Apakah kamu ingin membatalkan pesanan hotel di Traveloka dan mendapatkan danamu kembali? Simak cara refund hotel di Traveloka berikut ini.
Meski sudah melakukan pemesanan hotel secara online di Traveloka, tetapi terkadang ada situasi yang memaksa kita untuk membatalkannya.
Umumnya, pembatalan semacam ini akan diikuti dengan pengembalian dana yang sudah dibayarkan pasca memesan kamar hotel.
Traveloka sendiri memfasilitasi proses refund secara online melalui aplikasi mamupun website resmi dengan sangat mudah.
Jika ingin mengetahui langkah-langkahnya, ikuti panduan lebih lanjut berikut ini terkait cara refund hotel di Traveloka.
Daftar ISI
Syarat Pengajuan Refund Hotel di Traveloka
Meski pengajuan refund sangat memungkinkan dan difasilitasi dengan mudah, tetapi Traveloka tetap menetapkan syarat-syarat tertentu yang diberlakukan terlebih dahulu.
Namun, perlu diingat juga jika ketentuan dan persyaratan untuk mengajukan refund bergantung pada kebijakan masing-masing hotel.
Jadi, penting untuk mencari tahu secara lengkap lebih dulu terkait kebijakan pembatalan dan refund yang diberlakukan pihak hotel sebelum melakukan pemesanan.
Berikut ini beberapa syarat pengajuan refund hotel di Traveloka yang secara umum diberlakukan dan wajib dipenuhi pelanggan.
- Pembatalan yang disertai refund atau pengembalian dana hanya bisa dilakukan untuk pemesanan hotel yang refundable.
- Akses detail pemesanan atau voucher hotel pada aplikasi Traveloka atau email untuk mengetahui jenis pesanan dan kebijakan pembatalan dari hotel atau akomodasi yang dipesan.
- Proses pembatalan dan pengembalian dana bisa dikenakan biaya tambahan sesuai kebijakan masing-masing hotel dan metode refund yang digunakan.
- Proses refund untuk pemesanan hotel tersebut membutuhkan waktu hingga 5 hari terhitung sejak permohonan lengkap refund diajukan dan diterima oleh Traveloka, dan atas persetujuan dari Traveloka berdasar ketentuan refund yang diberlakukan.
- Refund atas pemesanan hotel tidak dapat diterapkan untuk sebagian dari masa menginap dan akan diberlakukan ke seluruh masa menginap dan seluruh kamar yang tercantum pada satu Nomor Pesanan yang akan dibatalkan.
Cara Refund Hotel di Traveloka
Saat dihadapkan situasi untuk membatalkan pesanan akomodasi di hotel karena perubahan rencana, Traveloka tetap menjadi solusi yang memudahkan dengan memenuhi persyaratan yang sudah disebutkan sebelumnya.
Melalui website resmi atau aplikasi, Traveloka menyediakan fitur pengembalian dana jika pelanggan ingin melakukan pembatalan pesanan hotel dan mendapatkan kembali dana yang telah dikeluarkan.
Simak cara refund hotel di Traveloka melalui langkah-langkah yang bisa diikuti berikut ini.
- Buka aplikasi atau website resmi Traveloka.
- Log in ke akun Traveloka kamu dengan mengisi alamat email dan password di kolom yang telah disediakan.
- Klik menu “Pesanan” atau “My Booking” dan pilih pesanan yang ingin dibatalkan.
- Scroll ke bagian bawah halaman pesanan dan pilih menu “Atur Pesanan”.
- Lalu, klik “Refund”.
- Baca informasi tentang kebijakan refund untuk pesanan tersebut, lalu klik “Refund” dan masukkan password untuk melanjutkan ke langkah berikutnya.
- Masuk di halaman “Syarat & Ketentuan Refund”, baca dan setujui.
- Centang kotak di bagian bawah halaman untuk pilihan persetujuan dan klik “Ajukan Refund”.
Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, permohonan pembatalan dana dan pengajuan refund telah diterima dan akan diproses oleh Traveloka.
Proses ini akan membutuhkan waktu maksimal sampai 14 hari kerja di Indonesia dan 30 hari kerja di negara lain untuk menyelesaikan keseluruhan pembatalan serta pengembalian dana.
Kamu juga bisa mengecek status pengajuan refund lewat aplikasi atau website Traveloka dengan membuka menu “Pesanan” pada akun milikmu.
Berikan Ulasan Pengalaman Refund Hotel Traveloka
Setelah proses refund hotel di Traveloka selesai, tidak ada salahnya untuk memberikan ulasan atau penilaian atas pengalaman melakukan pengajuan pengembalian dana tersebut.
Hal ini akan membantu pengguna atau pelanggan lain yang ingin berada dalam situasi serupa dan ingin melakukan refund.
Berikut ini langkah-langkah memberikan ulasan pengalaman refund hotel Traveloka yang bisa kamu ikuti.
- Buka website atau aplikasi Traveloka.
- Masuk ke Akun Traveloka dengan menggunakan alamat email dan kata sandi yang terdaftar.
- Temukan pemesanan yang sudah di-refund dengan klik menu “Pemesanan Saya”.
- Klik pada pesanan tersebut dan buka halaman detailnya.
- Buka menu untuk memberikan ulasan dan penilaian dan ceritakan pengalaman selama proses refund hotel di Traveloka serta penilaian yang sesuai.
- Setelah itu, klik “Submit” atau “Kirim” untuk mengirimkan ulasan tadi.
- Selesai.
Demikianlah informasi terkait cara refund hotel di Traveloka lengkap dengan langkah-langkah yang mudah untuk diikuti.
Dengan mengikuti panduan cara refund hotel Traveloka, kamu bisa mendapatkan kembali dana yang telah dikeluarkan pasca pembatalan pemesanan hotel.