0896 Nomor Apa? Kode Daerah Mana, Ini Jawaban Lengkapnya

Ingin mengetahui 0896 nomor apa, daerah mana, hingga berbagai hal yang masih berkaitan dengan empat digit angka tersebut merupakan perkara yang wajar. Hal ini dikarenakan terkadang ada panggilan masuk dari nomor baru yang tidak terdaftar atau tersimpan di perangkat. Sehingga asal-usul nomor yang tidak jelas membuatmu ragu untuk mengangkatnya.

Tak dapat di mungkiri bahwa cukup banyak pengguna smartphone yang tidak tahu 0896 tersebut nomor dan kartu apa. Ini karena di Indonesia sendiri terdapat banyak jenis provider telekomunikasi. Sementara itu, masing-masing dari provider tersebut pun mempunyai awalan nomor yang berbeda-beda sebagai identitas dari kartu SIM yang mereka produksi.

Pada dasarnya awalan nomor atau yang sering disebut kode prefix dari setiap operator seluler bertujuan untuk mempermudah pengguna dalam mengidentifikasi kartu apa yang digunakan oleh dirinya sendiri maupun orang lain yang menghubunginya. Maka tak ada salahnya jika kamu pun penasaran dengan nomor 0896 kartu apa.

0896 Nomor Apa?

Mengenali nomor telepon cukup penting untuk menjaga diri sendiri agar tidak mudah terkena penipuan. Inilah mengapa tidak sedikit orang yang penasaran dengan 0896 nomor apa dan berasal dari daerah mana. Pasalnya, terkadang ada nomor asing yang memang khusus digunakan untuk menipu calon korbannya.

Oleh sebab itulah kamu harus berhati-hati dalam menerima panggilan telepon ataupun pesan masuk dari nomor yang tidak tercantum di perangkat. Apabila diperlukan kamu juga bisa menggunakan bantuan aplikasi tertentu untuk mengetahui siapa nama pemilik nomor tersebut.

0896 kartu apa

Sedangkan untuk yang penasaran 0896 nomor apa, 0896 adalah kode awalan nomor Tri (3) yang merupakan salah satu operator seluler yang ada di Indonesia. Selain dari 0896 provider Tri juga masih mempunyai awalan nomor atau kode prefix lainnya. Di antaranya sebagai berikut:

  • 0897 : Kode Prefix kartu Tri PraBayar dan Pasca Bayar yang terdiri dari 11 dan 12 digit angka
  • 0899 : Kode Prefix kartu Tri berjenis PraBayar dan Pasca Bayar yang berjumlah 11 dan 12 digit angka
  • 0895 : Kode Prefix Tri Pasca Bayar dan PraBayar dengan jumlah 11 dan 12 digit angka
  • 0898 : Kode Prefix kartu operator Tri PraBayar dan Pasca Bayar yang mempunyai 11 dan 12 digit angka.

Beberapa kode prefix tersebut digunakan sebagai awalan kartu SIM yang digunakan oleh pelanggan mereka. Pada umumnya, kode prefix tersebut akan diikuti dengan kode area (daerah) dan dilanjutkan dengan beberapa digit angka lainnya.

Pada umumnya nomor untuk kartu Tri (3) akan berjumlah 11, 12, atau 13 digit angka secara menyeluruh. Sedangkan ada kalanya nomor Tri juga mendapatkan awalan seperti +62 yang menunjukkan identitas bahwa nomor tersebut merupakan nomor telepon asal Indonesia.

Seperti yang diketahui bahwa setiap Negara memiliki kode yang berbeda-beda, begitu pun dengan Negara Indonesia yang menggunakan kode kartu seluler dengan +62. Sehingga untuk yang bertanya 0896 nomor apa, sekarang kamu tidak perlu takut lagi karena empat digit angka tersebut biasa digunakan oleh kartu Tri (3).

0896 Nomor Operator Apa?

0896 disebut juga sebagai awalan nomor atau kode prefix yang digunakan oleh salah satu SIM Card yang ada di Indonesia. Sementara itu, bagi kamu yang bukan hanya ingin tahu 0896 nomor apa, empat digit angka tersebut merupakan nomor awal yang dimiliki oleh operator seluler Tri (3/Three).

Operator Tri sendiri cukup populer di Indonesia. Selain penggunanya yang banyak, ternyata kartu Tri juga dikenal memiliki berbagai produk atau layanan dengan harga yang murah dan sangat terjangkau. Sehingga pelanggan bisa menjadi lebih hemat saat menggunakannya, terlebih kartu Tri juga sering kali memberikan bonus yang melimpah pada pelanggannya.

Begitu pun dengan 896 nomor apa dan apakah ada bedanya dengan 0896? Sebenarnya ini merupakan awalan yang sama, sebab angka 0 pada nomor 0896 merupakan kode khusus yang digunakan di Indonesia. Ini artinya 896 juga merupakan awalan nomor yang digunakan oleh kartu Tri.

Kode negara seperti +62 dan 0 memang memiliki fungsi yang penting sebagai identitas. Oleh karenanya saat kamu mendapatkan panggilan dari nomor +62896 maka nomor tersebut memakai kartu Tri. Dengan kode tersebut pengguna bisa melakukan panggilan ke luar negeri.

Sedangkan dengan menggunakan awalan 0 seperti 0896 nomor apa, ini merupakan nomor Tri yang hanya bisa digunakan untuk melakukan komunikasi dengan pengguna dalam negeri saja.

0896 Kode Daerah Mana?

Setelah awalan nomor atau kode prefix, biasanya kartu seluler akan menyertakan kode daerah atau juga disebut sebagai HLR (Home Location Register) yang biasanya juga terdiri dari satu hingga tiga angka. Selain itu, setiap daerah juga memiliki kode yang berbeda sebagai identitas.

Oleh sebab itulah mengetahui kode daerah juga cukup penting. Salah satu manfaatnya yakni untuk memudahkan kamu dalam melakukan pengisian pulsa atau paket data. Pasalnya, ada kalanya kuota internet yang kamu miliki tidak bisa digunakan di wilayah lain karena tidak berada di daerah atau wilayah yang sesuai dengan nomor kartu tersebut.

Oleh karenanya setelah mengetahui nomor hp 0896 kartu apa, tak ada salahnya jika kamu juga mengetahui kode pefix 0896 beserta kode area di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Dengan demikian kamu akan lebih mudah untuk memaksimalkan fungsi layanan yang disediakan oleh operator jaringan seluler Tri. Berikut daftar kode 0896 di beberapa daerah Indonesia.

Kode PrefixDaerah
0896478Ciputat, Tangerang Selatan
08963,Jakarta
08964Jakarta
089670Jakarta
089670Jember
0896614Deli Serdang
089676,Surabaya
089677Surabaya
089667Surabaya
089662Bandung
089660Bandung
089655Bandung

Dengan  mengetahui 0896 nomor kartu apa dan beberapa kode wilayah tersebut, maka kamu dapat dengan mudah mengidentifikasi ataupun memahami dari area mana orang yang menghubungi kamu.

Selain itu juga perlu diketahui bahwa nomor dengan awalan 0896 ini termasuk kartu PraBayar dari Tri. Sehingga kamu tidak akan mendapatkan tagihan bulanan, sebab jumlah pengeluaran pulsa akan disesuaikan dengan paket internet atau paket lain yang kamu gunakan.

Cara Cek Nomor Operator Tri

Selain mengetahui 0896 nomor apa, kamu juga dapat memahami bagaimana cara mengecek nomor dari kartu yang sedang digunakan. Dengan begitu kamu akan lebih mudah untuk melakukan pengisian pulsa tanpa perlu menghafal nomor telepon Tri yang digunakan. Berikut beberapa langkah yang bisa diterapkan.

  • Langkah awal untuk cek nomor Tri yakni dengan membuka menu panggilan di ponselmu
  • Kemudian ketikkan kode dial *123#
  • Setelah itu klik ikon “Memanggil”
  • Berikutnya akan muncul tampilan UMB yang berisi informasi mengenai kartu Tri milikmu, termasuk nomor yang digunakan

Atau kamu juga bisa menggunakan beberapa langkah  berikut jika opsi pertama masih belum berhasil.

  • Buka menu “Panggilan” di ponselmu
  • Kemudian silakan masukkan kode *111*1# atau *998# pada dial pad milikmu
  • Berikutnya silakan tekan “Panggil” atau “OK”
  • Apabila kamu menggunakan dua SIM Card pada ponsel tersebut, pastikan kamu telah memilih panggilan dengan kartu Tri
  • Setelah itu kamu hanya perlu menunggu prosesnya hingga muncul informasi mengenai nomor Tri yang kamu gunakan.

Cara Cek 0896 Nomor Siapa

Selain mengetahui nomor telepon 0896 kartu apa, ternyata kamu juga dapat menelusuri siapa pemilik nomor tersebut. Akan tetapi, untuk bisa melakukannya kamu membutuhkan bantuan aplikasi tambahan bernama Getconctact. Berikut beberapa langkah yang dapat kamu lakukan.

  • Langkah pertama kamu perlu men-download aplikasi Getcontact di Google Play Store atau App Store
  • Setelah aplikasi terpasang di ponselmu, silakan lakukan pendaftaran nomor telepon
  • Kemudian kamu bisa login
  • Berikutnya copy nomor telepon dengan awalan 0896 yang menghubungi kamu
  • Lalu buka aplikasi Getcontact dan paste nomor yang sebelumnya telah di-copy pada kolom dengan icon “Buku Telepon”
  • Setelah itu klik ikon “Cari” dan kamu bisa mengetahui hasilnya, siapa nama pemilik nomor tersebut.

Keuntungan Menggunakan Kartu Tri

Hal lain yang masih berkaitan dengan 0896 nomor apa yakni mengetahui berbagai  keuntungan yang akan dirasakan sebagai pengguna kartu Tri ini. Yang di antaranya sebagai berikut:

  1. Masa aktif kartu 3 terbilang panjang sehingga tak heran bila pengguna kartu Tri juga cukup banyak. Dengan begitu kamu tidak perlu khawatir kartumu akan hangus dan terblokir walaupun tidak mengisi pulsa
  2. Masa aktif paket internet juga panjang
  3. Kecepatan internet kartu Tri stabil dan cepat di beberapa daerah sehingga kamu tidak akan merasa jenuh saat menggunakannya
  4. Menariknya lagi, kuota yang kamu miliki sebelumnya akan otomatis terakumulasi saat pengisian kuota berikutnya apabila masa aktif internetmu berakhir tapi kuota masih tersisa
  5. Terdapat banyak pilihan paket menarik dengan harga murah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga kamu bisa lebih menghemat pengeluaran.

Promo Kartu Tri

Setelah terjawab 0896 nomor apa, lantas apakah ada promo menarik yang ditawarkan oleh provider Tri untuk penggunanya? Ternyata Tri memang menyediakan berbagai promo menarik berupa harga kuota internet yang sangat murah dan terjangkau, dua di antaranya sebagai berikut:

1. Hot Sale 30 GB

Paket internet Hot Sale 30 GB ini hanya diberi harga Rp20.000. Paket ini memiliki masa aktif selama 7 hari dengan total kuota sebanyak 30 GB. Paket berlaku pada pukul 01.00 – 06.00 dan juga 15.00 – 18.00. Selain itu, paket ini tidak akan melakukan perpanjangan otomatis sehingga kamu tidak akan kehilangan pulsa secara tiba-tiba.

2. Hot Sale 50 GB 24 Jam

0896 nomor provider apa yang tak lain adalah operator Tri, juga memberikan penawaran paket internet Hot Sale Bima+ dengan harga Rp100.000. Paket ini berlaku selama 30 hari dengan total kuota sebanyak 50 GB. Selain itu kamu juga akan mendapatkan kuota ekstra TikTok 5 GB (1 GB per hari) dan dapat digunakan di semua jaringan selama 24 jam.

Namun, paket ini akan melakukan perpanjangan otomatis. Apabila kamu ingin menghentikan perpanjangan, silakan ketik: STOP BULANAN lalu kirim ke 234. 

Selain kedua jenis paket tersebut, Tri juga menyediakan promo paket murah bernama Hot Sale 13 GB dengan harga Rp50.000, masa aktif 30 hari dan kuota bisa diakses selama 24 jam.

Penutup

Sekarang rasa penasaran tentang 0896 nomor apa telah terjawab. Ini merupakan awalan nomor yang digunakan kartu Tri. Jadi, kamu tidak perlu cemas lagi jika mendapatkan panggilan telepon dari 0896. Lebih baik bersikap tenang dan pastikan kamu menyimak dengan detail perkataan ataupun pesan masuk dari pengguna nomor 0896 tersebut untuk menghindari adanya tindak penipuan.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste