Dalam bisnis perhotelan, tidak hanya ada istilah early check in untuk kedatangan lebih awal tetapi juga late check out.
Layanan ini biasanya sering diajukan oleh tamu jika merasa tidak memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri saat akan meninggalkan kamar hotel.
Nah, jika ingin memahami lebih jauh, berikut penjelasan tentang late check out yang meliputi pengertian, dampak, solusi, dan biaya sebagai gambaran umum.
Pengertian Late Check Out
Late check out adalah kondisi di mana tamu meninggalkan kamar hotel melebihi batas waktu yang sudah ditentukan di awal reservasi.
Pihak hotel sendiri memang memiliki layanan ini jika ada tamu yang menginap membutuhkan permintaan waktu lebih banyak untuk check out di luar jadwal normal.
Pada umumnya, tamu harus sudah check out sebelum pukul 12.00 sesuai kebijakan hotel mengingat staf houskeeping harus melakukan pembersihan kamar.
Hanya saja, dalam kondisi tertentu memang terkadang ada tamu yang meminta tambahan waktu untuk berkemas dengan melakukan pemberitahuan ke staf front desk.
Meski menjadi fasilitas yang ditawarkan pada tamu, tetapi pihak hotel akan memberikan batasan waktu untuk keterlambatan check out ini sesuai kebijakan yang berlaku.
Selain durasi late check out hotel, nantinya tamu juga harus mengikuti aturan hotel terkait tagihan extra charge yang akan dibebankan atas keterlambatan tersebut.
Namun, dengan adanya layanan ini tamu hotel akan mendapat kesempatan mengemas barang bawaan lebih panjang dan tidak perlu terburu-buru.
Dampak Late Check Out
Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, dampak late check out di hotel yang cukup kentara berkaitan dengan biaya tambahan yang harus dibayar oleh tamu.
Bisa dibilang biaya ini merupakan denda karena ketidakmampuan tamu untuk check out sesuai waktu yang sudah ditentukan oleh hotel.
Selain itu, ada juga dampak bagi tamu berikutnya yang sudah melakukan reservasi kamar karena harus mengalami penundaan proses check in.
Saat ada tamu yang terlambat check out, artinya ada tamu lain juga yang menunggu untuk menempati kamar tersebut.
Bahkan penundaan ini juga akan semakin lama karena tamu berikutnya harus menunggu kamar dibersihkan agar siap ditempati.
Oleh karena itu, permintaan late check out harus atas sepengetahuan bagian front desk hotel agar staf yang bertugas bisa melakukan pengaturan lebih lanjut.
Terlebih jika tingkat okupansi tinggi, kemungkinan besar waktu late check out yang diberikan tidak bisa terlalu panjang.
Walhasil, tamu harus segera meninggalkan kamar sesuai kesepakatan waktu yang diberikan dan memastikan semua bawaan tidak ada yang tertinggal.
Solusi Late Check Out
Solusi late check out di hotel bukan hanya tamu harus memastikan waktu yang tersedia cukup untuk berkemas dan meninggalkan kamar sesuai jadwal.
Namun, jika kondisi memaksa hingga tamu tidak bisa check out tepat waktu dan harus meminta layanan late check out, solusi berupa denda atau extra charge akan diberlakukan.
Bisanya, biaya tambahan ini akan dibebankan pada tamu sesuai durasi waktu keterlambatan check out yang dibutuhkan.
Biaya Late Check Out
Biaya late chek out yang akan ditagihkan pada tamu hotel bisa bervariasi di mana tagihan extra charge yang diproses nantinya akan disesuaikan jam check out.
Jika kamu check out dari hotel di atas pukul 12.00, maka extra charge yang berlaku sekitar 50 persen dari harga kamar pada saat itu.
Biasanya, batas maksimal keterlambatan waktu check out dengan nominal denda tersebut hanya sampai pukul 17.00.
Saat kamu meminta late check out hotel melebihi pukul 17.00, maka denda yang harus dibayarkan sebesar 100 persen atau tarif kamar untuk satu malam.
Meski begitu, kebijakan biaya late checkout hotel bisa saja berbeda-beda sesuai kebijakan yang diberlakukan hingga penting untuk memastikan pada staf front desk terlebih dahulu.
Itulah tadi penjelasan tentang late chek out yang meliputi pengertian, dampak, solusi, dan biaya yang mungkin ditagihkan yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.
Dengan adanya informasi dan gambaran umum di atas, kamu bisa mempertimbangkan permintaan layanan late check out jika memang membutuhkan.
Bukan hanya itu, pastikan juga untuk mengetahui durasi maksimal dan extra charge yang dibebankan terlebih dahulu dari bagian front desk.