Mengenal Cottage, Karakteristik dan Perbedaan dengan Villa

Menghabiskan liburan tidak pernah lepas dari akomodasi yang nyaman. Namun, di suasana liburan yang ramai, terkadang hotel yang ada di sekitar tempat wisata sudah penuh.

Tentu saja hal tersebut bisa menjadi kendala disaat kita ingin menikmati hari libur yang menyenangkan. Untuk itulah ada jenis penginapan nyaman lain seperti cottage.

Cottage bisa dipilih untuk kamu yang ingin hunian nyaman, minimalis, dan tentunya ramah dikantong. Meski berbeda dari hotel, fasilitas yang disediakan tetap bisa memanjakan tamu-tamunya.

Mari kita mengenal lebih dalam tentang cottage, karakteristik dan perbedaannya dengan villa melalui pembahasan di bawah ini.

Apa itu Cottage?

Cottage adalah jenis penginapan yang biasanya berbentuk rumah atau paviliun kecil. Penginapan ini punya kesan unik yaitu suasana dengan kesan tradisional dan pengalaman menginap yang berbeda juga istimewa.

Istilah cottage berasal dari Inggris di abad pertengahan yang merujuk kepada rumah-rumah sederhana milik petani bernama “cotters”. Cotage memiliki satu ruang tamu di lantai bawah dengan 2 kamar tidur di lantai atas dan beratapkan jerami untuk melawan cuaca dingin.

Namun, di era modern saat ini, cotage menjadi salah satu pilihan penginapan modern. Biasanya lokasinya berada di dekat pantai, danau, atau daerah pedesaan dan menyebar luas hingga ke tengah perkotaan.

Karakteristik Cottage

Berikut karakteristik cottage yang membedakan jenis penginapan ini dengan jenis penginapan lainnya.

1. Desain Tradisional

Cottage memiliki desain tradisional dengan elemen-elemen yang unik dan menawan. Misalnya atap segitiga, bentuk yang melengkung di atap atau di pintu, lantai kayu, trim, jendela dan lain sebagainya.

Kebanyakan desainnya disesuaikan dengan lingkungan sekitar yang merupakan area pedesaan. Desain seperti ini tentunya dapat memberikan kesan selayaknya kembali ke masa lalu, dan bisa membangkitkan nostalgia.

2. Ukuran Kecil

Cottage biasanya memiliki ukuran yang relatif kecil. Luasnya di bawah 2000 kaki persegi atau bahkan bisa lebih kecil dari itu.

Ruangan di dalamnya terdiri dari ruang tamu, ruang makan dibagian tengah dan kamar tidur yang berjumlah 1 hingga 3 kamar tidur yang berukuran kecil juga kamar mandi.

3. Perpaduan Tradisional dan Modern

Meskipun seringkali memiliki desain tradisional, namun fasilitas yang disediakan tetap modern. Sehingga para tamu akan tetap merasakan kenyamanan saat menginap.

Beberapa cotage bahkan memiliki interior yang sangat modern dan ditata sebaik mungkin sehingga membuatnya tidak terlihat sempit dan kuno.

4. Lokasi Pedesaan atau Semi-Pedesaan

Cottage biasanya terletak di lokasi yang jauh dari keramaian kota. Sehingga rasa nyaman dan ketenangan akan didapatkan oleh para tamu saat menginap .

Lokasi akomodasi ini seringkali berada di pedesaan atau semi-pedesaan yang kental dengan nuansa alam.

5. Desain Asimetris

Biasanya cotage memiliki desain yang asimetris dengan teras. Tapi justru berkat elemen inilah yang membuat cotage memiliki kesan sebagai hunian yang nyaman, hangat dan menawan khas rumah di pedesaan.

Perbedaan Hotel, Cottage dan Villa

Cottage merupakan salah satu jenis penginapan yang unik, kita bisa lebih memahaminya melalui perbedaan antara hotel, cottage dan villa yang akan dibahas di bawah ini.

1. Hotel

hotel

Pada umumnya hotel merupakan gedung bertingkat dengan banyak kamar di setiap lantainya. Setiap kamar dipisahkan oleh dinding bersama yang tebal.

Kamu bisa menemukan hotel dimanapun, baik itu di perkotaan, di daerah wisata, maupun di pusat perbelanjaan.

Fasilitas yang disediakan hotel cenderung lengkap tergantung kelas hotel tersebut. Beberapa hotel hanya menyediakan kamar tempat menginap namun beberapa yang lainnya juga menyediakan fasilitas seperti kolam renang, area gym, area taman, dan lainnya.

2. Villa

villa

Villa biasanya memiliki ukuran yang sangat besar dan memiliki bentuk arsitektur yang terlihat mewah.

Fasilitas yang ada di dalam suatu villa cenderung mewah, seperti kolam renang pribadi dan area taman yang luas.

Villa diperuntukkan untuk liburan keluarga besar dengan anggota yang banyak. Ukuran villa dengan jumlah kamar di dalamnya biasanya dapat menampung 7 hingga 10 orang, bahkan lebih.

3. Cottage

Cottage

Dibandingkan villa, cottage cenderung lebih kecil dan hanya dapat menampung 2 hingga 3 orang.

Terletak di lokasi pedesaan ataupun semi pedesaan dengan desain minimalis, eksterior yang unik dan tradisional, dengan interior yang modern.

Perbedaan paling mencolok antara cottage dan villa adalah ukurannya cenderung kecil dengan mengusung konsep kesederhanaan sedangkan villa cenderung besar dengan mengusung konsep kemewahan.

Cottage bisa menjadi pilihan akomodasi menginap untuk kamu yang ingin melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan. Menikmati nuansa alam pedesaan yang tenang dan nyaman dengan udara yang sejuk serta menyegarkan.

Konsep tradisional yang dipertahankan membuat kita sebagai tamu bisa merasakan kehangatan dan kenyamanan yang berbeda. Seolah berada di rumah nenek, kita bisa melupakan sejenak penatnya kehidupan akibat modernisasi.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste