Room Division Manager di Hotel

Dalam menjalankan operasional hotel, ada posisi sebagai Room Division Manager yang memiliki peran cukup penting dalam hal guest service secara menyeluruh.

Mulai dari pengelolaan lingkup kerja di Front Office dan Housekeeping hingga penguasaan skill kepemimpinan yang mumpuni.

Nah, sebagai gambaran umum, berikut ini pembahasan lebih lanjut untuk mengenal Room Division Manager di hotel beserta tugas dan skill yang dibutuhkan.

Apa Itu Room Division Manager?

Room Division Manager adalah tim manajemen senior di hotel senior yang berperan dalam pengawasan operasional di Departemen Front Office, Housekeeping, dan Guest Service.

Dalam praktiknya, Room Division Manager hotel akan memastikan kinerja Resepsionis, staf Reservasi, Concierge, Switchboard, dan Night Management bisa berjalan efektif.

Tujuannya bukan hanya kelancaran operasional hotel sesuai SOP tetapi juga pelayanan yang maksimal agar tamu mendapatkan pengalaman menginap yang nyaman dan menyenangkan.

Tentunya untuk menjalankan tanggung jawab pekerjaannya, seorang Room Manager juga harus memiliki skill kepemimpinan dan komitmen yang unggul.

Pasalnya, ada banyak staf di bawahnya yang harus dipastikan memberikan pelayanan terbaik untuk tamu yang pada akhirnya berdampak pada pendapatan hotel dari penjualan kamar,

Tugas Room Division Manager

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, tugas Room Division Manager berkaitan dengan tanggung jawab pelayanan akomodasi.

Secara lebih spesifik, fokus utama tugasnya meliputi pengawasan aktivitas reservasi pada departemen terkait yang umumnya berhubungan langsung dengan tamu hotel.

Selain itu, Room Division Manager juga bertugas memastikan kelancaran operasional dan kepatuhan yang tinggi, terutama dari staf  Front Office dan Housekeeping.

Bahkan tanggung jawab atas penempatan sumber daya yang kompeten di departemen terkait juga harus dipastikan untuk menjamin kepuasan para tamu.

Beberapa Manajer Room Division juga memiliki peran dalam melatih staf khusus untuk tamu prioritas seperti selebriti, pejabat, hingga kalangan pebisnis asing.

Dalam perkembangannya, perencanaan anggaran dan sumber daya di area kerja yang berkaitan dengan pendapatan penjualan kamar juga menjadi tugas Kepala Room Division.

Peran ini nantinya juga berkaitan dengan pemantauan kinerja dalam hal pelayanan, keamanan, pekerjaan personel layanan, hotel security hingga quality assurance and compliance.

Skill yang Dibutuhkan Room Division Manager

Ada skill yang dibutuhkan Room Division Manager agar bisa menjalankan tugas kerja dengan baik, berikut beberapa di antaranya.

1. Pelatihan di Bidang Hospitality

Skill utama yang dibutuhkan Room Division Manager berupa pelatihan di bidang hospitality yang mumpuni dengan latar belakang pendidikan sekolah manajemen hotel.

Dengan memiliki gelar pendidikan ini, calon pekerja hotel, termasuk Manajer Room Division, akan memiliki pengalaman profesional di berbagai departemen hotel.

Mulai dari lingkup kerja di Front Office, kemampuan bahasa asing, hingga pengetahuan teknologi untun menunjang aktivitas kerja dengan sistem modern.

2. Keterampilan Organisasi

Sebagai Manajer Divisi Kamar, skil keterampilan berorganisasi juga tidak kalah penting untuk dimiliki mengingat tugas pengawasan dan pemantauan yang dibebankan.

Dengan kemampuan ini, seorang Manajer Room Division akan mampu mengelola keseluruhan lingkup kerja di bawahnya dengan efektif dan efisien.

Terlebih dengan tingkat stres kerja di hotel yang tinggi, kompetensi ini harus dimiliki demi memastikan semua staf bekerja dengan baik dan tetap menjaga keramahan.

Keramahan ini juga menjadi ‘wajah’ hotel yang wajib dijaga sebagai jaminan profesionalitas demi memberikan pelayanan kepada tamu yang memuaskan.

3. Skil Kepemimpinan dan Tim Management

Untuk memenuhi tugas-tugas kerjanya, Room Division Manager hotel juga membutuhkan skill kepemimpinan dan tim management yang mumpuni.

Pasalnya, jabatan ini menuntut karakter  pemimpin yang andal sekaligus fleksibilitas dengan kemampuan bekerja dalam tim untuk menciptakan suasana kerja yang nyaman.

Selain itu, dalam jabatan dan pekerjaan ini juga membutuhkan karakter ketegasan dalam memberikan tugas dan instruksi demi kelancaran operasional hotel.

Demikianlah pembahasan lebih lanjut untuk mengenal Room Division Manager di hotel beserta tugas dan skill yang dibutuhkan yang sudah kami rangkum.

Melalui gambaran umum tersebut, kamu akan lebih mudah memahami informasi tentang Room Division Manager dalam bisnis perhotelan.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan dan mempelajari berbagai profesi kerja di hotel lainnya untuk menambah wawasan di bidang hospitality.

Aris Susanto

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar