Pantai Pamayangsari: Daya Tarik, Tiket Masuk, dan Lokasi

Potensi wisata pantai di Tasikmalaya seolah tidak pernah ada habisnya, termasuk Pantai Pamayangsari yang juga tidak kalah populer di kalangan wisatawan.

Pantai yang bahkan masih aktif sebagai sumber mata pencaharian nelayan ini juga sudah dikenal sampai mancanegara.

Nah, jika kamu tertarik juga untuk berkunjung, simak ulasan Pantai Pamayangsari yang meliputi daya tarik, harga tiket, jam buka, fasilitas, dan lokasi berikut ini.

Sekilas Tentang Pantai Pamayangsari

Pantai Pamayangsari adalah salah satu objek wisata pantai yang menjadi tujuan rekreasi di Tasikmalaya dengan ikon menara kembarnya.

Merupakan menara pandang dan menara mercusuar di ujung pemecah ombak, cukup banyak wisatawan yang tertarik melihat langsung serta menjadikannya latar foto.

Selain itu, panorama di pantai ini juga tidak kalah indah dan memanjakan mata, terlebih saat menjelang matahari terbenam.

Barisan kapal-kapal nelayan juga memenuhi area wisata sekaligus menjadi tempat pelelangan ikan yang bisa langsung dibeli pengunjung wisata dengan harga murah.

Daya Tarik Pantai Pamayangsari

Daya tarik Pantai Pamayangsari antara lain menara kembar ikonik, pemecah ombak eksotik, ritual syukur laut, hingga spot belanja ikan segar.

1. Menara Kembar Ikonik

Menara Kembar Ikonik

Menara kembar yang ikonik masih menjadi daya tarik utama dari Pantai Pamayangsari yang terdiri dari menara pandang dan menara mercusuar.

Kedua menara ini terletak di ujung pemecah ombak kawasan pantai hingga seolah menjadi pintu gerbang menuju laut lepas.

Di menara pandang, wisatawan bisa naik melalui anak tangga melingkar dan bisa menyaksikan langsung pemandangan laut yang membentang di pantai selatan.

Terlebih saat momen sunset, area menara pandang menjadi spot selfi dan lanskap favorit yang banyak diburu wisatawan hingga fotografer profesional.

2. Pemecah Ombak Eksotik

Pemecah Ombak Eksotik

Menariknya lagi, kawasan wisata pantai ini juga memiliki pemecah ombak berupa spot bebatuan.

Mengingat kondisi pantai selatan yang dikenal memiliki ombak besar, tidak mengherankan jika di pantai ini terdapat pemecah ombak demi alasan keamanan.

Namun, ternyata alasan keamanan ini juga membuat pengunjung tertarik dan ingin menyaksikan langsung spot bebatuan pemecah ombak tersebut.

3. Ritual Syukur Laut

Ritual Syukur Laut

Daya tarik berikutnya dari Pantai Pamayangsari yaitu adanya ritual syukur laut yang merupakan prosesi pelepasan sesaji di wadah jampana ke laut lepas.

Di dalam jempana tersebut berisi bunga 7 rupa dan 2 kepala sapi dan munding bule atau kambing hitam yang akan dilarung nelayan pada awal bulan Muharram Tahun Hijriah.

Nantinya para nelayan tersebut akan memperebutkan air di sekitar jampana untuk disiram ke kapal karena dipercaya dapat mendatangkan rezeki.

Selesai ritual, warga setempat akan menggelar hiburan pentas dangdut dan kesenian daerah serta pasar malam dengan beragam wahana permainan yang seru.

4. Spot Belanja Ikan Segar

Spot Belanja Ikan Segar

Kawasan pantai yang selalu dipenuhi barisan kapal-kapal nelayan bukan sekadar hiasan sebab aktivitas melaut masih menjadi rutinitas.

Banyak nelayan yang memanfaatkan kawasan pantai ini sebagai sumber mata pencaharian untuk menangkap ikan.

Bahkan pengunjung bisa membeli hasil tangkapan nelayan secara langsung sebab area wisata ini juga menjadi tempat pelelangan ikan yang murah.

Harga Tiket Pantai Pamayangsari

Harga tiket Pantai Pamayangsari sendiri masih gratis sampai saat ini untuk semua pengunjung, termasuk dari kalangan wisatawan luar kota maupun mancanegara.

Tidak heran jika hampir setiap hari wisata pantai ini selalu ramai oleh pengunjung, baik untuk membeli ikan, rekreasi, maupun berburu foto Instagenic.

Jam Buka Pantai Pamayangsari

Jam buka Pantai Pamayangsari mulai dari pukul 07.00 WIB sampai 19.00 WIB dan berlaku setiap hari, termasuk hari libur nasional.

Mengingat kawasan wisata ini memperbolehkan pengunjung untuk camping, sebaiknya melapor kepada petugas pantai jika ingin berkemah.

Namun, jika ingin menyaksikan pemandangan laut terbaik, disarankan untuk datang saat menjelang sore hari.

Fasilitas Pantai Pamayangsari

Fasilitas Pantai Pamayangsari meliputi kamar mandi dan toilet umum, warung makan, mushola, area camping, area parkir, hingga patroli keamanan polisi.

Bagi wisatawan dari luar daerah, di sekitar kawasan pantai juga disediakan penginapan yang cukup nyaman sebagai hunian sementara.

Lokasi Pantai Pamayangsari

Lokasi Pantai Pamayangsari terletak di SindangKerta, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Rute menuju pantai bisa ditempuh dengan naik kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dari Terminal Indihiang Tasikmalaya.

Jika menggunakan kendaraan umum, kamu hanya perlu mencari transportasi dengn rute perjalanan Tasikmalaya – Cipatujah.

Hanya saja, jarak tempuh dari terminal menuju lokasi pantai memang cukup jauh, yaitu kurang lebih 87 kilometer atau sekitar 1 jam 16 menit berkendara.

Jika membutuhkan panduan arah yang cepat dari titik keberangkatan lainnya, kamu bisa memanfaatkan fitur Google Maps atau aplikasi penunjuk jalan sejenis.

Itulah tadi ulasan Pantai Pamayangsari yang meliputi daya tarik, harga tiket, jam buka, fasilitas, dan lokasi yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum.

Melalui informasi di atas, kamu bisa mempertimbangkan waktu kunjungan dan moda transportasi yang digunakan untuk mengunjungi Pantai Pamayangsari.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan wisata di Tasikmalaya terdekat lainnya untuk memaksimalkan momen liburan demi mendapat pengalaman yang berkesan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste