Bagaimana cara agar website kamu bisa menempati halaman pertama di mesin pencari? Butuh waktu yang tidak sedikit untuk menjawab pertanyaan ini. Namun, ada salah satu strategi yang cukup efektif untuk menaiki ‘tangga‘ SERP, yakni menggunakan jasa backlink media.
Faktanya, tidak semua pemilik website menggunakan strategi ini untuk menempati ranking pertama di Google. Memang, berbeda dengan beberapa cara optimasi website lainnya, strategi ini tidaklah gratis. Namun, tidak ada pencapaian besar yang datang tanpa sedikit pengorbanan, bukan?
Di artikel ini, kamu akan lebih memahami apa itu backlink media, bagaimana cara kerjanya, serta seberapa signifikan pengaruhnya untuk meningkatkan ranking. Jadi, baca sampai habis, ya.
Daftar Isi Artikel Ini
Apa itu Jasa Backlink Media?
Jasa backlink media nasional adalah layanan yang membantu meningkatkan situs Anda dan membangun link kepada media nasional yang mempunyai high authority domain pada mesin pencarian.
Jika kamu sampai tiba di halaman ini, besar kemungkinan kamu sudah mengerti mengapa menempati halaman pertama di SERP (Search Engine Result Page) sangatlah krusial. Mari intip sedikit data terkait hal ini.
Melansir dari situs Five Channels, tingkat klik atau CTR (Click Through Rate) dari suatu website yang ada di peringkat pertama bisa mencapai 30%. Ini artinya, 30% orang yang mencari keyword terkait mengeklik website tersebut.
Angka yang relatif kecil, ya? Namun, kamu perlu ingat bahwa pada 2021 saja, terdapat 5.6 miliar pencarian setiap harinya. Jadi, 30% dari angka tersebut tentu bukan jumlah yang sedikit.
Oleh karena itu, tidak heran banyak orang berlomba-lomba untuk menempati posisi ini. Kamu bisa bayangkan persaingan ketat yang terjadi; ribuan konten baru muncul setiap harinya, sementara hanya ada 10 website yang bisa menempati halaman pertama.
Nah, jasa backlink media bisa menjadi trik untuk mendongkrak performa website hingga bisa menempati posisi tersebut.
Sesuai namanya, jasa backlink media merupakan jasa yang memberi kamu sebagai pemilik website kesempatan untuk menaruh backlink di situs-situs media.
Ibaratnya, kamu menaruh ‘iklan’ di media tersebut, untuk ‘memancing’ pengunjung mendatangi websitemu.
Tapi, kenapa harus di website media?
Kerap kali, website media atau berita memiliki traffic yang tinggi. Selain itu, masyarakat cenderung meyakini bahwa website media akan menghadirkan konten yang kredibel dan berkualitas, sesuai dengan kewajibannya.
Oleh karena itu, jika kamu menggunakan jasa ini, besar kemungkinan kualitas konten yang memuat backlink kamu sangat tinggi.
Pada umumnya, kamu bisa menggunakan jasa content placement atau jasa press release. Keduanya memiliki keunggulan serta biaya masing-masing.
Tentu saja, perhitungan biayanya pun berbeda-beda. Umumnya, semakin besar cakupan dan traffic website media tersebut, semakin tinggi juga harganya.
Namun, tenang saja, harganya variatif. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan budget.
Meski perlu melakukan investasi di awal, hasilnya pun akan sepadan. Kamu jadi bisa fokus ke pekerjaan atau tugas lain tanpa mengkhawatirkan performa website.
Mengenal Backlink Lebih Dalam: Definisi
Di pembahasan sebelumnya, kata backlink disebut beberapa kali. Kamu yang sudah mempraktikkan SEO sebelumnya mungkin sudah mengetahuinya. Namun, jika kamu seorang pemula, maka informasi ini wajib kamu ketahui.
Apa Itu backlink?
Backlink adalah link atau tautan dari satu website ke website lain.
Dalam algoritmanya, Google menganggap backlink sebagai salah satu cara untuk ‘voting‘ ke suatu website. Atau, kamu juga bisa menganggapnya sebagai ‘rekomendasi’ satu website terhadap website lain.
Yang perlu kamu tahu, rekomendasi atau rujukan merupakan poin vital dalam algoritma Google, terutama algoritma E-A-T.
Secara sederhana, cara kerja backlink adalah sebagai berikut:
Google akan menangkap bahwa konten kamu berpotensi untuk naik ke halaman pertama pencarian, karena konten tersebut memiliki kualitas baik hingga direkomendasikan orang lain.
Lantas, bagaimana contoh backlink?
Biasanya, dalam suatu artikel, backlink akan berupa beberapa kata saja. Selain itu, warnanya pun berbeda daripada teks lainnya.
Namun, ciri yang paling jelas adalah link tersebut mengarah ke website lain, serta click-able, alias link yang tidak mengarahkan pada halaman error.
Jenis-Jenis Backlink
Pada umumnya, terdapat dua jenis backlink, yakni internal dan external.
Internal backlink adalah rujukan ke halaman yang masih berasal dari website kamu. Misalnya saja, merujuk ke konten lain yang sudah kamu buat.
Sementara itu, external backlink adalah rujukan ke website luar. Biasanya, backlink dalam media merupakan jenis backlink external.
Sementara itu, ada juga jenis backlink yang lain berdasarkan karaktertistiknya, yakni:
- Backlink do-follow. Sesuai namanya, backlink jenis ini dapat mengarahkan pengunjung untuk mendatangi website kamu. Dan, tidak hanya meningkatkan traffic, jenis backlink ini juga bisa memberi ‘kredit‘ berupa otoritas, sehingga Google akan memperhitungkan website kamu dalam algoritma.
- Backlink no-follow. Sebaliknya, pengguna backlink jenis ini tidak ingin ada traffic yang mengarah ke website tersebut. Biasanya, ini karena sumbernya tidak kredibel, sehingga tidak bisa dijadikan acuan yang tepercaya.
Berdasarkan penjelasan tersebut, umumnya backlink di media adalah external backlink dengan karaktertistik do-follow. Inilah yang perlu kamu targetkan.
Pentingnya Backlink untuk Website
Tidak sedikit praktisi SEO yang menganggap bahwa membangun backlink merupakan upaya tersulit dari seluruh rangkaian praktik SEO. Namun, tidak sedikit juga yang menyadari betapa masifnya manfaat dari link building. Ini dia tiga manfaat membangun backlink untuk website kamu.
1. Menjadi Booster Ranking di Google
Seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya, algoritma mesin pencari seperti Google cenderung menyukai konten-konten yang memiliki backlink.
Semakin banyak orang yang merujuk ke website kamu, maka semakin tinggi pula skornya di algoritma Google.
2. Meningkatkan Traffic Pengunjung
Backlink merupakan tool yang tepat untuk menunjukkan sumber yang tepercaya. Penggunaan backlink yang tepat akan menyalurkan link juice atau link equity ke website kamu.
3. Meningkatkan Awareness terhadap Website dan Produk
Pada akhirnya, kedua poin di atas akan sangat membantu kamu dalam proses peningkatan awareness. Orang akan lebih mengenal website kamu serta konten di dalamnya. Selain itu, hal ini juga berpotensi meningkatkan transaksi, terutama jika kamu menjual produk atau jasa.
Panduan Membuat Backlink (Gratis Kamu Bisa Coba)
Di titik ini, kamu sudah memahami pentingnya backlink untuk meraih ranking tinggi di halaman mesin pencari.
Namun, jika konteksnya demikian, maka kamu harus mulai dengan mindset yang benar. Meminta satu atau dua backlink saja tidaklah cukup untuk meraih ranking. Setidaknya, kamu harus mulai dengan puluhan backlink.
Bagaimana cara membangunnya? Ini cara melakukan backlink yang benar:
1. Menentukan Keyword Apa yang Ingin Kamu Angkat
Penentuan keyword merupakan langkah yang vital dalam SEO. Oleh karena itu, langkah ini perlu kamu lakukan dengan serius.
Pertama-tama, tentunya kamu harus menentukan niche atau topik website kamu terlebih dulu. Jika kamu menyediakan konten terkait masakan, tentunya menggunakan keyword “Artficial Intelligence” tidak akan relevan.
Tidak hanya soal keyword, langkah ini juga bisa membantu kamu menemukan anchor text yang tepat untuk kamu input dalam backlink.
Terdapat beberapa tools gratis maupun berbayar yang bisa kamu gunakan untuk tahap ini, misalnya saja Ahrefs atau Wordtracker. Kamu bisa sesuaikan dengan kebutuhan.
2. Buat Daftar Website yang Ingin Kamu Mintai Backlink
Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa semakin banyak backlink, semakin baik.
Di satu sisi, hal tersebut memang benar. Namun, ada baiknya memberi perhatian lebih pada website yang akan kamu mintai backlink.
Pasalnya, tidak semua website memiliki tingkat kepercayaan dan skor yang baik di mesin pencari. Jika mengandalkan backlink website tersebut, bisa-bisa hasilnya tidak signifikan, bahkan menimbulkan kerugian.
Seperti apa kriteria website yang baik? Beberapa syaratnya antara lain:
- Memiliki Domain Authority (DA) yang baik
DA menggambarkan ‘kekuatan’ domain sebuah website, yang ditunjukkan oleh skor berskala 0-100. Semakin besar angkanya, semakin kredibel websitenya. Biasanya, website media atau berita memiliki DA yang tinggi. - Mempunyai Page Authority (PA) tinggi
Jika DA menggambarkan skor kredibilitas di satu website, maka PA menunjukkan kredibilitas halaman dan kualitas konten di website tersebut. Skala skornya serupa dengan DA, yakni dari 0-100. - Traffic Flow (TF) yang baik
Biasanya, faktor ini merupakan turunan dari kedua kriteria sebelumnya. TF menggambarkan jumlah pengunjung yang melihat website tersebut. Semakin besar traffic-nya, semakin besar pula eksposur yang bisa kamu dapatkan dari backlink.
Sederhananya, pastikan website yang kamu incar memiliki reputasi yang baik serta memiliki relevansi konten dengan konten kamu. Jika ingin pencarianmu lebih mendalam, kamu juga bisa menggunakan tools SEO seperti Ahrefs atau Semrush.
3. Tentukan Jumlah Backlink yang Kamu Butuhkan
Di langkah ini, barulah kamu bisa menentukan jumlah backlink yang perlu kamu targetkan. Berapa banyak link yang kamu perlukan untuk bisa menembus halaman pertama? 50? 100? Atau bahkan lebih?
Untuk mengetahuinya, kamu bisa melakukan pengamatan terlebih dulu dari website yang menempati halaman pertama di mesin pencari.
Jadi, kamu perlu mencari keyword yang kamu targetkan, lalu pelajari backlink yang ada di website halaman pertama.
Di tahap ini, kamu akan mendapatkan gambaran lebih jelas tentang berapa besar biaya serta waktu yang dibutuhkan sampai backlink menunjukkan hasil.
Cara ini memang manual dan memakan waktu. Namun, kamu bisa lebih cepat mendapatkan hasil lebih cepat jika menggunakan tools SEO.
4. Menentukan Bentuk Backlink
Sebetulnya, langkah ini relatif opsional. Namun, menentukan bentuk backlink sebelum memulai link building bisa memberikan kamu ‘amunisi’ lebih dalam meningkatkan ranking website.
Sembari melakukan observasi di berbagai website, kamu juga bisa memperhatikan jenis backlink apa yang digunakan di website tersebut. Misalnya, apakah backlink ada di dalam guest post, di forum, atau di kolom komentar? Kamu bisa mengamatinya terlebih dulu.
Sedikit banyak, bentuk backlink memberi pengaruh terhadap ranking di Google. Meski begitu, tidak ada aturan baku mengenai hal ini, jadi kalaupun bingung kamu bisa mengupayakan semua jenis backlink.
5. Mulai Membangun Backlink
Setelah melengkapi ‘bekal’ riset, kamu sudah bisa mulai membangun backlink.
Kamu bisa menjalin pendekatan terhadap website yang ingin kamu tuju, misalnya dengan cara membangun interaksi. Selain itu, kamu juga bisa menulis guest post atau menggunakan kanal sharing konten seperti Medium atau bahkan Quora.
Upaya-upaya tersebut bisa memberikan kamu backlink natural yang berpotensi meraup traffic organik ke website yang kamu kelola.
6. Lakukan Feedback Backlink
Menurut Ahrefs, sebanyak 43,7% website di ranking teratas Google melakukan reciprocal backlink. Dengan kata lain, website tersebut ‘membalas’ dengan memberikan backlink kembali. Hal ini merupakan trik tambahan yang bisa membantu naiknya website kamu di Google.
Mengapa Jasa Backlink Media Diperlukan?
Di tahap ini, kamu sudah memahami apa itu backlink dan apa saja manfaatnya. Selain itu, artikel ini pun sudah membocorkan cara membangun backlink secara cuma-cuma. Lantas, mengapa kamu tetap memerlukan jasa backlink di media? Sebenarnya, hanya ada dua alasan:
1. Menghemat Waktu
Seperti yang sudah kamu tahu, untuk mendapatkan backlink yang hasilnya efektif membutuhkan riset yang mendalam.
Faktanya, kamu bisa saja menargetkan backlink dari website apa pun. Tapi, apakah kamu siap dengan risikonya? Kalaupun kamu tidak siap, apakah kamu punya waktu untuk melakukan risetnya?
Dengan menggunakan jasa backlink media, kamu bisa menggunakan waktu untuk mengelola website dengan maksimal, tanpa perlu kerepotan perkara kredibilitas dan target backlink. Tenang, biarkan penyedia jasa tersebut yang bekerja untuk kamu.
2. Menghemat Biaya
Namanya saja jasa, pastilah berbayar. Tapi, uang yang kamu investasikan untuk jasa backlink media tentu bukan untuk hal yang sia-sia.
Jika membangun backlink sendiri, kamu perlu membayar tools SEO yang tidak murah setiap bulannya. Apalagi jika kamu adalah praktisi SEO pemula yang belum terbiasa melakukan analisis SEO.
Dengan merekrut layanan backlink, kamu hanya perlu ‘terima beres’ saja. Tidak ada biaya ekstra yang belum tentu kamu manfaatkan terus-menerus. Menarik, bukan?
List Backlink Media dan Harganya
Tidak perlu pindah tab untuk mencari provider backlink, karena kamu sudah menemukannya. Bahkan, tidak hanya satu, kamu mendapatkan tiga opsi jasa yang semuanya berpotensi tinggi untuk meningkatkan ranking website.
Untuk menjawab tantangan terkait backlink dan PBN, kamu akan mendapatkan tiga opsi jasa yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, yakni:
- Jasa Backlink Media (Halaman yang anda baca sekarang)
- Jasa PBN (klik tautan di samping)
- Jasa Content Placement (klik tautan di samping)
Kembali ke topik
Meski tidak semua media ada, tapi ini sudah lumayan kok.
Tapi, berapa harganya? Ini daftar media untuk jasa backlink dan nilai investasinya:
tabel di bawah ini udah gak update, harga terbaru bisa cek di excel ini.
==> Harga Terupdate + Promo 2023 <==
No | Media | Nilai Investasi |
1 | Aksaraintimes.id | Rp275.000 |
2 | pewarta-indonesia.com | Rp275.000 |
3 | Suroboyo.id | Rp275.000 |
4 | Tutwuri.id | Rp275.000 |
5 | Updatebanget.id | Rp275.000 |
6 | bareskrim.com | Rp300.000 |
7 | infosekitar.id | Rp300.000 |
8 | MediaSumutku.com | Rp300.000 |
9 | mimbarumum.co.id | Rp300.000 |
10 | ObrolanBisnis.com | Rp300.000 |
11 | pelitabatak.com | Rp300.000 |
12 | PodiumIndonesia.com | Rp300.000 |
13 | Prime-news.id | Rp300.000 |
14 | suaramahardika.co.id | Rp300.000 |
15 | Wartaindustri.com | Rp300.000 |
16 | abchannel.id | Rp375.000 |
17 | analisadaily.com | Rp375.000 |
18 | today.id | Rp375.000 |
19 | kesatu.co | Rp395.000 |
20 | moeslim.id | Rp395.000 |
21 | purwakartaupdate.com | Rp395.000 |
22 | medanposonline.com | Rp400.000 |
23 | orbitdigitaldaily.com | Rp400.000 |
24 | sinarpaginews.com | Rp400.000 |
25 | fajarpendidikan.co.id | Rp475.000 |
26 | rakyatnesia.com | Rp475.000 |
27 | jabarnews.com | Rp495.000 |
28 | Kitakini.news | Rp500.000 |
29 | Kliksumut.com | Rp500.000 |
30 | ayobandung.com | Rp550.000 |
31 | ayobanten.com | Rp550.000 |
32 | ayobekasi.net | Rp550.000 |
33 | ayobogor.com | Rp550.000 |
34 | ayocirebon.com | Rp550.000 |
35 | ayoindonesia.com | Rp550.000 |
36 | ayojakarta.com | Rp550.000 |
37 | ayopurwakarta.com | Rp550.000 |
38 | ayosemarang.com | Rp550.000 |
39 | ayosurabaya.com | Rp550.000 |
40 | ayotasik.com | Rp550.000 |
41 | ayotekno.id | Rp550.000 |
42 | ayoyogya.com | Rp550.000 |
43 | mediajateng.net | Rp575.000 |
44 | Apakabarnews.com | Rp600.000 |
45 | Hello.id | Rp600.000 |
46 | Indonesiaraya.co.id | Rp600.000 |
47 | OkeMedan.com | Rp600.000 |
48 | radarbekasi.id | Rp600.000 |
49 | SentralBerita.com | Rp600.000 |
50 | Sewaktu.com | Rp600.000 |
51 | beritajateng.net | Rp600.000 |
52 | kampuspedia.id | Rp600.000 |
53 | fokusblora.com | Rp650.000 |
54 | fokusjepara.com | Rp650.000 |
55 | fokuskudus.com | Rp650.000 |
56 | fokusmedia.id | Rp650.000 |
57 | fokusmuria.co.id | Rp650.000 |
58 | fokuspati.com | Rp650.000 |
59 | fokuspekalongan.com | Rp650.000 |
60 | fokusrembang.com | Rp650.000 |
61 | fokussemarang.com | Rp650.000 |
62 | fokussolo.com | Rp650.000 |
63 | fokussurabaya.com | Rp650.000 |
64 | dakta.com | Rp700.000 |
65 | dewabiz.com | Rp700.000 |
66 | katasumbar.com | Rp700.000 |
67 | Kilat.com | Rp700.000 |
68 | Realita.co | Rp700.000 |
69 | tribunsumbar.com | Rp700.000 |
70 | mediajabar.com | Rp700.000 |
71 | beritabulukumba.com | Rp750.000 |
72 | klikaktual.com | Rp750.000 |
73 | malangtimes.com | Rp750.000 |
74 | jatimtimes.com | Rp774.000 |
75 | kontenjateng.com | Rp775.000 |
76 | newsmedia.co.id | Rp775.000 |
77 | papua.tribunnews.com | Rp775.000 |
78 | urbanjabar.com | Rp775.000 |
79 | arenalte.com | Rp800.000 |
80 | Covesia | Rp800.000 |
81 | klikpositif.com | Rp800.000 |
82 | surabayapagi.com | Rp800.000 |
83 | halonusa.com | Rp800.000 |
84 | agtvnews.com | Rp800.000 |
85 | akurat.co | Rp800.000 |
86 | inilah.com | Rp800.000 |
87 | muria.tribunnews.com | Rp800.000 |
88 | portaljepara.pikiran-rakyat.com | Rp800.000 |
89 | rmoljawatengah.id | Rp800.000 |
90 | sukabumi.hallo.id | Rp800.000 |
91 | waspada.co.id | Rp800.000 |
92 | portalkudus.pikiran-rakyat.com | Rp875.000 |
93 | Ayomalang.com | Rp900.000 |
94 | Bantenraya.com | Rp900.000 |
95 | diadona.id | Rp900.000 |
96 | Fin.co.id | Rp900.000 |
97 | kabaroto.com | Rp900.000 |
98 | lombokinsider.com | Rp900.000 |
99 | Teknologi.id | Rp900.000 |
100 | era.id | Rp900.000 |
101 | gopos.id | Rp900.000 |
102 | sentralberita.com | Rp900.000 |
103 | telusur.co.id | Rp900.000 |
104 | timesindonesia.com | Rp900.000 |
105 | tangerangnews.com | Rp950.000 |
106 | bolaskor.com | Rp1.000.000 |
107 | Hallo.id | Rp1.100.000 |
108 | jatimnetwork.com | Rp1.100.000 |
109 | selular.id | Rp1.100.000 |
110 | Hops.id | Rp1.100.000 |
111 | rm.id | Rp1.100.000 |
112 | Wartaekonomi.co.id | Rp1.150.000 |
113 | batampos.co.id | Rp1.200.000 |
114 | goriau.com | Rp1.200.000 |
115 | harapanrakyat.com | Rp1.200.000 |
116 | Harianhaluan.com | Rp1.200.000 |
117 | industry.co.id | Rp1.200.000 |
118 | jabarekspres.com | Rp1.200.000 |
119 | koran-jakarta.com | Rp1.200.000 |
120 | merahputih.com | Rp1.200.000 |
121 | Pojoksatu.id | Rp1.200.000 |
122 | suaramerdeka.com | Rp1.200.000 |
123 | Timesindonesia.co.id | Rp1.200.000 |
124 | Voi.id | Rp1.200.000 |
125 | disway.id | Rp1.200.000 |
126 | krjogja.com | Rp1.250.000 |
127 | Pikiran-rakyat.com | Rp1.300.000 |
128 | Suara.com Regional | Rp1.300.000 |
129 | Tagar.id | Rp1.300.000 |
130 | Terkini.id | Rp1.300.000 |
131 | Tribunnews.com | Rp1.300.000 |
132 | harianterbit.com | Rp1.300.000 |
133 | investor.id | Rp1.300.000 |
134 | esportsku.com | Rp1.400.000 |
135 | Fajar.co.id | Rp1.400.000 |
136 | Solopos.com | Rp1.500.000 |
137 | adv.kompas.id | Rp1.600.000 |
138 | Grid.id | Rp1.600.000 |
139 | jpnn.com | Rp1.600.000 |
140 | Kompas.tv | Rp1.700.000 |
141 | bolasport.com | Rp1.800.000 |
142 | motorplus-online.com | Rp1.800.000 |
143 | adv.kontan.co.id | Rp1.900.000 |
144 | Hitekno.com | Rp2.200.000 |
145 | Kompasiana.com | Rp2.200.000 |
146 | Beritasatu.com | Rp2.300.000 |
147 | Kompas.com | Rp3.000.000 |
148 | Detik.com | Rp3.700.000 |
149 | Indozone.id | Rp4.000.000 |
150 | Medcom.id | Rp4.000.000 |
151 | Republika.co.id | Rp4.000.000 |
152 | Viva.co.id | Rp4.000.000 |
153 | Cnnindonesia.com | Rp5.000.000 |
154 | Jawapos.com | Rp5.000.000 |
Secara total, terdapat sekitar 154 referring domain yang siap memuat backlink kamu.
Update, Harga di atas sudah tidak berlaku, untuk harga terbaru silahkan cek di sini saja
==> Cek List & Harga <==
Untuk mendapatkan paket jasa ini, hubungi:
- WhatsApp: 085230288099
- Email: contact@hotelier.id
Apa Hotelier.id Juga Pakai Backlink Media?
Iya saya pakai juga, biar otoritas domain cepat naik.
Mau lihat listnya? Cek disini.
Hasilnya Gimana?
Biar data yang berbicara
Penutup
Meski berbayar, jasa backlink media bisa menjadi investasi yang sangat tepat guna untuk meningkatkan traffic ke website kamu. Murah dan mahal memang relatif, tapi jika hasilnya sepadan, mengapa tidak? Jadi, jangan ragu menggunakan jasa ini, ya.
Update: Halaman ini terakhir di diperbarui pada Jumat, 21 Juli 2023