5 Media Untuk Marketing Hotel, Terbaik

Perkembangan teknologi semakin mendorong promosi bisnis melalui media digital, tak terkecuali di industri perhotelan yang membutuhkan media untuk marketing hotel.

Digital marketing memang memiliki ‘power’ dalam menjangkau target pasar dan memperluas berbagai bentuk promosi dalam strategi penjualan kamar hotel.

Bahkan cukup banyak Digital Markteter yang menganggap jika beberapa media tertentu dapat memaksimalkan strategi pemasaran dalam bisnis perhotelan.

Lalu, apa saja media penting untuk marketing hotel? Simak penjelasan lebih lanjut dalam artikel berikut ini.

Mengapa Digital Marketing Penting untuk Bisnis Hotel?

Sebelum membahas tentang media yang digunakan, penting untuk mengetahui alasan di balik penerapan digital marketing dalam industri perhotelan.

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa digital marketing penting untuk bisnis hotel padahal sudah ada cukup banyak strategi pemasaran lainnya yang bisa dimaksimalkan.

Tanpa menampik dampak positif dari metode pemasaran lain, strategi digital marketing sendiri bagian yang berkelanjutan dalam industri perhotelan dan kebutuhan lainnya.

Peningkatan dari aspek digitalisasi akan memenuhi kebutuhan konsumen yang mulai mencari pengalaman digital saat bepergian, termasuk untuk kebutuhan akomodasi.

 Jadi, tidak mengherankan jika pendapatan global melalui aplikasi digital semakin meningkat dari tahun ke tahun.

Pengaruh peningkatan pendapatan ini juga disebabkan oleh aktivitas wisatawan yang sering merencanakan perjalanan wisata serta akomodasi melalui search engine.

Fakta inilah yang menjadi alasan penting penerapan digital marketing dalam bisnis hotel dan pariwisata demi mencapai target konsumen yang diharapkan.

Manfaat Digital Marketing untuk Bisnis Hotel

Dengan mengetahui pentingnya pemasaran digital dan mulai menerapkannya dalam strategi bisnis, tentu akan ada banyak manfaat digital marketing untuk bisnis hotel yang didapatkan.

Bahkan bisa dibilang digital marketing di industri perhotelan memiliki manfaat yang cukup signifikan di tengah meningkatnya persaingan bisnis.

Melalui strategi digital marketing, bisnis Anda akan lebih unggul mengingat metode pemasaran di berbagai media online mampu menjangkau target pasar yang lebih luas.

Penggunaan platform online pun akan semakin meningkatkan jumlah pelanggan karena tipe konsumen masa kini memang lebih suka ‘berburu’ akomodasi dengan memanfaatkan akses internet.

Pengaruh digital marketing juga sangat tinggi dalam mempromosikan pariwisata dan akomodasi yang saling terkait satu sama lain.

Pada akhirnya, digital tourism menjadi strategi yang efektif di era digital seperti sekarang ini untuk promosi berbagai destinasi wisata dan penginapan yang mendukung.

Langkah promosi secara digital juga dianggap sebagai pilihan yang tepat untuk menggaet wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

Media Untuk Marketing Hotel

Lalu, bagaimana cara memaksimalkan peran digital marketing untuk promosi? Jawabannya adalah dengan menggunakan media yang tepat untuk marketing hotel.

Berikut ini beberapa media penting untuk marketing hotel yang banyak digunakan oleh pelaku bisnis perhotelan dan pariwisata.

1. Email Blasting

Email Blasting menjadi media penting pertama untuk marketing hotel dalam memaksimalkan penawaran berbagai bentuk promosi untuk calon tamu hotel.

Strategi ini dilakukan dengan mengirimkan email pada sekelompok orang secara bersamaan dan menyebarkan pesan promosi kepada semua pelanggan hotel.

Tidak perlu khawatir akan kerepotan sebab saat ini sudah ada banyak jasa aplikasi email blast untuk memudahkan promosi hotel Anda.

2. Whatsapp Blasting

Media untuk marketing hotel berikutnya adalah Whatsapp Blasting yang metodenya hampir sama dengan Email Blasting.

Anda hanya perlu mengirimkan pesan yang sama kepada sekelompok orang secara bersamaan melalui aplikasi Whatsapp.

Strategi dengan media yang satu ini terbilang cukup efektif mengingat hampir semua orang aktif menggunakan Whatsapp sebagai media komunikasi maupun bisnis.

Fakta ini semakin memperbesar peluang orang akan membuka pesan promosi yang Anda kirim dan mengetahui penawaran terbaik dari hotel.

Oleh karena itu, strategi digital marketing melalui media Whatsapp. Juga wajib dijalankan demi memaksimalkan langkah pemasaran bisnis hotel Anda.

3. Media Sosial

Media penting untuk pemasaran hotel secara online lainnya yaitu melalui media sosial, seperti di Instagram, Facebook, dan TikTok.

Anda bisa mulai dengan membuat akun media sosial resmi hotel di beberapa platform tadi untuk meningkatkan penjualan kamar hotel.

Telebih untuk TikTok yang kini sedang populer dan banyak digunakan oleh semua kalangan, pengguna aktif platform ini akan menjadi target pasar yang potensial.

4. Website Hotel

Media pemasaran digital untuk hotel selanjutnya adalah website hotel yang menyediakan akses mudah atas informasi fasilitas hingga reservasi kamar.

Dengan membangun website hotel yang ramah pengguna, banyak pengunjung yang akan mengakses situs resmi hotel dan tidak menutup kemungkinan melakukan reservasi langsung.

Pemanfaatan media website hotel juga akan meminimalisir pengeluaran biaya lain-lain, seperti komisi untuk pihak ketiga karena sistem booking langsung dikelola oleh pihak hotel.

5. Online Travel Agent (OTA)

Dewasa ini, cukup banyak hotel yang memanfaatkan keberadaan Online Travel Agent (OTA) sebagai media marketing digital.

OTA dapat membantu memasarkan hotel dengan lebih cepat karena konsumen merasa dimudahkan untuk mencari akomodasi terbaik dari berbagai pembanding.

Konsumen juga mulai beralih ke OTA alih-alih melakukan reservasi di hotel langsung karena penawaran harga yang ada jauh lebih menguntungkan.

Oleh karena itu, penggunaan media OTA juga wajib dimaksimalkan demi menggaet tamu sebanyak-banyaknya dan meningkatkan okupansi hotel.

Demikianlah informasi mengenai beberapa media penting untuk marketing hotel yang bisa dimanfaatkan untuk peningkatan bisnis perhotelan Anda.

Melalui strategi yang tepat, Anda dapat memaksimalkan manfaat dari media untuk marketing hotel dan memperoleh pendapatan sesuai dengan target yang direncanakan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste