Pantai Baruna: Daya Tarik, Tiket Masuk, dan Jam Buka  

Berwisata ke Kota Semarang akan semakin lengkap dengan mengunjungi Pantai Baruna yang menawarkan wawasan tentang nilai sejarah yang tinggi.

Bukan sekadar menyuguhkan panorama pantai yang unik, pengunjung wisata juga diajak untuk mengenang tugu yang dibangun oleh tentara Jepang di era kemerdekaan.

Jika kamu tertarik untuk berkunjung, simak ulasan tentang Pantai Baruna yang meliputi daya tarik, harga tiket masuk, jam buka dan lokasi berikut ini.

Mengenal Pantai Baruna

Pantai Baruna adalah salah satu destinasi wisata pantai di Semarang dengan keunikan khas dari sisi panorama maupun nilai sejarah.

Meski masih kalah populer dari pantai wisata lainnya di Semarang dan pengelolaan yang belum maksimal, tetapi pengunjung bisa merasakan pengalaman baru di sini.

Di pantai ini, wisatawan dapat menikmati pemandangan pantai yang berpadu dengan sabana hingga tugu bersejarah yang dibangun tentara Jepang.

Selain itu, beragam aktivitas juga bisa dilakukan pengunjung pantai ini, seperti memancing dan berburu spot foto Instagenic yang menawan.

Bahkan lokasi pantai yang cukup tenang dengan ombak yang relatif sedang ini juga menjadi spot bersantai yang nyaman sambil mencari ketenangan.

Daya Tarik Pantai Baruna

Daya tarik Pantai Baruna antara lain pemandangan pantai yang unik, Monumen Peace of Soul, spot berburu foto menarik, hingga lokasi memancing.

1. Pemandangan Pantai yang Unik

Pemandangan Pantai Baruna

Daya tarik dari Pantai Baruna yaitu pemandangan pantai yang unik untuk dinikmati pengunjung wisata yang tidak ada di pantai lain pada umumnya.

Meski juga menyuguhkan pemandangan laut dengan ombak yang cukup tenang, tetapi pantai ini memiliki area sabana dengan ilalang.

Keberadaan sabana ini cukup menarik karena berpadu dengan panorama laut dan menciptakan lanskap unik.

Bahkan pemandangan sunset di pantai ini juga tidak kalah indah untuk disaksikan dari berbagai sudut lokasi, termasuk dari balik ilalang.

2. Monumen Peace of Soul

Monumen Peace of Soul

Selain pemandangan pantai dan sabana, daya tarik lain Pantai Baruna terletak pada nilai sejarah yang diciptakan pada era kemerdekaan.

Di kawasan pantai ini dibangun tugu peringatan bernama Monumen Peace of Soul oleh tentara Jepang pasca Perang Lima Hari di Semarang.

Tugu yang letaknya diperkirakan sejajar dengan kota Tokyo ini menjadi bentuk penyesalan atas korban jiwa yang berjatuhan akibat perang tersebut.

Dihiasi huruf kanji Jepang dengan bentuk menyerupai makam Tiongkok, spot tugu di tengah padang sabana ini juga tidak luput dari perhatian pengunjung.

3. Spot Berburu Foto Instagramable

Spot Berburu Foto Instagramable

Pantai Baruna Semarang juga menarik minat para pecinta fotografi untuk berburu foto cantik dengan beragam latar belakang yang unik.

Tetrapod sebagai pemecah ombak, padang sabana dengan banyak ilalang, hingga Monumen Peace of Soul menjadi obyek foto yang menarik untuk diabadikan.

4. Lokasi Memancing

Daya tarik berikutnya dari Pantai Baruna berupa aktivitas memancing yang bisa dilakukan pengunjung di beberapa area pantai.

Pengunjung bebas memancing tanpa dipungut biaya tambahan meski harus membawa peralatan sendiri.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket masuk Pantai Baruna masih gratis untuk semua pengunjung wisata karena memang belum ada pengelolaan khusus untuk memaksimalkan potensi wisata yang ada.

Jadi tidak heran jika fasilitas layaknya tempat wisata juga belum tersedia mengingat kawasan pantai ini belum tersentuh pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait.

Namun, akan ada tarif parkir kendaraan yang dibebankan kepada pengunjung sebesar Rp 2.000 untuk motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Jam Buka Pantai Baruna

Jam buka Pantai Baruna mulai pukul 5 pagi sampai dengan pukul 10 malam dari hari Senin sampai Minggu.

Dengan jam operasional ini, pengunjung akan memiliki durasi kunjungan yang cukup memuaskan untuk menjelajah area pantai atau melakukan aktivitas favorit tertentu.

Lokasi Pantai Baruna

Lokasi Pantai Baruna terletak di Bandarharjo, Kecamatan Tanjung Bringin, Kota  Semarang, Jawa Tengah, tetapnya berada di Kawasan Pelabuhan Tanjung Emas.

Jika mengambil rute dari pusat kota Semarang, jarak yang harus ditempuh sekitar 10,1 kilometer atau kurang lebih 24 menit berkendara.

Perjalanan menuju Pantai Baruna Semarang dari arah Simpang Lima dimulai dari Jalan MT. Haryono atau Jl. Mataram hingga sampai di Bundaran Bubakan.

Lanjutkan perjalanan dengan mengambil jalur ke Jalan Ronggowarsito, lalu ambil jalan lurus di perempatan lampu merah menuju Kawasan Pelabuhan Semarang.

Jika merasa bingung, kamu bisa memanfaatkan fitur bantuan Google Maps atau aplikasi penunjuk jalan sejenisnya untuk mendapatkan panduan arah terbaik.

Demikianlah ulasan tentang Pantai Baruna yang meliputi daya tarik, harga tiket masuk, jam buka dan lokasi yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum,

Melalui informasi di atas, kamu bisa mempertimbangkan kunjungan untuk menikmati potensi wisata yang ditawarkan pantai di Semarang ini.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan wisata di Semarang terdekat lainnya lewat pencarian online untuk dikunjungi saat akhir pekan atau hari libur tertentu.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste