Departemen yang Ada di Hotel dan Tugasnya

Departemen yang ada di hotel menjadi bagian dalam struktur organisasi yang mendukung operasional hotel sesuai tugas dan tanggung jawab masing-masing.

Pembagian departemen ini juga berfungsi sebagai pos-pos untuk memberikan pelayanan terbaik bagi semua tamu hotel.

Pasalnya, setiap departemen memiliki job desc yang berbeda tetapi masih berkesinambungan satu dengan lainnya.

Jika kamu tertarik untuk mempelajari lebih lanjut, simak pembahasan mengenai departemen yang ada di hotel dan tugasnya berikut ini.

Departemen yang Ada di Hotel dan Tugasnya

Berikut beberapa departemen yang ada di hotel dan tugasnya yang penting untuk diketahui bagi kamu yang berminat bekerja di bisnis hospitality.

1. Front Office Department

Front Office Department adalah salah satu departemen penting yang ada di hotel dan sering dianggap sebagai wajah dari hotel itu sendiri.

Staf di Front Office juga disebut sebagai first and last impression yang merupakan ujung tombak hotel terkait tingkat kepuasan tamu

Pasalnya, departemen ini memiliki tugas yang berhubungan langsung dengan tamu, mulai dari reservasi, check in dan check out, hingga memberikan informasi selama tamu menginap.

Bahkan aktivitas terkait pelayanan pindah kamar juga harus melalui staf Front Office ini, termasuk saat tamu akan meninggalkan hotel dan melunasi tagihan.

Baca juga: Front Office Hotel: Pengertian, Tugas, Struktur Organisasi, dan Gajinya

Tidak heran jika Front Office Department menempati peran sebagai pusat kegiatan sekaligus pusat informasi hotel dengan beberapa divisi yang memiliki peran berbeda.

Mulai dari Reservation Section, Concierge, Telephone Operator, Front Office Cashier, hingga Airport & Harbor Representative yang menangani penjemputan tamu.

2. Housekeeping Department

Departemen di hotel berikutnya adalah Housekeeping yang bertanggung jawab atas kebersihan, keindahan, kerapian, dan pemeliharaan seluruh fasilitas serta lingkungan hotel.

Umumnya, departemen ini terbagi menjadi beberapa divisi, di antaranya Florist, Gardener, Roomboy, Houseman, dan Minibar Staf.

Mengingat tugasnya yang berkaitan dengan tata graha hotel, Housekeeping Departement juga mengelola area umum hotel, kantor, dan kamar tamu.

Untuk area umum dan kantor, staf Housekeeping berkewajiban menjalankan tugasnya di lobby, restaurant, koridor, dan taman hotel baik indoor maupun outdoor.

Sedangkan untuk pemeliharaan kamar tamu, kebersihan dan kerapihan kamar hingga area kamar mandi juga menjadi wewenang departemen Housekeeping.

Layanan dari staf Housekeeping juga tidak kalah penting karena kepuasan selama beristirahat di kamar juga menjadi indikasi kualitas hotel.

3. Laundry Department

Laundry Department seringkali dianggap menyatu dengan Housekeeping mengingat keduanya bekerja di area yang hampir berdampingan.

Departemen di hotel ini bertanggung jawab untuk menyediakan linen-linen bersih untuk keperluaan kamar, restoran dan meeting room, hingga seragam karyawan dan pakaian tamu.

Adapun bagian-bagian dari Laundry Department meliputi Valet Laundry yang mengatur perawatan dan penyelesaian pakaian, Washer, Presser, Marker, hingga Checker.

4. F&B Service

Food and Beverages (F&B) Service menjadi salah satu departemen di hotel yang menangani layanan makan dan minum.

Para staf di departemen ini juga berhadapan langsung dengan tamu demi memberikan pelayanan terbaiknya.

Area kerja staf F&B Service meliputi restoran, banquet, bar, dan room service yang melayani tamu saat ada pemesanan untuk menyajikan makanan dan minuman ke kamar.

5. F&B Product

F&B Product sering juga disebut sebagai Kitchen Department yang bertugas untuk menangani pengolahan makanan dan minuman, dari bahan mentah hingga siap saji.

Hidangan ini nantinya menjadi bagian dari servis hotel untuk semua tamu-tamunya yang datang ke restoran untuk menikmati santapan yang disediakan.

Kualitas rasa hingga perencanaan variasi menu menjadi wewenang departemen ini untuk memberikan pengalaman bersantap yang berkesan.

6. Sales and Marketing Department

Berikutnya, ada Sales and Marketing Department di hotel yang memiliki tugas dalam hal pemasaran dan penjualan layanan hotel kepada masyarakat atau calon konsumen.

Tugas ini mengedepankan tanggung jawab product knowledge dan privacy policy hotel untuk branding kamar dan seluruh fasilitas yang tersedia.

Tidak heran jika staf Sales and Marketing hotel juga wajib memiliki keterampilan human relation dan komunikasi dalam memasarkan serta mempresentasikan produk.

7. Accounting Department

Accounting Department menjadi departemen di hotel yang bertugas untuk mencatat dan mengawasi seluruh keuangan hotel, mulai dari pengeluaran sampai pemasukan.

Urusan administratif ini juga mencakup pencatatan pembayaran cashless atau non tunai dan pembelian barang yang dibutuhkan untuk operasional hotel.

Staf di departemen Accounting juga memiliki wewenang dalam pembuatan laporan keuangan rutin yang bisa dipertanggungjawabkan kepada tim manajerial.

Beberapa bagian dari departemen ini antara lain General Cashier, Cost Control, Income Auditer hingga Book Keeper.

8. Purchasing Department

Purchasing Departement merupakan divisi yang ada di hotel yang bertanggung jawab atas keseluruhan pembelian dan pengadaan kebutuhan hotel.

Semua kebutuhan operasional hotel dari setiap departemen akan dibeli oleh tim Purchasing melalui pengajuan pengadaan barang.

9. Engineering Department

Engineering Department yang ada di hotel memiliki tugas penting terkait perencanaan dan pemasangan gedung beserta alat-alat elektronik yang digunakan untuk operasional hotel.

Selain itu, staf Engineering juga bertugas menangani perawatan dan perbaikan mengecek barang-barang elektronik, alat-alat serta mesin di hotel jika terjadi kerusakan.

10. Human Resources Department

Human Resources Department merupakan departemen krusial yang ada di hotel dengan tugas dan tanggung jawab terhadap pengembangan sumber daya manusia dalam sebuah hotel.

Staf yang bekerja di departemen ini mempersiapkan proses perekrutan dan penyeleksian, wawancara, hingga penerimaan karyawan baru.

Selanjutnya, tugas untuk menyiapkan kontrak kerja dan melakukan training atau pelatihan kerja juga menjadi job desc staf Human Resources.

Hal ini menjadi penting karena karyawan baru wajib dibekali pengetahuan dasar agar dapat bekerja maksimal dan sesuai dengan SOP hotel yang berlaku.

Selain itu, staf Human Resources Department memiliki wewenang dalam pemutusan hubungan kerja, cuti karyawan, dan surat peringatan untuk pegawai.

11. Security Department

Security Department juga menjadi divisi keamanan yang ada di hotel dengan tugas untuk menjaga keamanan area hotel.

Area kerja mulai dari pintu masuk utama hingga seluruh lingkungan hotel mewajibkan staf bagian departemen ini melakukan pengecekan berkala ke semua area termasuk koridor.

Bahkan staf Security Department juga bertugas untuk mengecek seluruh tamu hingga karyawan hotel yang masuk dan keluar hotel.

Ada kalanya tugas untuk menjaga dan mengawasi kamar tamu yang diduga skipper juga menjadi tanggung jawab staf di departemen ini.

Selain itu, tugas tambahan Security juga pencatatan nomor plat kendaraan yang masuk ke hotel, termasuk kendaraan yang mengantarkan tamu ke hotel.

Itulah tadi pembahasan mengenai departemen yang ada di hotel dan tugasnya yang kami rangkum untuk memudahkan pemahaman.

Meski ada cukup banyak departemen yang ada di hotel, tetapi semua tetap saling berhubungan satu sama lain demi menciptakan kenyamanan tamu.

Tidak heran jika antar departemen tetap terhubung dan saling mendukung saat menjalankan tugasnya masing-masing.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste