iklan obat pencernaan di atas, kalimat “Kemasan Baru!” menyasar tujuan brand awareness agar konsumen mengenali merek tersebut.
Ditambah lagi ada slogan iklan yang cukup ‘menjual’, yaitu “Solusi Alami Diare Untuk Seluruh Keluarga” yang menyasar target pasar semua kalangan.
Hal ini dikarenakan produk yang ditawarkan memiliki varian untuk orang dewasa dan anak-anak hinga rasanya memang relevan dengan slogan yang dipakai.
7. Iklan Obat Sakit Kepala
Contoh iklan obat sakit kepala tersebut menampilkan pesan iklan yang cukup efektif. Mulai dari “Cepat Redakan Sakit Kepala!” sampai “Bekerja Cepat dalam 15 Menit”.
Pesan iklan yang disampaikan bukan sekadar slogan tetapi juga menjadi solusi yang ditawarkan kepada konsumen jika mengalami sakit kepala.
Visual iklan menggunakan model yang tengah tersenyum sambil memegang obat yang diletakkan di kepala.
Ilustrasi ini seolah merepresentasikan keunggulan obat yang mampu menjadi solusi tercepat dan ampuh.
Selain itu, logo merek dan logo Halal juga dicantumkan dalam iklan untuk meyakinkan konsumen agar memilih produk tersebut.
8. Iklan Obat Untuk Anak
Contoh iklan obat-obatan untuk anak juga tidak kalah masif dibuat dan dipublikasikan di berbagai media berbeda.
Selain gambar yang relevan dengan manfaat produk, pesan iklan juga dibuat senada melalui kalimat “Diminum untuk mengatasi sakit perut karena kembung & masuk angin pada anak”.
Selain itu, diksi “Efektif” dan “Aman” menjadi pesan yang digunakan untuk meyakinkan para orangtua agar memilih produk ini untuk anak-anaknya.
Karena target konsumennya anak-anak, visual iklan juga dibuat relevan dengan menggunakan ilustrasi gambar anak.
Itulah tadi beberapa contoh iklan obat yang menarik dan penjelasannya untuk memudahkan pemahaman.
Melalui informasi yang sudah kami rangkum, iklan serupa bisa dibuat sesuai kebutuhan dengan memperhatikan panduan dan referensi di atas.