+6221 Nomor Apa, Ini Jawaban Lengkapnya

Saat ini hampir semua kalangan menggunakan smartphone dalam kehidupan sehari-hari. Berbagai aktivitas bahkan bisa dilakukan secara online, seperti diskusi lewat grup WhatsApp hingga berbelanja. Namun, ada kalanya pengguna smartphone jadi terganggu ketika dihubungi nomor tak dikenal, seperti awalan +6221. Hingga muncul pertanyaan +6221 nomor apa?

Bagaimana pun penggunaan smartphone dapat membantu ataupun mempermudah kegiatan sehari-hari. Namun demikian, tak bisa dimungkiri bawa di balik kemudahan dan kelebihan yang dimiliki oleh smartpone, tidak berarti membuat penggunanya terlepas dari permasalahan atau kendala ketika memakainya. Salah satunya sering mendapat telepon dari nomor tidak dikenal.

Selain itu, pengguna smartphone juga tak jarang dibuat bimbang untuk menerima panggilan tersebut atau justru menolaknya. Terlebih lagi bila nomor pemanggil diawali dengan +6221 yang di bawahnya terdapat nama “Greater Jakarta”. Tentu saja nama itu membuat penerima menjadi waswas apakah panggilan tersebut ada unsur penipuan atau tidak.

+6221 Nomor Apa?

Sebagian orang tentu akan merasa penasaran bila sering mendapat telepon dari nomor yang tidak dikenal dan belum tercantum di perangkat ponselnya. Misalnya saja panggilan dari awalan nomor +6221. Alhasil banyak yang penasaran dengan +6221 nomor apa sebenarnya. Perasaan bingung semacam ini wajar terjadi karena empat digit angka tersebut memang terbilang asing bagi sebagian orang.

+6221 nomor apa? Jawabannya +6221 adalah nomor dari Greater Jakarta atau Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan Bekasi) yang biasanya juga diawali dengan 021. Empat digit angka ini merupakan kode wilayah atau kode seri daerah Jakarta dan sekitarnya yang saat digunakan akan muncul nama “Greater Jakarta” di bawah nomor.

Pada umumnya nomor +6221 ini berasal dari telepon kantor, rumah, atau bisa juga digunakan oleh beberapa sales marketing perusahaan untuk mempromosikan ataupun memasarkan produk yang mereka miliki. Meski demikian kamu juga harus tetap berhati-hati karena mungkin saja nomor dengan nama Greater Jakarta digunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Apa Itu Greater Jakarta

Setelah mengetahui +6221 nomor apa yang ternyata digunakan oleh Greater Jakarta, ternyata cukup banyak orang yang belum mengenal atau memahami tentang Greater Jakarta beserta tujuannya menelepon. Apalagi bila nomor tersebut menelepon di saat jam-jam sibuk alias di waktu kerja.

Pada umumnya Greater Jakarta ini akan menelepon dengan menggunakan kode +6221 atau juga 021. Meskipun terdapat sedikit perbedaan, tetapi kedua nomor tersebut sebenarnya sama saja, yakni merupakan awalan dari nomor telepon kabel yang sering kali digunakan oleh Greater Jakarta.

Lantas mengapa 021 tampak berbeda dengan nomor awalan +6221? Sebenarnya 021 ini merupakan awalan dari nomor telepon kabel baik rumah maupun kantor, yang bila digunakan untuk melakukan panggilan ke luar maka secara otomatis nomor ini akan berganti menjadi +6221.

Seperti yang diketahui bahwa +62 ini merupakan kode negara yang digunakan oleh Indonesia. Dalam hal ini pengguna bisa memakai nomor tersebut untuk melakukan panggilan hingga ke luar negeri. Sedangkan angka 0 (nol) di awal nomor 021 ini merupakan kode yang digunakan untuk melakukan panggilan di dalam negeri. Jadi jelas bahwa keduanya sama-sama kode dari negara Indonesia.

Oleh sebab itulah setelah mengetahui +6221 nomor apa, kamu tidak perlu terlalu takut lagi untuk mengangkat panggilan dari nomor ini. Pasalnya, tak sedikit instansi perusahaan yang menghubungi calon karyawan mereka menggunakan awalan nomor tersebut. Meskipun begitu, kamu harus selalu waspada untuk setiap informasi yang diterima.

Usahakan untuk tetap fokus terhadap topik obrolan yang tengah dibahas agar kamu terhindar dari tipu muslihat oknum tidak bertanggung jawab. Akan tetapi, kamu juga mempunyai hak untuk tidak mengangkat telepon dari nomor awalan +6221 bila dirasa memang tidak memiliki sangkutan apa pun dengan nomor tersebut.

Setelah memahami +6221 nomor apa, kini kamu perlu mengetahui tentang Greater Jakarta. Yang mana nomor ataupun nama tersebut menunjukkan bahwa seseorang yang sedang menelepon kamu yakni orang yang sedang berada di wilayah Jabodetabek atau Jakarta. Sebab +6221 ini merupakan kode telepon dari wilayah-wilayan tersebut.

Apakah Panggilan dari +6221 Harus Diangkat?

Ketika mendapatkan telepon yang mengatasnamakan Greater Jakarta dengan awalan nomor +6221 kamu pasti akan mempertimbangkan untuk mengangkat panggilan tersebut atau justru membiarkannya begitu saja.

Dalam hal ini sebenarnya kamu bisa mengangkat telepon tersebut karena siapa tahu ini merupakan panggilan kerja atau justru dari pihak Bank. Namun, kamu juga berhak menolaknya jika ragu karena merasa tidak pernah melamar pekerjaan atau memiliki sangkutan dengan suatu instansi perusahaan.

Karena biasanya nomor Greater Jakarta ini digunakan untuk melakukan marketing melalui telepon, seperti menawarkan produk atau jasa, menawarkan asuransi, hingga pinjaman. Namun, perlu diingat bahwa bila kamu memutuskan untuk mengangkat telepon tersebut, sebaiknya jangan mudah percaya dengan apa yang diucapkan oleh pihak lawan bicara.

Contoh Nomor Greater Jakarta atau Jabodetabek

Selain menemukan jawaban tentang +6221 nomor apa, kamu juga perlu mengetahui berbagai nomor awalan ataupun kode wilayah Greater Jakarta atau Jabodetabek yang sering menelepon. Sehingga bila kamu dihubungi oleh nomor-nomor berikut, maka kamu bisa menentukan keputusan untuk memberikan respons yang tepat.

  • 02130033038
  • +622180648777
  • 02180631000
  • +622140003333
  • 02130404444
  • +622124163343
  • 02129752300
  • +622129752100
  • 02130505555

Itulah berbagai nomor yang sering digunakan untuk menelepon dengan nama Greater Jakarta. Kebanyakan dari mereka yang melakukan panggilan telepon biasanya memang mengatasnamakan suatu instansi ataupun perusahaan tertentu. Yang mana mereka akan memberikan penawaran menarik mengenai produk atau jasa tertentu.

Apabila kamu terlanjur mengangkat telepon tersebut dan merasa tidak tertarik sama sekali dengan penawaran yang diberikan, maka sebaiknya segera matikan panggilan telepon dari Greater Jakarta itu.

Cara Menghentikan Panggilan dari Greater Jakarta

Setelah mengerti tentang +6221 nomor apa, kini kamu tidak perlu terlalu takut bila nomor tersebut menghubungimu. Meskipun begitu, kamu juga bisa menghentikan panggilan telepon dari Greater Jakarta ini. Mungkin saja kamu merasa terganggu karena nomor tersebut sering kali menelepon, terlebih jika masih jam-jam kerja.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, bila kamu melamar pekerjaan di wilayah Jakarta mungkin saja nomor +6221 ini berasal dari instansi atau perusahaan tempatmu memasukkan lamaran pekerjaan. Namun, bila kamu merasa tidak pernah ada sangkutan dengan orang-orang di wilayah Jakarta, maka kamu bisa langsung menghentikan panggilan dari nomor Greater Jakarta.

Adapun langkah mudah untuk menghentikan panggilan dari nomor +6221 Greater Jakarta yakni sebagai berikut:

  • Buka menu telepon atau panggilan di ponselmu
  • Kemudian klik ikon titik tiga yang terletak di sebelah kanan nomor Greater Jakarta yang baru saja meneleponmu
  • Setelah itu pilih menu “Tambah ke daftar blokir”
  • Selanjutnya silakan klik “OK” dan selesai.

Dengan langkah-langkah tersebut kamu tidak akan lagi menerima panggilan telepon dari nomor Greater Jakarta tersebut.

Cara Mengatasi Telepon dari Greater Jakarta

Meski sudah mengetahui +6221 nomor apa, kamu juga perlu melakukan beberapa tips ataupun cara berikut untuk mengatasi panggilan dari Greater Jakarta.

1. Menerima Telepon

Kamu bisa mengangkat telepon dari Greater Jakarta terlebih dahulu. Usahakan tidak mengabaikannya terutama bila kamu mempunyai suatu urusan dengan perusahaan tertentu. Misalnya untuk melakukan interview kerja atau informasi produk yang kamu gunakan.

2. Mendengarkan dengan Teliti Informasi yang Diberikan

Ketika kamu memutuskan untuk mengangkat telepon dari nomor Greater Jakarta, kamu harus mau mendengarkan dengan detail dan teliti mengenai informasi yang penelepon berikan. Dengarkan dengan baik-baik jangan sampai kamu melewatkan poin penting yang diberikan oleh lawan bicara.

3. Menjawab dengan Tenang

Penting untuk diingat bahwa kamu harus selalu bersikap tenang dan jangan menunjukkan kegugupan pada lawan bicaramu. Kamu dapat menjawab semua poin-poin yang diberikan oleh pihak Greater Jakarta. Kemudian kamu bisa menanyakan hal-hal yang dirasa kurang jelas.

Namun, ketika kamu merasa bahwa penelepon yang mengatasnamakan Greater Jakarta memberikan informasi yang tidak penting dan tak ada kaitannya dengan kamu, maka kamu dapat menjawabnya dengan tenang dan gamblang agar penelepon dapat menerima keputusanmu.

Apabila panggilan tersebut untuk promosi dan kamu merasa tidak memerlukannya, silakan tolak langsung penawaran yang diberikan. Karena kamu tidak wajib menerima semua produk atau jasa yang mereka promosikan.

4. Tutup Telepon

Apabila kamu merasa tidak nyaman setelah mengetahui dan mengenal +6221 nomor apa dan siapa peneleponnya, terlebih bila kamu merasa curiga dengan panggilan tersebut, maka kamu bisa langsung menutup telepon tersebut secara langsung. Kamu tak perlu takut bila kenyataannya panggilan tersebut tidak ada kaitannya denganmu.

Tujuan +6221 Greater Jakarta Menelepon

Bukan sekadar menelepon, tetapi biasanya Greater Jakarta dengan awalan nomor +6221 mempunyai tujuan tertentu, di antaranya sebagai berikut:

1. Menawarkan Produk Maupun Jasa

Greater Jakarta akan menelpon untuk memberikan informasi produk atau jasa yang mereka miliki. Biasanya telepon semacam ini berasal dari perusahaan acak atau justru perusahaan di mana kamu telah menjadi pelanggan salah satu produk mereka.

Telepon yang menawarkan produk atau jasa ini umumnya dilakukan oleh sales. Dan umumnya sales ini akan menelpon pada pelanggan tertentu menurut daftar konsumen produk mereka. Sehingga ada kemungkinan kamu menjadi salah satu di antara pelanggan tersebut.

2. Kamu Mempunyai Urusan dengan Suatu Instansi atau Perusahaan

Ketika kamu mendapatkan telepon dari nomor awalan +6221 Greater Jakarta, bisa jadi hal tersebut dikarenakan kamu mempunyai suatu urusan dengan instansi atau perusahaan tertentu. Sehingga mereka menelepon menggunakan nomor Greater Jakarta.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa kebanyakan nomor dengan nama Greater Jakarta ini digunakan oleh telepon kabel kantor. Jadi, ini mungkin akan kamu temukan ketika memasukkan lamaran pekerjaan dan kamu akan mendapat kesempatan untuk interview kerja.

3. Modus Penipuan

Kemungkinan yang satu ini yang harus kamu waspadai. Terlebih lagi bila nomor dengan nama Greater Jakarta ini memberi tahu bahwa kamu memenangkan hadiah berupa motor, uang tunai, atau pun barang berharga lainnya tanpa menyertakan keterangan yang jelas. Mereka juga akan memberikan syarat seperti memintamu untuk transfer biaya administrasi atau biaya pengiriman.

Apabila kamu mendapatkan telepon dengan modus semacam ini, sebaiknya kamu berhati-hati dan jangan buru-buru mengirimkan uang kepada mereka. Jangan pula memberikan kode OTP ataupun password tertentu yang mereka inginkan. Pasalnya, hal-hal semacam ini biasanya merujuk pada tindak penipuan.

Penutup

Kini kamu telah mengetahui tentang +6221 nomor apa yang tak lain merupakan kode wilayah dari Greater Jakarta. Nomor ini bisa saja digunakan oleh instansi atau perusahaan tertentu dari daerah Jakarta atau Jabodetabek.

Meskipun demikian kamu juga harus selalu berhati-hati dalam menerima telepon karena tak menutup kemungkinan ada oknum tak bertanggung jawab yang juga menggunakan nomor Greater Jakarta ini.

SHARE:

SEO Specialist di bidangnya. Mempunyai team yang punya pengalaman sebagai akademisi maupun praktisi.

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste