Kenapa M banking BNI tidak bisa transfer? Mungkin menjadi salah satu pertanyaan yang sering ditanyakan oleh para pengguna layanan mobile banking BNI. Tentu saja, hal ini menjadi sebuah masalah terutama saat Anda diharuskan transfer ke rekening lain dengan segera.
Nah, keberadaan dari layanan mobile banking sejatinya memang bertujuan untuk memudahkan transaksi para nasabahnya. Dengan layanan ini, nasabah bisa mengecek saldo, transfer uang, top up, mengecek riwayat transaksi, dan lain sebagainya, dimana saja dan kapan saja.
Akan tetapi, layanan mobile banking yang berbentuk aplikasi ini, tidak bisa langsung digunakan begitu saja setelah diinstall. Ada persyaratan khusus yang harus dipenuhi sebelum akhirnya bisa digunakan. Jadi jika Anda tidak atau belum bisa transfer di M banking BNI, simak dulu informasi yang ada di bawah ini.
Daftar ISI
M Banking BNI Tidak Dapat Transfer
Apabila proses aktivasi telah berhasil, maka layanan M banking BNI sudah bisa digunakan untuk melakukan berbagai macam transaksi perbankan, termasuk transfer. Akan tetapi, ternyata ada beberapa nasabah yang seringkali menemui masalah berupa gagal saat ingin transfer ke rekening lainnya.
Kejadian semacam itulah yang akan mengganggu para nasabah saat ingin transfer uang di saat itu juga. Sehingga, membuat mereka harus melakukan metode transfer yang lainnya, misalnya saja seperti melalui mesin ATM atau pergi ke kantor cabang secara langsung.
Lalu, kenapa mobile banking BNI tidak dapat transfer? Bagaimana pula cara untuk mengatasi masalah layanan perbankan tersebut? Ya, ada banyak penyebab yang dapat mengakibatkan hal itu terjadi, dan penanganannya pun juga berbeda-beda.
Baca juga: Cara Mengaktifkan Rekening BNI yang Sudah Mati, Berhasil & Mudah!
Kenapa M banking BNI tidak bisa transfer?
Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, penyebab dari masalah tidak bisa transfer melalui mobile banking ini cukup beragam. Nah, adapun beberapa hal yang kemungkinan menjadi penyebab dari masalah yang Anda lalui tersebut, adalah sebagai berikut.
1. Koneksi internet yang tidak baik
Penyebab yang pertama berasal dari koneksi internet yang terhubung ke perangkat. Ya, koneksi internet yang sedang dalam kondisi buruk, bisa saja membuat transfer yang dilakukan melalui mobile banking BNI menjadi gagal.
Hal ini menjadi masalah yang umum dan memang kerap dialami oleh para nasabah yang menggunakan layanan M banking serta bank digital.
2. m-PIN yang dimasukkan salah
Yang kedua, penyebab dari gagalnya proses transfer di M banking BNI adalah m-PIN yang dimasukkan di tahap akhir tidak benar. Kondisi tersebut dapat menjadi lebih buruk apabila m-PIN yang dimasukkan salah hingga 3 kali, karena akun m-banking akan diblokir oleh pihak bank BNI.
3. Ada masalah pada server
Penyebab mengapa M banking BNI tidak bisa transfer yang berikutnya berasal dari bagian server. Jadi, kondisi server dari BNI mobile yang sedang mengalami masalah atau error, ternyata juga berdampak bagi para penggunanya.
Dalam kondisi semacam ini, pengguna tidak dapat mengakses semua layanan yang ada dan melakukan berbagai jenis transaksi, termasuk juga dengan transfer.
4. Terdapat maintenance
Selain server yang bermasalah, adanya maintenance ternyata juga bisa membuat transaksi seperti transfer di M banking BNI gagal. Adanya maintenance sendiri, dilakukan untuk menjaga dan memelihara sistem aplikasi M banking agar tetap aman dan bebas dari masalah.
Nah, maintenance ini biasanya dilakukan selama beberapa waktu sekali. Dan pada saat itu, tidak ada pengguna aplikasi mobile banking BNI yang bisa melakukan transaksi.
5. Aplikasi yang belum di-update
Penyebab tidak bisa transfer yang berikutnya, karena aplikasi yang belum di-update ke versi terbaru. Bahkan tidak hanya bertransaksi, terkadang pengguna tidak bisa login akun pada aplikasi yang belum di-update. Biasanya update aplikasi BNI mobile banking ini tersedia setelah adanya maintenance.
6. Jumlah saldo yang kurang
Tidak hanya beberapa penyebab yang sudah disebutkan sebelumnya, gagalnya proses transfer melalui M banking BNI juga bisa terjadi jika sisa saldo dalam rekening BNI setelah transfer tidak mencukupi minimal saldo yang sudah ditentukan.
Selain melalui M banking, sisa saldo yang tidak mencukupi batas minimal ini juga bisa menjadi penyebab kegagalan metode transfer yang lain, seperti melalui ATM.
Cara mengatasi M Banking BNI Tidak Bisa Transfer
Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa M banking BNI tidak bisa transfer di atas, kini saatnya kita membahas tentang cara untuk mengatasinya. Nah, Anda dapat menyesuaikan metode penanganan dengan faktor penyebab kegagalan transfer tersebut.
1. Mengecek kondisi internet
Jika masalah ini terjadi karena kondisi internet yang sedang buruk, maka solusinya adalah dengan mencari tempat yang kondisi internetnya bagus. Jika susah, Anda dapat coba menggunakan jaringan Wi-Fi di rumah maupun kantor.
Apabila jaringan Wi-Fi tidak tersedia, cobalah untuk meminta bantuan teman untuk tethering internet sebentar. Namun jangan lupa pastikan kondisi internet HP yang digunakan tethering tersebut juga baik.
2. Memasukkan m-PIN dengan benar
Apabila kegagalan proses transfer via m banking BNI dikarenakan m-PIN yang dimasukan salah, maka tidak ada cara lain selain memastikan kebenaran PIN yang akan dimasukkan. Pastikan dulu jika m-PIN yang Anda masukkan tepat.
Jika sudah gagal sebanyak tiga kali dan akun M bangking diblokir oleh pihak BNI, maka Anda harus mengunjungi cabang BNI terdekat untuk mengaktifkannya kembali.
3. Menunggu hingga server & maintenance berakhir
Seperti yang sudah dibilang di atas, gangguan server dan juga maintenance menjadi masalah yang sering membuat transaksi via mobile banking gagal. Solusi paling tepat untuk mengatasi masalah tersebut, adalah dengan menunggu hingga server dan maintenance selesai atau berakhir.
Tidak perlu khawatir, biasanya proses dari pemeliharaan jaringan M banking tersebut tidak lebih dari 24 jam. Setelah itu, Anda sudah bisa menggunakan aplikasi BNI mobile banking kembali.
4. Memperbarui aplikasi BNI M banking ke versi terbaru
Masih berkaitan erat dengan poin yang sebelumnya, biasanya setelah terjadi maintenance, developer aplikasi BNI M banking akan menyediakan update aplikasi. Nah, alangkah baiknya jika Anda langsung melakukan update pada aplikasi yang digunakan.
Pasalnya, ada beberapa kasus yang menyebutkan bahwa aplikasi BNI mobile banking tidak bisa digunakan untuk login karena belum di-update.
5. Mengisi saldo terlebih dahulu
Jika jumlah saldo yang tersisa setelah proses transfer tidak cukup, maka Anda perlu mengisi saldo terlebih dahulu. Ada beberapa metode yang dapat dilakukan untuk mengisi saldo rekening BNI. Di antaranya seperti setor di ATM, mengunjungi kantor cabang, hingga transfer dari rekening yang lain.
Pastikan jumlah saldo yang diisi melebihi syarat dan ketentuan sisa saldo yang harus mengendap di dalam rekening. Agar nantinya proses transfer bisa dilakukan tanpa adanya kendala.
Setelah mengetahui alasan kenapa M banking BNI tidak bisa transfer dan cara penanganannya di atas, kini Anda sudah tidak bingung lagi kan, saat masalah itu terjadi? Namun jika Anda masih merasa ragu, bisa langsung menghubungi call center resmi BNI di nomor 1500046.