Perkembangan teknologi membuat hotel-hotel mulai menggunakan software untuk membantu operasionalnya dengan software hotel tebaik, seperti Hotel Management System (HMS).
HMS sendiri diklaim mampu membantu berbagai aktivitas operasioanl hotel di front office, restoran, hingga laporan-laporan di back office.
Sebagai solusi perangkat lunak, HMS terintegrasi otomatis dalam pengelolaan reservasi, check in, check out, housekeeping, inventaris, keuangan, dan analisis data secara efisien.
Software dengan fitur canggih ini juga memungkinkan manajemen untuk membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi real time yang akurat.
Nah, dalam artikel kali ini akan ada penjelasan lebih detail tentang beberapa rekomendasi software hotel terbaik di Indonesia lengkap dengan fitur-fiturnya.
Daftar ISI
Rekomendasi Software Hotel Terbaik di Indonesia
Dalam industri perhotelan modern, tidak mengherankan jika penggunaan software dalam sistem manajemen semakin dimaksimalkan untuk alasan efisiensi dan efektivitas kerja.
Berikut ini beberapa rekomendasi software hotel terbaik di Indonesia yang cukup banyak digunakan oleh hotel untuk memudahkan kinerja sistem.
1. HotelMu
HotelMU adalah salah satu software hotel terbaik yang terintegrasi dengan website & booking engine dan channel manager serta tekoneksi dengan Online Travel Agent (OTA).
Fungsi kontrol, peningkatan, dan pemaksimalan pendapatan hotel menjadi keunggulan software yang memiliki antarmuka sederhana serta mudah ini.
Software HotelMU sendiri banyak digunakan oleh hotel bintang 3 ke bawah, villa, hostel sampai guest house dengan fitur yang disesuaikan dengan kapasitas hotel.
Fitur-fitur HotelMU mencakup kendali dalam aktifitas di front office, pos-resto, back office, serta website & booking engine.
Mulai dari mengelola ketersediaan kamar, check in dan check out, reservasi, housekeeping, transaksi restoran hotel, laporan operasional, hingga laporan kas bank dan laba rugi.
2. Aplikasi VHP
Aplikasi software hotel yang terbaik selanjutnya adalah VHP yang memiliki fitur lengkap, terpercaya, dan detail.
Fitur yang ditawarkan sendiri meliputi pengelolaan operasional di front office hingga berbagai jenis laporan di back office, termasuk laporan keuangan.
Hanya saja, pihak manajemen hotel tampaknya harus sedikit bersabar mengingat pemahaman tentang cara penggunaannya membutuhkan waktu yang lebih lama.
Namun, keunggulan tersebut juga berbanding lurus dengan harganya hingga aplikasi ini terbilang mahal dan lebih cocok untuk hotel bintang 3 keatas.
3. GuestPro PMS
Rekomendasi selanjutnya untuk software hotel yang terbaik yaitu GuestPro PMS yang memiliki kelengkapan fitur, mulai dari front office, logistik, back office, sampai intergrasi ke channel manager dan booking engine
Fitur GuestPro meliputi pengelolaan aktivitas front desk, arus kas, utang piutang, hingga laporan terkini pengembangan usaha yang bisa diakses dengan cepat.
GuestPro juga dapat mengelola semua kegiatan reservasi, termasuk lewat OTA, mulai dari check in, check out, payment, dan lain sebagainya.
Melalui aplikasi berbasis cloud ini, layanan support dan teknologi manajemen operasional hotel dapat memaksimalkan potensi penjualan, menekan biaya komisi, dan memperbesar laba.
Umumnya, aplikasi ini lebih banyak digunakan untuk mengelola homestay, guset house, atau hotel kecil dalam membantu setiap kegiatan operasionalnya.
4. Aplikasi Cakrasoft
Cakrasoft merupakan aplikasi Property Management System (PMS) yang powerful, comprehensif, user friendly, aman, dan memiliki akurasi tinggi.
Bukan sekadar sistem hotel Cakrasoft Hotel System juga dirancang untuk memaksimalkan revenue serta mengontrol biaya operasional hotel agar semakin efektif dan efisien.
Cakrasoft terintegrasi dengan channel manager, point of sales, dan web online reservation dengan pengembangan interface yang disesuaikan kebutuhan hotel.
Aplikasi berbasis dekstop ini juga dilengkapi dengan fitur pengelolaan administrasi front office, banquet system, asset management, hingga accounting.
Beberapa fitur lain yang dimiliki diantaranya pengelolaan tamu menginap, perubahan kamar dan waktu tinggal, penjadwalan harga kamar, extra charge, dan breakdown rate.
Selain itu, Cakrasoft juga dapat mengelola transaksi, transfer, monitoring guest supplies, laporan utang piutang, serta income budget dan statistik budget.
5. Aplikasi Realta / Rhapsody
Aplikasi Realta atau lebih dikenal dengan nama Rhapsody merupakan aplikasi berstandar PMS yang cukup banyak digunakan oleh hotel bintang 4 ke atas di Indonesia dan negara-negara Asia.
Rhapsody sendiri dirancang untuk memenuhi tren baru dalam industri perhotelan, termasuk layanan apartemen layanan, yang mengelola seluruh operasional hotel.
Sistem dan administrasi lapangan golf juga terintegrasi dengan sempurna ke dalam sistem hotel serta laporan penjualan yang komprehensif untuk analisis manajemen.
Salah satu fitur yang diunggulkan oleh Rhapsody mampu mengelola front desk dalam hal reservasi, check in, check out, dan transaksi fasilitas berbayar milik hotel.
Di bagian back office, aplikasi ini digunakan untuk mengelola utang piutang, mengetahui arus cash flow di bank, hingga laporan anggaran awal dan akhir untuk tim manajerial.
Selain itu, Rhapsody juga mengelola sistem logistik hotel mulai dari pembelian dan penerimaan barang, inventory sampai cost control.
Dengan kelengkapan fitur-fitur tersebut, tidak heran jika sejumlah hotel bintang 3 ke atas dan resort banyak menggunakan aplikasi ini untuk mempermudah kinerja sistem dalam hotel.
6. Aplikasi Power Pro
Aplikasi hotel terbaik lainnya adalah Power Pro, Property Management System dengan fitur yang sangat lengkap untuk memaksimalkan sistem dalam hotel.
Power Pro mengubah cara hotel dalam menjalankan operasionalnya agar semakin mudah mengatasi tantangan dan hambatan demi mencapai pertumbuhan keuntungan.
Bahkan Power Pro Hotel System sudah dirancang terintegrasi secara menyeluruh sejak awal agar mudah digunakan, cepat, akurat, dan efisien.
Sistem fully-integrated ini memungkinkan pengelola hotel dapat menelusuri sumber data dari laporan yang diterima dengan mudah.
Integrasi tersebut meliputi mulai aktivitas di front office, night audit, income audit, payable, channel manager, point of sales, purchasing, banquet, cost control, cash & bank, seerta laporan finansial.
Akses ini membuat tim manajemen dapat menelusuri data yang akurat dari mana saja dan ke mana saja hingga memudahkan membuat keputusan demi meningkatkan daya saing hotel.
Keunggulan tersebut membuat aplikasi yang terbilang mahal dalam hal harga ini lebih cocok digunakan oleh hotel bintang 3 ke atas agar dapat memaksimalkan fitur-fiturnya.
7. Hotel Simply
Aplikasi Hotel Simply adalah aplikasi manajemen hotel buatan Indonesia yang dapat digunakan untuk mengelola hotel, wisma, homestay, apartemen sewa, dan sejenisnya.
Fitur yang disediakan pada Hotel Simply juga terbilang cukup mumpuni, diantaranya sistem kelola karyawan, manajemen reservasi, data tamu, tipe dan harga kamar, hingga data riwayat check in.
Selain itu, pemasukan dan pengeluaran hotel, cek struk pembayaran, dashboard real time, manajemen kamar, serta laporan keuangan juga bisa dikelola melalui aplikasi ini.
Bahkan, pemilik hotel juga dapat memantau informasi lengkap mengenai jumlah kamar terisi, aktivitas housekeeping, jumlah tamu check in dan check out, hingga pesanan yang dibatalkan oleh front office.
Demikianlah penjelasan tentang rekomendasi software hotel terbaik di Indonesia lengkap dengan fitur-fiturnya yang berhasil kami rangkum.
Melalui informasi di atas, pihak-pihak yang terjun dalam industri perhotelan akan semakin mengenal software hotel terbaik apa saja yang dapat digunakan untuk sistem manajemen hotel mereka.