Umbul Sidomukti: Daya Tarik, Fasilitas, Harga Tiket Masuk

Umbul Sidomukti menjadi salah satu alternatif wisata populer di kawasan Kabupaten Semarang yang banyak dikunjungi wisatawan.

Bukan hanya menawarkan keindahan alam dari atas ketinggian, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas wisata yang seru serta menikmati sensasi ngopi santai di Pondok Kopi.

Sebagai gambaran umum, berikut ulasan tentang Umbul Sidomukti yang meliputi daya tarik, fasilitas, harga tiket masuk, jam buka, dan lokasi.

Sekilas Tentang Umbul Sidomukti

Umbul Sidomukti adalah obyek wisata alam pegunungan yang populer di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah dengan suguhan aneka wahana dan fasilitas menarik.

Berada di kawasan lereng Gunung Ungaran dengan ketinggian 1.200 mdpl, tidak heran jika Umbul Sidomukti Bandungan memiliki udara yang sejuk dengan suasana yang relatif dingin.

Wisatawan yang berkunjung pun dimanjakan dengan beragam aktivitas, mulai dari kolam renang, wahana outbond yang menatang, hingga Pondok Kopi untuk ngopi santai.

Dukungan fasilitas umum yang disediakan pengelola wisata pun terbilang cukup mumpuni hingga pengunjung merasa nyaman dan betah berlama-lama di Sidomukti.

Daya Tarik Umbul Sidomukti

Daya tarik Umbul Sidomukti antara lain kolam renang alami, wahana outbond, Little Ranch, Pondok Kopi, dan spot foto Instagramable.

1. Kolam Renang Alami

Kolam Renang Alami Umbul Sidomukti

Daya tarik utama dari Umbul Sidomukti kolam renang alami di ruang terbuka dengan konsep bertingkat yang dilapisi dinding bebatuan.

Taman Renang Alam dengan bentuk tidak beraturan ini terbagi dalam tiga area yang berbeda kedalaman dan diperuntukkan bagi pengunjung dewasa maupun anak-anak.

Di area kolam dewasa, kedalaman airnya sekitar 1,3 meter hingga 1,6 meter yang cukup ideal untuk berenang maupun berendam.

Sedangkan area kolam anak memiliki kedalaman yang relatif dangkal hanya 30 cm hingga cukup aman bagi pengunjung anak untuk bermain air.

Air kolam renang Umbul Sidomukti juga jernoh dan menyegarkan karena berasal dari mata air pegunungan alami.

Menariknya lagi, pengunjung juga bisa sambil menikmati lanskap asri karena letak kolam menghadap langsung ke Gunung Ungaran dan pemandangan kawasan Kabupaten Semarang.

2. Wahana Outbond

Wahana Outbond Umbul Sidomukti

Tidak hanya berenang, wahana outbond juga menjadi daya tarik tersendiri di Umbul Sidomukti yang populer di kalangan wisatawan.

Beragam wahana yang menantang adrenalin pun menjadi favorit pengunjung wisata, seperti flying fox, marine bridge, sepeda awang, hingga wahana triangle.

Jika tertantang dengan wahana flying fox, wisatawan akan disuguhkan dengan lintasan sepanjang 10 meter di atas ketinggian 70 meter yang menghubungkan antara dua bukit.

Bahkan ada paket wahana yang lebih panjang melalui trek marine bridge dengan berjalan di lintasan jaring-jaring yang lubangnya sekitar 20 cm.

Wisatawan juga masih akan dimanjakan dengan wahana triangle yang memadukan tiga  permainan sekaligus, yaitu magic box, badui bridge, dan stick bridge.

Tidak hanya memacu adrenalin saat meluncur dengan Magic Box, pengunjung juga bisa sambil menikmati pemandangan Kota Ungaran dan sekitarnya.

Tidak perlu takut dengan aspek keamanannya karena wahana menantang tersebut sudah dilengkapi dengan alat pengaman.

Namun, jika ingin sedikit bersantai, ada wahana ATV yang melintasi area perkebunan di sekitar Desa Sidomukti.

3. Little Ranch

Pengunjung keluarga yang membawa anak-anak akan semakin menikmati kunjungan dengan berwisata di Little Ranch Umbul Sidomukti.

Di sini anak-anak dimanjakan dengan aktivitas seru di mini zoo, wahana panahan, berkuda,  air softgun, taman bunga, menyusuri Gua Tirta Mulya hingga kebun strawberry.

Tidak heran jika Umbul Sidomukti Semarang juga menjadi salah satu destinasi wisata keluarga yang menjanjikan banyak momen menyenangkan.

4. Pondok Kopi

Pondok Kopi Umbul Sidomukti

Bagi pengunjung yang ingin menikmati suasana sambil ngopi santai, kunjungi saja Pondok Kopi di area yang lebih tinggi.

Wisata kekinian yang banyak difavoritkan kalangan anak muda ini juga menyuguhkan keindahan pemandangan Gunung Merbabu, Gunung Telomoyo, dan Gunung Andong.

Pondok Kopi menyediakan beragam menu minuman berbasis kopi arabica hingga robusta, espresso coffee, serta menu non kopi lainnya dan wedangan yang wajib dicoba.

5. Spot Foto Instagramable

Tidak kalah menarik dan menjadi aktivitas wajib saat berwisata, pengunjung juga disuguhkan dengan spot foto keren yang Instagramable.

Berbagai sudut lokasi dan arena wahana wisata bisa menghasilkan konten foto cantik yang banyak diburu wisatawan untuk dijadikan unggahan media sosial.

Fasilitas di Umbul Sidomukti

Fasilitas di Umbul Sidomukti meliputi restoran, gazebo, camping ground, toilet, kamar mandi dan kamar bilas, serta area parkir yang memadai.

Dengan adanya dukungan fasilitas umum tersebut, pengunjung wisata dari dalam maupun luar kota akan semakin nyaman berada di Sidomukti.

Harga Tiket Masuk Umbul Sidomukti

Harga tiket masuk Umbul Sidomukti yaitu Rp 5.000 per orang yang berlaku untuk semua kalangan dan waktu kunjungan.

Hanya saja, ada biaya tambahan untuk menikmati wahana wisata yang disediakan dengan rincian sebagai berikut.

Wahana Tarif
Kolam RenangRp 10.000 – Rp 15.000
Marine BridgeRp 20.000
Sepeda AwangRp 25.000
Flying Fox LembahRp 25.000
Double Flying FoxRp 45.000
Highest TriangleRp 45.000
ATV, PanahanRp 30.000
BerkudaRp 30.000 – Rp 75.000
Gua Tirta MulyaRp 5.000

Jam Buka Umbul Sidomukti

Jam buka Umbul Sidomukti mulai dari pukul 09.00 – 21.00 WIB setiap hari, termasuk saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Namun, beberapa fasilitas memberlakukan jam operasional berbeda seperti kolam renang hanya sampai pukul 17.00 WIB dan Pondok Kopi buka sampai tengah malam.

Lokasi Umbul Sidomukti

Lokasi Umbul Sidomukti terletak di Desa Sidomukti Jimbaran, Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Untuk menjangkau lokasi wisata dari arah Kota Semarang, kamu harus menempuh perjalanan menuju Kota Ungaran terlebih dahulu.

Lalu arahkan kendaraan ke Kawasan Wisata Candi Gedong Songo dengan mengambil belokan ke kanan setelah Pom Bensin Lemah Abang.

Kemudian ikuti jalur jalan hingga sampai di Pasar Jimbaran dan masuk gang yang bertuliskan Wisata Umbul Sidomukti.

Jika membutuhkan panduan arah terbaik, kamu bisa menggunakan bantuan Google Maps atau aplikasi penunjuk jalan sejenis lainnya.

Demikian ulasan tentang Umbul Sidomukti yang meliputi daya tarik, fasilitas, harga tiket masuk, jam buka, dan lokasi yang sudah kami rangkum.

Selain ke Umbul Sidomukti, kamu juga bisa menemukan wisata di Semarang terdekat lainnya untuk dikunjungi bersama teman atau keluarga saat sedang libur.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste