Contract Rate: Pengertian dan Perbedaan dengan Publish Rate

Bagi kamu yang berkecimpung dalam bisnis hospitality, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah contract rate yang merupakan jenis tarif penjualan kamar hotel.

Secara umum, tarif ini mengacu pada penawaran harga yang diperuntukkan bagi pihak ketiga dan bukan harga langsung untuk tamu yang akan menginap.

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut, berikut pembahasan tentang contract rate hotel yang meliputi pengertian dan perbedaan dengan publish rate untuk memudahkan pemahaman.

Pengertian Contract Rate

Contract rate adalah tarif khusus untuk pihak ketiga yang ditawarkan oleh hotel dalam bentuk perjanjian kontrak yang akan disepakati bersama.

Berbeda dengan tarif yang dipublikasikan untuk pelanggan atau tamu hotel, contract rate hotel bersifat eksklusif dan umumnya lebih rendah dari tarif standar untuk umum.

Pihak ketiga yang mendapat penawaran harga khusus ini mengarah pada travel agent atau perusahaan dan organisasi tertentu.

Biasanya, kontrak kerja sama ini dibuat karena adanya pemesanan kamar dalam jangka waktu tertentu yang terjadi secara reguler.

Dalam kontrak tersebut, aspek harga, jumlah kamar yang disediakan, jangka waktu kontrak, dan persyaratan pembayaran disepakati secara khusus sesuai kebutuhan pihak terkait.

Tujuan Penawaran Contract Rate Hotel

Tujuan penawaran contract rate hotel sendiri mencakup beberapa hal yang ingin diraih oleh pihak terkait, antara lain sebagai berikut.

1. Mendapat Kepuasan Pelanggan Tetap

Tujuan utama penawaran contract rate hotel yaitu mendapat kepuasan pelanggan tetap yang melakukan reservasi kamar untuk menginap.

Dalam hal ini pihak ketiga yang sudah menjalin bekerja sama dengan hotel untuk memesan kamar dengan penawaran harga khusus sesuai kontrak yang sudah disepakati.

Adanya penawaran tarif khusus tersebut diharapkan bisa membangun hubungan kerja sama yang kuat secara tetap hingga akan meningkatkan kepuasan serta loyalitas.

2. Memperoleh Pendapatan yang Lebih Stabil

Tidak dimungkiri jika memperoleh pendapatan yang lebih stabil juga menjadi tujuan penawaran dari contract rate hotel lainnya.

Adanya kontrak kesepakatan ini, hotel akan mendapat order tetap dari pihak ketiga hingga aliran pendapatan menjadi lebih stabil.

Dengan kata lain, pihak ketiga yang diajak kerja sama telah membantu pemasaran kamar hotel tanpa harus melakukan promosi mandiri.

3. Meningkatkan Okupansi

Hasil dari penawaran contract rate hotel pada akhirnya akan memenuhi tujuan lainnya, yaitu meningkatkan okupansi atau pemakaian unit kamar hotel.

Kontrak yang dibuat bersama pihak ketiga menjadi jaminan adanya kepastian bahwa kamar hotel akan direservasi secara konsisten dan mengurangi potensi kekosongan kamar.

4. Membangun Hubungan Bisnis Berkelanjutan

Tujuan dari penawaran contract rate hotel dengan pihak ketiga selanjutnya tidak lepas dari harapan untuk membangun hubungan bisnis berkelanjutan.

Kesepakatan bersama melalui kontrak rate hotel akan menciptakan kemitraan yang kuat antara hotel dan pihak ketiga terkait.

Bahkan hubungan bisnis yang terjalin baik ini tidak menutup kemungkinan akan berujung pada kerja sama di masa depan yang lebih luas.

Perbedaan Contract Rate dengan Publish Rate

Perbedaan contract rate dengan publish rate meliputi beberapa aspek yang mengindikasi, yaitu pengaturan harga, tujuan penawaran, serta fleksibilitas dan jangka waktu.

1. Pengaturan Harga

Perbedaan pertama contract rate dan publish rate berkaitan dengan pengaturan harga yang diterapkan oleh hotel.

Kontrak rate hotel dibuat melalui perjanjian khusus dengan pihak ketiga yang umumnya menawarkan harga lebih rendah dibanding publish rate.

Sedangkan, publish rate sendiri merupakan harga yang dipublikasi atau ditawarkan secara publik dan tersedia untuk pelanggan umum.

2. Target Pelanggan

Target pelanggan yang diberi penawaran juga menjadi aspek pembeda antara contract rate dan publish rate yang cukup mudah dikenali.

Dalam praktiknya, kontrak rate hotel memberikan penawaran khusus kepada pelanggan tertentu sebagai pihak ketiga seperti agen perjalanan atau perusahaan.

Sementara publish rate langsung menargetkan pelanggan umum saat reservasi kamar secara mandiri di mana hotel terkadang juga akan memberikan penawaran promo menarik tertentu.

3. Fleksibilitas dan Jangka Waktu

Jika merujuk pada aspek fleksibilitas dan jangka waktu, perbedaan yang kentara juga terlihat dari contract rate dan publish rate hotel.

Kontrak rate hotel memiliki pada fleksibilitas pada perubahan harga, sedangkan publish rate hotel lebih fleksibel dalam hal penyesuaian harga yang dipublikasikan pada tamu umum.

Untuk aspek jangka waktu, penawaran harga dalam kesepakatan contract rate hotel biasanya memiliki jangka waktu tertentu saat membuat kontrak.

Sementara, publish rate tidak menerapkan jangka waktu tertentu terkait tarif kamar. Meski ada, kemungkinan besar hanya promo yang sifatnya musiman untuk menarik minat tamu.

Demikianlah pembahasan tentang contract rate hotel yang meliputi pengertian dan perbedaan dengan publish rate yang sudah kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.

Berdasarkan informasi di atas, kamu akan semakin paham dengan kontrak rate dan bisa membedakannya dengan berbagai jenis tarif hotel yang ada.

Selain itu, kamu juga bisa mengetahui berbagai istilah di dunia perhotelan lainnya untuk menambah wawasan dan bisa menerapkan langsung saat terlibat dalam bisnis hospitality.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste