Memahami Apa Itu Promosi, Jenis, Tujuan, Fungsi, dan Strateginya

Dalam dunia marketing, cara untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa adalah dengan menjalankan kegiatan promosi. Kegiatan ini memiliki tujuan untuk mengenalkan produk bisnis Anda supaya semakin terkenal hingga mendapat atensi dari publik. 

Hampir mustahil bagi suatu perusahaan untuk mendapatkan keuntungan tanpa melakukan kegiatan marketing satu ini. Maka dari itu, mempromosikan produk kepada publik sangat penting agar grafik pendapatan terus naik dan Anda bisa memperoleh laba. 

Apa Itu Promosi?

Anda perlu memahami berbagai istilah dalam industri pemasaran. Salah satunya adalah istilah promosi yang merupakan aktivitas memasarkan atau memperkenalkan produk kepada publik, sehingga mereka tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan. 

Kegiatan memperkenalkan produk kepada publik sangatlah penting bagi perusahaan. Sebab, nantinya Anda sebagai pemilik bisnis bisa berkembang dan menghasilkan laba karena ada banyak orang yang mengetahuinya produk dan brand Anda. 

Apalagi saat ini segala aspek popularitas bisnis dapat mempengaruhi tingkat penjualan yang masuk. Di samping tren industri yang membuat tidak semua pemilik bisa selalu mempertahankan penjualan produk atau jasa tetap stabil dan meningkat. 

Oleh sebab itu, Anda perlu menjalankan kegiatan pemasaran produk dengan semaksimal mungkin melalui promosi. Anda bisa meraih tujuan tersebut apabila memaksimalkan konten pemasaran semenarik mungkin. 

Kegiatan mempromosikan atau memperkenalkan produk juga bertujuan untuk menarik minat konsumen agar tertarik mencoba menggunakan atau membeli produk yang Anda tawarkan. Jadikan produk Anda sebagai solusi atas permasalahan yang saat ini sedang konsumen alami.

Jenis-Jenis Promosi

Anda pastinya pernah melihat iklan yang tampil di televisi atau media sosial. Iklan tersebut termasuk contoh kegiatan promosi yang bertujuan agar produk atau jasa bisa tersebar luas menjangkau berbagai khalayak. Nah, sebelum melakukan kegiatan tersebut, alangkah baiknya kenali jenis-jenisnya terlebih dahulu berikut ini:

1. Secara Fisik

Kegiatan memperkenalkan produk secara fisik bisa Anda lakukan lewat acara-acara offline tertentu. Misalnya saat pameran, festival, konser, bazar, dan lain sebagainya. Melalui event tersebut, Anda bisa membuka booth yang menampilkan produk atau jasa Anda sebagai bentuk kegiatan pemasaran usaha. 

Kelebihan memperkenalkan produk secara fisik adalah Anda bisa berinteraksi langsung dengan calon konsumen untuk menawarkan barang atau jasa. Selain itu, komunikasi secara langsung dapat meminimalisir terjadinya kesalahpahaman dan Anda bisa menjawab berbagai pertanyaan terkait produk dari konsumen. 

Supaya kegiatan mempromosikan produk berjalan lancar dan dapat menjangkau banyak konsumen, Anda bisa melakukannya pada lokasi potensial seperti sekolah, kantor, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya. 

2. Promosi Menggunakan Media Tradisional

unnamed 19
Pixabay

Meskipun saat ini media digital semakin merajalela, tetapi ada pula perusahaan yang masih menggunakan media tradisional sebagai cara untuk memperkenalkan produk. Baik itu berbasis media cetak atau media elektronik.

Anda bisa menggunakan media tradisional cetak seperti majalan, koran, atau tabloid. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan media elektronik biasa dengan menggunakan televisi atau radio. 

Selain pada media cetak dan elektronik, mengiklankan produk pada banner, papan reklame, atau billboard termasuk jenis media tradisional. 

3. Menggunakan Media Digital

Mayoritas bisnis saat ini melakukan promosi dengan media digital seperti melalui media sosial, website, email, dan lain sebagainya. Cara ini terbukti ampuh untuk menjangkau konsumen lebih luas, mengingat jumlah pengguna internet yang melimpah. 

Kelebihan dari jenis ini yaitu perusahaan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya. Namun, jika Anda memutuskan untuk melakukan kegiatan memperkenalkan produk ke publik lewat media digital, maka Anda harus memiliki daya kreativitas yang tinggi. 

Sebab, banyak kompetitor bisnis lain yang juga mempromosikan produknya di jejaring internet. Supaya produk atau jasa Anda mendapat banyak atensi dari publik, maka bisnis Anda harus punya citra yang berbeda daripada bisnis lainnya. 

Fungsi Utama Promosi

Lantas, apa fungsi kegiatan mempromosikan produk ke publik? Bagi pemula yang baru terjun ke dunia bisnis, mungkin masih belum banyak tahu tentang kegunaannya. Nah, berikut ini adalah fungsi utama dari memperkenalkan atau mengiklankan produk:

1. Menjaga Loyalitas Konsumen

Memiliki konsumen yang loyal adalah mimpi indah bagi seluruh perusahaan. Bagaimana tidak, di tengah gempuran kompetitor bisnis serupa, kehadiran konsumen yang loyal dapat mempertahankan penjualan bisnis dalam grafik stabil. Pihak kompetitor bisnis lain, tentu akan berusaha merebut konsumen setia Anda. 

Melalui kegiatan pemasaran produk, Anda bisa membuat penawaran yang menarik seperti diskon, flash sale, free gift, dan lain sebagainya. Tujuannya adalah supaya konsumen tetap setia membeli produk di tempat Anda. 

2. Meningkatkan Brand Awareness

Fungsi promosi berikutnya adalah meningkatkan brand awareness. Jika Anda rajin memperkenalkan produk ke publik dengan konsep yang menarik, maka publik bisa dengan mudah memperhatikan produk tersebut. 

Tidak menutup kemungkinan publik juga akan mengetahui brand Anda dari penawaran-penawaran yang sering muncul. Sehingga, dapat kita simpulkan bahwa kunci supaya brand awareness bisa meningkat adalah dengan menjaga intensitas kegiatan pemasaran produk yang konsisten. 

Anda bisa menampilkan informasi tentang produk untuk merangsang minat beli konsumen secara terjadwal. Nantinya, konsumen bisa dengan mudah menemukan produk Anda. 

3. Meningkatkan Penjualan Produk

Kegiatan memperkenalkan produk ke publik dapat menarik minat konsumen untuk membelinya. Apalagi, jika penawaran produk dikemas dengan cara yang unik dan kreatif, maka tingkat penjualan produk bisa naik. Selain itu, dari kegiatan mengiklankan produk tersebut bisa menggaet konsumen baru. 

Strategi yang Efektif untuk Promosi

unnamed 1 10
Pixabay

Kegiatan pemasaran produk haruslah menarik, kreatif, dan informatif supaya publik dapat menerimanya dengan baik. Oleh sebab itu, tim marketing perusahaan perlu memikirkan rencana strategi yang matang dan efektif untuk meningkatkan penjualan melalui promosi. Nah, apa saja strateginya? Simak penjelasannya berikut ini:

1. Memasang Diskon

Mayoritas konsumen tentu menyukai yang namanya diskon atau potongan harga. Memasang diskon pada produk atau jasa memiliki peluang yang lebih besar untuk menarik perhatian pembeli. Karena kebanyakan konsumen cenderung memilih tempat belanja yang memasang diskon daripada yang tidak memasang. 

Pemasangan potongan harga pada produk bisa Anda lakukan pada momen-momen tertentu. Misalnya saat bulan puasa, natal, hari kemerdekaan, tanggal kembar, dan lain sebagainya. 

2. Mengadakan Giveaway

Giveaway termasuk salah satu strategi promosi produk di mana orang yang beruntung akan mendapatkan hadiah yang telah ditentukan. 

Banyak orang antusias mengikuti giveaway lantaran mereka akan mendapatkan tester produk secara gratis. Selain itu, jika pemilik bisnis melakukannya melalui media sosial bisnis, maka mereka bisa meningkatkan engagement

3. Endorsement

Banyak influencer atau public figure dengan pengikut melimpah yang dapat membantu produk Anda makin tersebar luas. Anda bisa mencoba meng-endorse beberapa public figure yang sekiranya cocok dengan produk. 

Misalnya, Anda memiliki produk kecantikan. Lakukan survei terhadap public figure yang suka berdandan. Kemungkinan besar pengikutnya memiliki minat yang sama sehingga potensi pengikut media sosial mereka membeli produk Anda akan makin tinggi. 

4. Cashback

Zaman sekarang ini sudah banyak pebisnis yang menggunakan platform marketplace untuk menampilkan berbagai penawaran produk. Anda dapat memasang promo bahwa bagi konsumen yang membeli dengan nominal tertentu maka akan memperoleh sejumlah cashback.  

Sudah Siap Melakukan Promosi pada Bisnis Anda?

Bagi Anda yang mempunyai bisnis, penting untuk melakukan promosi agar produk atau jasa Anda dikenal luas oleh masyarakat dan mengundang minat konsumen untuk membelinya. Kegiatan tersebut bisa Anda lakukan dengan cara mengiklankan produk melalui berbagai kanal media. 

Bentuk tim marketing yang profesional agar penawaran dan penginformasian produk ke publik dapat berjalan secara konsisten dan menghasilkan umpan balik yang positif. 

Anda juga perlu melakukan riset pasar untuk mengenali target konsumen supaya perencanaan kegiatan pengiklanan produk berjalan maksimal dan membuahkan hasil. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page