Cara Mengatasi ATM BCA Terblokir Tanpa ke Bank, Dijamin Cepat!

Ketika nasabah salah memasukkan PIN ATM sebanyak 3 kali berturut-turut, sistem akan secara otomatis memblokir kartu tersebut. Namun, ada beberapa cara mengatasi ATM BCA terblokir tanpa ke bank yang bisa kamu lakukan langsung dari rumah.

Selain itu, situasi kartu ATM yang terblokir juga bisa berasal dari keinginan setiap nasabah. Biasanya, nasabah yang kehilangan kartu ATM atau dicuri orang, akan mengajukan pemblokiran kartu agar ATM tersebut tidak disalahgunakan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kendati demikian, pemblokiran kartu ATM ini hanya bersifat sementara, sehingga kamu bisa mengaktifkannya kembali dengan menggunakan layanan online ini. Jadi, dapat dipastikan bahwa para nasabah bisa mengaktifkan kembali kartu ATM-nya tanpa harus pergi ke banknya langsung.

Ciri-Ciri Kartu ATM BCA Terblokir Sementara

Ada beberapa ciri-ciri yang dapat membuktikan bahwa kartu ATM BCA milikmu terblokir oleh sistem. Dalam hal ini, ciri-ciri tersebut bisa dilihat dari tulisan yang muncul di layar mesin ATM. Berikut adalah beberapa jenis tulisan yang dapat menjadi bukti kartu ATM BCA milikmu terblokir sementara:

  • Kartu ATM Anda Ditolak
  • Silakan Hubungi Call Center BCA
  • Nomor PIN yang Anda Masukkan Salah. Untuk Keamanan, Kartu Anda Kami Blokir.
  • Salah PIN Sudah Melampaui Batas, Segera Ambil Kartu Anda
  • Transaksi Tidak Berhasil
  • Anda Telah 3X Salah PIN
  • Kartu ATM Anda Diblokir

Baca juga: Cara Mengaktifkan Rekening BCA yang Sudah Mati Tanpa Biaya!

Cara Mengatasi ATM BCA Terblokir Tanpa ke Bank secara Online

Sekarang, kamu tidak perlu datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat untuk mengatasi permasalahan pemblokiran kartu ATM ini. Sebab, BCA sudah menyediakan layanan online untuk mengatasi jenis permasalahan tersebut.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan kartu ATM BCA yang terblokir secara otomatis, yaitu:

1. Melalui M-Banking BCA

Cara paling mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan menggunakan layanan yang ada di dalam aplikasi M-Banking BCA. BCA Mobile atau m-BCA dapat digunakan untuk membuka blokir ATM dengan mudah dan cepat.

Jadi, kamu bisa lebih menghemat waktu dan tenaga yang harus dikeluarkan untuk permasalahan ini. Untuk membuka dan mengaktifkan kembali kartu ATM milikmu yang terblokir melalui aplikasi ini, kamu bisa mengikuti beberapa langkah yang ada di bawah ini:

  • Buka aplikasi BCA Mobile yang terpasang di perangkatmu.
  • Setelah itu, pilih menu “About” dan opsi “Verifikasi Ulang” untuk membuka pemblokiran kartu ATM BCA secara online.
  • Nantinya, akan muncul sebuah notifikasi yang bisa kamu simpan dengan menekan tombol “Simpan”.
  • Kemudian, masukkan 16 digit nomor kartu yang sesuai dengan ATM yang terblokir tersebut.
  • Jika sudah, kamu akan menerima SMS verifikasi dari pihak BCA dan cek SMS tersebut secara teliti.
  • Masukkan kode akses yang terdiri dari 6 karakter kombinasi angka dan huruf, dan proses pembukaan blokir kartu ATM BCA milikmu ini sudah berhasil dilakukan.

Baca juga: Cara Mengatasi M BCA Tidak Bisa Transfer, Mudah dan Praktis!

2. Melalui Layanan Call Center Halo BCA

BCA termasuk salah satu bank di Indonesia yang selalu memberikan pelayanan terbaik kepada para nasabahnya. Jadi, tidak akan menjadi suatu hal yang mengherankan jika permasalahan kartu ATM yang terblokir ini bisa diatasi secara online.

Selain dengan menggunakan aplikasi BCA Mobile, kamu juga bisa mengatasi permasalahan ini dengan menggunakan layanan call center Halo BCA. Untuk melakukannya, berikut kami sampaikan beberapa tahapannya:

  • Hubungi call center BCA melalui nomor 1500 888 atau aplikasi Halo BCA yang sudah tersedia di Google Play Store maupun Apple Play Store.
  • Kemudian, jangan lupa untuk menyiapkan buku rekening tabungan, kartu ATM, dan KTP untuk proses verifikasi data yang akan dilakukan pihak customer service BCA.
  • Apabila sudah terhubung, sampaikan tentang permasalahanmu kepada customer service BCA.
  • Nantinya, pihak customer service BCA akan memberikan beberapa pertanyaan untuk melakukan proses verifikasi data nasabah.
  • Jika data yang kamu sampaikan dianggap sesuai dengan data yang mereka miliki, maka customer service BCA akan membuka blokir ATM tersebut dan me-reset ulang PIN ATM milikmu.
  • Selesai.

3. Melalui Whatsapp Resmi BCA

BCA juga siap melayani setiap nasabahnya melalui aplikasi Whatsapp. Namun, penting untuk kamu ketahui bahwa Whatsapp resmi dari BCA sudah ada simbol verifikasinya yang berwarna hijau. Jadi, kamu jangan sampai tertipu oleh oknum-oknum lain yang mengatasnamakan BCA.

Tak perlu membahas lain halnya lagi, berikut adalah cara mengatasi ATM BCA terblokir tanpa ke bank melalui Whatsapp resminya:

  • Sebelum masuk ke tahapan awal, penting untuk kamu ketahui bahwa nomor Whatsapp resmi BCA adalah 08111500998.
  • Buka aplikasi Whatsapp dan kirimkan pesan singkat ke nomor Whatsapp resmi BCA tersebut.
  • Jika sudah, klik opsi “Buka Blokir Kartu ATM BCA” dan tunggu hingga pihak customer service BCA membalas pesan tersebut.
  • Setelah mendapat balasan dari customer service BCA, kamu bisa menyampaikan permasalahan pemblokiran kartu ATM ini secara rinci.
  • Lakukan tahapan verifikasi dengan menyebutkan nama lengkap, nomor rekening, nomor kartu ATM, dan alamat yang sesuai dengan KTP.
  • Setelah itu, pihak customer service BCA akan melakukan pengecekan data terlebih dahulu, sehingga kamu harus menunggunya sejenak.
  • Jika data yang kamu sampaikan sudah sesuai, maka customer service BCA akan me-reset ulang PIN ATM milikmu.
  • Selesai. Kartu ATM BCA milikmu tersebut sudah bisa digunakan kembali.

Beberapa Jenis Kesalahan yang Harus Dihindari Ketika Mengelola PIN ATM

Ada beberapa jenis kesalahan yang sering dilakukan oleh beberapa orang ketika sedang mengelola PIN ATM miliknya. Padahal beberapa jenis kesalahan ini harus selalu dihindari oleh setiap nasabah. Lantas, apa saja jenis-jenis kesalahan tersebut? Berikut jawabannya:

1. Menulis PIN di Kartu ATM

Tidak sedikit dari beberapa orang yang menuliskan PIN ATM-nya di kartunya langsung. Biasanya, orang-orang akan melakukan hal ini agar tidak lupa dengan PIN ATM miliknya tersebut. Namun, hal ini tidak boleh kamu tiru, karena dapat meningkatkan risiko pencurian uang dan tindak kriminal lainnya.

2. Membocorkan PIN kepada Pihak-Pihak yang Mengaku dari Bank

Kasus penipuan seperti ini sudah ada banyak di Indonesia, sehingga kamu harus lebih berhati-hati dengan hal ini.

Jika ada suatu pihak yang mencoba menanyakan tentang PIN ATM milikmu, kamu harus menyelidiki terlebih dahulu apakah itu dari bank resmi atau tidak.

3. Mudah Percaya dengan Orang Lain

Tidak menutup kemungkinan masih ada beberapa orang yang sering menyuruh orang untuk mengambilkan uang di ATM dengan memberi tahu tentang nomor PIN-nya. Nyatanya, tindakan ini juga dapat meningkatkan risiko terjadinya pencurian uang atau tindak kriminal seperti ini lainnya.

Maka dari itu, sangat disarankan kepada kalian untuk tidak mudah percaya dengan orang lain. Untuk lebih baiknya, kamu bisa mengambil uang di ATM sendiri.

Cara mengatasi ATM BCA terblokir tanpa ke bank memang sangat membantu para nasabah. Sebab, dengan adanya cara ini mereka jadi tidak perlu meluangkan waktu untuk datang langsung ke kantor banknya.

SHARE:

Seorang lifestye enthusiast dan traveller Indonesia yang suka berbagi inspirasi melalui tulisan. Mari diskusi di kolom komentar ya...

Tinggalkan komentar

Konten dengan Hak Cipta Dilarang Copy-Paste