Layanan di Hotel yang Bisa Didapatkan Tamu

Berbagai layanan di hotel disediakan untuk memenuhi kebutuhan tamu demi mendapatkan pengalaman positif dan berkesan saat menginap.

Tidak heran jika kemudian banyak hotel berlomba-lomba menawarkan keunggulan pelayanan yang ada dan memperbaiki kualitas service untuk menarik minat calon tamu.

Nah, jika ingin mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa layanan di hotel yang bisa didapatkan tamu selama menginap baik yang gratis maupun berbayar.

Layanan di Hotel yang Bisa Didapatkan Tamu Selama Menginap

Layanan di hotel yang bisa didapatkan tamu selama menginap umumnya terbagi menjadi layanan gratis dan layanan berbayar.

1. Welcome Drink

Layanan hotel pertama dan gratis yang bisa didapatkan yaitu welcome drink sebagai minuman untuk menyambut tamu saat momen kedatangan.

Umumnya, layanan berupa minuman signature hotel ini diberikan kepada tamu saat pertama kali tiba di lobi.

Selain minuman, tidak jarang hotel juga akan memberikan handuk kecil gratis agar digunakan tamu untuk membersihkan wajah.

Namun, layanan penyambutan gratis, baik welcome drink dan free towel ini, biasanya hanya didapatkan di hotel bintang 3 sampai 5.

2. Room Service

Room service merupakan layanan yang umum ada di hotel untuk mengantarkan makanan dan minuman ke kamar tamu sesuai permintaan.

Layanan ini tentunya akan memudahkan tamu saat ingin memesan hidangan tertentu tetapi tidak ingin turun ke restoran.

Biasanya, layanan kamar diberikan gratis untuk semua tamu yang menginap di hotel, tetapi menu yang dipesan tetap akan dikenakan biaya dan masuk billing saat check-out nanti.

3. Layanan Concierge

Selanjutnya, ada layanan concierge di hotel yang disediakan bagi tamu untuk mengantarkan barang bawaan ke kamar setelah proses check-in selesai.

Ketersediaan layanan ini tentu sangat membantu tamu yang menginap, terlebih jika datang bersama keluarga dan membawa banyak barang.

Layanan concierge juga diberikan secara cuma-cuma sebagai bentuk service hotel kepada tamu agar mendapat kepuasan dan pengalaman positif sejak awal menginap.

4. Morning Call

Apakah kamu pernah mendengar atau bahkan memanfaatkan layanan morning call saat menginap di hotel? jika ya, kamu pasti sudah cukup memahami definisinya.

Morning call adalah layanan khusus yang ditawarkan hotel untuk membangunkan tamu sesuai waktu yang diminta secara gratis.

Layanan berupa panggilan telepon ke kamar ini sangat membantu tamu yang memiliki banyak aktivitas dan membutuhkan reminder agar tidak terlambat.

Meski gratis, tetapi kamu harus menghubungi staf Front Desk atau Resepsionis yang bertugas dan menyampaikan permintaan layanan ini.

Kamu tinggal memberi tahu jam berapa ingin dibangunkan dan pastinya nomor kamar hotel agar nanti Resepsionis bisa menelepon tepat waktu sesuai permintaan.

5. Pinjam Setrika

Sesuai namanua, layanan pinjam setrika berupa pelayanan untuk meminjam setrika milik hotel yang biasanya memang disediakan gratis.

Terlebih jika tamu tidak membawa setrika travel sendiri dan membutuhkan pakaian yang rapi untuk menghadiri acara tertentu.

Tamu hanya perlu meminta bantuan petugas hotel untuk meminjamkan setrika dan diantar ke kamar tanpa dikenakan extra charge.

6. Minta Minuman Sachet di Kamar

Umumnya, hotel menyediakan aneka minuman di dalam kamar sebagai bentuk upaya memberikan kepuasan layanan kamar.

Baik itu air mineral dalam kemasan maupun minuman sachet berupa kopi instan dan teh celup beserta gula, semua disediakan secara gratis.

 Bahkan jika jatah minuman sachet dalam kamar sudah habis, tamu bisa meminta kembali tanpa dikenakan biaya tambahan.

7. Layanan Housekeeping

Layanan Housekeeping merupakan pelayanan untuk membersihkan dan merapikan kamar tamu setiap hari dan bebas biaya.

Demi kenyamanan tamu, hotel menyediakan layanan rutin ini mulai dari mengganti sprei, linen, handuk, hingga amenities lainnya.

8. Turn-down Service

Layanan lainnya di hotel yang juga banyak disediakan yaitu turn-down service atau pelayanan untuk mempersiapkan kamar di malam hari.

Biasanya, layanan ini meliputi merapikan tempat tidur, menutup tirai, dan meletakkan amenities di atas nakas menjelang waktu tidur tamu atau sesuai permintaan.

9. Laundry Service

Meski ada beberapa hotel yang menawarkan layanan secara gratis, tetapi pada umumnya laundry servive akan dikenakan biaya tambahan.

Layanan untuk mencuci dan menyetrika pakaian tamu ini akan dikerjakan oleh tim Housekeeping jika ada permintaan masuk dari tamu yang membutuhkan bantuan.

Itulah tadi beberapa layanan di hotel yang bisa didapatkan tamu selama menginap baik yang gratis maupun berbayar yang sudah kami rangkum sebagai gambaran umum.

Melalui informasi tersebut, kamu bisa semakin mengenal apa saja layanan di hotel dan memanfaatkannya dengan baik saat sedang menginap.

Aris Susanto

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Bagikan:

Tags:

Tinggalkan komentar