Apa kamu tertarik dengan iklan Fanta di berbagai media? Jika ya, simak contoh iklan Fanta beserta kata-kata yang digunakan berikut ini.
Penjualan produk minuman berkarbonasi masih cukup menjanjikan hingga banyak merek terus bermunculan meski merek pioneer juga tetap bertahan.
Salah satunya adalah Fanta, merek minuman ringan berkarbonasi dengan rasa buah yang banyak difavoritkan anak muda dari generasi ke generasi.
Meski popularitasnya tidak surut, tetapi Fanta masih terus mempertahankan strategi pemasaran yang efektif melalui iklan.
Dampaknya, produk dari The Coca-Cola Company ini masih bisa bersaing di tengah persaingan dengan kompetitor demi menarik perhatian konsumen.
Kalau ingin mempelajari lebih lanjut tentang iklan fanta, berikut beberapa contoh iklan Fanta yang bisa dijadikan sebagai referensi.
Mengenal Produk Fanta
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, Fanta adalah produk minuman berkarbonasi dengan rasa buah yang diproduksi oleh The Coca-Cola Company.
Minuman ringan ini sendiri pertama kali diperkenalkan kepada publik Jerman pada tahun1940 dan baru masuk ke Indonesia pada 1973.
Nama Fanta diambil dari Bahasa Jerman “fantasie” yang berarti berimajinasi atau berfantasi dan dipertahankan sampai sekarang meski sudah diambil alih oleh Amerika Serikat.
Salah satu keunggulan Fanta sendiri terletak pada varian rasa buah yang beragam hingga konsumen bisa memilih sesuai selera.
Strategi Promosi Produk Minuman Fanta
Demi memaksimalkan tujuan pemasaran, Fanta juga menerapkan beberapa strategi promosi pada iklan produknya yang terbilang cukup menarik.
Berikut beberapa strategi promosi iklan Fanta yang menarik sebagai referensi untuk dianalisis.
1. Inovasi Produk
Strategi utama dalam promosi iklan Fanta mengedepankan keunikan produk minuman ringan berkarbonasi dengan rasa buah yang belum banyak dimiliki merek lain.
Bahkan Fanta memiliki banyak varian rasa buah sejak awal kemunculannya meski hanya beberapa yang masih bertahan hingga sekarang, seperti rasa anggur, jeruk, strawbery, coco pandan, dan soda water.
Inovasi produk pun terus dilakukan melalui kemasan produk, mulai dari botol kaca, botol plastik, sampai kaleng dengan ukuran yang beragam.
2. Penggunaan Slogan Iklan
Langkah promosi iklan produk Fanta selanjutnya yang diterapkan adalah penggunaan slogan yang menarik demi meninggalkan kesan bagi konsumen.
Slogan iklan Fanta di Indonesia mengalami perubahan dari waktu ke waktu, yang awalnya “Demi Enaknya Fanta” menjadi “Enaknya Fanta Bawa Seru Aja!” hingga terbaru “Jadi Lebih Berasa”.
3. Memanfaatkan Berbagai Media
Umumnya, iklan memang memanfaatkan berbagai media untuk menjangkau target pasar yang semakin luas dan Fanta juga menerapkannya.
Selain lewat media cetak dan elektronik, iklan Fanta juga memanfaatkan media digital demi menargetkan konsumen muda, baik untuk tujuan brand awareness maupun peningkatan penjualan.
4. Kolaborasi Dengan Public Figure
Strategi promosi dari iklan Fanta selanjutnya yaitu kolaborasi dengan public figure, dimana idol Kpop Jeon Somi menjadi brand ambassador pada tahun 2017 lalu.
Langkah ini terbilang cukup cerdas mengingat penyanyi asal Korea Selatan memiliki banyak fans yang jika mengikuti idolanya akan mampu meningkatkan penjualan produk.
5. Promo Harga
Strategi efektif untuk promosi iklan Fanta juga dilakukan melalui penawaran harga yang menarik kepada konsumen, seperti diskon atau potongan harga.
Bahkan beberapa iklan juga menerapkan promo ‘buy 1 get 1’ atau sejenisnya hingga gratis produk lain setiap pembelian Fanta dalam jumlah tertentu yang diberlakukan.
Contoh Iklan Fanta Yang Menarik
Untuk memudahkan pemahaman, berikut beberapa contoh iklan Fanta yang menarik beserta penjelasan dan analisisnya.
1. Iklan Fanta Main Game
Ilustrasi dalam contoh iklan Fanta di atas menjadi cara penyampaian jika produk yang diiklankan bisa menjadi ‘teman’ main game dan cocok dikonsumsi bersama camilan.
Dalam iklan, produk yang ditonjolkan adalah Fanta rasa orange kemasan botol plastik yang sudah cukup familiar bagi konsumen.
Namun, iklan ini bukan hanya menyasar target anak muda tetapi juga mengkhususkan konsumen gamers yang saat bermain game sering menyiapkan camilan dna minuman favoritnya.
Visual botol Fanta ditampilkan duduk di kursi gamer bersama keripik kentang lengkap dengan sepasang console game dan chit chat untuk battle alias tanding.
2. Iklan Fanta Bahasa Inggris
Contoh iklan Fanta dalam Bahasa Inggris tersebut menawarkan varian produk rasa manga dengan slogan khusus “Marvelous Mango Flavored Soda”.
Judul iklan “Fanta Mango!” dilengkapi dengan pesan “Get in that summer mood every day with a refreshing” yang artinya “Nikmati suasana musim panas setiap hari dengan minuman yang menyegarkan”.
Selain itu, iklan di atas juga menyampaikan informasi kandungan produk, seperti bebas kafein, rasa buah yang enak, komposisi manga alami di dalamnya.
3. Iklan Fanta Free Product
Contoh iklan produk Fanta kali ini menawarkan produk minuman lainnya secara gratis sebagai hadiah untuk setiap pembelian produk ukuran 1,5L dalam jumlah tertentu.
Keterangan detail terkait syarat jumlah pembelian dan jenis minuman yang digratiskan dicantumkan dalam iklan sebagai informasi untuk konsumen.
Tidak lupa lokasi outlet atau toko yang memberikan promo juga dicantumkan agar konsumen bisa langsung mengunjungi atau menghubungi contact person yang tertera pada iklan.
4. Iklan Fanta Potongan Harga
Berikutnya, ada contoh iklan minuman Fanta potongan harga yang ditawarkan kepada konsumen dalam promo “New deals 2021” dengan syarat dan ketentuan yang diberlakukan.
Toko atau minimarket yang memberi penawaran juga tercantum dalam iklan lengkap dengan nominal potongan harga yang akan didapat konsumen.
Jenis dan ukuran Fanda serta gambar produknya tercantum jelas bersama kalimat promo “Potongan sampai Rp 1.500” juga informasi layanan “same day delivery + free ongkir”.
5. Iklan Fanta Promo Hemat
Minimarket populer juga memberikan penawaran khusus dalam contoh iklan Fanta promo hemat dengan diskon Rp 6.000 untuk pembelian 2 botol ukuran 1,5L.
Diksi “2 Lebih Hemat” menjadi kalimat persuasif yang langsung menarik perhatian konsumen agar segera membeli produk dengan promo yang ditawarkan.
Bahkan iklan kali ini juga menyantumkan informasi akan memberikan layanan gratis antar di hari yang sama bagi konsumen yang membutuhkan.
6. Iklan Fanta Simple
Menyasar tujuan brand awareness, contoh iklan Fanta di atas tidak banyak menggunakan kalimat promosi dan hanya fokus pada gambar produk.
Satu-satunya kalimat iklan hanya slogan Fanta “More Fanta. Less Serious” yang jika dibuat versi Bahasa Indonesia akan menjadi “Enaknya Fanta Bawa Seru Aja!”.
Kombinasi warna dalam visual iklan pun disesuaikan dengan karakter warna produk Fanta Orange yang eye catchy.
7. Iklan Fanta Kekinian
Contoh iklan tentang Fanta selanjutnya masih dengan konsep sederhana tetapi menggunakan diksi kekinian yang tampaknya menargetkan konsumen kalangan anak muda.
Hal ini terlihat dari kalimat iklan “Minum Fanta Enak Kali Ya”, “Sambil Ngemil sabi Sih”, dan Ngemil Sambil Minum Fanta Emang Terbaik!!!”.
Dari aspel visual, poster iklan hanya berisi gambar produk Fanta rasa strawberry dengan background biru dan ornamen percikan minuman serta keripik kentang.
8. Iklan Fanta Rasa Lemon
Meski varian rasa lemon sudah cukup jarang ditemukan, tetapi contoh iklan produk Fanta di atas juga tidak kalah menarik dari segi visual dan pesan iklan.
Visual iklan dibuat dengan ilustrasi yang merepresentasikan sensasi segar dari Fanta lemon kemasan kaleng lengkap dengan gambar buah lemon asli.
Sedangkan pesan iklan tersebut menuliskan slogan eye catchy, yaitu “nge-Lemon Asli kagak bikin elo nge-Lamon” yang seolah menegaskan Fanta bisa menjadi minuman anti melamun.
9. Iklan Fanta Promo Murah
Salah satu minimarket yang banyak tersebar di Indonesia memberikan promo menarik melalui contoh iklan Fanta di atas.
Judul iklan “Promo Hapline” dengan hurup kapital langsung menarik perhatian, terlebih dengan tambahan informasi harga murah yang ditawarkan untuk Fanta kaleng.
Namun, target konsumen kali ini menyasar pembeli online melalui aplikasi chat Line agar bisa mendapatkan promo harga murah tersebut.
Lagi-lagi iklan Fanta ingin menjangkau kalangan anak muda yang cenderung fasih dengan kemajuan teknologi.
Itulah tadi beberapa contoh iklan Fanta beserta gambar dan penjelasannya yang berhasil kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Dengan mengetahui informasi di atas, kamu bisa membuat iklan Fanta atau minuman ringan versimu sendiri yang semakin menarik dan inovatif.