Jobdesk Staff Marketing: Pengertian, Gaji, dan Skill yang Harus Dimiliki

Bagi yang masih ragu menentukan jurusan kuliah maupun jenjang karir, staff marketing adalah salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan dan memiliki cakupan bisnis yang luas. Uniknya, job ini tak selamanya harus Anda lalui dengan jalur pendidikan linier. Karena melalui banyak pelatihan skill Anda bisa cukup terasah untuk pekerjaan ini.

Namun, tahukah Anda seberapa menjanjikan pekerjaan ini? Berapa besaran gaji rata-ratanya? Lalu, skill apa saja yang Anda butuhkan? Agar tidak bingung, artikel ini akan membantu Anda memahami pengertian, klasifikasi dasar, hingga besaran gajinya. Yuk, simak sampai habis!

Apa itu Staff Marketing?

Dalam sebuah bisnis, marketing adalah salah satu aspek yang cukup penting, karena akan berpengaruh pada angka penjualan dan juga branding produk. Apalagi dengan perkembangan era digital ini, marketing memiliki banyak bentuk, sarana, dan strategi yang membutuhkan tenaga ahli agar bisnis bisa beradaptasi dengan zaman.

Pada umumnya, staff marketing adalah sebuah pekerjaan yang berfokus pada strategi pemasaran produk dari perusahaan yang membawahinya. Selaku divisi pemasaran, Anda akan berkutat pada perencanaan pemasaran, penggunaan tools marketing, implementasi, hingga evaluasi marketing bisnis.

Karena berhubungan langsung dengan produk dan pelanggan, Anda tidak hanya terhubung dengan antar tim divisi pemasaran. Namun, juga pada berbagai pihak lain. Contohnya seperti vendor aplikasi marketing, tim produksi, sales, kreatif, dan lainnya. Sehingga pekerjaan tidak akan monoton di depan komputer saja.

Secara teknis, Anda akan berkutat pada seluruh kegiatan pemasaran produk, mulai dari kampanye, pembuatan strategi, hingga implementasi pasar (penawaran, negosiasi dan penyelesaian konflik). Hal inilah yang membuat hampir seluruh bidang bisnis selalu membutuhkan keberadaan tim pemasaran untuk mendukung kemajuannya.

Peluang Karir Menjadi Staff Marketing

Jika Anda ingin masih ragu untuk berkarir menjadi staff marketing, beberapa peluang karir ini bisa membantu Anda memutuskan. Berikut uraiannya:

1. Cakupan Bidang yang Luas

Memiliki skill pemasaran yang baik, pastinya akan membantu Anda berkarir dalam banyak bidang bisnis. Karena hampir semua bisnis membutuhkan divisi pemasaran, sebut saja pendidikan, pertambangan, UMKM, fintech, dan lain sebagainya.

Tak heran jika banyak orang yang beranggapan bahwa staff marketing adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan dan memiliki peluang besar. Bukan hal yang mustahil jika bisnis multinasional yang selama ini Anda idolakan atau sering Anda gunakan juga membutuhkan tenaga staf pemasaran yang handal.

2. Kebutuhan Pasar yang Cukup Tinggi

Tak hanya bisa berkarir dalam berbagai bidang bisnis, kebutuhan pasar akan pekerjaan ini cukup tinggi. Bahkan banyak perusahaan yang tidak mengutamakan lulusan universitas linier, selagi memiliki skill dan pengalaman yang mumpuni. 

Jadi, Anda yang lulusan selain marketing pun masih memiliki kesempatan besar. Belum lagi sekarang banyak pelatihan online yang bisa memberikan pengalaman dan sertifikasi tambahan untuk menambah value dari portofolio yang Anda miliki.

3. Peluang Karir Dalam dan Luar Negeri

Secara teknis, staff marketing adalah pekerjaan yang dibutuhkan seluruh bidang bisnis, tak hanya dalam negeri namun juga luar negeri. Selain itu, banyak perusahaan multinasional hingga bisnis startup luar negeri yang menawarkan gaji fantastis. Selagi Anda memiliki skill dan kemampuan bahasa, peluangnya akan sangat besar.

Untungnya, dalam perkembangan teknologi seperti sekarang ini, rasanya cukup mudah untuk mendapatkan informasi lowongan kerja profesional dan menjanjikan di luar negeri. Ada juga perusahaan multinasional yang memiliki kantor cabang di Indonesia yang bisa Anda jadikan referensi dan pilihan pekerjaan lain.

4. Peluang Kerja Remote

Lewat majunya perkembangan teknologi yang ada, pekerjaan ini juga berpeluang besar dalam sistem remote. Sistem ini memungkinkan Anda untuk bekerja dari rumah, dengan implementasi dan bisnis berbasis teknologi. 

Banyak peluang bisnis remote yang memungkinkan Anda bekerja tanpa harus keluar rumah, Selain itu, dalam bisnis remote Anda akan berkesempatan melakukan berbagai aktivitas atau sistem kerja yang lebih fleksibel. Tentu saja dengan time management yang baik.

5. Banyak Jaringan Komunitas Lintas Negara

Staff marketing adalah pekerjaan yang menjanjikan dan bisa Anda kejar. Apalagi, sekarang banyak sekali komunitas lintas negara yang bisa membangun jaringan relasi yang lebih luas. 

Jadi, Anda bisa saling bertukar informasi pada penggunaan teknologi marketing paling up to date. Serta menjadikannya peluang untuk meningkatkan relasi yang lebih luas untuk kebutuhan bisnis dan pribadi.

6. Fokus Karir yang Luas

Lewat kemampuan marketing yang Anda miliki, fokus karir Anda juga cukup luas. Karena dalam perusahaan berskala besar, ada banyak lini yang bisa Anda tekuni. Mulai dari marketing coordinator, digital marketing, account executive, hingga peluang menjadi brand ambassador dan mengembangkan bisnis Anda sendiri.

7. Gaji yang Kompetitif

Staff marketing adalah salah satu pekerjaan yang menawarkan gaji cukup tinggi. Di perusahaan dalam negeri, gaji yang bisa Anda terima berkisar antara Rp4.500.000,00 hingga lebih dari Rp7.000.000,00. 

Pekerjaan ini juga termasuk profesional yang bisa berharga tinggi di luar negeri, kabarnya Anda bisa meraih hingga ratusan juta rupiah tiap bulannya. Bahkan, dalam beberapa negara, pekerja profesional akan mendapatkan hitungan bayaran perjam yang sangat fantastis.

Jobdesk Staff Marketing

Dalam praktiknya, selaku divisi pemasaran Anda biasanya memiliki beberapa jobdesk dasar. Berikut ini adalah beberapa tugas yang mungkin akan menjadi tanggung jawab Anda:

1. Analisis Pasar

Tugas pertama yang akan Anda kerjakan adalah bertanggung jawab dalam analisis pasar yang relevan dengan bisnis atau produk perusahaan. Dalam tugas ini, Anda membutuhkan kejelian dan kepekaan dalam membaca trend dan berbagai matriks digital. Setidaknya cakupan dalam analisis pasar adalah sebagai berikut:

  • Mengumpulkan data, baik riset pasar yang relevan, kompetitor, perilaku konsumen, trend industri, dan masih banyak lagi.
  • Analisis trend pasar juga menjadi tugas yang akan berpengaruh dalam pembuatan strategi pemasaran.
  • Staff marketing juga bertanggung jawab dalam mengalokasikan data dan analisanya untuk membuat segmentasi pasar. Ini berguna untuk meraih efektivitas strategis pemasaran yang relevan.
  • Kemudian, Anda juga berkewajiban melakukan penelitian dan pemantauan pada para kompetitor. Khususnya pada kekuatan, kelemahan, dan strategi marketing yang kompetitor gunakan.
  • Analisis SWOT (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threats) juga salah satu deskripsi tugas dalam analisis pasar.
  • Terakhir tapi paling penting adalah penyusunan dan presentasi laporan pada rapat direksi.

2. Perencanaan dan Implementasi Strategi Pemasaran

Staff marketing adalah pekerjaan yang berfokus pada kebutuhan pemasaran. Nah, salah satu tugas yang akan Anda kerjakan sudah pasti berhubungan dengan perencanaan dan implementasi strategi pemasaran. Ini meliputi hal-hal sebagai berikut:

  • Penetapan tujuan pemasaran jadi bentuk kontribusi awal Anda dalam perencanaan strategi pemasaran yang spesifik, terukur, dapat dicapai, realistis, dan berbatasan waktu. Tujuan tersebut juga  harus sejalan dengan visi, misi, dan nilai perusahaan.
  • Kemudian yang jadi fokus tugas ini adalah mengidentifikasi target audiens dari produk atau kampanye yang akan Anda lakukan. Biasanya, ini berkaitan dengan segmentasi audiens, karakteristik demografis, perilaku konsumen, dan kebutuhan pelanggan potensial.
  • Tak lupa, Anda juga akan mengembalikan pesan penawaran sesuai dengan tujuan strategi yang Anda buat.
  • Deskripsi tugas berikutnya adalah memilih saluran pemasaran, baik pemilihan media dan juga platform potensial sesuai strategi yang Anda buat.
  • Dari setiap strategi yang ada, Anda juga harus senantiasa mengembangkannya sesuai kondisi dan tren pasar yang berlaku.
  • Anda juga akan berkewajiban dalam penyusunan anggaran pemasaran, mengelola, dan memantau pengeluaran agar tetap sesuai dengan anggaran yang ditentukan.
  • Analisis dan pengukuran kinerja juga akan Anda lakukan. Khususnya untuk mengukur keberhasilan kampanye dan mengidentifikasi peluang perbaikan dengan data atau matrik yang relevan.
  • Karena pekerjaan Anda berhubungan dengan banyak departemen, Anda juga harus aktif dalam setiap kolaborasi dengan tim lintas departemen yang terlibat.
  • Hal yang tak kalah penting adalah terus memantau tren industri untuk membuat strategi paling efisien dan memiliki peluang keberhasilan yang tinggi.

3. Kampanye Produk

Karena ini adalah pekerjaan yang berhubungan dengan pemasaran produk, kampanye atau mempromosikan produk adalah tugas lain yang akan Anda kerjakan. Jobdesk ini mencakup beberapa kegiatan, seperti:

  • Pengembangan konsep kreatif adalah salah satu tugas kolaborasi Anda dengan divisi kreatif perusahaan. Anda akan berkontribusi dalam mengembangkan konsep dan ide kreatif untuk media kampanye atau konten yang akan Anda gunakan. 
  • Kemudian Anda juga akan melaksanakan aktivitas pemasaran sesuai dengan rencana kampanye. Cakupannya seperti mengelola saluran pemasaran yang dipilih, mengatur jadwal publikasi konten, meluncurkan iklan, dan berinteraksi dengan target audiens melalui berbagai saluran komunikasi.
  • Anda juga akan mengelola anggaran iklan, membeli ruang iklan, membuat dan mengoptimalkan iklan digital. Serta akan melibatkan diri dalam aktivitas promosi seperti diskon, kontes, atau acara khusus.
  • Tak kalah penting, Anda juga akan melakukan pemantauan kinerja kampanye, menggunakan tools marketing yang tersedia. Hal tersebut akan membantu proses evaluasi pada strategi pemasaran yang efektif. 

4. Manajemen Hubungan Pelanggan

Seperti yang sudah Anda ketahui bahwa staff marketing adalah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Oleh karena itu, manajemen hubungan jadi tugas Anda. Ini akan mencakup hal-hal berikut:

  • Membangun dan menjalin komunikasi yang aktif dan baik dengan pelanggan melalui berbagai saluran. Seperti telepon, email, pesan teks, atau media sosial. 
  • Merespons pertanyaan, masukan, atau keluhan pelanggan dengan cepat dan profesional.
  • Mengumpulkan umpan balik dari pelanggan mengenai produk atau layanan perusahaan. Menerapkan survei, wawancara, atau metode lainnya untuk memahami kebutuhan dan preferensi pelanggan serta mengidentifikasi area perbaikan.
  • Anda juga harus memelihara hubungan jangka panjang dengan pelanggan dan memastikan mereka merasa dihargai serta didengar. Hal tersebut bisa Anda lakukan melalui komunikasi teratur, penawaran khusus, atau menawarkan program loyalitas.
  • Kemudian Anda juga akan menerima, mencatat, dan menyelesaikan keluhan pelanggan dengan cepat dan efektif secara langsung. Mencari solusi yang memuaskan pelanggan, mengoordinasikan dengan departemen terkait, dan memastikan bahwa masalah pelanggan terselesaikan dengan baik.
  • Tak kalah penting pastinya Anda juga akan memberikan pelayanan pelanggan yang baik dan ramah. Menjadi sumber informasi yang dapat diandalkan bagi pelanggan, membantu mereka dalam memahami produk atau layanan yang Anda tawarkan.
  • Pengelolaan pangsa pasar adalah tugas yang berhubungan dengan mengidentifikasi peluang untuk meningkatkan pangsa pasar dan mempertahankan pelanggan yang ada.
  • Pelatihan dan edukasi pelanggan, maksudnya memberikan informasi kepada pelanggan tentang produk atau layanan baru. Anda harus menyampaikan informasi yang jelas dan berguna untuk membantu pelanggan memanfaatkan produk atau layanan dengan maksimal.

Skill yang Harus Staff Marketing Kuasai

Dari banyaknya tugas dan tanggung jawab yang ada, ada beberapa skill yang harus Anda kuasai jika ingin menjadi expert dalam bidang ini. Hal tersebut mencakup beberapa skill linier dan tidak linier, contohnya seperti:

1. Komunikasi atau Public Speaking

Dari beberapa tugas yang ada, sudah bisa Anda simpulkan bahwa pekerjaan ini berhubungan dengan banyak orang. Hal tersebut mengharuskan Anda memiliki kemampuan komunikasi dan berbahasa dengan baik dan benar. Terutama untuk menyampaikan maksud dan tujuan yang menarik dan mudah dipahami.

2. Riset dan Analisis

Baik dalam pembuatan strategi, implementasi, kampanye, maupun hubungan dengan pelanggan, riset dan analisa adalah kemampuan yang sangat membantu. Anda harus memiliki kepekaan dalam membaca setiap matriks yang menjadi bahan pengukur dalam setiap riset dan analisa yang Anda lakukan.

3. Sales Produk

Kemampuan selanjutnya yang harus Anda miliki sudah pasti menjual produk. Walaupun terlihat simpel, namun hal ini cukup sulit dilakukan. Karena selain kemampuan bahasa dan percaya diri, Anda juga harus mengenal produk luar dalam. Anda juga harus mengenal siapa yang Anda ajak bicara.

4. Customer Knowledge

Sebenarnya, staff marketing adalah pekerjaan yang berhubungan langsung dengan pelanggan. Maka dari itu, sedikit banyak Anda akan belajar tentang psikologi, khususnya mengenai customer knowledge. Karena Anda harus pandai dalam mengajak atau mempengaruhi pelanggan melakukan apa yang Anda inginkan.

5. Keterampilan dalam Penggunaan Teknologi

Dalam implementasi pemasaran, khususnya pada era digital, berbagai tools marketing akan sangat membantu pemasaran yang Anda tekuni. Oleh karena itu Anda harus selalu up to date pada teknologi-teknologi tersebut, sehingga strategi yang Anda jalankan lebih maksimal.

6. Manajemen Proyek

Skill dasar yang harus Anda miliki berikutnya adalah kemampuan untuk mengelola proyek pemasaran yang tengah Anda jalankan. Ini juga akan berhubungan dengan kemampuan mengatur waktu serta mengkoordinasi setiap pihak terkait. Lewat kemampuan ini juga Anda akan mengetahui bagaimana cara promosi yang tepat.

7. Kemampuan Interpersonal

Skill ini mengacu pada kemampuan kerja sama atau kolaborasi, atau sekedar tahu bagaimana menempatkan diri dalam setiap situasi. Hal tersebut penting karena staf pemasaran tidak akan bekerja sendiri. Tentu saja, hal ini juga berlaku untuk mengatasi masalah yang terjadi pada keluhan konsumen secara kondusif dan efektif.

8. Kreatifitas

Staff marketing adalah pekerjaan yang juga melibatkan kreativitas berpikir seseorang, karena Anda harus mampu membuat ide dan pemahaman yang menarik minat banyak pihak. Khususnya kreatifitas untuk menjual, mempromosikan, dan menawarkan produk dengan cara kreatif dan menarik.

9. Persuasif dan Negosiatif

Persuasif dan negosiatif adalah dua kemampuan yang saling berdampingan. Karena untuk menarik minat pelanggan dan berhasil dalam semua negosiasi yang ada, kedua kemampuan ini sangat Anda butuhkan.

Anda Tertarik untuk Menjadi Staff Marketing?

Dari penjelasan tersebut kini Anda tahu bahwa staff marketing adalah pekerjaan yang menjanjikan dan memiliki jenjang karir bagus. Lewat semua tugas dan tanggung jawab yang ada, serta skill yang harus dikuasai, apakah Anda tertarik untuk menjadi expert dalam bidang tersebut?

Share:

Leave a Comment

You cannot copy content of this page